Memelihara Lingkungan - Manfaat Air Akan Tetap Terjaga

Memelihara Lingkungan - Manfaat Air Akan Tetap Terjaga

Manfaat air dirasakan oleh semua makhluk di global ini. Tidak ada satu pun nan dapat hayati tanpa adanya kegunaan air. Tuhan menyediakan air dalam jumlah nan luar biasa. Lihat saja perbandingan persentase daratan dan lautan di global ini. Daratan jauh lebih kecil dibanding dengan lautan. Air dan kegunaan air sine qua non dalam setiap kehidupan. Jika tidak, pasti akan terjadi kemusnahan massal nan mengerikan.

Tumbuhan dan hewan membutuhkan manfaat air dalam hidupnya. Manfaat air sangat dirasakan tumbuhan pada proses fotosintesis nan dijalankannya setiap hari. Tanpa air dan kegunaan air, bagaimana tumbuhan bisa memproduksi makanannya sendiri?

Hewan pun sama saja. Air merupakan kebutuhan primer nan sangat vital. Terkecuali bagi binatang eksklusif nan mempunyai kelebihan, misalnya saja unta. Punuk di punggungnya berfungsi sebagai cadangan persediaan air jika hewan ini tak mendapat air dalam waktu nan panjang.

Air ialah sebuah senyawa nan terbentuk dari 2 buah atom hidrogen dan 1 buah atom oksigen. Rumus kimia air ialah H2O. Ini menggambarkan jumlah tiap atom penyusunnya. Karena atom oksigen hanya berjumlah 1, maka tak perlu ditulis.

Manfaat air nan luar biasa sudah diteliti sejak dulu oleh para ilmuwan. Air bertanggung jawab terhadap kelangsungan hayati manusia di bumi. Tanpa air, entah apa nan akan terjadi pada global nan kita tempati ini. Meski air tidak selamanya menjadi "sahabat" bagi manusia dan makhluk hidup.

Ketika air berubah menjadi banjir atau bah nan siap menghanyutkan semua nan berada di depannya, air menjadi sangat berbahaya. Di sini, kegunaan air nyaris tak ada sama sekali. Air juga dapat menjadi penyebab timbulnya bibit penyakit tertentu. Bagaimana bisa?

Jika kita mengonsumsinya dalam keadaan kotor, misalnya. Air nan dipenuhi kuman dan bakteri tentu saja akan menimbulkan masalah serius pada kesehatan manusia. Itulah sebabnya sangat krusial bagi kita buat minum air nan sudah dimasak terlebih dahulu. Minum air mentah dapat menyebabkan sakit perut. Itu hanya salah satu contohnya saja.



Manfaat Air bagi Manusia

Air merupakan satu-satunya zat nan dapat berada dalam berbagai fase berbeda. Air dapat berbentuk cair, gas, dan padat. Titik didih dan titik beku air dijadikan baku pengukuran. Air membeku pada suhu 0 derajat Celcius, sedangkan titik didihnya ialah 100 derajat Celcius.

Air memiliki kepadatan paling tinggi saat bersuhu 4 derajat Celcius. Manfaat air buat kesehatan antara lain memperbaiki kemampuan dan daya tahan tubuh. Kita bisa bekerja lebih keras jika mendapat asupan air nan cukup. Itu dikarenakan kegunaan air nan mampu meningkatkan simpanan glycogen di dalam tubuh. Apa itu glycogen sebenarnya? Suatu bentuk karbohidrat di dalam otot nan bermanfaat dijadikan sebagai energi saat kita melakukan aktivitas fisik nan menguras tenaga.

Manfaat air juga dirasakan tubuh sehubungan dengan hal metabolisme. Pencernaan dan metabolisme di dalam tubuh manusia akan bekerja lebih baik jika mendapat air minum nan cukup. Manfaat air putih juga berguna buat meningkatkan kesehatan tubuh manusia. Untuk orang dewasa, dibutuhkan minimal 2 liter air putih buat dikonsumsi setiap harinya. Tubuh manusia sudah diciptakan sedemikian rupa agar dapat bekerja dengan baik. Asupan air nan cukup akan membuat tubuh kian sehat dan bugar.

Air merupakan satu dari sedikit zat nan akan mekar ketika berada dalam keadaan beku sehingga sering terjadi ledakan pipa air ketika tiba musim dingin. Tentu saja hal itu terjadi di luar negeri. Air juga mempunyai kemampuan nan sangat unik. Di manakah uniknya?

Air mampu membentuk larutan sederhana bersama zat lainnya. Molekul air berbentuk seperti huruf V di mana kedua atom hidrogen berada di ujung huruf V itu. Molekul air disebut juga polar. Itu sebab atom oksigen pada pangkalnya bermuatan listrik negatif.

