Tips Tampilan Toko Online

Tips Tampilan Toko Online

Anda ingin memiliki toko buat menjual produk usaha tapi terbentur modal? Jangan risi sebab dapat memilikinya tanpa mengeluarkan biaya banyak, bahkan boleh dikatakan dengan kapital 0 rupiah! Caranya ialah dengan membuat toko online gratis. Bila berminat cobalah membuat toko online dengan wordpress , sebab di wordpress semua gratis! Kok bisa?

Nah, ini dia jawaban bagi pengusaha nan ingin mengembangkan usaha dengan kapital utak-atik internet saja. Tidak perlu repot pergi ke mana-mana cukup duduk di depan laptop, komputer, atau gadget. Anda dapat menjelajahi global nan dapat menjadi pelanggan setia. Tak perlu memiliki toko besar buat menjajakan produk dengan bebas dan sinkron keinginan.

Selain itu, juga tak perlu mengeluarkan biaya alias gratis. Jadi, kapital dapat difokuskan penuh pada penjualan dan pengembangan usaha. Seru kan? Asalkan, bermodal banyak waktu dan koneksi internet nan memadai. Di Indonesia, toko online semacam ini sudah menjadi trend. Rugi jika tak mencoba memulainya.

Walaupun dibuat serba gratis, tapi dampaknya buat usaha tidaklah murahan, bahkan sangat besar. Toko Anda dapat dikunjungi oleh seluruh penduduk di global ini tanpa batas waktu dan tempat. Tinggal klik, produk nan akan dikenal oleh jutaan orang di seluruh dunia. Tapi, jangan lupa harus membuat toko menarik tentunya. Nah, mari mulai membangun toko online dengan wordpress.



Perlengkapan Toko Online

1. Siapkan Wordpress

Sebelum melangkah lebih jauh, Anda harus memiliki wordpress nan ter- install di komputer ataupun hosting di server tertentu. Dan jangan lupa buat memiliki akun terlebih dahulu di wordpress. Bila belum punya, silakan install dulu dan untuk blog -nya.

Cara membuat blog di wordpress dapat dipelajari melalui website berikut: www.asianbrain.com . Sementara, bagi nan sudah siap dalam perlengkapan langsung saja login ke akun wordpress.

2. Siapkan Plugin e-Commerce

Aksesoris primer lain buat menjadikan blog wordpress Anda menjadi sebuah toko online ialah fasilitas e-Commerce . Melalui Plugin e-Commerce inilah toko online dapat ditata dan dikontrol dengan baik. Boleh dikatakan, plugin e-Commerce -lah nan menjadi nyawa dari toko online tersebut.

Banyak sekali plugin nan berfungsi sebagai e-Commerce (toko online ). Dalam kesempatan kali ini, akan ditunjukkan salah satu plugin nan sudah cukup dikenal oleh para pemilik toko online, yaitu WP e-Commerce.

3. Siapkan Template e-Commerce

Perlengkapan lain nan harus disiapkan buat toko online dengan wordpress ialah template wordpress spesifik buat penggunaan toko online . Banyak sekali template gratis, silahkan mencarinya di Google.



Membuat Toko Online

Setelah memiliki akun wordpress, template, dan plugin, kini tinggal membuat toko online. Caranya mudah, berikut ini langkah-langkahnya :

1. Masuk ke Akun Wordpress.

2. Install Plugin WP e-Commerce.

Klik menu “ plugin ”, “ add new ”, “ upload ”, lalu “ browse ”. Silakan masukkan file plugin WP e-Commerce nan sudah diunduh sebelumnya, kemudian “ install now ”.

Alternatif lain, dapat menggunakan fasilitas “ search ” pada halaman plugins/add new tadi. Pada kolom “ search ”, ketik “wp e-commerce ”, nanti akan terlihat banyak sekali plugin wp e-commerce dari berbagai author . Rekomendasinya, pilih plugin WP e-Commerce dari Instinct Entertainment. Bila sudah ditemukan, langsung download .

3. Aktifkan Plugin WP e-Commerce

Di menu “ plugins ”, klik “ plugins ”, di sana akan terlihat plugin WP Shopping Cart, lalu klik “ activate ”.

4. Aktifkan Template e-Commerce

Masuk ke menu “ appearance ”, klik “ themes ”, “ install themes ”, “ upload ”, lalu “ browse ”. Masukkan file template nan sudah diunduh sebelumnya, kemudian klik “ install now ”.

Untuk mengaktifkannya lihat di “ themes ”, di sana akan muncul template nan diinginkan lalu silahkan diaktifkan.

Sampai termin ini, toko online sebetulnya sudah jadi. Berikutnya hanya tinggal mengisinya dengan produk-produk nan mau dijual. Caranya cukup mudah, masuk ke menu “ store ” lalu klik “ products ”.

Masukkan informasi produk, seperti nama, gambar, harga, ukuran dimensi, berat, biaya pengiriman, dan lain sebagainya. Silahkan berkreasi bebas dalam mengaturnya, sebab itu ialah toko online milik sendiri.



