Teknik memilih kucing bagus Persia

Teknik memilih kucing bagus Persia

Bagi penggemar kucing, memiliki Kucing Bagus tentu sangat diidamkan. Salah satu kucing bagus idaman ialah kucing Persia. Penyayang kucing di tanah air sudah barang tentu mengenal jenis kucing satu ini. Kucing persia bisa dikenali dengan bulunya lebat dan rona nan menawan. Tidak sedikit orang nan langsung kesemsem begitu melihat kucing persia di hadapannya.

Harga dari kucing persia memang diakui mahal buat kalangan rakyat di Indonesia. Namun dikarenakan kucing ini mampu memikat hati nan melihatnya, maka harga mahal pun tak sebanding dengan kesenangan dalam memeliharanya. Terutama saat mengelus bulunya tebal, serta melihat kucing ini bertingkah lucu seperti saat bermain bola atau benang. Terkadang hobi tak dapat dibatasi dengan batasan ekonomi dari seseorang nan telah gandrung terhadap suatu hal.

Di berbagai kota besar, kucing asal Persia ini bisa ditemukan di pusat jual beli hewan perliharaan atau di pasar hewan nan besar. Di pasar atau loka koleksi kucing akan ditemui berbagai jenis dari kucing persia ini, Anda bisa memilih diantara mereka mana nan pas dan tentunya sinkron dengan anggara nan dimiliki. Dan nan terpenting, seorang pembeli hewan peliharaan harus mengetahui cara merawat nan benar.

Kucing jenis persia akan bisa tumbuh bunga menjadi peliharaan nan sangat menarik dan berbulu tebal. Namun syaratnya harus dirawat dengan telaten dan sinkron dengan cara perawatan nan baik. Bulu dari kucing ini akan mudah sekali rontok bila tak mendapatkan perlakuan nan disukainya. Misalnya makanan nan tak cocok, suhu nan terlalu panas, kondisi kandang nan kotor dan lain sebagainya. Mempelajari pedoman merawat kucing persia atau anggora sangat krusial bagi mereka nan berminat membeli kedua jenis kucing tersebut.



Sejarah kucing Persia

Pada jaman dulu di negara Turki terdapat daerah nan namanya Angora dan Persia. Keistimewaan dari kedua kota ini ialah punya populasi kucing nan begitu banyak.

Kucing-kucing tersebut kebanyakan berbulu banyak dan lebat. Ketika ada orang dari negara-negara Eropa datang ke wilayah Turki, mereka tertarik pada kucing nan berasal dari kota itu dan menamakannya dengan sebutan kucing Persia dan kucing Angora.

Sejak saat itu kucing Persia dan Angora menjadi terkenal dan banyak nan memilihnya buat dijadikan koleksi binatang peliharaan. Bahkan pada tahun 1800 di Inggris pernah diadakan kompetisi kecantikan buat menentukan dan memilih kucing bagus dari jenis Persia.

Dari sini kucing Persia maupun Angora makin populer dan terus menyebar ke seluruh penjuru dunia. Penggemarnya juga makin bertambah banyak termasuk di Indonesia.



Standar Kucing Bagus Persia

Karena sudah menyebar di berbagai tempat, sekarang penggemar kucing Persia membuat baku kwalitas. Tujuannya buat menjaga kelestarian dan kesehatannya.

Adapun baku tersebut terbagi dalam tiga kategori :

1. Pet quality

Merupakan kucing nan semuanya tak memenuhi baku nan telah disepakati bersama. Terutama dalam hal keaslian genetik dan rona serta bentuk tubuhnya.

2. Breeed quality

Bisa dipilih sebagai kucing bagus buat dijadikan induk. Karena kwalitasnya lebih bagus dari kategori pet quality.

3. Show quality

Adalah kucing lucu nan sejak masih kecil sudah terlihat kwalitasnya nan prima. Baik berdasarkan genetik dan rona maupun bentuk tubuh dan bulunya. Kucing ini paling mahal harganya bila diperjual belikan.



Teknik memilih kucing bagus Persia

Pada umumnya orang berpendapat bila memilih kucing bagus jenis Persia ini sulit. Dan faktanya memang begitu. Namun demikan bila kita mengetahui teknik buat mendapatkan binatang berkaki empat dengan kwalitas nan bagus, maka kesulitan tersebut dapat dihindari atau diminimalkan.

