Ciri Tenggorokan nan Meradang

Ciri Tenggorokan nan Meradang

Jika Anda merasa sakit pada tenggorokan saat menelan sesuatu, jangan anggap remeh hal itu. Rasa sakit nan Anda derita dapat jadi merupakan radang tenggorokan . Niscaya bukan sesuatu nan menyenangkan mendapatkan derita seperti ini. Tenggorokan dilewati oleh makanan dan minuman. Kalau makan dan minum saja, bagaimana dengan aktivitas lainnya? Selayaknya penyakit nan harus segera diobati, tenggorokan nan meradang pun demikian. Jika penyakit ini tak diobati, hal tersebut bisa membuat aktivitas Anda akan lebih terganggu.

Radang tenggorokan ialah salah satu penyakit nan disebabkan oleh virus.



Gejala Penyakit Lain

Penyakit ini sering hadir bersamaan dengan gejala flu biasa. Ketika radang menyerang, sebagian orang justru mengartikan bahwa itu ialah gejala flu biasa, sebab memang tenggorokan nan meradang gejala awalnya mirip dengan flu. Padahal perih di tenggorokan tersebut, bukanlah perih biasa. Apalagi kalau terkena flu tak sine qua non peradangan di tenggorokan. Gejala flu ini akan hilang bahkan hanya dalam waktu nan sangat singkat – satu hari, misalnya. Imunitas tubuh bagus, lingkungan sehat, gejala flu akan hilang.

Ketika gejala flu datang, malah ada orang nan berolahraga agar keringatan. Pada saat olahraga itu tarikan napas lebih sering dan panjang sehingga paru-paru dan jantung bekerja lebih keras tapi tak membahayakan. Dengan demikian oksigen banyak masuk. Oksigen nan banyak berada di dalam jantung itulah nan membuat kerja jantung semkain bagus. Inilah nan membuat gejala flu cepat reda. Keringat nan keluar ketika dan setelah olahraga itu membawa racun dalam tubuh. Racun nan banyak keluar tentunya membuat tubuh semakin segar. Setelah keringat hilang tanpa dilap, lalu mandi air hangat atau air dingin. Tubuh akan semakin segar.

Itu kalau salah satu cara efektif menyembuhkan dan membuat flu biasa tak menjadi satu jenis penyakit nan semakin parah. Bagaimana dengan sakit tenggorokan? Sakit di tenggorokan rasanya niscaya sangat menyiksa. Anda tak dapat leluasa menyantap makanan kegemaran. Untuk menelan nasi saja rasanya niscaya akan sangat sakit. Akibatnya, tubuh Anda akan kehilangan asupan gizi dari makanan sehari-hari.

Jika sudah begini, kondisi ketahanan tubuh Anda akan menurun. Apabila radang tenggorokan tak segera diobati, maka perlahan tapi niscaya Anda akan kehilangan beberapa kilo berat badan dalam waktu singkat. Kondisi ini tak boleh dibiarkan. Tindakan pertama ialah tetap berusaha memasukkan gizi ke dalam tubuh. Tentu saja bukan makanan nan keras dan minuman nan membuat tenggorokan semakin sakit. Cobalah meminum minyak zaitun sebanyak satu sendok setiap 4 jam sekali.

Kandungan mineral dan zat gizi nan ada dalam minyak zaitun paling tak dapat membantu menambah asupan gizi. Setelah itu, utuk karbohidratnya, makanlah bubur nan terbuat dari nasi biasa atau oat dicampur dengan telur. Paksakan buat terus makan agar imunitas tubuh semakin baik. Jus dari buah-buahan segar juga harus diminum. Misalnya, jus ketimun, semangka, apel, strawberry, dan melon. Buah-buahan nan banyak mengandung air sangat bagus buat dikonsumsi.

Tidur nan cukup dan tak harus beraktivitas nan membutuhkan banyak tenaga. Apabila dalam dua hari keadaan ini belum juga menunjukkan gejala ke arah nan lebih baik, kunjungilah dokter. Jangan sampai tenggorokan nan meradang malah semakin parah dan malah akan menyebabkan timbulnya penyakit lain. Sebaliknya, kalau setelah meminum minyak zaitun dan makan makanan serta minuman nan dianjurkan itu, lalu keadaan semakin baik, teruskanlah mengkonsumsi semua itu. Bila perlu, resep itu dilanjutkan dan menjadi menu sehari-hari. Tentu saja menu itu tak dikonsumsi semuanya setiap saat.

Atur menu agar tubuh tak merasa jenuh dan Anda tak bosan dengan makanan dan minuman nan itu-itu saja. Kalau minyak zaitun boleh diminum setiap hari dan jangan merasa bosan. Minyak zaitun ini ialah minyak nan diberkahi. Jadi akan sangat baik diminum setiap hari atau digunakan dalam hal memasak. Minyak zaitun juga akan membuat awet muda dan dapat dipakai buat banyak hal termasuk menghilangkan bekas jerawat dan mengurangi kerutan di wajah.



