Gejala Sakit Maag

Gejala Sakit Maag

Dalam kehidupan nan semakin lama semakin maju dan berkembang, manusia dihadapkan pada dua hal nan beroposisi, yakni kemudahan dalam mengakses segala sesuatu dan kesulitan buat mendapatkan ruang privasi dan istirahat nan nyaman bagi pikiran.

Di satu sisi, munculnya majemuk teknologi dalam kehidupan menjadikan manusia dapat melakukan segala sesuatu dengan cepat tanpa mengeluarkan banyak waktu dan tenaga. Namun, di sisi lain, manusia senantiasa dituntut buat melakuklan segala sesuatu dengan cepat meskipun tanpa donasi teknologi sekalipun.

Sebagai contoh, seorang pegawai di suatu perusahaan harus datang pagi sekali ke kantor buat memberikan pelayanan nan dibutuhkan oleh klien perusahaan tersebut. Di sela kesibukan dan ketepatan waktu, mereka juga dihadapkan pada stagnasi nan kerap melanda kota-kota besar di Indonesia.

Dengan kesibukan dan kepadatan seperti itu, kebutuhan pribadi menjadi suatu hal nan dilupakan sehingga kondisi tubuh pun menjadi terabaikan. Salah satu hal nan kerap dikesampingkan ialah pentingnya sarapan atau makan siang buat mendapatkan nutrisi bagi tubuh.

Hal tersebut mungkin tak akan terasa jika sarapan nan Anda lewatkan hanya satu atau dua kali. Namun, jika hal itu berlangsung lama dan lambat laun menjadi kebiasaan, maka dapat berdampak jelek pada kesehatan tubuh Anda.

Penyakit akan mudah datang sebab kurangnya asupan gizi nan masuk ke dalam tubuh Anda. Satu di antara beberapa penyakit nan rentan mendatangi tubuh Anda ialah penyakit maag.



Kenali Gejala Sakit Maag, Lakukan Pencegahan

Sakit maag sekarang ini seperti penyakit nan sudah memasyarakat, sering terdengar orang sakit perut dengan keluhan sakit maag. Kenapa yah? Mungkin sebab pola hayati orang sekarang nan kadang sering mengesampingkan kesehatan, merasa baik-baik saja, padahal tak baik-baik. Termasuk masalah perut.

Jika sudah asyik dengan kerjaan atau mengerjakan sesuatu, dan menjadi sibuk, dengan alasan tanggung lah, ntar lah, atau nanti saja. Waktu makan biasanya ditunda-tunda. Alhasil lama-kelamaan perut protes, perut jadi terasa perih, kembung, dan melilit.

Kalau sudah diprotes begitu baru deh sadar buat segera makan. Walaupun terkadang sudah makan pun perut merasa menjadi lebih nggak enakan . Waspadai, itu gejala sakit maag.

Sakit maag menyerang lambung, yaitu organ pencernaan dalam tubuh manusia nan berfungsi buat menyimpan makanan, mencerna, dan kemudian menyalurkannya ke usus kecil. Di dalam lambung tersebut terdapat enzim nan dikenal dengan asam lambung, pepsi, dan mucus.

Enzim tersebut berfungsi buat melindungi dinding lambung. Jika enzim tersebut mengalami ketidakseimbangan, misalnya asam lambungnya menjadi meningkat atau hiperbola atau mucus menjadi berkurang. Hal tersebut bisa mengakibatkan iritasi dinding lambung, sehingga bisa mengakibatkan terjadinya peradangan, dan jadilah sakit maag.



Gejala Sakit Maag

Sakit maag biasanya ditandai dengan gejala nyeri di ulu hati, mual, muntah, mendadak jadi tak nafsu makan, perut terasa kembung, perut perih, atau terasa sakit seperti terbakar di perut bagian atas.

Kalau sudah terasa gejala-gejala seperti itu biasanya akan menjadi serba salah. makan kadang menjadi tak enak, tak makan lebih tak enak lagi.

