Mengembangkan Minat

Mengembangkan Minat

Kita semua tentu memiliki minat masing-masing di kehidupan ini. Sebagian ada nan memiliki minat di bidang musik, bidang IT, olahraga, menulis, berkebun dll. Sebagian dari Anda telah menyukai suatu bidang sejak kecil dan terus menyukainya hingga dewasa.

Namun sebagian orang ada juga nan hingga dewasa belum mengetahui minatnya apa. Mungkin begitu banyak hal nan terlintas di benak Anda ketika mendengar kata minat ini. Mulai dari apa nan dinamakan dengan minat, apa sebenarnya minat Anda, bagaimana menyalurkannya, dan lain-lain.

Tak pelak memang banyak hal nan Anda hadapi sehari-hari. Rutinitas nan padat dan lingkungan nan kurang mendukung dapat membuat Anda tidak dapat menyalurkan minat dengan baik. Sebelum mengetahu cara buat mengembangkan minat Anda, ada baiknya Anda mengetahui apa minat Anda sebenarnya.



Apakah Minat Itu?

Sebenarnya minat ialah sesuatu nan krusial dalam kehidupan. Ia dapat menjadi sumber dari segala kreativitas, semangat, dan prestasi. Minat dapat mendorong kita buat mengembangkan diri menjadi lebih baik lagi. Dapat dikatakan, minat ialah sesuatu nan Anda sukai dan ketika Anda mengerjakan sesuatu itu Anda menikmatinya. Di bawah ini ialah beberapa indikator dari minat.

  1. Sesuatu nan Nyaman Dilakukan

Anda dapat mengetahui minat Anda dengan mengingat-ingat hal nan nyaman dilakukan. Seseorang nan memiliki minat di bidang musik misalnya, dapat menghabiskan berjam-jam bermusik tanpa terasa. Dia tidak merasakan bermusik sebagai beban sebab dia menikmati kegiatan itu.

Seorang nan memiliki minat berkebun dapat menghabiskan waktu berjam-jam tanpa terasa. Begitupun jika Anda memiliki minat di bidang-bidang nan lain. Jika Anda nyaman melakukan sesuatu sehingga waktu nan lama tidak terasa berlalu, dapat jadi itu ialah minat Anda.

  1. Sesuatu nan Menjadi Keahlian

Memang tidak selamanya pekerjaan nan Anda lakukan saat ini merupakan minat Anda. Akan tetapi, jika dalam kehidupan Anda telah melakukan sesuatu dalam jangka panjang dan Anda menjadi pakar di bidang tersebut, ada kemungkinan ia dapat menjadi minat Anda.

  1. Sesuatu nan Anda Sukai Sejak Kecil

Ada kalanya Anda memiliki hobi nan sangat Anda sukai di waktu kecil. Namun Anda tidak lagi memiliki waktu buat menikmati hobi tersebut sebab rutinitas kehidupan saat ini. Cobalah buat melakukannya lagi sebab dapat jadi hal itu termasuk minat Anda. Mungkin Anda ingat dulu sewaktu kecil suka bernyanyi, menulis, atau melukis. Ada baiknya kalau saat ini Anda mencoba kembali meluangkan watu buat melakukan lagi hobi tersebut.



Mengembangkan Minat

Setelah Anda mengetahui minat Anda masing-masing, lalu apa nan dapat Anda lakukan? Tentu saja hal terbaik nan dapat Anda lakukan ialah mengembangkan minat tersebut. Banyak nan dapat Anda dapatkan dari menekuni minat Anda. Banyak pula contoh orang-orang nan berhasil sebab menekuni minat mereka dengan serius.

Dalam mengembangkan minat memang gampang-gampang susah. Beberapa hal dapat menjadi penghambat penyaluran dan pengembangan minat Anda, mulai dari waktu nan tidak mencukupi, rutinitas, maupun perasaan bahwa penyaluran minat Anda hanya buang-buang waktu dan tidak akan menghasilkan sesuatu nan positif.

Walaupun demikian, bukan berarti Anda harus menyerah dan meninggalkan minat Anda begitu saja. Minat Anda merupakan hal nan terlalu berharga buat ditinggal dan ditelantarkan. Berikut ini ialah beberapa cara nan dapat dilakukan buat mengembangkan minat Anda.

