Khasiat Jus Sirsak

Khasiat Jus Sirsak

Sirsak atau sirsat ialah buah nan cukup mudah kita dapatkan di pasaran. Bentuknya tak terlalu besar, sedikit berduri dan berwarna hijau menyegarkan. Daging buahnya nan putih memiliki rasa nan unik, manis dan sedikit masam.

Buah dengan rasa nan enak ini menjadi salah satu buah favorit buat dijadikan minuman jus. Apalagi bila disajikan dengan es, Anda pun niscaya menyukai jenis minuman nan satu ini.

Tapi, tahukah Anda tentang khasiat jus sirsak ? Jangan salah, minuman nan enak ini juga banyak khasiatnya, lho! Ini tidak lepas dari kandungan gizi nan terkandung dalam minuman jus sirsak itu sendiri.

Buah Sirsak semdriri tampak seperti apel custard tetapi daging nya nan tebal menyerupai daging buah nangka. Nama ilmiah sirsak ialah Annona muricata dan buah ini diebut dalam berbagai nama di berbagai negara, misalnya, graviola di Portugal dan di Spanyol Guanabana. Rasa buah sirsak sedikit asam dan ia datang dengan rasa nan bisa digambarkan sebagai kombinasi dari rasa nanas dan stroberi.

Kulitnya berduri, tapi dagingnya juicy dan enak. Lebih banyak penelitian diperlukan buat membuktikan sifat obat buah ini sehingga bisa digunakan dalam pengobatan kanker.

Tapi konsumsi jumlah terbatas sirsak tak berbahaya bagi kesehatan, pasien kanker bisa mengkonsumsi buah secara teratur dan bisa menikmati kegunaan kesehatan. Biji biji nya tak bisa dimakan tetapi daging buah membawa beberapa sifat obat.



Kandungan Jus Sirsak

Jus nan satu ini selain enak, ternyata mengandung banyak zat nan bermanfaat bagi tubuh. Jus sirsak ialah minuman nan kaya karbohidrat, vitamin C, asam malat, asam sitrat, kalsium, fosfor, fitokimia dan juga banyak mengandung serat/fiber.



Khasiat Jus Sirsak

Mungkin Anda termasuk penggemar jus sirsak, tapi belum tahu banyak tentang khasiat minuman nan satu ini.

Studi menunjukkan bahwa sirsak nan bermanfaat dalam mengobati hampir dua belas jenis kanker nan berbeda, diantaranya kanker nan paling generik seperti usus, payudara, kanker paru-paru, pankreas dan kanker prostat. Ia juga melihat bahwa sistem kekebalan tubuh pasien kanker nan mengkonsumsi sirsak selama siklus kemoterapi tak terpengaruh atau melemah banyak, dibandingkan dengan pasien kanker lainnya.

Karena sirsak kaya gula, harus dikonsumsi dalam jumlah terbatas. Selain itu, konsumsi hiperbola buah bisa menyebabkan kerusakan saraf nan mengarah ke pengembangan penyakit Parkinson, seperti tinggi di annonacin. Memang sahih bahwa seseorang tak dapat mengandalkan hasil dari satu atau dua studi tentang penggunaan sirsak sebagai obat kanker.

Tidak seorang pun akan merekomendasikan penggunaan buah sebagai alternatif buat kemoterapi, tetapi pasien kanker bisa mengkonsumsi sirsak buat menuai kegunaan kesehatan bersama dengan kemoterapi. Hal ini setidaknya dapat menurunkan imbas samping dari kemoterapi.

Dan jika itu membunuh sel kanker secara alami, maka itu baik dan bagus. Pasien kanker disarankan buat berkonsultasi dengan pakar onkologi atau penyedia layanan kesehatan sebelum memilih buat buah. Dokter akan menjelaskan berapa banyak sirsak akan cukup buat menuai kegunaan kesehatan. Apa saja khasiat jus sirsak lainnya?

