Cara Membuat Susu Kedelai

Cara Membuat Susu Kedelai

Susu kedelai termasuk minuman sehat bergizi, dan tidak susah buat mencoba cara membuat susu kedelai . Namun tentu saja perlu dilatih agar tak dengan sengaja mengurangi kandungan gizi nan terkandung dalam kedelai. Cara membuat susu kedelai tidak jauh berbeda dengan cara membuat susu botani lainnya.

Memang sahih di pasaran pun sudah banyak susu kedelai instan, tapi dengan mengetahui cara membuat susu kedelai, Anda dapat mencoba sinkron dengan dosis nan diinginkan, terasa lebih segar dan tentu saja dapat mengombinasikannya dengan buah-buah lainnya atau bahkan dapat menyampurnya dengan madu.

Apapun campurannya, susu kedelai tetap bermanfaat dan menjadi minuman nan baik terutama buat ibu hamil. Mengetahui cara membuat susu kedelai memang tidak ada salahnya. Ibarat kata pepatah, ilmu itu tidak berat dibawa, dan setelah mengetahui cara membuat susu kedelai ini, Anda dapat mencobanya. Siapa tahu menemukan celah buat berwirausaha. Kenapa tidak?!



Cara Membuat Susu Kedelai - Mengenal Susu Kedelai

Kedelai seperti juga bahan lain dari kelompok kacang-kacang seperti kacang tanah, koro, kepala, dan lain sebagainya merupakan sumper protein dan lemak botani nan baik. Memang sahih kandungan asam amino dari bahan botani tak selengkap asam amino dari hewan. Namun bukan berarti Anda tak dapat mengakalinya.

Menurut sumber dari Bidang Eksploitasi dan Pemasyarakat Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, agar protein botani dapat selengkap protein dari sumber hewani, Anda dapat menyampurkannya dengan bahan lain seperti jagung, menir dan wijen. Bahan pangan tersebut memiliki kandungan buat menjaga ekuilibrium asam amino sehingga dapat selengkap asam amino dari bahan hewan.

Pengetahuan tentang kandungan bahan pangan dari kacang-kacang terutama kedelai, perlu diketahui ketika Anda akan mempraktikkan cara membuat susu kedelai. Kedelai mengandung 35% protein nabati, bahkan dapat sampai angka 43% mengandung bahan protein bila kacang kedelai nan dipilih berkualitas unggul.

Perlu Anda ketahui bila ingin mempraktikkan cara membuat susu kedelai, kandungan protein sebanyak itu hampir sama dengan kadar protein pada susu kering. Dan protein dalam kacang kedelai ini juga lebih tinggi dibanding bahan pangan lain seperti singkong, gading, ikan segar, beras, jagung dan telur ayam.

Coba bayangkan, dengan mengonsumsi susu kedelai, kebutuhan akan protein telah tercukupi. Namun memang tak dipungkiri, bahan pangan berupa kacang-kacangan dan umbi-umbian gampang sekali terkena jamur aflatoksin sehingga mudah busuk. Dan para ahli pangan telah menemukan cara buat mengatasi hal ini yaitu dengan cara diawetkan.

Bila kebutuhan protein orang dewasa sebenyak 55 gram per hari dan tak boleh memakan daging atau sumber protein hewan lainnya, tidak perlu cemas, sebab kebutuhan protesn sebanyak itu dapat dipenuhi dengan mengonsumsi kedelai setara dengan 157,14 gram. Jadi betapa bermanfaatnya dengan minum susu kedelai, sebab dapat memenuhi kebutuhan akan protein Anda sehari-hari. Karena itulah mengetahui cara membuat susu kedelai menjadi pengetahuan praktis nan sangat diperlukan.

Ketika Anda akan mulai mencoba cara membuat susu kedelai , Anda juga perlu mengetahui kandungan bahan kedelai selain kandungan proteinnya nan cukup banyak. Dalam 100 gram kedelai, rata-rata 35-45 % di antaranya mengandung bahan protein, sementara lemak antara 18-32 %, air 7 % dan karbohidrat hanya 12-30 %. Jadi, susu kedelain juga cocok bagi Anda nan sedang diet karbo atau diet lemak.

Coba perhatikan bagaimana persentase kandungan protein dari kedelai dibanding bahan lain. Bila kedelai mengandung 35 % protein, hanya dapat dilampaui dari bahan pangan susu skim kering nan mengandung 36 %, bahan pangan selain susu skim kering jauh di bawah kandungan protein nan terdapat dalam kedelai. Coba saja telur ayam misalnya hanya mengandung 13 % protein, ikan segar 17 %, jagung 9,2 %, beras mengadung 6,8 %, kacang hijau 22 %, daging segar 19 % dan tepung singkong 1,1 %.

Cara membuat susu kedelai memang penting, mengingat susu kedelai menjadi bahan makanan nan kaya protein dan bermanfaat buat kesehatan. Coba perhatikan perbandingan antara susu kedelai, susu sapi dan ASI. Secara berutur-turut (Susu kedelai – susu sapi – ASI) : kandungan air 88 – 88 – 88, lalu kandungan protein 4,4 – 2,9 – 1,4. Karbohidrat 3,8 – 4,5 – 7,2, kalori 53 – 58 – 62, lemak 2,5 – 0,3 – 3,1, vitamin B1 0,04 – 0,04 – 0,02 dan vitamin B2 0,02 – 0,15 – 0,03.