Sakit maag seringkali dianggap ringan. Walaupun sering mengalami gejala sakit maag, banyak nan kemudian melalaikannya dan mengulangi masalah sebelumnya, seperti menunda-nunda waktu makan, memakan makanan seenaknya di mulut saja, atau membiarkan masalah berlarut-larut sehingga menimbulkan stress.



Sakit Maag Kronis

Sakit maag nan sudah kronis. Jika maag-nya itu sudah jadi, bukan lagi rasa perih, mual, kembung dan melilit, tetapi juga sudah disertai muntah. Kalau sudah begitu biasanya akan kesulitan memilih makanan nan bisa dicerna dengan baik oleh lambung, sebab biasanya lambung akan menolak makanan nan sulit buat dicerna.

Seperti nan mengandung banyak minyak (goring-gorengan), bahkan sayuran berserat pun nan penulis tahu sangat bagus buat pencernaan ternyata jangan dulu dikonsumsi jika lagi sakit maag.

Dokter menyarankan sayuran nan berwarna putih, seperti pecay. Dan makanan nan lembut-lembut, nan bisa mudah dicerna lambung, seperti bubur atau biskuit.



Mencegah Sakit Maag

Seperti nan sudah dijelaskan di atas, penyakit maag bukanlah penyakit sepele. Kelebihan asam lambung nan terasa di bagian perut dan sekitar lambung tersebut akan menyebabkan iritasi atau luka pada selaput lendir lambung.

Luka tersebut sangat berbahayan jika dibiarkan terus menerus, bahkan dapat sampai pada termin maag kronis atau peradangan lambung. Kondisi peningkatan asam lambung tersebut tentu saja sangat mengganggu Anda bukan?

Anda tak hanya terganggu saat beraktivitas, tapi juga akan merasakan kesakitan pada bagian perut, punggung, bahkan dapat sampai tak sadarkan diri dampak sakit nan diderita tersebut. Hal tersebut terjadi sebab adanya pengeluaran asam hiperbola dalam kelenjar lambung.

Pada saat seperti itu pula, maka dada akan terasa panas dan dapat mengakibatkan rasa sakit nan berlebihan. Oleh karena itu, buat menghindari munculnya penyakit maag atau meningkatnya asam lambung, perlu diperhatikan hal-hal berikut ini.



Hindari Perut Kosong

Pada saat perut kosong dan tubuh sedang beraktivitas, maka tubuh membutuhkan asupan buat dapat digiling di dalam lambung. Namun, sebab perut tak diisi, maka lambung akan menggiling asam nan berada di dalamnya sehingga perut terasa perih sebab asam lambung nan dikeluarkan dalam jumlah nan berlebihan.



Hindari Minuman Soda dan Kafein

Jika selama ini Anda memiliki Norma meminum minuman soda ketika lelah atau sebab udara nan panas, maka hindari minuman tersebut buat mencegah munculnya penyakit maag pada tubuh Anda.

Selain itu, Norma mengonsumsi minuman nan mengandung kafein juga sebaiknya dihindari buat mencegah munculnya penyakit tersebut. Pasalnya, kedua minuman tersebut merupakan minuman nan mengandung berbagai zat nan berpotensi meningkatkan produksi asam lambung.

Untuk mengganti kedua minuman tersebut, Anda dapat mengonsumsi jus buah atau susu segar sehingga badan menjadi lebih sehat dan sistem metabolisme pun tak terganggu sebab zat-zat berbahaya nan terdapat di dalam minuman.



Hindari Menunda-Nunda Makan

Menunda makan saat bekerja bukanlah hal nan baik buat dilakukan. Dengan menunda makan, secara otomatis perut pun akan mengosongkan semua residu makanan nan sudah masuk sebelumnya sehingga produksi asam lambung pun meningkat.