  1. Vitamin C nan cukup tinggi pada jus ini sangat berguna buat meningkatkan daya tahan tubuh sehingga dapat mengurangi resiko terkena penyakit seperti flu, demam ataupun sariawan.
  2. Meminum jus sirsak secara rutin juga mampu membantu pembentukan tulang nan kuat dan sehat sehingga mengurangi resiko terkena osteoporosis. Hal ini dikarenakan jus sirsak kaya akan mineral kalsium dan fosfor.
  3. Tak banyak nan tahu bahwa jus sirsak pun dapat berkhasiat buat memulihkan penyakit kanker. Hal ini wajar, sebab penelitian nan pernah dilakukan oleh Amerika puluhan tahun lalu itu tak dipublikasikan secara luas.
  4. Mengkonsumsi jus sirsak secara rutin ternyata dapat menyembuhkan penyakit liver.
  5. Buah sirsak mengandung zat anti bakteri dan jamur. Jadi, bila kita meminum jus sirsak, maka kita dapat terhindar dari berbagai penyakit nan disebabkan oleh bakteri dan jamur.
  6. Khasiat jus sirsak nan lain ialah mampu melawan cacing parasit dalam tubuh. Para penderita cacingan boleh mencoba merasakan kegunaan nan satu ini.
  7. Jus sirsak terbukti dapat menurunkan tekanan darah tinggi.
  8. Jika Anda sering merasa depresi atau stres, Anda boleh mencoba buat rutin mengkonsumsi minuman nan satu ini. Karena jus ini dapat mengurangi rasa stres dan memberi ketenangan. Anda dapat mencoba merasakan khasiat jus sirsak ini secara mudah dan murah.
  9. Jus sirsak membantu menjaga ekuilibrium jaringan syaraf di tubuh, sehingga tubuh kita akan tetap bekerja normal tanpa gangguan.
  1. Kandungan serat nan sangat tinggi pada jus sirsak juga sangat bermanfaat. Fiber nan kita konsumsi dari jus sirsak ini dapat membantu buat melancarkan proses pencernaan, sehingga kita pun terhindar dari rasa sembelit atau susah buang air besar.
  2. Daging berserat sirsak membantu meningkatkan kesehatan pencernaan. Pasien kanker menderita masalah sistem pencernaan seperti sembelit beberapa, gangguan pencernaan, sebab obat kuat, obat kemoterapi, dll masalah tersebut bisa diatasi dengan alami konsumsi buah-buahan berserat. Sirsak mentah bisa digunakan sebagai sayuran, seperti baku-buah jack.
  3. Seiring dengan buah, kulit kayu, daun, dan akar dari pohon sirsak nan populer digunakan sebagai bahan dalam berbagai obat-obatan herbal tradisional. Sirsak daun kegunaan kesehatan termasuk menenangkan saraf. Teh disiapkan dengan daun bekerja sebagai pereda nyeri. Getah daunnya, atau daging, bisa dioleskan buat menyingkirkan ruam eksim, kulit dan pembengkakan. Pelaksanaan topikal mempromosikan penyembuhan cepat luka dan mencegah infeksi.
  4. Kanker dan pengobatannya (seperti kemoterapi) mengakibatkan sistem kekebalan tubuh lemah. Pasien lebih mungkin buat menangkap infeksi. Vitamin C dalam buah ialah vitamin antioksidan nan membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh dan membantu mencegah infeksi seperti infeksi saluran kemih, batuk dan dingin.
  5. Kemoterapi menyebabkan jumlah darah rendah. Sirsak menyediakan besi dan dengan demikian, bisa meningkatkan jumlah RBC. Hal ini juga mengandung riboflavin nan membantu meredakan sakit kepala. Tiamin dari buah membantu meningkatkan taraf energi. Cooper ada di dalamnya membantu menjaga kesehatan tulang dengan mempromosikan penyerapan kalsium dari makanan nan ditelan.
  6. Jus Sirsak ialah karya besar buat gangguan liver. Hal ini diyakini bahwa hal itu bisa mengurangi peradangan uretra dan dengan demikian, bisa menurunkan gejala seperti nyeri buang air kecil.
  7. Sirsak digunakan buat mengobati penyakit kandung empedu. Ekstrak nan diperoleh dari daun dan batang diyakini efektif dalam menghancurkan sel-sel kanker. Selain itu, konsumsi sirsak bisa bermanfaat sebab tak menunjukkan imbas samping (bila dikonsumsi dalam jumlah terbatas).
  8. Beberapa laporan studi menunjukkan bahwa kimia nan ada dalam sirsak hampir 10000 kali lebih kuat daripada adriamycin, obat nan digunakan selama kemoterapi dan sehingga bisa bermanfaat, jika digunakan buat menghancurkan sel-sel kanker usus besar (tanpa menyebabkan kerusakan pada sel-sel sehat).
  9. Karena jus sirsak memiliki kadar karbohidrat nan tinggi, maka meminum jus sirsak dapat menambah energi pada tubuh kita. Tubuh kita akan selalu segar dan tampak bugar.

Para pakar percaya bahwa penggunaan rutin buah ini bisa menyembuhkan kanker (bila terdeteksi dalam termin awal). Suplemen sirsak juga tersedia di pasar. Manfaat sirsak buat kanker melibatkan membunuh sel kanker tanpa merusak sel-sel sehat. Sehingga bisa menjadi alternatif nan baik buat kemoterapi.

Tapi kecuali dan sampai sifat tersebut terbukti secara ilmiah, Anda tentu saja tak bisa menerima sebagai fakta. Namun, konsumsi buah niscaya bisa membuktikan menjadi bermanfaat bagi pasien kanker. Namun konsumsi nan hiperbola harus dihindari.

Itulah khasiat jus sirsak nan mungkin belum Anda ketahui. Tak ada ruginya bila Anda mengkonsumsi jus sirsak secara rutin. Selain nikmat, jus sirsak juga kaya akan manfaat. Jus sirsak dapat menyegarkan dan menghilangkan dahaga, sekaligus membuat tubuh tetap sehat.

advertisements

Tips Sehat

advertisements