Trik Menceritakan Dongeng Rakyat

Trik Menceritakan Dongeng Rakyat

Dongeng Rakyat ialah cerita hal-hal nan luar biasa nan terjadi di masa lalu, baik kisah konkret mau kisah fiktif. Kehadiran cerita tersebut ialah buat menjadi ibroh (pelajaran) bagi pendengarnya ihwal tentang makna kehidupan. Biasanya, cerita rakyat ini diceritakan kepada anak-anak sebelum tidur sebab saat seperti ini anak-anak dapat fokus mendengarkan cerita dan juga dapat dengan cepat menyimpannya di dalam memorinya.

Dahulu, dongeng atau cerita rakyat juga terkadang diceritakan di loka generik atau gedung. Misalnya, di Ambon dikenal dengan nama baileu, di Tapanuli dengan sopo godang dan di Jawa dengan nama pondopo. Tentunya, isi dongeng nan disampaikan mengenai tokoh-tokoh pahlawan atau kisah-kisah anak durhaka, orang-orang miskin nan mendadak kaya dan sebagainya. Intinya, cerita rakyat ialah cerita nan miliki muatan pelajaran dan sebagai penghibur hati bagi pendengarnya.



Cerita Rakyat Nusantara

Cerita ialah buah dari pemikiran dan rasa nan disampaikan dengan gaya bahasa nan bervariasi dengan maksud tertentu. Cerita menjadi bagian dari seni. Seni bercerita sudah ada sejak zaman dahulu kala di mana bila waktunya tidur tiba pada malam hari anak-anak bahagia mendengarkan ibu bercerita.

Bahasa nan dipergunakan dan gaya ibu bercerita lekat dalam ingatan mereka hingga dewasa. Hal kecil seperti ini bisa memberi andil dalam pembentukan tabiat dan kepribadian anak.

Misalnya, Anda ingin bercerita tentang cerita rakyat Malin Kundang. Inginnya menyampaikan pesan bahwa seorang anak haruslah mengingat jasa dan kebaikan orang tua nan telah bersedia merawat dan menjaganya sedari kecil. Namun, cerita itu dapat jadi sangat membosankan bagi anak bila Anda hanya membacakan cerita tanpa mencoba buat bereksplorasi dengan sedikit teatrikal.

Lebih baik lagi kalau anak dipancing buat melanjutkan cerita Anda. Hal ini dapat menjadi stimulan atau rangsangan bagi otak anak agar berpikir kreatif dan interaksi antar sinapsis otak menjadi tersambung dengan baik.

Jika anak sudah menemukan asyiknya bercerita, akan lebih mudah baginya buat belajar. Aktifitas otak anak nan biasa bercerita akan terlihat berbeda dengan anak nan tak pernah melakukannya. Mereka juga jadi cenderung lebih pintar dari nan lain.

Bahkan bukan tak mungkin kreatifitas mereka akan dapat dituliskan ke dalam sebuah buku. Menjadi penulis cilik, ya sebuah tonggak sejarah nan akan diukirnya dan akan diingat kembali pada saat ia dewasa. Peran orang tua sangatlah krusial dalam membuat itu terjadi.

Kegiatan mendongeng sebelum tidur sudah menjadi bagian dari Norma masyarakat Indonesia sejak dahulu. Kebudayaan dan kepercayaan masyarakat setempat mempengaruhi dongeng-dongeng nan diceritakan secara turun temurun itu, seperti cerita rakyat.

Terbukti dari kisah-kisah rakyat nan banyak terdapat di seluruh daerah di Indonesia nan berkisah tentang terbentuknya suatu daerah seperti Banyuwangi, Tangkuban Perahu, dan lain sebagainya.

Selain cerita rakyat nan khas dengan kebudayaan nan beragam, muncul pula dongeng hewan atau nan biasa disebut fabel nan menceritakan kehidupan hewan di mana hewan-hewan tersebut bisa berbicara dalam bahasa manusia.

Cerita rakyat nusantara ini banyak sekali nan beredar. Hampir di setiap daerah mempunyai cerita rakyat. Cerita rakyat merupakan salah satu folklor Indonesia nan mempunyai nilai kebudayaan nan sangat tinggi.

Di dalam cerita rakyat tersebut banyak implisit pesan-pesan moral nan bisa diambil oleh para pendengarnya. Untuk itu, sebagai orang tua alangkah baiknya menceritakan kepada sang buah hatinya cerita rakyat nusantara.

Semua cerita rakyat tersebut merupakan salah satu jenis folklor di Indonesia. Di indonesia, kebudayaan folklor sudah ada sejak zaman dahulu kala. Istilah folklor berasal dari bahasa Inggris, yaitu folk, nan berarti sekelompok nan mempunyai tanda pengenal berupa fisik, sosial, dan kebudayaan buat membedakannya dengan kelompok lain, dan lore , nan berarti tradisi dari tanda pengenal tersebut.

Jadi, folklor ialah bagian dari kebudayaan nan disebarkan dan diwariskan kepada generasi mudanya dengan cara tradisional, baik dalam bentuk lisan atau dalam bentuk isyarat dengan menggunakan alat bantu isyarat.

Untuk itu, folklor merupakan istilah generik nan dipakai sebagai aspek secara holistik buat aspek material, spiritual, dan verbal dari suatu kebudayaan nan dengan cara pengamatan dan peniruan nan disampaikan secara moral.

Folklor nan berkembang di dalam kebudayaan Indonesia sangat membantu perkembangan masyarakat Indonesia. Folklor tersebut mempunyai fungsi bagi kehidupan masyarakat, yaitu sebagai berikut.

