Manfaat Kandungan Gizi Kangkung Bagi Kesehatan

Manfaat Kandungan Gizi Kangkung Bagi Kesehatan

Kangkung atau ipomoea aquatica forsk termasuk sayuran nan murah dan sangat mudah didapat. Hampir semua pedagang sayur baik di pasar maupun pedagang sayur keliling niscaya menjual kangkung. Kandungan gizi kangkung nan tinggi membuat sayuran ini digemari dan dimanfaatkan buat pengobatan berbagai macam penyakit.

Kangkung bisa tumbuh dengan mudah di sawah, kolam maupun pinggiran sungai atau di dataran rendah dengan ketinggian kurang lebih 1.000 meter di atas permukaan bahari dan tanpa perawatan khusus.

Bentuk tanaman kangkung segitiga memanjang dengan permukaan daun berwarna hijau. Di bagian bawah, daun berwarna hijau muda. Bentuk batang kangkung berongga dan beruas dengan daun tunggal dan tangkai nan memanjang dan tumbuh berseling-seling.

Kangkung nan termasuk suku convolvulaceae ini bisa tumbuh dengan cepat dalam waktu 4-6 minggu. Kangkung tumbuh merambat dengan panjang antara 30-50 cm.

Tanaman kangkung bisa dibedakan menjadi dua jenis, yaitu kangkung darat nan dikenal dengan nama kangkung cina dan kangkung air nan tumbuh secara alami di sawah dan rawa-rawa. Disparitas kangkung darat dan kangkung air terletak pada rona bunga, bentuk daun dan batang.

Kangkung darat memiliki kembang berwarna putih higienis dengan rona batang juga putih kehijau-hijauan. Kangkung darat memiliki biji lebih banyak daripada kangkung air dan bisa diperbanyak dengan biji tersebut. Kangkung air memiliki kembang berwarna putih kemerah-merahan dengan batang berwarna hijau dan diperbanyak dengan stek pucuk batang.



Kandungan Gizi Kangkung

Kankung merupakan sayuran nan paling laris di pasar tradisonal, ibu rumah tangga biasanya membelinya lebih dari 1 ikat per hari. Hal ini menunjukkan bahwa kangkung sangat digemari masyarakat, selain enak ternyata kandungan gizi kankung sangat luar biasa.

Kangkung atau oleh orang barat disebut dengan bayam air mempunyai beberapa zat krusial bagi tubuh, yaitu serat, vitamin C, vitamin A, protein, besi dan kalsium.

Kangkung termasuk dalam sayuran nan bernilai nutisi tinggi dan sangat mudah buat dibudidayakan sebab dapat tahan terhadap perubahan cuaca. Bahkan banyak ilmuan kesehatan nan menyarankan agar kangkung dijadikan solusi terhadap masalah kelaparan dan busung lapar nan melanda negeri-negeri miskin, contohnya Etopia.

Bila Anda memakan kangkung dengan porsi 150 gram maka Anda akan mendapatkan banyak kandungan gizi kangkung bagi tubuh diantaranya yaitu : 45 kkalori, 40 g protein, 90 mg kalsium, 5 mg besi, 6 mg vitamin A, 45 mg vitamin C.



Manfaat Kandungan Gizi Kangkung Bagi Kesehatan

Kangkung memiliki banyak keistimewaan bila dibandingkan dengan sayuran lainnya, hal itu sebab kandungan gizi kangkung sangat banyak. Beberapa kegunaan kangkung yaitu :

