Maraknya Pengguna Sepeda Motor

Maraknya Pengguna Sepeda Motor

Peluang usaha kapital kecil banyak dicari oleh para calon pengusaha. Mereka memilih usaha nan tak membutuhkan banyak kapital finansial, sebab adanya keterbatasan jumlah dana nan tersedia. Selain itu, dengan kapital nan kecil, maka akan menghindari kerugian dalam jumlah nan besar.

Namun bukan berarti peluang usaha kapital kecil ini tak memerlukan penanganan nan serius. Sebab, setiap jenis usaha apabila dilakukan dengan ketekunan dan keseriusan akan menciptakan hasil nan optimal dan dapat berkembang.

Sebagaimana contoh nan pernah dilakukan Bob Sadino, seorang konglomerat di Indonesia. Mungkin tak banyak nan tahu bahwa kerajaan bisnis Bob Sadino hanya berawal dari menjual telur ayam kampung kelilingan. Dan jumlah ayam nan dimilikinya pun tak banyak, hanya lima ekor saja. Namun, dengan ketekunannya, Bob Sadino mampu memanfaatkan peluang usaha kapital kecil tersebut hingga memiliki kerajaan bisnis nan sudah diakui global bisnis Indonesia.

Di Indonesia sendiri, peluang usaha kapital kecil ini banyak ragamnya. Bahkan ketika krisis ekonomi melanda Indonesia, kelompok usaha kecil seperti inilah nan justru mampu bertahan dari badai krisis. Tak sporadis justru mereka mendapatkan laba nan berlipat. Salah satunya sebab kapital kecil nan dibutuhkan, menyebabkan para pengusaha tersebut tak perlu berhubungan dengan forum perbankan buat dukungan modal.



Beberapa Peluang Usaha Kapital Kecil

Peluang usaha kapital kecil juga dilakukan oleh mereka nan ingin menjadikan bisnis sebagai kegiatan sampingan. Seperti para mahasiswa nan mencoba memanfaatkan waktu luang mereka buat berwirausaha. Dan tren ini sudah banyak muncul, nan ditandai makin banyaknya pengusaha muda di Indnesia.

Hal ini tentu menggembirakan mengingat para mahasiswa ini memang seharusnya berpikir buat menciptakan lapangan kerja dengan ilmu nan dimiliki. Bukan sebaliknya, menjadi seorang pencari kerja nan hanya akan meningkatkan angka pengangguran di tanah air nan makin terbatas lapangan pekerjaan.

Beberapa peluang usaha kapital kecil nan dapat dijalani di antaranya ialah :

  1. Bisnis pulsa. Hal ini sangat prospektif, mengingat kebutuhan pulsa telepon sudah menjadi salah satu kebutuhan pokok manusia di era modern ini.
  2. Bisnis pembibitan ikan. Untuk bisnis ini, kapital nan dibutuhkan hanya berkisar angka jutaan rupiah, namun perputaran uang nan sangat cepat akan berdampak pada makin cepatnya waktu balik modal. Karena hanya dalam waktu dua minggu seorang pengusaha pembenihan ikan sudah dapat menjual benih ikan.
  3. Bisnis penjualan franchise. Bisnis ini ialah sebuah bisnis nan menjembatani antara pemilik kapital dengan mereka nan sudah memiliki sebuah usaha.
  4. Bisnis kuliner. Bisnis ini tak membutuhkan kapital dalam jumlah banyak. Apalagi jika seluruh proses produksi ditangani sendiri dan tak menggunakan tenaga kerja tambahan akan sangat signifikan dalam menghemat kebutuhan modal.


Tips Sukses Menjalankan Peluang Usaha Kapital Kecil

Peluang usaha kapital kecil tentunya sangat banyak jenisnya. Tidak hanya jenisnya, peminat peluang usaha kapital kecil pun banyak peminatnya. Bagaimana memanfaatkan peluang usaha kapital kecil agar sukses? Artikel ini akan membahas seputar tip berhasil peluang usaha kapital kecil. Tip berhasil peluang usaha kapital kecil ini diperoleh dari berbagai pengalaman orang-orang berhasil nan menjalankan peluang usaha kapital kecil tentunya.

Tips berhasil peluang usaha kapital kecil ini setidaknya akan membantu Anda dalam memulai bisnis atau usaha. Apa saja tip-tip berhasil peluang usaha kapital kecil? Berikut klarifikasi seputar tip berhasil peluang usaha kapital kecil.