Minumlah Air Hangat

Untuk membuat kondisi perut Anda nyaman, konsumsilah air hangat setiap pagi ketika bangun tidur. Hal itu akan membuat kerja lambung menjadi lebih ringan dibandingkan dengan bila Anda mengonsumsi minuman dingin.



Konsumsi Buah dan Sayuran

Mengonsumsi buah-buahan dan sayuran eksklusif akan membuat tubuh Anda menjadi lebih sehat sebab produksi asam lambung sinkron dengan jumlah nan seharusnya diproduksi dalam keadaan normal. Buah-buahan nan mampu mencegah peningkatan asam lambung ialah buah pisang, alpukat, dan semangka.

Sementara itu, sayuran nan dapat mencegah peningkatan asam lambung ialah mentimun. Konsumsilah buah dan sayuran tersebut setiap hari buat mencegah munculnya sakit maag.



Waktu nan Tepat buat Makan

Untuk menghindari pengeluaran asam lambung nan berlebihan, hindarilah makan sebelum tidur. Kalaupun ingin makan, Anda dapat makan dua atau jam sebelum tidur sebab jika makan sbelum tidur akan membuat asam lambung meningkat dan juga mengakibatkan kegemukan.

Selain tak sehat, Norma tersebut juga tak baik buat penampilan Anda bukan?



Konsumsi Jahe

Selain memelihara pola hayati sehat, Anda juga dapat mengonsumsi jahe sebagai asupan herbal nan dapat mencegah meningkatnya asam lambung. Anda dapat mengonsumsi jahe dengan cara memasaknya dengan bahan makanan lain atau dengan cara meraciknya sebagai minuman jahe nan dicampur gula merah atau susu murni segar.



Hindari Minuman Beralkohol dan Rokok

Jika selama ini Anda punya Norma merokok dan mengonsumsi minuman beralkohol, maka hentikan Norma itu sekarang juga sebab kedua hal tersebut akan membuat penyakit maag dan penyakit lainnya muncul.



Berdamai dengan Sakit Maag

Bila kita bertanya kepada 10 orang, mungkin semua atau paling sedikitnya delapan orang di antaranya pernah merasakan betapa tak nyamannya bila maag sedang bertamu ke bagian ulu hati kita.

Berapakah usia rata-rata usia orang terkena sakit maag buat pertama kalinya? Dapat sangat muda, misalnya 9 tahun, atau lebih muda lagi. Ada nan sudah menginjak usia remaja baru merasakan perihnya maag. Sepertinya, sesuatu nan sangat ajaib bila seseorang belum pernah merasakan sakit maag seumur hidupnya.



Penyebab Sakit Maag

Apakah nan menjadi penyebab sakit maag? Makanan? Dapat jadi. Salah satu teman aku mengakui bahwa pertama kali mengalami perihnya maag saat masih kelas satu SMP. Saat itu, ayahnya membeli durian satu becak, dan pada hari itu, dia makan durian dari pagi sampai malam hari-entah berapa butir.

Keesokkan harinya, dia merasakan perih di bagian ulu hati, sedikit di atas perut. Lalu, dia makan obat maag dan rasa perih itu hilang. Namun, sejak saat itu, dia menjadi begitu sering merasakan sakit dan perih nan sama.

Teman nan lain mengakui bahwa rasa sakit maag itu didapatkannya ketika hendak ujian akhir SMP. Sepertinya, taraf stres juga dapat memicu penyebab sakit maag. Ada lagi teman nan lainnya mengatakan bahwa sakit maag dia dapatkan setelah beberapa minggu tak makan teratur dan sebab terlalu banyak makan makanan pedas dan berlemak tinggi.

Karena sakit maag ini ialah sakit jenis penyakit massal nan diderita oleh sebagian besar masyarakat kita, maka kita harus berdamai dengan penyakit ini. Sakit maag terjadi ketika ada pembengkakan di daerah lambung.

Penyakit ini pertama kali diutarakan oleh seorang pakar bedah militer Amerika nan bernama William Beaumont pada 1883. Waktu itu, dia sedang menangani seorang pasien luka tembak di perut. Dari pembedahan di perut itulah sang dokter bedah bisa melihat dan mengamati proses pencernaan.

