Nama-Nama Tumbuhan Obat dan Pengolahannya

Nama-Nama Tumbuhan Obat dan Pengolahannya

Pernahkah Anda mendengar nama-nama tumbuhan nan berkhasiat buat berbagai penyakit? Bila sedang sakit, tentunya Anda ingin cepat-cepat sembuh walau dengan berbagai cara. Bagi sebagian orang, pergi ke rumah sakit mudah dilakukan.

Namun, ada juga nan berpikir berulang kali sebab dengan alasan biaya nan tak cukup. Hal seperti ini memang paling sering dialami banyak orang. Untuk mengatasi masalah tersebut, ada baiknya bila Anda mengenal nama nama tumbuhan nan berkhasiat buat obat.

Jenis flora nan tumbuh di Indonesia sangat beragam. Di antara banyaknya tumbuhan tersebut, ternyata beberapa tumbuhan dapat dijadikan obat. Sejak lama, tumbuh-tumbuhan sudah dikenal memiliki banyak khasiat buat kesehatan tubuh.

Nama nama tumbuhan nan dapat dibuat obat, seperti adas, alang-alang, belimbing wuluh, jeruk nipis, dan lain-lain. Masing-masing jenis nama-nama tumbuhan mempunyai kegunaan berbeda. Hal itu bisa dibedakan dari kandungan zat nan ada di dalam tumbuhan nan berbeda satu sama lain.

Keuntungan menggunakan tumbuhan sebagai obat sangat banyak. Selain tidak perlu banyak biaya, tumbuh-tumbuhan tergolong obat herbal nan rata-rata tak memiliki imbas samping. Jadi, Anda tidak perlu takut mengenai imbas samping. Karena tumbuhan bersifat alami. Artikel berikut ini akan memberikan ulasan kepada Anda tentang nama nama tumbuhan obat beserta khasiatnya.



Kesembuhan Penyakit Lewat Khasiat Tumbuhan Obat

Penyakit nan kadang-kadang timbul memang sangat merisaukan hati dan pikiran. Apalagi jika penyakit nan menyerang sifatnya ganas atau bahkan akibatnya bisa mematikan. Sungguh mengerikan bila hal-hal tersebut terjadi pada diri kita. Siapapun niscaya tak ingin merasakan sakit.

Semua orang ingin selalu sehat baik jasmani maupun rohani. Namun, tidak bisa dipungkiri bahwa ada kalanya seseorang niscaya akan terkena penyakit. Oleh karena itu, kita harus mengantisipasi penyakit tersebut agar tak datang menyerang tubuh. Upaya pencegahan nan bisa dilakukan salah satunya dengan mengkonsumsi tumbuh-tumbuhan nan berkhasiat buat kesehatan tubuh kita.

Selain buat mencegah, tumbuh-tumbuhan juga diyakini bisa mengobati macam- macam penyakit. Dalam pengobatan secara tradisional, kita harus sabar melakukannya secara rutin dan biasanya membutuhkan jangka waktu nan cukup lama buat penyembuhan. Belum bisa dipastikan waktu buat menjalani terapi penyembuhan lewat tumbuhan obat.

Menurut pengalaman mereka nan sudah mencoba, kira- kira membutuhkan waktu berbulan-bulan bahkan dapat sampai bertahun-tahun. Dalam global pengobatan, tentunya kita tak boleh mudah putus harapan dan selalu harus terus berusaha buat sembuh.



Nama-Nama Tumbuhan Obat dan Pengolahannya

Sebetulnya banyak nama nama tumbuhan nan bisa mengobati penyakit. Namun, aku ingin membahas tumbuh-tumbuhan nan mudah didapatkan di sekeliling kita. Berikut lima tumbuh-tumbuhan tersebut.



Nama-NamaTumbuhan Obat - Daun Dewa

Daun Dewa memiliki rasa manis dan bersifat netral. Zat nan terkandung dalam tumbuhan ini, yaitu saponin, flavanoid, dan minyak asiri. Seluruh bagian tumbuhan dari daun dewa bisa digunakan buat obat. Mulai dari akar hingga daun semuanya memiliki khasiat.

Berikut ini ialah nama-nama penyakit nan dapat diobati dengan daun dewa.

  1. Penyakit Kejang pada Anak

Caranya yaitu cuci sampai higienis semua bagian tumbuhan daun dewa nan masih segar. Kemudian tumbuk hingga agak halus. Lalu peras sampai airnya keluar. Beri 1 sendok air hangat. Minum secara rutin satu gelas sehari hingga penyakit sembuh.

  1. Mencegah Agresi Jantung dan Stroke

Caranya yaitu cuci hingga higienis bagian umbi daun dewa nan masih segar. Kemudian, kupas kulitnya dan makan umbi tersebut sekali sehari. Anda juga bisa menggunakan cara lain, yaitu dengan cara ditumbuk, kemudian tambahkan air matang, lalu peras hingga keluar airnya. Minum satu gelas air dari umbi nan sudah diperas tiap sore hari.

  1. Mengobati Masuk Angin dan Luka Memar

Caranya yaitu cuci hingga higienis umbi daun dewa. Kemudian, tumbuk sampai benar-benar halus, beri ½ gelas air matang. Panaskan kurang lebih satu menit. Lalu minum tiap hari sekali sehari.