Tips Tampilan Toko Online

Sebuah toko online akan dikunjungi banyak orang jika tampilannya menarik dan berisi produk nan menarik pula. Berbagai tips di bawah ini dapat dilakukan. Kelihatannya sih memang sepele, tapi jika melakukannya dengan tepat dan niat sahih maka niscaya toko online akan ramai dikunjungi. Dengan demikian, semakin banyak nan berminat terhadap produk.

1. Mulai dengan alamat wordpress nan mudah diingat

Ini salah satu poin pentingnya. Jangan terlalu ribet menuliskan alamat wordpress nan akan dibuat. Justru, alamat nan simple dan jelas akan memudahkan pelanggan dan calon pelanggan menemukan sebuah toko online. Sesuaikan pula dengan apa nan akan dijual. Misalnya, pakaian muslim, jilbab, kue kering, dan lain sebagainya.

Alamat wordpress nan mudah diingat akan mudah dikenal oleh banyak orang. Selain terkenal melalui pencarian google, toko online akan mudah diucapkan dari mulut ke mulut. Apalagi jika produk menarik niscaya akan banyak orang nan mengingat dan menyampaikannya pada kerabat, dan teman-temannya.

2. Tampilkan foto nan menarik

Foto produk merupakan hal pokok dalam sebuah toko online sebab foto produk dan keterangannya merupakan inti nan dilihat oleh calon pelanggan. Pastikan bahwa foto nan ditampilkan di toko online tersebut menarik dari segi kejelasannya dan kesesuaian dengan produk asli. Usahakan jangan mengambil foto dari Google.com atau toko lain. Dengan kata lain, foto produk harus memang berupa foto nan diambil sendiri.

Hal ini memang sepele tapi akan sangat membantu buat membangun kepercayaan pelanggan. Jangan sampai foto nan dipasang tak sinkron dengan barang aslinya. Jika menjual barang nan berhubungan dengan fashion, dapat dengan memasang foto nan memperlihatkan estetika barang tersebut ketika dipakai, misalnya jilbab, baju, jam tangan, dan lain sebagainya. Produk-produk semacam itu memang lebih latif jika dikenakan daripada hanya berupa foto produknya saja.

3. Tambahkan keterangan gambar nan jelas dan kode barang

Keterangan produk akan sangat membantu bagi para calon pembeli. Selain melihat produk melalui foto, pembeli dapat membaca spesifikasi produk dengan jelas. Keterangan tersebut meliputi harga, bahan, panjang-lebar produk, kualitas, dan lain sebagainya. Apalagi bagi nan menjual barang elektronik, sangat perlu memberikan keterangan nan lengkap.

Kode barang juga sangat krusial buat memudahkan pembeli memesan melalui SMS atau email. Akan sangat merepotkan jika pembelian barang dengan jumlah barang nan banyak harus menuliskan nama barang secara lengkap. Untuk variasi rona berikan keterangan berupa angka agar lebih mudah ditulis.

4. Tampilkan testimoni pelanggan

Testimoni berupa pendapat-pendapat dari pelanggan nan telah memesan barang. Ini akan sangat membantu membangun kepercayaan orang terhadap produk nan ditawarkan.

5. Tampilkan gambar dan jasa pengantar nan di gunakan dan bank nan menerima pembayaran

Toko online tak dapat lepas dari jasa pengantar barang dan Bank nan digunakan buat mentransfer uang. Dengan menampilkan logo atau gambar jasa pengantar dan bank tersebut, toko onine akan lebih tampak terpercaya. Jasa nan digunakan usahakan merupakan jasa nan tersedia di berbagai kota, seperti TiKi dan JNE nan sekarang ini menjadi pilihan toko online di berbagai daerah.

6. Sertakan alamat asli, nomor nan dapat dihubungi, cara order, dan keterangan lain nan relevan

Penyertaan alamat orisinil bisa membantu toko online dipercaya oleh calon pembeli. Usahakan alamat tersebut asli. Jika tak mempunyai loka sebagai tokonya, cukup tuliskan alamat rumah. Ini akan sangat membantu agar pelanggan benar-benar percaya pada toko online nan dibuat.

Cara order di toko online tentu lebih rumit daripada memesan secara langsung. Sertakan cara order, mulai dari minimal belanja (jika ada), cara transfer, cara menuliskan pesanan, hingga waktu pengiriman. Selain itu sertakan nomor nan selalu digunakan, agar pembeli dapat menghubungi Anda secara langsung.

7. Jujur

Membangun kepercayaan pelanggan tak mudah, kejujuran mulai dari ketersediaan produk nan dijual, harga, hingga soal pengiriman barang dan uang. Sekarang pembeli online banyak nan tertipu dengan toko online nan ternyata palsu. Oleh sebab itu pebisnis harus benar-benar meyakinkan pembeli dengan cara jujur.

Semoga tips membuat toko online dengan wordpress dapat bermanfaat. Jualan online nan jujur niscaya mendatangkan rejeki nan berlimpah. Selamat mencoba dan salam pengusaha!

advertisements

Tips Sehat

advertisements