Pembengkakan nan terjadi di daerah sekitar perut tersebut dapat disebabkan oleh komsumsi alkohol, jus buah nan berasa terlalu asam, makanan nan terlalu pedas, terlambat makan, kopi, ataupun stres nan tidak terkendali dengan baik.



Berdamai dengan Maag

Untuk berdamai dengan maag, coba lakukan hal di bawah ini:

  1. Hindari makanan nan bisa memicu pembengkakan lambung tersebut.
  2. Untuk stres, kita harus mengetahui apa nan membuat kita merasa tak nyaman. Setelah itu, barulah kita berusaha menerima keadaan tersebut dengan damai.
  3. Bila maag terlanjur bersemi, minumlah teh hangat terlebih dahulu. Atau, makanlah makanan nan manis. Lalu, minumlah air hangat.
  4. Beristirahatlah sejenak. Berusahalah buat memejamkan mata dan mengistirahatkan seluruh anggota tubuh. Bila tak dapat tertidur, paling tidak, anggota tubuh sudah berhenti sejenak dari aktivitas nan terlalu melelahkan.
  5. Bila perlu, komsumsilah obat maag nan banyak beredar di pasaran.
  6. Konsumsi juga agar-agar nan dapat mendinginkan perut Anda. Akan lebih baik bila agar-agarnya tak dicampur dengan susu. Karena keaslian agar-agar lebih baik buat penyembuhan sakit maag .


Gejala Bakal Datangnya Maag

Tak sedikit orang nan tak tahu bahwa tanda-tanda maag akan datang. Beruntung sekali Anda membaca artikel ini, sebab penulis juga membeberkan tanda-tanda maag akan kembali datang menyerang Anda. Kebanyakan orang berasumsi bahwa ciri-ciri datangnya penyakit maag ialah adanya rasa nyeri di ulu hati. Jika diibaratkan bagaikan diremas-remas begitu.

Asumsi seperti ini tidaklah salah. Namun rasa itu, bukanlah tanda bahwa maag akan datang, tapi memang sakit nan ditakutkan tersebut memang sudah datang. Lalu apa ciri-ciri atau gejala bahwa maag atau sakit asam lambung akan datang?

  1. Perut terasa kembung

Ciri-ciri sakit asam lambung atau maag mulai menyerang ialah ketika perut mulai kembung. Maksudnya, jika perut Anda terasa lebih besar dan keras dari hari-hari biasanya. Maka tandanya, Anda mulai terkena penyakit maag. Perut Anda saat itu sedang terisi udara nan berlebihan. Sehingga seluruh apa nan ada di perut Anda terisi gas, mulai dari lambung hingga usus halus dan usus besar Anda.

  1. Sering Bersendawa dan Kentut

Jika Anda sering bersendawa, maka pertanda bahwa lambung Anda sedang tak sehat. Tahukah Anda kenapa kita bersendawa? Jawabannya, sebab kita sedang mengurangi gas nan terdapat di lambung. Seperti nan dikatakan di atas bahwa perut terasa kembung sebab terdapat banyak gas di dalam perut, maka sendawa ialah cara buat mengurangi gas nan dikeluarkan dari mulut.

Anda tidak perlu khawatir. Sebenarnya sendewa sendiri ialah cara normal dari tubuh Anda buat mengeluarkan gas nan penuh di lambung Anda. Maka dari itu, jika sudah bersendawa segeralah buat teratur makan dan minumlah obat maag nan biasa Anda konsumsi.

Demikian halnya dengan kentut. Beli sering buang angin maka memberi tanda maag Anda mulai kambuh. Pembuangan angin tersebut adalah, buat mengeluarkan gas nan berlebih. Makanya, ketika maag datang lalu Anda dapat kentut, maka ia menjadi bagian kenikmatan. Pasalnya, sulit orang nan sedang menghadapi sakit asam lambung atau maag buat dapat kentut.