  1. Mengobati Batuk dan Muntah Darah

Caranya yaitu cuci sampai higienis semua bagian tumbuhan daun dewa. Kemudian, rebus dengan 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas air. Diamkan hingga dingin, lalu saring agar ampasnya tak tertelan. Minum sebanyak tiga kali sehari dengan ukuran masing-masing 1 gelas.



Nama-Nama Tumbuhan Obat - Cermai

Cermai mengandung zat-zat di antaranya saponin, tanin, flavonoida, alkohol, dan polifenol. Hanya pada bagian daun dan akar cermai saja nan bisa dijadikan obat. Penyakit nan bisa diobati dengan daun dewa, antara lain :

  1. Penyakit Asma

Caranya yaitu cuci 3 buah cermai sampai bersih, tambahkan 1 siung bawang merah, dan 4 butir buah kelengkeng. Kemudian, tumbuk seluruh bahan tersebut, rebus dengan 1 gelas air. Setelah mendidih, diamkan hingga dingin. Saring ke dalam gelas. Bila terlalu pahit, Anda bisa menambahkan madu atau gula pasir secukupnya. Minum dua gelas per hari. Lakukan secara rutin pagi dan sore.

  1. Kanker

Caranya yaitu cuci 3 helai daun cermai, tambahkan 3 helai daun belimbing, 1 helai daun pepaya nan masih muda, 2 helai daun bayam merah, dan 1 buah wortel. Beri 1 gelas air matang. Blender bahan-bahan tersebut sampai halus, lalu saring dan masukkan kea lam gelas. Kemudian, minum airnya dan tambahkan madu secukupnya. Minum secara rutin dua gelas sehari buat pencegahan penyakit kanker.

  1. Rasa Mual dan Sariawan

Caranya yaitu cuci daun cermai hingga bersih, tumbuk sampai benar-benar halus. Kemudian, seduh dengan segelas air panas. Biarkan hingga dingin, minum beserta ampas daun. Minum 1 kali sehari hingga sembuh.



Nama-Nama Tumbuhan Obat - Jahe Merah

Tumbuhan ini memiliki sifat hangat dan terasa pedas. Zat-zat nan terkandung di dalam jahe merah, yakni limonene, aspartic, tepung kanji, b-sitoserol, gingerol, caprylic acid, capsaicin, chlorogenic acid, farsenol, dan a-linolenic acid. Berikut ini ialah beberapa penyakit nan bisa diobati dengan jahe merah.

  1. Luka dan Gatal-gatal

Caranya yaitu tumbuk 1 buah jahe hingga halus, tambahkan 2 siung bawang merah. Kemudian, balurkan pada loka nan terkena luka. Tutup dengan perban agar tak lepas

  1. Kekebalan Tubuh

Caranya yaitu bersihkan jahe dengan air, tambahkan lempuyang wangi, temulawak, dan biji ketumbar. Kemudian, jahe, temulawak, dan lempuyang wangi diiris tipis. Jemur hingga kering. Campur semua bahan, lalu tumbuk sampai menjadi bubuk nan halus.

Cara meminumnya, ambil satu sendok makan bubuk jahe, lalu aduk dengan setengah gelas air panas. Bila Anda suka, tambahkan madu secukupnya, aduk hingga tercampur rata. Konsumsi minuman tradisional tersebut dua kali sehari.Nama nama tumbuhan obat.



Nama-Nama Tumbuhan Obat - Daun suji

Daun suji memiliki bau nan harum, rasanya tak pahit, serta bersifat dingin. Kandungan zat nan terdapat di dalam daun suji, yakni flavonoid dan saponin. Berikut ini beberapa penyakit nan bisa diobati dengan daun suji.

  1. Rasa Nyeri di Lambung

Caranya yaitu bersihkan akar daun suji dengan air. Kemudian, rebus dengan segelas air hingga mendidih. Setelah dingin, saring lalu tuang ke dalam gelas. Minum dua kali sehari ½ gelas.

  1. Nyeri Saat Haid

Caranya yaitu cuci sampai higienis daun suji. Kemudian, rebus dengan segelas air hingga mendidih. Diamkan sampai benar-benar dingin. Minum larutan tersebut sehari sekali satu gelas.



Nama-Nama Tumbuhan Obat -Daun Jinten

Daun jinten memiliki aroma nan harum, bersifat hangat, dan rasanya sedikit asam. Kandungan zat-zat nan terdapat pada daun jinten, yaitu kalium dan minyak asiri. Berikut ini ialah penyakit nan bisa disembukan oleh daun jinten.

  1. Demam

Caranya yaitu cuci 5 helai daun jinten hingga bersih. Kemudian, tumbuk sampai benar-benar halus. Lalu peras tumbukan daun jinten, minum airnya sekali sehari Jangan buang bagian ampasnya, lalu gosok ke seluruh tubuh.

  1. Penyakit Perut Kembung

Caranya yaitu bersihkan 10 helai daun jinten dengan air. Kemudian, tumbuk hingga benar-benar halus. Seduh dengan ½ gelas air panas. Lalu saring agar ampas tak menempel. Minum sekali sehari secara rutin.

Semoga sedikit ulasan nan membahas nama-nama tumbuhan nan berkhasiat buat obat ini bisa membantu Anda.

advertisements

Tips Sehat

advertisements