  1. Folklor berfungsi sebagai sistem proyeksi. Maksudnya folklor itu sebagai alat pencerminan dari angan-angan suatu kelompok.
  1. Folklor berfungsi sebagai alat buat mengesahkan forum dan pranata kebudayaan nan ada di Indonesia.
  1. Folklor berfungsi sebagai alat mendidik anak-anak buat mengenal lebih jauh tentang kebudayaannya sendiri.
  1. Folklor berfungsi buat memaksa dan sebagai penggagas norma-norma di dalam masyarakat agar masyarakat tersebut patuh terhadap norma-norma nan berlaku.

Sebagai orang tua, harus bisa membiasakan anaknya buat mencintai kebudayaan sendiri dan melatihnya agar melestarikan kebudayaan tersebut. Dengan begitu, kebudayaan nusantara akan terus ada sampai di masa nan akan datang.

Menceritakan kembali cerita-cerita rakyat nan ada di Indonesia ini, maka akan membantu melestarikan kebudayaan folklor Indonesia. Apabila cerita rakyat tersebut tak ada nan melestarikan, yaitu tak disampaikan kepada orang lain, maka lama-lama folklor tersebut akan hilang ditelan zaman dan anak cucu kita tak akan mengenal folklor, khususnya cerita rakyat.

Apabila Anda tak mampu buat membeli buku dongen atau cerita anak sebab harga buku anak nan nisbi mahal, maka Anda tak usah bingung apa nan harus diceritakan kepada anak.

Dengan bekal pengetahuan Anda mengenai cerita rakyat nusantara, Anda bisa menyampaikannya kembali kepada anak-anak Anda sinkron dengan bahasa Anda, tanpa harus membeli sebuah buku.

Apabila Anda kurang mengetahui tentang cerita rakyat, Anda bisa mencarinya di internet buat kategori cerita rakyat nusantara. Mudah bukan buat mengenalkan pada anak apa itu kebudayaan Indonesia melalui cerita rakyat.



Di Mana Mencari Dongeng Rakyat

Agar cerita rakyat nan diceritakan tak itu-itu saja, maka pendongeng, baik orang tua atau pengasuh, harus dapat mencari cerita rakyat nan belum pernah diceritakan.sebelumnya. Meski muatan edukasinya sama, tapi lakon cerita harus berbeda. Tujuannya, agar si anak tidak bosan dengan cerita itu-itu saja. Ada beberapa sumber nan dapat jadikan rujukan.



1. Buku

Cukup banyak buku nan menceritakan cerita rakyat. Anda dapat membelinya di toko buku atau Anda juga dapat meminjamnya di perpustakaan. Misalnya, kisah Malin Kundang, Tangkuban Perahu, Pak Belalang, dan sebagainya



2. Koran atau Majalah

Cerita rakyat juga bisa ditemukan di majalah dan koran. Di beberapa surat kabar ada juga dimuat cerita rakyat. Biasanya, setiap hari minggu hampir setiap koran ada rubrik spesifik nan memuat cerita rakyat.



3. Internet

Di Internet juga banyak terdapat cerita-cerita atau cerita rakyat. Anda dapat membacanya dengan gratis. Media nan satu ini memang sudah menjadi pilihan nan banyak digemari pada zaman sekarang. Misalnya, di situs dongeng.org.



Trik Menceritakan Dongeng Rakyat

Untuk menceritakan cerita rakyat nusantara agar menarik bagi anak, Anda harus piawai dan memahami triknya. Berikut ini ada beberapa langkah nan harus Anda lakukan.

  1. Ceritakan dongeng dengan menggunakan bahasa nan cukup mudah dicerna anak-anak atau bahasa nan sudah popular di telinga mereka.
  1. Bedakan gaya bicara antar setiap tokoh. Fungsinya, agar anak-anak mudah buat menangkap pesan dengan mengingat gaya bicara tokoh nan diceritakan.
  1. Gunakan alat bantu bercerita, seperti boneka, wayang, buku, dan sebagainya. Fungsinya, agar si anak dapat dengan mudah menangkap pesan.
  1. Libatkan juga mereka di saat menceritakan cerita rakyat dengan cara bertanya atau dengan obrolan ringan. Tujuannya, agar diketahui apakah mereka menikmati atau tidak. Selain itu, ini cara termudah buat terekam dalam memori mereka mengenai pelajaran-pelajaran nan layak dipetik.

Buku-buku dongeng nan beredar di Indonesia sudah banyak nan beredar. Akan tetapi, dongeng nan beredar tersebut di penguasaan oleh buku dongeng dari luar. Buku dongeng dari Indonesia sendiri malah sedikit.

Sekarang ini, buku-buku dongeng dari luar lebih menarik perhatian anak-anak ketimbang buku dongeng dari dalam negeri. Hal tersebut sebab penyajian buku dongeng dari luar lebih menarik dan bagus.

Buku dongeng biasanya disertai oleh gambar ilustrasi agar lebih menarik perhatian sang anak. Pada buku dongeng nan dari luar, penyajian gambar nan bagus dan menarik bisa mengalahkan kualitas gambar buku dongeng dalam negeri. Itulah salah satu penyebab mengapa buku dongeng dari luar lebih populer pada saat ini.

Padahal, dongeng nan berasal dari Indonesia bermanfaat bagi pengetahuan sang anak. Anak bisa lebih mengenal kebudayaannya sendiri dan mengembangkan folklor Indonesia.

Cerita rakyat memang harus diceritakan kepada anak-anak, agar mereka dapat meniru peran tokoh-tokoh nan baik di dalam cerita tersebut. Selain itu, mereka pun dapat diajak buat menjauhi konduite tokoh-tokoh nan tak baik di dalam cerita tersebut. Oleh sebab itu, mari ceritakan dongeng rakyat kepada anak-anak kita.

advertisements

Tips Sehat

advertisements