  1. Luangkan Waktu

Tentu setiap hari Anda memiliki rutinitas dengan berbagai macam pekerjaan nan mengiringinya. Dengan begitu, terkadang tidak memiliki waktu buat mengembangkan minat Anda nan mungkin telah lama terpendam.

Hal ini akan menimbulkan masalah sebab dapat jadi lama-lama minat Anda nan sebenarnya sangat kuat terdapat pada diri menjadi hilang sebab lama tidak tersalurkan. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa penyediaan waktu nan cukup buat menyalurkan minat Anda ialah sesuatu nan sangat penting.

Dengan menyediakan waktu nan cukup buat menyalurkan minat, Anda dapat memperoleh kegunaan ganda. Pertama, hiburan dari kepenatan kegiatan sehari-hari, sebab Anda melakukan hal nan Anda sukai. Kedua, peningkatan kemampuan Anda di bidang nan Anda minati.

  1. NikmatiPprosesnya

Hal lain nan juga krusial ialah buat menikmati kegiatan penyaluran minat Anda dengan sepenuh hati. Mungkin saja timbul perasaan bersalah sebab menggunakan waktu dengan “kurang produktif”. Akan tetapi kalau kegiatan nan Anda lakukan merupakan sesuatu nan Anda minati, pasti Anda akan mendapatkan kegunaan nan signifikan dari kegiatan tersebut.

Seorang nan memiliki minat berkebun misalnya, akan menghasilkan banyak tumbuhan nan bermanfaat buat keluarga. Minimal dapat menenangkan pikiran dengan kegiatan berkebunnya tersebut.

Percayalah bahwa minat nan dijalani dengan sepenuh hati dan dilakukan dalam waktu nan proporsional (tidak berlebih namun juga tak kurang) akan banyak memberi kegunaan bagi Anda. Jika Anda belum mendapatkan hasilnya langsung di jangka pendek, Anda dapat mendapatkannya dalam jangka panjang.

  1. Cari Teman nan Memiliki Minat Sama

Alangkah menyenangkan jika Anda dapat menemukan orang-orang dengan minat nan sama dengan Anda. Banyak hal nan dapat dilakukan dengan mereka. Anda dapat berbagi cerita tentang kegiatan-kegiatan nan diminati sekaligus mendengar cerita dari rekan-rekan Anda nan seminat.

Banyak komunitas-komunitas nan dapat Anda temui. Apalagi di kota-kota besar. Komunitas nan ada begitu beragam, mulai dari komunitas sepeda, komunitas sulap, komunitas musik, komunitas menulis, komunitas lukis, dll.

Anda tinggal memilih komunitas nan sinkron dengan minat Anda. Internet akan sangat membantu buat mengetahui berbagai komunitas nan ada di kota Anda. Cukup ketik kegiatan nan sinkron dengan minat Anda di mesin pencari.

Anda pun akan mendapatkan banyak alternatif. Bagi Anda nan masih kuliah/sekolah Unit Kegiatan Mahasiswa atau kegiatan ekstrakurikuler merupakan loka nan tepat buat menyalurkan minat Anda.

  1. Jadikan Pekerjaan

Jadikan minat sebagai pekerjaan? Mengapa tidak. Seperti telah disebutkan sebelumnya, begitu banyak contoh orang nan menekuni minatnya hingga dapat menjadi pekerjaannya. Stephen King ialah contohnya.

Dia sempat bekerja di laundri namun ia tidak menyerah dan terus menekuni minatnya menulis novel-novel thriller. Saat ini ia menjadi salah satu novelis terlaris di global dengan novel nan terjual lebih dari puluhan juta kopi.

Contoh lain ialah musisi seperti band Slank nan menekuni bidang musik dan menjadi salah satu musisi terdepan di Indonesia saat ini. Di global kuliner, banyak orang nan hobi memasak.

Mereka terus menekuni minat mereka hingga menjadi chef terkenal atau sukses membuka usaha bisnis makanan. Tentu Anda mengetahui banyak atlet (petenis, pesepakbola, pelari) nan memulai karirnya dari menekuni minat.

Masih banyak lagi contoh nan lain. Pendeknya, minat nan ditekuni dengan serius dapat menjadi pekerjaan nan memberi kebahagiaan bagi kehidupan. Bagaimana? Sudah siap mengembangkan minat Anda? Selamat mengembangkan minat dan jadilah nan terbaik di bidang Anda masing-masing.

advertisements

Tips Sehat

advertisements