Pencegahan dan Mengobati Penyakit Maag

Pencegahan dan Mengobati Penyakit Maag

Sakit maag ialah suatu kondisi medis generik pada manusia dan studi menunjukkan bahwa lebih dari sepuluh persen dari populasi manusia menderita maag. Maag (atau dikenal sebagai maag peptikum) ialah istilah nan secara kolektif digunakan buat merujuk pada borok kerongkongan (bagian bawah), lambung dan duodenum.

Sementara bisul perut nan disebut ulkus lambung, adapun orang-orang nan terkena duodenum dan kerongkongan disebut maag duodenum dan esofagus.

Yang paling generik di antara mereka ialah maag duodenum, dan maag kerongkongan nan sangat langka. Ada berbagai faktor nan bisa menyebabkan maag ini.

Ini termasuk stres, penggunaan rutin dari beberapa obat seperti NSAID, merokok, konsumsi alkohol hiperbola dan helicobacter pylori infeksi. Studi menunjukkan bahwa dalam kebanyakan kasus, infeksi bakteri atau obat eksklusif ialah salah satu penyebab tukak lambung umum.

Gaya hayati perkotaan dengan segudang kesibukan menjadikan pola makan nan tak teratur. ‘Tidak sempat’, sebagai alasan utama. Selain itu jenis makanan nan dikonsumsi belum bisa dipastikan nilai gizinya.



Makanan Tidak Sehat

Banyak makanan nan ditemukan akhir-akhir ini mengandung banyak bahan kimia. Terdapat makanan nan memiliki banyak bahan pengawet, pemanis, asam protesis (cuka) berlebihan. Makanan-makanan tersebut bisa memicu produksi asam lambung berlebih.

Hal tersebut bisa menimbulkan banyak penyakit, salah satunya penyakit maag. Penderita penyakit maag ini, sudah bisa dipastikan biasanya mengalami gangguan dan nyeri pada lambung, mual, bahkan kadang disertai dengan diare.

Sakit nan hiperbola pada bagian perut dampak maag jangan dianggap enteng. Terdapat rekanan nan cukup kuat antara penyakit maag dengan kanker lambung ( stomach cancer ).



Pencegahan dan Mengobati Penyakit Maag

Agar penyakit maag tak berkembang menjadi maag kronis ada beberapa hal nan dapat dilakukan, di antaranya:

1. Makan teratur.

Sebagai penderita maag, makan teratur dapat menjadi obat paling mujarab dalam upaya pencegahan dan penyembuhan. Makan tak perlu banyak-banyak, cukup sedikit namun sering.

2. Mengunyah 32 kali

Biasakan mengunyah makanan 32 kali agar lambung tak bekerja terlalu keras dalam proses penghancuran makanan.

3. Makanan nan perlu dihindari

Selain itu perlu diperhatikan kandungan gizi. Kurangi makan-makanan nan bisa melukai lambung seperti cuka, kopi, pedas atau beberapa makanan nan bisa membuat lambung memproduksi asam lambung secara berlebihan.

4. Banyak mengonsumsi susu kedelai

Dari berbagai studi ilmiah bisa disimpulkan bahwa kandungan serat nan cukup tinggi dan baik dari kedelai terbukti bisa mengatasi berbagai masalah pencernaan seperti maag, radang saluran cerna, kembung dan lain-lain.

5. Kunyit sebagai obat maag.

Obat herbal nan dikenal bisa menjadi obat maag ialah kunyit. Sifat-sifat kunyit nan bisa menyembuhkan luka sudah dilaporkan sejak tahun 1953.

6. Hindari Stres

Stres bisa menyebabkan kambuhnya penyakit maag. Oleh sebab itu usahakan buat selalu berfikir positif dan menjauhkan stres dari pikiran Anda.

7. Hindari Rokok

Asam lambung dapat meningkat dampak rokok dan juga bisa menjadi penghambat kesembuhan luka nan ada dalam lambung.

Begitu banyak cara buat menghindari maaupun mengobati penyakit maag, namun semua tergantung dari usaha masing-masing Anda. Berhati-hatilah, jangan sampai penyakit maag menimbulkan penyakit nan lebih berbahaya lainnya.



Maag Karena Stress

Stres dapat menjadi situasi fisik di mana Anda mungkin merasa frustrasi dan marah. Situasi ini juga mungkin disebabkan sebab lingkungan eksternal seperti hubungan, pekerjaan, masalah di rumah, dll, atau sebab faktor-faktor internal seperti penyakit, kekurangan gizi, kurang tidur, dll

Beberapa orang mengelola stres dan coba mengatasi nya tapi beberapa orang nan begitu banyak dipengaruhi oleh stres nan mereka mulai menghadapi komplikasi kesehatan.