Apa nan kita lakukan jika ingin mengurangi berbagai risiko terkena penyakit? Minumlah air! Manfaat air terbukti mampu mengurangi risiko terkena beberapa jenis kanker dan batu ginjal. Kekurangan air justru akan membuat manusia mengalami sembelit. Itulah sebabnya sangat dianjurkan buat minum air putih minimal satu gelas saat baru bangun tidur. Air putih memancing rasa mulas di perut dan membuat kita bisa buang hajat secara teratur.

Manfaat air pun terbukti mampu melawan pilek dan batuk. Manfaat air juga menjadi pelembab paras nan sangat ampuh. Bagi kaum perempuan, pelembab paras merupakan salah satu misteri kecantikan nan sangat penting. Perempuan rela membeli pelembab dengan harga selangit asalkan wajahnya menjadi lembab dan bercahaya. Padahal, ada "pelembab" nan sangat murah, bahkan boleh dikatakan tak perlu bayar.

Air nan kita konsumsi berfungsi membuat kulit paras tetap kenyal dan bercahaya. Manfaat air juga berperan besar dalam mengurangi kerut-kerut halus di wajah. Siapa nan tak ingin kerutannya berkurang? Jika mengurangi kerutan di dokter kulit, biayanya dapat mencapai jutaan hingga puluhan juta rupiah. Wow !

Apakah Anda sering mengalami migren? Jika ya, segeralah minum air putih dalam jumlah nan cukup setiap harinya. Mengatasi migren ternyata salah satu kegunaan air putih nan sukses diungkap oleh para peneliti.

Manfaat air juga buat mengganti sel-sel tubuh nan telah rusak dengan sel-sel nan masih baru. Manfaat air pun berfungsi sebagai pelumas bagi sendi-sendi manusia. Juga menstabilkan suhu tubuh serta melarutkan dan mengeluarkan sampah atau racun dari dalam tubuh kita. Saat tubuh kita panas, dokter selalu menganjurkan buat minum air putih sebanyak mungkin, bukan?

Membersihkan tubuh manusia ialah kegunaan air lainnya. Bayangkan tanpa air, bagaimana kita akan mandi? Saat mandi, kita akan membersihkan tubuh dari berbagai kotoran nan melekat. Jika tak dibersihkan, kotoran, peluh, atau daki pun akan berubah menjadi penyakit kulit.

Mandi sangat berguna buat memberisihkan pori-pori dari kotoran nan menyumbatnya. Dalam sehari, manusia idealnya mandi sebanyak dua kali. Mandi juga mendatangkan rasa nyaman di tubuh, terutama saat cuaca panas.



Manfaat Air Sudah Diketahui Sejak Ribuan Tahun Lalu

Aneka kegunaan air sudah sangat disadari oleh manusia sejak ribuan tahun silam. Itulah sebabnya kebudayaan dan peradaban manusia berkembang di daerah pinggiran sungai. Sebut saja misalnya bangsa Mesir atau Cina. Kebudayaan tertua berasal dari daerah sepanjang pinggiran sungai.

Dengan air sungai nan mengalir deras, minimal orang-orang sekitarnya tak perlu kesulitan jika ingin membersihkan diri. Sungai pun menjadi sumber air buat dikonsumsi. Sungai sekaligus memudahkan manusia zaman itu bepergian ke loka lain. Maklum saja, dahulu belum ada wahana jalan seperti nan kita kenal saat ini. Dahulu juga belum ada berbagai kendaraan maju nan lalu lalang di jalan raya. Zaman dulu, semuanya masih dipenuhi oleh keterbatasan.



Memelihara Lingkungan - Manfaat Air Akan Tetap Terjaga

Manfaat air akan tetap terjaga selama kita memelihara lingkungan sekitar. Penebangan hutan secara semena-mena dapat membuat air justru berbahaya. Jika tiba musim hujan, akan sangat mudah terjadi longsor dan banjir. Penyebabnya ialah tak adanya akar pohon nan bertugas "menahan" dan menyerap air.

Sayangnya, belakangan ini masalah lingkungan sangat memprihatinkan. Banyak terjadi masalah sebab penebangan hutan dan juga polusi. Kini, sumber air higienis mengalami penurunan jumlah. Belum lagi tercemarnya sumber air sehingga tak layak buat dikonsumsi manusia.

Manfaat air bagi kehidupan makhluk hayati di bumi memang tak dapat ditampik. Jika ketersediaan air higienis terus berkurang, berarti benar-benar berbahaya sebab kesehatan kita sangat dipengaruhi oleh air. Jadi, sudah saatnya buat mengupayakan langkah-langkah strategis buat mempertahankan kondisi sumber air di dunia. Jika air sudah tercemar, kehidupan berada di ujung tanduk



Manfaat Air Bagi Tubuh Manusia

Air berfungsi menjaga kesegaran tubuh, membantu pencernaan dan detoksifikasi. Selain itu, tahukah Anda kegunaan lain dari air? Air tak hanya buat menghilangkan haus saja, namun juga bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit, merawat kecantikan, bahkan mengurangi berat badan.