Untuk itu sebelum mengeluarkan uang buat membeli kucing bagus Persia, perhatikan dulu hal-hal berikut ini :

1. Jenis kelamin

Tentukan lebih dulu, ingin memelihara kucing berjenis kelamin betina atau jantan.Cara membedakannya ialah dengan mengamati jeda antara dubur dan lubang kelamin.

Bila jauh dan bentuknya bulat, berarti anak kucing itu ialah jantan. Sedangkan buat nan betina bentuk kelaminnya panjang dan ada celah di tengahnya.

Faktor lain nan menentukan pembelian jenis kelamin ialah kemungkinan buat mengawinkannya dengan kucing lain. Tentu saja harus diketahui dulu siapa saja pemilik kucing Persia nan berkualitas, tanyakan kepada teman atau saudara tentang info pemilik kucing mahal ini. Akan sangat bermanfaat bila mengetahui kemungkinan dapat dikawinkan kemudian hari.

2. Umur kucing

Untuk para pemula,sebaiknya memilih kucing nan masih kecil lebih dahulu. Karena kucing nan masih kecil lebih mudah melakukan adaptasi pada lingkungan barunya.

Selain itu pemiliknya juga dapat lebih mudah mengenal karakter kucing Persia tersebut sehinggga lebih mudah memeliharanya. Kucing persia nan masih kecil terlihat lucu dan lincah bergerak ke sana sini. Kehadiran si kecil ini akan menghiasi hari-hari pemilik di rumahnya. Bulu dari kucing persia nan masih dini belum begitu lebat sebagaimana dewasa, perlu kesabaran dari pemiliknya agar kucing ini tumbuh dengan sehat bebas gangguan nan merugikan.

Saat membeli kucing persia atau anggora, tanyakan sejelas-jelasnya kepada penjual tentang cara nan kondusif dalam merawat piaraan ini. Tanyakan apa saja nan masih dianggap sulit dimengerti, karena sang pemilik kucing melakukan satu kesalahan maka bisa berakibat fatal.

3. Berat badan dan beratnya

Sebelum menentukan pilihan, cek lebih dahulu berat badan serta kesehatan organ tubuhnya. Bila perlu tanyakan pada penjual riwayat kesehatan dan kartu vaksinasinya.

4. Bentuk kepala, dada, dan kaki

Agar dapat mendapat kucing bagus dan berkwalitas prima pilihlah nan berkaki pendek dan besar serta bentuk kepalanya melingkar. Kemudian lihat dadanya.

Dada kucing Persia nan bagus bentuknya lebar dan dalam. Sedang punggungnya rata dan tulangnya juga pendek dan besar, namun perutnya kecil dengan otot nan keras.

5. Lihat mata, hidung, telinga dan ekor

Setelah badan amati mata, hidung dan telinga serta ekor. Kucing bagus jenis Persia memiliki mata nan bulat dan besar. Sedang hidungnya masuk ke dalam atau pesek dan berukuran kecil namun melebar.

Jika dia mendongakkan kepala akan terlihat ada belahannya. Kemudian buat telinganya juga berbentuk kecil dan bulat dengan ujung nan melengkung serta menghadap ke bawah.

Dan nan terakhir ekornya berukuran pendek, tebal dan lurus namun tak kaku dan sering membentuk sudut nan lebih rendah dari punggungnya.

6. Garis keturunan kucing

Setelah bentuk fisiknya memenuhi syarat, sekarang telitilah surat silsilah nan menerangkan asal-usulnya. Ini buat menjamin keaslian ras dari kucing nan kita pilih.

Di internet terutama situs-situs jual beli akan didapatkan berbagai jenis kucing persia nan ditawarkan. Bila tertarik maka segeralah berjumpa langsung di loka penjual, sebab tak mungkin kucing tersebut dipaketkan buat pengiriman jeda jauh.

Semoga info ini bermanfaat bagi para pecinta binatang peliharaan, terutama kucing Persia nan ingin mendapatkan kucing bagus dengan kwalitas nan semupurna pula.

advertisements

Tips Sehat

advertisements