  1. Ulu Hati Terasa Nyeri

Apakah Anda pernah merasakan sering kentut dan sendawa lalu mulut terasa getir serta tenggorokan tak enak? Jika iya, seiring dengan itu, maka ulu hati Anda juga bakal terasa nyeri. Itu pertanda bahwa penyakit maag tengah mendekati Anda. Maka tidak ada jalan lain Anda mesti segera makan nan teratur dan minum obat.

Tahukah Anda kenapa ulu hati dapat terasa nyeri? Ini terjadi sebab ada reaksi dari melimpahnya cairan asam lambung tanpa ada makanan nan bisa dicerna. Cairan terebutlah nan menyerang dan mengikis dinding lambung. Makanya ulu hati Anda terasa nyeri.



Perhatikanlah Kesahatan Lambung Anda

Setelah mengetahui apa saja nan menjadi nan menjadi pertanda akan datangnya penyakit maag, maka kini Anda mesti waspada sejak dini buat menjadi kesahatan lambung. Bagaimana caranya?

  1. Jangan terlalu stres atau terlalu sedih, sebab dapat memberikan imbas tak baik. Biasanya orang nan stres atau sedang begitu sedih akan sulit mengontrol makannya. Ia begitu fokus pada masalah nan dihadapinya. Jika sudah seperti ini, maka kesahatan lambung terganggu dan tanda-tanda bakal mengalami penyakit maag pun sudah muncul. Anda harusnya waspada sejak awal.
  2. Pilihlah makanan nan bergizi. Makan nan teratur juga tetap dipertimbangkan masalah gizi dan kesehatannya. Jika pun Anda tak dapat makanan nan bergizi, kini sudah ada makanan ringan nan dapat membantu Anda buat tetap seperti makan teratur. Misalnya makanan wafer.

Sekiranya Anda sedang stres lantaran pekerjaan, mungkin Anda dapat jadi tak teratur makan nasi, tapi Anda dapat menggantinya dengan makan wafer. Usahakan pada saat jam makan, Anda tetap memakan wafer. Fungsinya, agar lambung Anda tetap sehat dan wafet ialah makanan nan sehat buat lambung.



Lambung Itu Sentral

Tahukah Anda bahwa lambung ialah sentral nan dapat menjadikan penyebab timbulnya banyak penyakit. Jika Anda dapat memeliharanya, maka Anda akan selalu sehat. Tapi jika Anda tidak dapat menjaga dan memeliharanya, maka Anda bakal mudah terserang penyakit. Ingat, lambung berperan sentral buat membuat Anda selalu sehat atau bahkan mudah sakit.

  1. Makanlah di saat lambung Anda memang membutuhkan asupan. Jangan kiranya hanya sebab telat makan saja seseorang dapat terserang penyakit asam lambung atau maag. Karena kebanyakan makan juga dapat menjadi penyebab Anda terserang maag. Makanya, usahakanlah buat di saat lambung memang membutuhkan makanan dan usahakan berhenti bila lambung Anda sudah merasa cukup.
  2. Jangan banyak minum saat Anda sedang atau saat makan. Karena ini memberikan imbas pada kerja lambung. Contoh kasusnya, misalnya Anda sedang makan lalu sembil mengunyah Anda minum, maka seharusnya makanan nan masuk ke dalam lambung halus kini menjadi kasar. Karena didorong oleh air nan Anda masukkan.

Jika pun Anda ingin minum, minumlah dengan sedikit-sedikit. Jangan terlalu banyak. Air nan banyak itulah nan dapat menjadi penyebab timbulnya ketidakrapian kerja lambung. Oleh sebab itu, saat dan sedang makan usahakan buat tak minum, biar lambung dapat bekerja dengan optimal.

Inilah artikel sederhana seputar penyakit asam lambung atau sakit maag . Semoga bermanfaat.

advertisements

Tips Sehat

advertisements