Ragam Kerajinan Tangan

Ragam Kerajinan Tangan

Ingatkah, ketika masih duduk di bangku sekolah dasar (SD) atau bahkan TK, Anda sering ditugaskan oleh ibu dan bapak guru buat membuat sebuah prakarya? Mulai dari membuat kolase, menghias kardus bekas, membuat hiasan dinding dari biji-bijian, membuat lampion, dan sebagainya.

Materi ini termasuk dalam pelajaran keterampilan. Pada usia TK, pelajaran membuat kerajinan tangan mudah ini lebih ditujukan buat melatih kemampuan motorik kasar dan motorik halus anak

Ternyata, apa nan Anda dapatkan di masa kanak-kanak itu tidak terbuang begitu saja. Dasar-dasar pelajaran prakarya ini terus terbawa hingga dewasa dan bahkan dapat Anda kembangkan lebih lanjut.

Membuat kerajinan tangan nan mudah buat dikerjakan dan juga menguntungkan ialah suatu hal nan memang mungkin saja buat terjadi. Mudah dilakukan dan bisa mendatangkan laba nan lumayan. Bisa dilakukan sebagai sebuah hobi pengisi waktu senggang atau dilakukan secara penuh (fulltime ) sebagai sebuah ladang usaha.



Membuat Kerajinan Tangan Mudah dan Menguntungkan

Kerajinan tangan ialah sesuatu barang nan dibuat dengan mengandalkan ketrampilan tangan. Sehingga barang ini disebut dengan kerajinan tangan. Dalam pembuatan kerajinan tangan ini memang membutuhkan ketrampilan namun ada beberapa hal nan bisa membuat pekerjaan membuat kerajinan tangan ini menjadi sebuah hal nan dianggap sebagai hal nan mudah buat dilakukan.

Berikut ialah beberapa hal nan bisa dilakukan ketika akan membuat kerajinan tangan agar bisa menjadi sebuah pekerjaan nan mudah dilakukan. Karena ketika mudah dilakukan maka akan membuat pekerjaa menjadi lebih menyenangkan bagi si pembuat itu sendiri.

Sesuai Minat

Kerajinan tangan nan dianggap mudah buat dilakukan oleh semua orang dari berbagai lapisan usia. Mulai dari anak-anak hingga lansia. Banyak ragam kerajinan tangan nan bisa dilakukan, tergantung pada minat masing-masing orang. Ada orang nan tertarik dan mahir mengerjakan suatu jenis kerajinan tangan namun tidak tertarik sama sekali pada jenis kerajinan tangan lainnya.

Memang tidak mungkin tertarik pada semua jenis kerajinan tangan. Namun ini tidak menjadi masalah. Anda bisa menekuni jenis kerajinan tangan nan Anda minati dengan sungguh-sungguh. Terus berkreasi dan meningkatkan keterampilan Anda sehingga buah karya Anda menjadi semakin bagus.

Suatu hal nan dilakukan dengan dilandasi kesukaan dalam mengerjakan hal tersebut maka akan memberikan semangat tersendiri bagi siapa saja nan mengerjakannya. Karena sudah terdapat semangat tersendiri buat mau mengerjakan dan ketika mencapai sebuah titik akhir maka akan membuat suatu kebanggan tersendiri.

Maka dari itu buat membuat sebuah kerajinan tangan nan dianggap sebagai sebuah pekerjaan nan mudah dilakukan maka harus diawali dari suatu hal nan dianggap menyenangkan. Dengan adanya asumsi bahwa hal tersebut ialah menyenangkan maka akan membuat pekerjaan itu menjadi menyenangkan ketika dilakukan.

Terlebih sebuah pekerjaan nan menyenangkan akan membuat kemudahan dalam menjalankan apa nan ada. Kemudahan ini akan memberikan timbali balik bahwa pekerjaan itu akan lebih mudah dan cepat buat dijalankan dan diselesaikan.

Kapital primer jika hendak menjadikan seni kerajinan tangan ini sebagai hobi apalagi ladang usaha ialah adanya minat dalam diri buat mengerjakan hal tersebut. Sesuaikan bahan dan bentuk kerajinan tangan dengan minat. Jika lebih berminat pada kerajinan tangan menyulam, misalnya, tidak perlu memaksa diri membuat kerajinan tangan dari batok kelapa.

Ini ialah hal primer nan harus diperhatikan. Agar memang pekerjaan menjadi menyenangkan ketika dilakukan dan memberikan kemudahan tersendiri bagi nan mengerjakan.

Teliti

Kerajinan tangan sering membutuhkan detil-detil kecil dan kadang rumit nan harus dikerjakan dengan teliti. Terkadang hal ini nan membuat pengerjaan kerajinan tangan dianggap sebagai sebuah hal nan menyulitkan tidak tak mudah.

Namun justru dengan memberikan perhatian nan lebih terhadap pengerjaan akan detail ini akan memberikan nilai tersendiri bagi nan mengerjakan. Dengan menganggapnya sebagai sebuah hal nan menyenangkan maka akan membuatnya menjadi hal nan lebih mudah buat dilakukan.

Detail inilah nan akan memberikan nilai tersendiri bagi keberadaan dari kerajinan tangan nan ada. Kerajinan tangan inilah nan mengedepankan detail nan ada dan membuat detail nan ada memberikan nilai estetika bagi kerajinan tangan itu sendiri.