Berikut ialah beberapa khasiatnya bagi tubuh manusia secara umum:

  1. Memperbaiki Sistem Pencernaan dan Menyehatkan Jantung.
    Dengan mengkonsumsi air setiap hari, fungsi sistem pencernaan akan menjadi lebih baik sehingga tubuh akan terhindar dari masalah-masalah generik pencernaan seperti gangguan lambung (maag) maupun sembelit.
    Ia juga diyakini berperan serta dalam membantu menyembuhkan beberapa penyakit seperti jantung, rematik, saluran napas, usus dan juga penyakit kewanitaan. Barangkali itu ialah alasan mengapa pengobatan altenatif sering memanfaatkannya.
  1. Merawat Kecantikan.
    Anjuran buat minum air putih minimal 8-10 gelas per hari bukan tanpa alasan nan jelas. Ia diserap oleh tubuh melalui sel-sel kulit sehingga bisa menghindari kekeringan kulit, menjaga kandungan kelembaban dan mencegah kulit kasar dan berkerut.
    Di samping itu, ia bisa memperbaiki jaringan kulit, membuat kuku lebih sehat dan kuat serta tidak mudah retak.
  1. Meningkatkan Kesuburan.
    Berdasarkan penelitian dari sebuah forum penelitian trombosis di Inggris, mandi dengan air dingin diyakini bisa memperlancar peredaran darah, meningkatkan produksi sel darah putih sehingga meningkatkan kekebalan tubuh terhadap agresi virus.
    Selain itu, mandi air dingin di pagi hari bisa meningkatkan produksi hormon testosteron pada pria juga hormon estrogen pada wanita, nan berarti meningkatkan kesuburan.
  1. Mengobati Stroke.
    Selain digunakan buat mengobati penyakit kulit, ia juga digunakan buat mengobati lumpuh nan disebabkan oleh stroke karena ia membantu memperkuat kembali ligamen dan otot serta memperlancar sistem peredaran darah dan pernapasan.
    Kandungan ion dalam air panas seperti khlor , magnesium , sulfat dan hidrogen karbonat bisa membantu pelebaran pembuluh darah dan meningkatkan sirkulasi darah. Imbas panas membuat pembuluh darah melebar, meningkatkan oksigenisasi jaringan dan sirkulasi darah, sehingga bisa mengurangi kekakuan otot dan menghilangkan rasa nyeri.
  1. Menciptakan Imbas Relaksasi.
    Mandi di bawah shower menimbulkan imbas seperti pijatan nan bisa menghilangkan rasa capai. Sejumlah pakar pengobatan alternatif menganjurkan buat berjalan-jalan di sekitar sungai atau taman dengan banyak pancuran buat bisa memperoleh khasiat ion negatif, nan bisa meredakan rasa sakit, menetralkan racun, serta membantu menyerap oksigen dengan lebih baik.
    Jadi, jika Anda memilik shower di rumah, cobalah mandi dan nikmati imbas relaksasi nan ditimbulkannya karena shower juga menghasilkan ion negatif.
  1. Melangsingkan Tubuh.
    Air putih berfungsi juga buat membantu menghilangkan kotoran dan racun dalam tubuh dengan mengeluarkannya lewat urine . Bila Anda ingin menjaga kelangsingan tubuh atau bahkan menurunkan berat badan, air putih hangat nan diminum sebelum makan menjadi cara nan efektif buat mengurangi jumlah makanan nan masuk.
  1. Menjaga Metabolisme Tubuh.
    Jika jumlah cairan dalam tubuh menurun, fungsi organ tubuh juga akan menurun sehingga lebih mudah terganggu oleh bakteri dan virus. Oleh karena itu, tubuh mempunyai prosedur buat menjaga ekuilibrium cairan yaitu dalam bentuk rasa haus.
    Tubuh membutuhkan cairan sekitar 2 sampai 2,5 liter sehari. Jumlah ini sudah termasuk asupan cairan dari makanan berkuah, minuman lain seperti susu, teh atau kopi, serta hasil metabolisme makanan nan diambil oleh jaringan dalam tubuh. Tubuh juga menjaga ekuilibrium cairan dengan mengeluarkannya dari tubuh melalui tinja, urine dan keringat.

Secara otomatis, kondisi tubuh akan menurun jika kadar cairan menurun tanpa ada usaha memenuhi kebutuhan cairan tubuh tersebut. Jika kehilangan tujuh persen cairan, secara alami tubuh akan terasa lemah dan lemas.
Para pakar menyarankan buat minum air setidaknya satu liter lebih banyak daripada nan dibutuhkan rasa haus tubuh. Semakin banyak aktivitas nan dilakukan, semakin banyak pula cairan nan digunakan oleh tubuh. Oleh sebab itu, ahli kesehatan membiasakan banyak minum air.

advertisements

Tips Sehat

advertisements