Menghilangkan Bau Badan Secara Alami

Menghilangkan Bau Badan Secara Alami

Bau badan tidak sedap niscaya membuat aktivitas sosial kita terganggu. Siapa saja nan kebetulan sedang berada di sekitar kita niscaya akan bergerak menjauh sebab bau badan tidak sedap. Aroma badan nan segar menjadi salah satu syarat buat menjalani aktivitas luar ruangan dan pertemanan dengan nyaman.

Dengan bau badan, kita tak akan mudah dan leluasa dalam bergerak sebab selain tak nyaman, kita juga mungkin tak terlalu percaya diri saat hendak melakukan sesuatu. Apalagi jika Anda bekerja sama dengan orang lain dalam satu ruangan nan sempit.

Oleh sebab itu, segera lakukan sesuatu apabila Anda sudah mulai merasa tak nyaman dengan bau badan anda sendiri. Anda dapat melakukan cara-cara berikut ini buat menghilangkan bau badan tersebut.



Bau Badan - Keringat Tidak Bau

Sebenarnya, keringat nan keluar dari kulit kita tak bau. Namun, ada bakteri-bakteri di permukaan kulit nan menguraikan keringat sehingga muncul bau badan tidak sedap. Produksi keringat tersebut juga bercampur dengan minyak dari kelenjar minyak nan menimbulkan rasa lengket. Mandi ialah cara nan paling cepat dan mudah buat menghilangkan keringat dan minyak dari tubuh kita.

Jika aktivitas nan Anda lakukan sangat padat, maka luangkanlah waktu buat Anda sekali dalam seminggu buat melakukan spa dan massage nan berfungsi mengeluarkan bakteri nan membuat tubuh Anda tercium bau. Hal tersebut sangatlah mengganggu indera penciuman Anda dan orang lain nan juga menciumnya.

Tidak hanya itu, bau badan nan berlebih juga mampu membuat Anda merasa kurang percaya diri sehingga Anda harus senantiasa peka dalam mencium bau keringat anda sendiri.

Selain dengan mandi nan teratur, anda juga dapat menggunakan deodoran agar bau badan nan muncul dari keringat berlebih dapat dihalangi dengan zat penghambat bakteri nan terdapat di dalam deodoran nan Anda pakai itu. Jangan gunakan deodoran bersamaan dengan orang lain, apalagi jika orang tersebut memiliki kondisi bau badan nan lebih jelek dari bau badan anda sendiri.

Bau Badan - Jika Mandi Tak Cukup

Pada sebagian orang, mandi ternyata bukan cara efektif buat mengusir bau badan tidak sedap. Mandi harus diikuti dengan pengobatan dari dalam buat mengendalikan sumber-sumber penyebab bau badan . Jika Anda tak menyukai obat-obatan kimia, beberapa tanaman herbal berikut cukup ampuh mengusir bau badan tak sedap.

1. Bunga Kecombrang ( Nicolaia Speciosa )

Daun muda dan kembang kecombrang bisa dimakan buat menghilangkan bau badan. Kecombrang juga enak dipakai sebagai campuran sayur lodeh. Zat aktif nan ada di dalamnya seperti sapomin, flavoinoida, dan polifenol bisa mengusir bau badan tidak sedap dari tubuh Anda.

2. Cengkeh ( Eugenia Aromatica )

Ambil beberapa kuntum kembang cengkeh lalu rendam di air hangat-hangat kuku. Biarkan mekar lalu minum airnya. Air rebusan cengkeh nan ditambah dengan gula merah selain segar dan mengusir bau badan tidak sedap, juga bisa menghangatkan badan.

3. Daun Beluntas ( Pluchea Indica )

Daun beluntas mengandung leusin, isoleusin, triptofan, treonin, lemak, kalsium, fosfor, besi, Vitamin A dan C. Untuk menghilangkan bau badan tidak sedap, daun beluntas dapat dimakan mentah (lalap) atau dikukus terlebih dahulu. Daun beluntas juga lezat buat bahan membuat sayur urap. Minum air rebusan daun beluntas di sore dan pagi hari juga bisa dilakukan. Melahap atau minum air rebusan daun beluntas juga efektif menghilangkan bau mulut tidak sedap.

4. Daun Kemangi ( Ocimun Balisicum )

Daun kemangi sering dipakai sebagai lalap serta campuran sayur urap atau pindang ikan. Selain menambah nafsu makan, konsumsi daun kemangi kurang lebih satu genggam pagi dan sore hari bisa mencegah bau badan perempuan nan sedang mengalami menstruasi.

5. Daun Sirih ( Piper Betle )

Daun sirih terkenal dengan khasiat antiseptiknya dan terbukti mampu menghilangkan bau badan tidak sedap. Minyak asiri dalam daun sirih mengandung zat-zat kimia alami seperti kadinen, kavikol, sineol, eugenol, karvakol, dan zat samak. Rebus beberapa lembar daun sirih. Setelah dingin, minum air rebusannya. Gula putih atau gula batu juga madu bisa ditambahkan agar rasanya lebih enak. Daun sirih nan dicampur kapur sirih juga bisa dioleskan pada bagian tubuh nan bau seperti ketiak atau lipatan paha. Bau badan pun akan hilang.