Tekun

Setiap jenis kerajinan tangan memiliki tantangan masing-masing, namun semuanya membutuhkan ketekunan. Ketekunan nan dibutuhkan ini erat kaitannya dengan detail dari kerajinan tangan nan ada dan harus dikerjakan.

Ketekunan ini memang absolut dibutuhkan sebab dalam pengerjaan kerajinan tangan tak bisa dilakukan dengan tergesa atau dalam keadaan tak sabar buat menyelesaikannya. Ketekunan ialah inti tersendiri dalam pembuatan kerajinan tangan ini.

Kreatif

Terus berkreasi membuat bentuk atau model baru. Kreativitas ini krusial jika Anda inin terus eksis. Sudah lazim terjadi, jika sebuah produk (termasuk produk kerajinan tangan) berhasil di pasaran, maka segera bermunculan para pengikut (follower) nan mencoba merebut pasar.

Banyak orang nan mengklaim dirinya sendiri tidak cukup punya banyak daya kreasi. Namun sejatinya daya ciptaan ini bisa muncul dengan sendiri dengan banyak latihan dan latihan. Termasuk juga dalam mengerjakan kerajinan tangan ini.

Semakin banyak mengerjakan kerajinan tangan maka akan bisa mengetahui seluk beluk dari pengerjaan itu sendiri. Dari sinilah akan bisa dengan mudah buat memberikan daya ciptaan terhadap kerajinan tangan nan dibuat.

Sentuhan daya ciptaan ini akan semakin terasah dan begitu mudah buat dilakukan. Tak ada lagi kata sulit atau merasa diri tidak punya daya ciptaan dengan semakin banyak melakukan pengerjaan ini.



Ragam Kerajinan Tangan

Banyak sekali ragam kerajinan tangan nan dapatd ibuat. Semuanya bisa disesuaikan dengan kriteria nan sudah dituliskan di atas. Dan seseorang bisa memilihnya dengan menjadi beberapa hal di atas sebagai bahan pertimbangan.

Kerajinan tangan nan bisa dengan mudah buat dilakukan ini misalnya:

Membuat sulam kristik (cross stitch)

Membuat sulam jenis ini paling gampang. Hanya berupa tusuk silang (x). Bahan kain, benang wol warna-warni, dan buku pola bisa dibeli di toko-toko nan menjual perlengkapan menjahit atau toko buku.

Anda tinggal memilih gambar nan Anda sukai dan mengikuti pola nan sudah ada. Hasil sulaman ini biasa dibingkai buat dijadikan hiasan dinding. Namun sulam kristik ini juga dapat diaplikasikan pada berbagai benda seperti tas, taplak meja, kerudung, mukena, dan sebagainya.

Dalam pengerajaan sulam kristik ini sangat dibutuhkan ketelitian dalam hal detail. Karena dalam sulam kristik ini dibutuhkan buat menghitung setiap langkah tusukan jarum nan dilakukan. Namun ketika sudah terbiasa maka kan lebih mudah buat dilakukan.

Melukis pot

Jika dapat melukis, Anda dapat mencoba buat melukis di media lain selain kanvas atau kertas, misalnya pot tanaman. Pot tanaman umumnya terbuat dari tanah liat dengan penampilan nan polos tanpa hiasan. Pot tanah liat nan sederhana ini dapat dilukis dengan berbagai corak dan rona dengan menggunakan cat nan sesuai.

Tak perlu khawatir, banyak orang nan akan tertarik melihat penampilan pot-pot cantik ciptaan Anda ini. Taman kecil di rumah pun akan menjadi semakin latif dan semarak.

Hiasan dinding dari biji-bijian

Nah, ini pengembangan lebih lanjut dari tugas prakarya nan pernah diberikan semasa sekolah. Tak hanya biji-bijian sebenarnya, Anda juga dapat menggunakan berbagai kembang kering, ranting-ranting kayu, daun kering, dan sebagainya.

Ada batang padi nan sudah kering, kembang cemara, kembang dan serabut kelapa, serat batang pisang, biji saga, bahkan beraneka bumbu dapur (misalnya: lada, kayu manis, ketumbar, dan kluwek). Hiasan dari biji-bijian dan bunga-bunga kering ini menghasilkan sebuah hiasan nan alami.

Membuat kerajinan tangan ternyata cukup mudah buat dilakukan dan juga menguntungkan. Inilah hal lain nan bisa dimanfaatkan dari ketrampilan atau keahlian dalam pembuatan kerajinan tangan ini.

Jika sudah merasa layak atau penuh percaya diri buat menjualnya atau memasarkannya di loka nan banyakd ikunjungi orang maka hal nan mudah ini akan membawa laba tersendiri bagi nan mengerjakan. Yaitu masuknya uang di kantung.

Modal dalam pembuatan kerajinan tangan tentunya sudah bisa tertutupi dari uang hasil penjualan barang tersebut. Terlebih jika memang mampu buat mengolahnya dan menjalankannya layaknya sebuah usaha atau bisnis maka bukan tak mungkin bahwa hal ini ialah sebuah hal nan pastinya menguntungkan. Itulah nan ada dari pembuatan kerajinan tangan mudah dan menguntungkan. Siapa mau coba?!..

advertisements

Tips Sehat

advertisements