  1. Kangkung memiliki sifat sebagi anti racun di dalam tubuh. Keracungan makanan sering dialami oleh masyarakat terutama pada anak kecil. Bila Anda dan anggota keluarga ada nan keracunan makanan maka buat mengobatinya bisa menggunakan sayuran kangkung. Untuk mengatasi keracunan makanan, kita bisa memanfaatkan 500 gram kangkung segar dan campurlah dengan kacang hijau. Beri sedikit air dan haluskan. Setelah itu, saringlah dan ambil air hasil saringan tersebut. Campur dengan satu sendok madu dan minum setiap pagi dan sore selama tiga hari.
  2. Sebagai obat tidur atau penenang (memiliki sifat sedatif). Bila Anda menderita penyakit sulit tidur atau biasa disebut tidak bisa tidur maka kangkung bisa dijadikan obat bagi Anda. kandungan besi, kalsium dan protein nan tinggi pada kangkung akan membuat Anda merasakan kantuk setelah memakannya secara rutin setiap hari. Bahkan Anda dapat merasakan tidur nan pulas dan nyenyak bila memakannya pada makan malam.
  3. Pelancar kencing. Sulit buang air kecil merupakan penyakit nan sering diderita para pekerja berat sebab mereka memiliki Norma menunda buang air kecil. Banyak para pekerja berat nan menjadikan kangkung makanan sehari-hari buat mengatasi hal ini. Caranya ialah dengan meminum air rebusan dari satu genggam kangkung, sebagai pelengkap maka minumlah setidaknya 1 liter air setiap hari buat mengatasi susah kencing.
  4. Anti radang. Mulut dan tenggorokan Anda sering rAndang ? sebagai sayuran nan penuh dengan protein dan vitamin C maka kangkung sangat baik dikonsumsi supaya mulut dan tenggorokan terhindar dari penyakit radang. Cara mengkonsumsi kangkung dapat dengan dibuat sayuran bening (berkuah) atau dibuat lalapan, jangan dimasak dengan digoreng sebab minyak goreng tak baik bagi penderita rAndang mulut dan tenggorokan.
  5. Mampu mengobati mimisan. Mimisan ialah penyakit nan sering dialami oleh anak kecil. Anak kecing nan sering bermain di bawah terik matahari rentang terkena memisan. Kangkung memiliki khasiat menghentikan pendarahan dampak mimisan. Bila anak Anda mengalami mimisan maka seikat kangkung segar bisa digunakan buat mengatasi mimisan. Cucilah kangkung tersebut dan tumbuk halus. Beri sedikit gula dan seduh dengan air panas. Minum dua kali sehari.
  6. Mengurangi darah haid nan terlalu banyak. Caranya ialah dengan menggunakan dua ikat kangkung nan telah dicuci bersih. Tumbuk atau blender hingga halus. Kemudian ambillah sarinya nan dicampur dengan satu sendok makan madu. Minumlah sekali sehari.
  7. Mampu menyembuhkan penyakit gigi. Caranya, ambillah segenggam akar kangkung dan rebuslah dengan satu gelas air nan dicampur dengan satu sendok cuka. Didihkan dan gunakan campuran tersebut sebagai obat kumur.
  8. Ketombe. Kangkung juga bisa pula dimanfaatkan buat mengatasi ketombe. Caranya dengan merendam kangkung selama semalam. Ambil air rendaman nan tampak kebiruan dan gunakan air tersebut buat keramas.
  9. Obat sariawan. Cuci daun kangkung dan haluskan. Tambahkan ke dalam kangkung nan telah dihaluskan tersebut segelas air dan sedikit garam. Peras dan saring lalu gunakan airnya buat berkumur. Campuran ini bisa menyembuhkan sariawan dengan cepat.
  10. Itulah beberapa keistemewaan kangkung bagi kesehatan. Dengan harga kangkung nan murah ternyata kita dapat mendapatkan berbagai kegunaan dari sayuran hijau ini.


Kandungan Gizi Kangkung - Cara membudidayakan kangkung.

Bagi ibu rumah tangga di saat ekonomi tanah air nan tak tumbuh bunga menjadikannya sulit mengatur keuangan keluarga. Aturan belanja setiap hari membengkak tiap tahunnya. Membuat sebuah kebun di samping atau belakang rumah dapat menjadi alternatif penghemat uang belanja sehari-hari.

Banyak jenis sayuran nan dapat ditanam di kebun rumah dan kangkung ialah salah satu sayuran nan termudah buat dibudidayakan, selain kandungan gizi kangkung sangat baik bagi kesehatan anggota keluarga, suami dan anak-anak Anda. Kangkung memiliki perkembangbiakan dan pertumbuhan nan cepat sehingga Anda dapat memanennya 2 hari sekali bila ukuran kebun normal. Selain itu kangkung ialah tanaman nan tahan terhadap perubahan iklim, Anda dapat menanamnya pada musim kemarau dan musim hujan.

Berikut ini langkah-langkah budidaya kangkung, di antaranya yaitu :

  1. Supaya Anda dapat memanen kangkung secara rutin setidaknya Anda membutuhkan kebun dengan luas 3 x 3 meter. Semakin luas kebun maka Anda tak perlu risi kehabisan kangkung buat dimasak atau buat keperluan lainnya.
  2. Agar kangkung dapat berkembangbiak dan tumbuh cepat maka Anda harus menyuburkan tanah kebun Anda. Pakailah pupuk organik nan ramah lingkungan. Hindarilah pemakaian pupuk kimia sebab akan membuat tanah kebun menjadi rusak sebab PH dalam tanah dapat berubah drastis. PH tanah nan cocok bagi kangkung antara 5 – 7.
  3. Agar benih bisa tumbuh dengan sehat kondisikan tanah dalam keadaan lembab. Bibit kangkung akan tumbuh secara baik pada tanah nan fertile dan lembab. Benih kangkung setidaknya harus direndam selama sehari agar tumbuh menjadi bibit terlebih dahulu.
  4. Tanamlah dalam-dalam bibit kangkung agar menjadi kuat dan sehat. Tanamlah akar bibit kangkung dengan kedalaman lebih dari 5 cm di dalam tanah. Buatlah jeda tanam sekitar 20 cm x 20 cm.
  5. Kangkung dapat dikembangbiakan dengan cara stek. Potonglah kangkung dengan panjang 30 cm tepat pada pangkal batang utama. Kemudian tanam dengan kedalam di atas 5 cm.
  6. Bila musim kemarau datang maka buatlah irigasi kecil di dalam kebun. Buatlah irigasi secara berjajar. Aliri kebun kangkung dengan genre air nan rendah. Jangan terlalu banyak sebab tak efisien.
  7. Bila kangkung sudah dewasa maka genre air irigasi harus lebih banyak lagi. Hal ini bermaksud agar kangkung memiliki daun nan lebar dan batang nan panjang.

Itulah tips membudidayakan kangkung. Anda dapat menikmati kandungan gizi kangkung nan luar biasa setiap hari tanpa membelinya di pasar bila membuat kebun kangkung di rumah Anda.

advertisements

Tips Sehat

advertisements