6. Jahe ( Zingiber Officinale )

Wedang jahe nan diminum secara teratur, selain bisa membuat badan hangat juga mampu menghilangkan bau badan. Kita bisa menikmati wedang jahe bersama makanan kecil di sore hari atau malam hari.

7. Jeruk Purut ( Citrus bystrix ) dan Jeruk Nipis ( Citrus aurantifolia )

Sari campuran kulit jeruk purut dengan sebatang kencur nan telah bercampur air bisa menghilangkan bau badan. Air dari jeruk nipis nan telah dicampur dengan kapur sirih lalu digosokkan ke bagian nan menimbulkan bau badan tidak sedap dan cukup efektif mengenyahkan bau badan tidak sedap.

8. Mentimun ( Cucumis Sativus )

Anda nan getol makan lalapan mentimun bisa menggunakan kulitnya buat menghilangkan bau badan. Gosokkan kulit bagian dalam di loka nan beraroma bau badan tidak sedap. Lakukan berulang-ulang setelah mandi.

9. Temulawak ( Curcuma Xanthorrhiza )

Rimpang temulawak mengandung sapomin, flavoinoida, dan minyak asiri guna mengurangi bau badan tidak sedap. Pangkas temulawak kecil-kecil, rebus, lalu minum air rebusannya. Temulawak juga bisa diparut. Air perasannya ditambah madu bisa mengusir bau badan tidak sedap. Parutan temulawak juga dapat dibalurkan ke seluruh badan, lalu diamkan sampai mengering agar bau badan tidak sedap benar-benar pergi.



Menghilangkan Bau Badan Secara Alami

Wangi tubuh tak hanya baik buat diri sendiri, melainkan juga buat orang-orang di sekitar kita. Tapi, ada kalanya aroma tubuh seseorang menjadi kurang wangi sehingga timbullah bau badan. Terkadang, menyemprotkan parfum juga tak bisa membantu menghilangkan bau badan. Berikut hal nan harus dilakukan buat mengurangi bau badan secara alami.



1. Menggunakan Deodoran Alami

Cara mengunakan deodoran alami ialah dengan merendam bola kapas di salam alkohol, kemudian jepitlah pada ketiak selama bebrapa menit buat mengurangi bau badan nan disebabkan oleh bakteri. Bola kapas juga bisa direndam dengan tea tree oil nan mampu menjadikan ketiak tetap kering, terhindar dari bakteri, dan bau badan.



2. Makan Sayur-sayuran

Mengilangkan bau badan ternyata bisa dilakukan dengan mengonsumsi sayuran. Syuran berwarna hijau tua seperti bayam nan kaya akan klorofil, memiliki khasiat sama seperti deodoran alami buat tubuh. Agar tak bau badan, jangan malas mengonsumsi sayuran.



3. Pilih Baju dengan Serat Alami

Baju dengan serat alami akan membuat Anda bebas bau badan. Sandang nan berbahan katun akan membuat klulit lebih leluasa bernafas sekaligus terhindar dari bau badan. Jangan menggunakan baju dengan bahan sintetis (seperti nylon atau lycra ) nan tak bisa menyerap keringat sehingga timbullah bau badan.



4. Hindari “Bau Matahari”

Aktivitas di bawah sinar matahari nan panas dapat membuat tubuh menjadi lebih panas dan berkeringat sehingga menyebabkan bau badan. Tidak mengherankan jika ada istilah “bau matahari” nan berarti bau badan nan berasal dari tubuh nan habis berjemur.



5. Gunakan Antispirant dengan Tepat

Cara menggunakan antispirant buat menghilangkan bau badan ialah dengan mengoleskan ke area ketiak saat kondisi kulit sedikit lembab dan basah, misalnya setelah mandi. Hal ini akan menyebabkan bahan aktifnya bisa menyerap masuk ke dalam dengan lebih cepat sehingga Anda terhindar dari bau badan.

Anda bisa memilih herbal nan ada di sekitar Anda. Selain alami, tanaman herbal tersebut murah, bisa Anda temukan di pekarangan atau kebun, serta menyehatkan. Semoga resep alami menghilangkan bau badan di atas bermanfaat bagi Anda.



Bau Badan - Feromon, Daya Tarik Seksual

Feromon merupakan zat kimia nan memiliki fungsi buat merangsang daya tarik seksual pada hewan. Kenyataan feromon ini diterapkan juga pada manusia dalam kehidupan sehari-hari, khsususnya setelah ditemukannya kelenjar dalam tubuh manusia nan menghasilkan feromon. Feromon ini bisa memengaruhi hormon di dalam otak manusia, misalnya bau badan.

Setiap orang memiliki bau badan nan khas dan berbeda-beda. Feromon pada manusia ternyata berfungsi juga buat menciptakan daya tarik seksual. Feromon ini bisa menimbulkan perasaan suka, cinta, bahkan giarah seksual pada versus jenisnya. Jadi, ketertarikan seseorang dengan versus jenisnya (cinta, gairah seksual, dan memilih teman) didasari juga oleh bau feromon atau bau badan.

Jadi, sudah siap kan buat tampil lebih percaya diri tanpa disertai bau badan nan menyengat?

advertisements

Tips Sehat

advertisements