Salah satu masalah kesehatan nan mungkin meningkat oleh stres ialah maag lambung. Namun stres bukanlah alasan di balik maag lambung tetapi dapat membuat kondisi lebih buruk.

Stres tak termasuk dalam daftar penyebab tukak lambung. Maag lambung, pada kenyataannya, disebabkan sebab bakteri Helicobacter pylori. Perut kita terdiri dari asam nan membantu dalam pencernaan makanan.

Asam ini bisa membahayakan organ-organ internal tubuh kita, maka sebagai pertahanan alami, tubuh kita memiliki lapisan lendir nan melindungi dinding lambung dan kerongkongan dari pembakaran. Karena beberapa non-steroid anti-inflammatory drugs (NSAIDs), bakteri nan sudah ada dalam lapisan perut menyerang selaput lendir nan mengekspos dinding lambung terhadap asam. Hal ini menyebabkan radang perut.

Sampai di sini stres tak memiliki peran buat bermain dalam masalah maag. Tetapi sekali borok lambung disebabkan, stres bisa menjadi penyebab primer buat memburuk kondisi. Di bawah stres, oksigen dan nutrisi lainnya nan diarahkan ke bagian nan lebih krusial dari tubuh seperti jantung, paru-paru, otak sedangkan bagian nan kurang krusial lainnya seperti perut perlu bekerja dalam persediaan terbatas.

Hal ini memperlambat sistem pencernaan nan mengakibatkan pembentukan asam lambung lebih nan membuat borok lebih kritis. Alasan lainnya adalah, dalam situasi stres baik orang makan banyak atau mungkin tak makan sama sekali.

Dalam kasus makan berlebihan, asam semakin banyak diproduksi dan dalam kasus perut kosong asam membuat borok nan ada lebih kritis. Stres berlebih bisa mengakibatkan erosi lapisan lambung dan kondisi bisa menjadi kronis. Orang mungkin harus menghadapi sakit parah, sensasi terbakar, mual, muntah, kurang nafsu makan, dll



Bagaimana Mengelola Stres dan Mengobati Maag

Hal ini krusial buat mendapatkan sakit maag diobati tetapi lebih krusial buat mengatasi stres sebab tanpa menyingkirkan stres, Anda tak dapat menyingkirkan sakit maag. Memeriksa beberapa cara buat menghilangkan stres dan membuat diri Anda merasa normal bahkan dalam situasi stres.

Cari tahu apa alasan buat stres Anda. Cobalah buat menghilangkan stress dari kehidupan Anda. Jika Anda tak bisa melakukan itu maka cobalah buat mengambil waktu buat bersantai di antara pekerjaan stres Anda.

Kebugaran fisik memainkan peran nan sangat krusial dalam membawa Anda kembali ke kehidupan normal Anda. Lakukan setidaknya 30 menit latihan sehari-hari. Ini akan mengurangi hormon stres menyebabkan dan akan meningkatkan genre darah nan akan membuat Anda aktif, fit dan bebas stres.

Ambil istirahat dari jadwal sibuk Anda.

Tenang, chatting dengan teman-teman dan keluarga, mendiskusikan masalah Anda, mendapatkan pijat, atau melakukan kegiatan apapun nan membuat Anda senang seperti menari, bermain game, surfing internet, dll

Makanan sehat ialah cara nan bagus buat menjauh dari stres dan salah satu perawatan perut terbaik maag. Cobalah buat memiliki empat makanan kecil daripada harus dua nan besar. Jangan melewatkan waktu makan atau makan hiperbola setiap setiap saat.

Buah-buahan nan rendah dalam asam seperti semangka, biji-bijian sehat seperti beras merah dan sayuran segar bisa banyak membantu Anda. Jangan lupa buat sarapan, sehat berat dan berenergi di pagi hari.

Merokok dan konsumsi alkohol juga bisa meningkatkan asam lambung dan membuat situasi nan serius, maka menghindari mereka sepenuhnya.

Kopi dan produk nan mengandung taraf tinggi kafein bisa meningkatkan hormon stres. Oleh sebab itu beralih ke teh hijau seperti nan terdiri dari antioksidan dan membantu tubuh buat melawan penyakit maag ini.

advertisements

Tips Sehat

advertisements