Khasiat Minyak Tawon

Khasiat Minyak Tawon

Mendengar namanya, pemikiran sederhana kita niscaya berpendapat bahwa minyak tersebut dihasilkan oleh tawon atau lebah, layaknya madu. Ternyata tak sama sekali. Tawon atau lebah hanya menghasilkan madu sebagai satu-satunya produk mereka nan berguna bagi kehidupan manusia. Minyak tawon ialah homogen minyak gosok nan terbuat dari kelapa.



Nama Minyak Tawon

Diberi nama minyak tawon tak lain sebab sejak awal diperkenalkan pada masyarakat luas, nama merek dagang dari jenis minyak gosok ini ialah nama hewan tersebut. Di setiap kemasannya nan berupa botol, kita akan menemukan gambar tawon atau lebah.

Sama halnya dengan minyak kelapa lain, minyak tawon juga akan menimbulkan rasa lengket di kulit pada saat dioleskan. Meskipun demikian, khasiat minyak tawon sudah terbukti ampuh buat mengobati berbagai macam penyakit, khususnya penyakit kulit.

Kandungan vitamin A dan E dalam minyak kelapa terbukti bermanfaat buat kulit dan rambut manusia. Kandungan lemak dalam minyak kelapa juga akan dengan mudah diserap oleh kulit manusia.



Khasiat Minyak Tawon

Minyak tawon bukan hanya terbuat dari minyak kelapa, ia juga mengandung berbagai sari rempah-rempah lain. Seperti cengkih, kayu putih, oleum Therebinthinae atau minyak dari pohon pinus, oleum Citroneilae atau minyak nan dihasilkan dari buah lemon, oleum Capsicum atau minyak cabe, oleum menthapiperitae, oleum Xanthorizae atau minyak temulawak, dan oleum Zingiberis atau minyak jahe.

Berbagai macam kandungan bahan alami dalam minyak tawon berguna buat kesehatan manusia. Sensasi hangat nan dihasilkan dari berbagai rempah seperti cengkih, kayu putih, jahe, minyak cabe bisa membuat kondisi badan nan lelah menjadi relaks.

Selain itu, cengkih berkhasiat buat meringankan sakit pada sendi-sendi tulang. Khasiat lain minyak tawon ialah sebagai penyembuh luka dampak gigitan serangga, luka bakar, dan bisul. Ia juga dapat dijadikan sebagai minyak gosok, mengobati otot nan terkilir serta bisa memperlancar sirkulasi darah pada seluruh tubuh, juga meredakan pusing, mual, dan perut kembung.



Khasiat Beberapa Komposisi Minyak Tawon

Seperti nan sudah disebutkan di atas, minyak tawon merupakan jenis minyak buat pengobatan nan terbuat dari campuran bermacam-macam tanaman herbal dengan fungsi masing-masing.

Dua macam komposisi dari minyak tawon nan akan dibahas dalam artikel kali ini ialah minyak kelapa dan kayu putih sebab kedua tanaman herbal tersebut lebih dikenal banyak orang dan dapat digunakan secara terpisah buat mengobati luka luar.



Khasiat Minyak Kelapa

Minyak kelapa murni merupakan minyak nan dihasilkan dari kelapa segar dengan proses dipanaskan secara terkendali atau bahkan tanpa pemanasan sama sekali sehingga tak ada bahan kimia nan terkandung di dalamnya. Hal tersebut dilakukan agar senyawa esensial nan terdapat di dalam minyak kelapa tak terkontaminasi oleh zat lainnya.

Kandungan asam laurant nan terdapat di dalam minyak kelapa memiliki sifat antibiotik, antibakteri dan jamur nan dapat membuat luka tak mudah terinfeksi sehingga minyak kelapa sering dijadikan obat bagi penyembuhan luka, baik buat luka dalam maupun buat luka luar.

Pada perkembangannya, kita akan mengenal virgin coconut oil nan merupakan hasil modifikasi pembuatan minyak kelapa sehingga menghasilkan produk minyak kelapa dengan kadar air dan kadar asam lemak bebas nan rendah, dengan rona bening, berbau harum, serta bisa disimpan lebih dari satu tahun.

Dalam kehidupan sehari-hari, minyak kelapa sering digunakan buat memasak. Namun, khasiatnya tak hanya sampai di situ. Minyak kelapa juga dapat digunakan buat memberikan nutrisi alami pada kulit, baik kulit tubuh maupun kulit rambut sehingga tubuh akan terasa halus dan rambut akan terlihat lebih latif dan mengilap.

Minyak kelapa juga bisa digunakan buat mengurangi stres sehingga tak heran jika minyak kelapa dijadikan bahan dasar primer dalam pembuatan minyak tawon. Khasiat tersebut dapat didapatkan dengan memijatkan minyak kelapa ke bagian tubuh nan terasa kaku dan pegal.