Ciri Tenggorokan nan Meradang

Dalam istilah kedokteran, radang pada tenggorokan dikenal dengan nama Faringitis. Saat tenggorokan mengalami radang, keadaan dinding tenggorokan biasanya akan berubah menjadi bengkak dan tebal. Rona tenggorokan pun akan berubah memerah layaknya bagian tubuh nan terinfeksi, ditambah dengan hadirnya bintik-bintik putih. Keadaan inilah nan membuat semua benda nan melalui tenggorokan akan menimbulkan rasa sakit dan perih nan luar biasa.

Radang pada tenggorokan ini dapat juga terjadi sebab demam nan sangat tinggi. Ketika demam melanda, tenggorokan akan terasa panas. Kalau demam tak dapat diatasi dan dibuat turun segera, maka sakit tenggorokan akan datang dan akan berlanjut bila dibiarkan. Ana-anak biasanya tak dapat mengatasinya sendiri. Mereka juga terkadang membiarkan keadaan itu sebab takut disuruh minum obat. Orangtua harus dapat membujuk anak agar makan makanan dan minuman seperti ramuan nan telah disebutkan sebelumnya.

Berilah anak pengertian nan sebenarnya tentang sakit tenggorokan dan dampak nan dapat terjadi kalau tak segera diobati. Biasanya mereka akan tahu dan mau mengikuti apa nan disarankan oleh orangtua. Anak-anak akan mengerti kalau orangtua berbicara dengan cinta dan kasih sayang. Tidak perlu dibentak atau dimarahi dan hingga diancam. Cukup katakan bahwa semua sayang padanya dan semua ingin si anak cepat sembuh. Tetapi orangtua tak dapat membantu kalau si anak tak mau membantu dirinya sendiri. Bujukan seperti itu biasanya cukup ampuh.



Penyebab Radang Tenggorokan

Sama halnya dengan flu, radang dalam tenggorokan juga disebabkan hadirnya virus di tenggorokan. Virus tersebut berperan sekitar 80 persen dalam “melumpuhkan” fungsi tenggorokan. Sisanya disebabkan oleh hadirnya bakteri dan ketahanan tubuh nan tengah berada pada fase buruk. Jadi, asupan gizi nan baik dan seimbang harus segera masuk ke adalam tubuh agar semua virus itu dapat diserang balik dan tubuh kembali berjaya dengan rasa nan nyaman dan jauh dari virus atau penyebab penyakit lainnya.

Virus

Virus nan mengakibatkan radang ialah virus EBV nan dibawa oleh bakteri Streptokokus . Dokter akan dengan mudah mengidentifikasi virus ini ketika virus tersebut menyerang saluran tenggorokan Anda. Tenggorokan Anda akan memerah, serta pembengkakkan kelenjar limfe pada tenggorokan. Selain virus EBV, radang tenggorokan juga dapat disebabkan oleh virus coxsackie . Virus tersebut biasanya tersebar antara tangan, kaki dan mulut. Jadi sebaiknya mulai sekarang, biasakan cuci tangan dan kaki sehabis berkegiatan sebelum Anda menyantap sesuatu.

Tingkatkan dan jaga selalu ketahanan tubuh agar virus tak mudah menyerang. Tanpa ketahanan tubuh nan didapatkan dari asupan gizi dan gaya hayati sehat, maka tubuh akan sangat mudah terserang penyakit. Jangan sampai membiarkan tubuh diserang penyakit seperti membayar pajak. Terlalu sering terserang penyakit akan membuat tubuh sangat rentan dengan berbagai penyakit nan lebih berbahaya.

Flu

Keidentikkan radang dalam tenggorokan dengan flu sebenarnya bukan tanpa alasan. Kedua penyakit saluran pernapasan itu, dapat saling mempengaruhi. Radang mempengaruhi flu, dan flu mempengaruhi terjadinya radang pada tenggorokan Anda. Ketika flu, produksi lendir pada saluran hidung dan mulut meningkat. Secara tak langsung hal itu bisa membuat tenggorokan menjadi teriritasi. Iritasi inilah nan membuat tenggorokan memerah dan terasa sangat perih dan pedih ketika ada makanan atau minuman nan melewatinya.

Merokok dan Alergi

Kedua hal tersebut sepertinya terlihat sama sekali tak ada interaksi secara langsung dengan tenggorokan. Namun ternyata asap rokok nan masuk ke saluran tenggorokan dapat mengakibatkan tenggorokan Anda teriritasi. Begitupun dengan alergi. Jauhkan rokok dari hayati Anda dan Anda akan merasa global lebih latif dan tubuh terasa lebih sehat.



Pengobatan Radang dalam Tenggorokan

Pengobatan terhadap radang tenggorokan dapat melalui dua alternatif. Resep obat dari dokter THT atau ramuan tradisional. Radang nan sudah akut, membengkak dan sangat mengganggu aktivitas pemenuhan kebutuhan tubuh terhadap makanan biasanya akan dilakukan pembedahan. Jika tidak, Anda dapat menggunakan lempuyang. Cara penyajiannya pun sederhana. Anda cukup menumbuk lempuyang dan merebusnya. Air rebusan lempuyang itulah nan dapat dijadikan obat radang tenggorokan. Lakukan hal tersebut selama seminggu. Untuk menambahkan cita rasa, Anda dapat menambahkan gula atau madu.

advertisements

Tips Sehat

advertisements