Cara Membuat Susu Kedelai

Dalam pedoman cara membuat susu kedelai, dari 1 kg kedelai dapat menghasilkan 10 liter susu kedelai. Untuk membuat susu kedelai, bahan nan harus dipersiapkan antara lain 8 lt air panas, 2 lt air dingin buat merendam, gula pasir 100 gram, cokla 15 gram, garam 15 gram, vanili 2 gram, penggiling batu, kain saringan dan tentu saja kedelai sebanyak 1 kg.

Bahan-bahan seperti gula pasir, vanili dan coklat merupakan bahan tambahan nan dapat diganti dengan bahan lain sinkron selera. Banyak pedoman bagaimana cara membuat susu kedelai nan tepat dan dapat Anda ikuti.

Langkah pertama tentu saja memilih kedelai nan baik buat dijadikan susu, agar hasil susu kedelainya pun baik pula. Kemudian setelah dipilih kedelai nan baik, barulah dicuci bersih, tiriskan dan rendam dengan air panas selama semalam. Setelah itu barulah dicuci kembali dan ditiriskan. Ini merupakan langkah persiapan cara membuat susu kedelai, sebab belum menjadi bahan susu kedelai.

Setelah kedelai ditiriskan, langkah cara membuat susu kedelai selanjutnya ialah dengan menghaluskan kedelai disertai air secukupnya. Pada termin ini bahan susu kedelai telah menjadi semacam bubur encer. Bubur encer dari kedelai ini kemudian disaring dengan menggunakan kain kasa. Cairan susu kental dan ampas telah terpisah. Ini sebenarnya sudah menjadi bahan susu kedelai tapi masih mentah.

Cairan saripati dari susu kedelai tersebut akan memasuki termin selanjutnya dari cara membuat susu kedelai yaitu dengan menambahkan air kira-kira sepuluh kali lipat dari saripati susu kedelai tersebut. Campuran bahan susu kedelai dan air ini kemudian diaduk hingga rata.

Bila Anda suka aroma daun pandan, boleh campurkan daun pandan. Begitu pula bila Anda suka rasa manis, dapat campurkan gula pasir sinkron dengan selera. Jangan lupa tambahkan sedikit garam dapur pada perasan bahan susu kedelai tadi. Untuk pewangi bila Anda suka, silakan tambahkan vanili.

Setelah semua bahan teraduk rata, langkah selanjutnya cara membuat susu kedelai ialah memasaknya. Masak sampai mendidih dan mixer terus hingga larutan tercampur dengan baik. Setelah mendidih, susu kedelai siap disajikan. Selesai sudah bagaimana cara membuat susu kedelai nan mudah dan murah.

Dalam cara membuat susu kedelai, ada hal-hal nan harus benar-benar diperhatikan agar susu nan dihasilkan tak saja enak, tapi juga menyehatkan. Artinya kandungan gizi nan terdapat di dalam susu kedelai tak terbuang dengan percuma. Seperti telah disebutkan sebelumnya dalam cara membuat susu kedalai, yaitu bagaimana memilih kedelai berkualitas baik agar menghasilkan susu nan baik, enak dan bergizi.

Ciri-ciri kedelai berkualitas baik ialah bulatannya utuh dan berat atau berisi. Kepadatan kedelai ini memang salah satu karakteristik primer dari kedelai nan baik, artinya di dalamnya mengandung kandungan nan masih utuh. Kedelai nan bulat utuh dapat dilihat apakah tak ada lubang bekas dimakan ulat.

Pada saat mencuci kedelai pertama kali dalam proses cara membuat susu kedelai, ada nan menyarankan menggunakan air hangat sehingga bakteri dan kuman nan menempel pada kulit kedelai dapat mati. Begitu pula waktu perendaman. Perendaman dalam cara membuat susu kedelai ini, diperlukan semalaman bila menggunakan air dingin dan bersih, tapi dapat dipersingkat menjadi 8 jam saja apabila perendaman menggunakan air panas.

Pada saat membuat bubur bahan susu kedelai, bila menggunakan blender dapat dibantu dengan menggunakan air secukupnya. Pisahkan antara bagian cair dan padat dengan menyaringnya menggunakan kain kasa. Bagian nan cair, simpan di loka terpisah sebab bahan inilah nan akan digunakan dalam proses selanjutnya cara membuat susu kedelai.

Sementara nan masih padat, Anda dapat mengulanginya kembali memblender seperti termin sebelumnya. Begitulah seterusnya hingga semua bahan berbentuk cair atau bubur cair atau sampai dengan menurut perhitungan residu bahan padat tinggal sedikit.

Dalam proses memasak, sebaiknya jangan menggunakan barah nan terlalu besar agar proses mengaduk bahan susu kedelai dapat dilakukan monoton dan menghasilkan susu nan benar-benar baik. Itulah beberapa catatan krusial dari cara membuat susu kedelai.

advertisements

Tips Sehat

advertisements