Sifat antioksidan nan terdapat dalam minyak kelapa juga dapat mencegah penuaan dini nan terjadi pada Anda nan sudah mulai menemukan gejalany, seperti keriput, bintik hitam, dan kering.

Minyak kelapa juga sangat baik digunakan buat menyembuhkan luka sebab sifatnya nan bisa membentuk lapisan kimia buat melindungi bagian tubuh nan terkena infeksi debu, udara, jamur, bakteri, dan virus. Selain itu, minyak kelapa juga sangat efektif digunakan buat menyembuhkan luka memar sebab sifatnya nan dapat memperbaiki sel jaringan nan rusak.

Berbagai infeksi dapat dihindari dengan penggunaan minyak kelapa. Minyak kelapa tersebut dapat membunuh virus penyebab penyakit campak, hepatitis, influenza, herpes, dan lain sebagainya.

Jenis penyakit lain nan dapat disembuhkan dengan mengonsumsi minyak kelapa ialah penyakit hati, ginjal, diabetes, penyakit tulang, perawatan gigi, kanker, bahkan dapat mengurangi kerentanan terhadap virus HIV.



Khasiat Kayu Putih

Komponen kedua dari minyak tawon nan juga memiliki banyak khasiat ialah kayu putih. Tanaman dengan ketinggian nan dapat mencapai 10 meter ini memiliki batang kayu berbentuk bulat dengan kulit nan mudah terkelupas, bercabang, dan berwarna kuning kecokelatan.

Tanaman herbal tersebut memiliki kandungan minyak astiri nan terdiri atas 50 sampai 65 persen sineol, nan terdapat pada daunnya. Sementara itu, buahnya mengandung tannin, sedangkan kulit pohonnya mengandung lignin dan melaleucin nan berfungsi sebagai analgesik, diaforetik, ekspektoran, dan antipasmodic.

Tanaman kayu putih bermanfaat buat menghilangkan bengkak, menghilangkan rasa nyeri, radang usus, diare, reumatik, asma, radang kulit, insomnia, dan sakit kepala.

Kandungan antiseptik dan antibakteri di dalamnya berkhasiat buat menanggulangi infeksi terhadap berbagai kuman. Virus, jamur, dan bakteri. Bahkan pada penyakit menular seperti kolera dan influenza pun tanaman ini dapat digunakan sebagai obat.

Untuk menghindari masuk angin, Anda juga dapat menggunakan minyak kayu putih nan aromanya juga dapat membuat pikiran menjadi rileks. Minyak kayu putih juga dapat digunakan apabila kulit Anda digigit serangga.

Manfaat lain nan dapat didapatkan dari penggunaan kayu putih ialah dapat menghaluskan dan mencerahkan kulit sehingga terbebas dari infeksi. Kayu putih juga dapat digunakan buat mengurangi rasa sakit gigi, sakit kepala, dan semua sakit persendian.

Dengan kegunaan nan banyak tersebut tak heran jika kayu putih dijadikan sebagai bagian dari bahan dasar pembuatan minyak tawon bukan? Jadi, bila tak ada minyak tawon, gunakan saja minyak kayu putih buat mengobati penyakit Anda.



Dikenal Sampai ke Inggris

Minyak tawon banyak dihasilkan oleh berbagai daerah di Indonesia. Salah satunya ialah Makassar. Di daerah Makassar, minyak tawon tersedia dalam berbagai variasi, salah satunya ialah minyak tawon tutup putih. Bisa dipastikan bahwa rona dari tutup botol minyak tawon tersebut ialah putih. Minyak tawon variasi ini syahdan mempunyai kehangatan nan lebih dibandingkan dengan minyak tawon jenis biasa.

Minyak tawon merupakan produk orisinil protesis Indonesia. Kehadirannya sebagai salah satu obat-obatan tradisional mendapat sambutan cukup baik dari luar negeri. Khususnya negara Pangeran Charles, Inggris.

Pada 2009 lalu, Indonesia mengekspor minyak tawon ke Inggris dalam jumlah nan cukup banyak, berkisar pada angka 1,6 ton. Jika diuangkan, 1,6 ton minyak tawon setara dengan US$ 6,336 atau Rp.57.024.000,00, jika kurs dolar nilainya Rp.9000,00.

Hal tersebut semakin menasbihkan bahwa Indonesia ialah negara nan kaya akan hasil bumi. Oleh karena itu, gunakan saja tanaman herbal buat menanggulangi berbagai penyakit nan menjangkiti tubuh Anda.

advertisements

Tips Sehat

advertisements