Maraknya Pengguna Sepeda Motor

Daya beli sepeda motor kian hari kian bertambah. Masyarakat sepertinya tak berhenti buat menggunakan sepeda motor. Ada banyak faktor nan menyebabkan daya beli motor ini terus meningkat. Di antaranya ialah faktor ekonomi. Dengan menggunakan sepeda motor, terbukti lebih ekonomis daripada naik mobil atau angkutan umum.

Selain itu, mudahnya sistem pembelian juga sangat berpengaruh. Banyak perusahaan motor nan menggunakan sistem kredit dengan cicilan murah. Bahkan, ada nan tanpa uang DP. Masyarakat, terutama di daerah perkotaan, juga lebih memilih sepeda motor sebab dirasa lebih menghemat waktu. Dengan naik kendaraan motor, masyarakat lebih mudah menghindari macet.



Usaha Cuci Motor

Kondisi ini menjadi peluang bagi usaha cuci motor. Karena, biasanya, para pengguna motor tak punya waktu buat mencuci motor mereka. Bisnis cuci motor tergolong mudah dan hanya membutuhkan kapital nan nisbi sedikit. Kapital akan semakin terbantu jika kita memiliki rumah dengan halaman luas dan strategis. Dengan halaman rumah itu, kita dapat menggunakannya buat loka cuci motor. Sehingga kita tak perlu menyewa loka lagi.

Usaha cuci motor dapat dibuka meski hanya punya kapital 5 juta rupiah. Kapital tersebut digunakan buat keperluan pembelian peralatan cuci motor seperti pompa air, kompresor, dan berbagai peralatan cuci (sabun, sampo motor, sikat, kain lap, dan lain-lain).

Anda juga tak memerlukan loka nan terlalu luas. Untuk loka Anda hanya memerluan tanah seluas minimal 12 meter persegi nan muat buat 2 hingga 3 motor.



Kalkulasi Bisnis

Sebagai awalan Anda dapat mepekerjakan 3 orang pegawai buat mencuci motor. Mereka juga dapat merangkap sebagai administrasi. Biasanya tiap pegawai cuci motor dapat digaji hanya sebesar 500 ribu rupiah per bulan.

Jadi, setiap bulan dengan 3 orang pegawai, Anda hanya mengeluarkan gaji pegawai sebesar Rp1.500.000. Pengeluaran lainnya buat biaya operasional seperti listrik, air, dan perlengkapan cuci, kira-kira mengeluarkan biaya sebesar Rp2.500.000. Jadi total pengeluaran sebulan dapat mencapai sekitar 4 juta rupiah.

Hingga saat ini, biaya cuci per unit motor dapat dikenakan sebesar Rp7.000. Katakanlah Anda dapat melayani sekitar 30 unit motor setiap hari. Berarti setiap hari Anda akan memperoleh penghasilan 30 x 7.000, yaitu sebesar Rp210.000.

Dalam sebulan, penghasilan kotor Anda sebesar Rp6.300.000. Jika dihitung higienis setelah dilakukan buat berbagai pengeluaran, Rp6.300.000 dikurangi biaya operasional sebesar Rp4.000.000, maka keuntungan higienis Anda setiap bulan sebesar Rp2.300.000.



Pengembangan Bisnis

Di samping cuci motor Anda juga dapat melirik bisnis lain nan masih sejalan dengan bisnis cuci motor Anda. Dengan begitu Anda akan mendapatkan penghasilan tambahan tiap bulan.

Bisnis lainnya nan sejalan dengan cuci motor Anda misalnya dengan menjual berbagai peralatan cuci motor seperti sabun atau sampo motor. Anda juga dapat menjual berbagai macam aksesoris motor seperti stikr, helm, lampu spion, dan lain-lain. Atau jika Anda punya kapital tambahan, Anda dapat membuka jual-beli motor bekas.

Orang bilang zaman sekarang lagi serba sulit. Makanya, apa pun nan ada di sekitar kita harus dapat menjadi peluang bisnis. Jangan patah semangat jika Anda hanya punya kapital kecil. Meski kini sudah banyak nan membuka bisnis motor ini, tapi cuci motor sepertinya tak akan mengalami putus mata rantai. Apalagi, jika Anda punya aide-ide nan lebih kreatif dan inovatif buat mengembangkan bisnis bermodal kecil ini.

Selamat mencoba peluang usaha kapital kecil, cuci motor!

advertisements

Tips Sehat

advertisements