Jenis Buah-Buahan Yang Baik Bagi Penderita Diabetes

Jenis Buah-Buahan Yang Baik Bagi Penderita Diabetes

Apa nan Anda ketahui tentang buah diabetes ? Satu hal nan perlu diperhatikan oleh penderita diabetes ialah pola konsumsi dan asupan makanan nan masuk dalam tubuhnya. Penderita diabetes perlu berhati-hati dalam memilih makanan nan akan dikonsumsinya. Tidak terkecuali dengan buah. Sekalipun mengonsumsi buah sangat dianjurkan buat kesehatan, namun bagi penderita diabetes tak semua jenis buah dapat dikonsumsi dengan leluasa.

Perlu diketahui bahwa buah memiliki kandungan gula dengan kadar berbeda-beda. Sehingga, beberapa jenis buah berpotensi meningkatkan kadar gula darah , dan berbahaya bagi penderita diabetes. Sehingga, perlu berhati-hati dalam mengonsumsi buah jenis ini. Namun, ada juga beberapa jenis buah nan bermanfaat buat mengontrol kadar gula darah. Sehingga, mengkonsumsi buah ini sangat dianjurkan bagi penderita diabetes.



Jenis Buah-Buahan Yang Berbahaya Bagi Penderita Diabetes

Beberapa jenis buah-buahan berikut sebaiknya dihindari oleh penderita diabetes. Karena berpotensi meningkatkan kadar gula dalam darah. Buah-buahan ini bukan buah diabetes, dan sebaiknya tak dikonsumsi oleh penderita diabetes, yaitu:



Nanas

Penderita diabetes sebaiknya menghindari konsumsi buah nanas. Nanas masak selain kaya air, juga memiliki kadar gula nan cukup tinggi. Sehingga berpotensi membahayakan penderita diabetes jika dikonsumsi dalam jumlah nan banyak.



Melon dan Semangka

Buah-buahan nan memiliki kandungan air tinggi biasanya juga memiliki kadar gula nan tinggi pula. Seperti halnya pada buah melon dan semangka. Kedua jenis buah ini diketahui mengandung kadar gula nan cukup tinggi. Diketahui, indeks glikemiknya mencapai 65 hingga 100 persen. Karena itu, sekalipun kedua jenis buah ini merupakan buah-buahan favorit pada cuaca panas seperti saat ini, bagi Anda penderita diabetes atau memiliki anggota keluarga nan mengidap diabetes sebaiknya dihindari atau minimal dikurangi.



Buah Mangga dan Pepaya

Buah mangga dan pepaya juga perlu diwaspadai oleh penderita diabetes. Jika penderita diabetes ingin mengonsumsinya, sebaiknya sekali-sekali saja dan dalam jumlah nan wajar.

Selain nan telah disebutkan di atas, buah-buahan lain nan memiliki kandungan glukosa tinggi seperti durian, pisang, sirsak, dan sawo, juga sebaiknya dikurangi konsumsinya oleh penderita diabetes. Memang sangat berat buat meninggalkan konsumsi buah-buahan di atas. Mengingat rasanya nan manis, aroma dan bentuknya juga sangat menggoda.

Buah nan memiliki rasa manis mengandung fruktosa (gula buah) nan tinggi. Fruktosa sebenarnya tak secara langsung menaikkan kadar gula darah, sehingga sering digunakan sebagai bahan pemanis alternatif. Namun, dalam proses metabolisme pada akhirnya senyawa fruktosa ini diubah menjadi lemak dan gula darah. Itulah mengapa penderita diabetes sangat dianjurkan buat tak mengonsumsi buah-buahan nan memiliki kandungan gula nan tinggi (berasa manis).



Jenis Buah-Buahan Yang Baik Bagi Penderita Diabetes

Selain berpotensi membahayakan bagi kesehatan penderita diabetes, ada juga jenis buah-buahan nan baik dan sangat dianjurkan buat dikonsumsi oleh penderita diabetes. Buah diabetes atau buah-buahan nan baik bagi penderita diabetes ini bermanfaat buat mengontrol kadar gula dalam darah.

Buah-buahan ini selain dikenal kaya akan vitamin dan mineral nan baik bagi kesehatan tubuh, juga bermanfaat buat mengendalikan kadar gula dalam darah. Apa saja buah-buahan nan dianjurkan dikonsumsi oleh penderita diabetes? Berikut ialah beberapa diantaranya:



Apel

Siapa nan tak kenal buah satu ini? Buah nan dibalut oleh kulit tipis namun keras dengan daging buah nan tebal dan berbusa. Rasanya memang tak semanis melon atau semangka. Demikian juga dengan kadar airnya nan tak terlalu tinggi. Namun, tetap terasa enak dan lidah.

Ternyata mengonsumsi buah apel secara rutin, misalnya satu buah apel sehari sangat baik buat menghindarkan tubuh dari penyakit. Termasuk penyakit diabetes. Manfaat krusial dari mengonsumsi apel bagi penderita diabetes ialah buat megembalikan fungsi pankreas agar aktif memproduksi insulin.

Mengapa insulin dan apa kegunaan insulin. Secara alami sebenarnya tubuh melalui pankreas memiliki kemampuan memproduksi insulin. Insulin ialah hormon nan berfungsi buat membantu tubuh dalam mengelola kadar glukosa dalam darah. Kekurangan insulin dalam tubuh akan berakibat meningkatkan kadar gula dalam darah. Karena konsentrasi gula dalam darah tak terkelola dan termanfaatkan secara optimal oleh tubuh.

Sebaliknya kelebihan insulin juga tak baik bagi tubuh, sebab bisa menurunkan kadar glukosa dalam darah. Cara mengonsumsi apel nan disarankan ialah dengan cara mengunyah, sebab ketika mengunyah beberapa kelenjar di area mulut terstimulasi buat aktif mengeluarkan produksinya, seperti kelenjar air liur.



Pir

Pir termasuk jenis buah berkulit tipis. Buah ini memiliki kandungan serat cukup tinggi. Satu buah pir diketahui mengandung 20% serat dari berat buahnya. Pir merupakan jenis buah nan baik dikonsumsi oleh penderita diabetes (buah diabetes), sebab kandungan kadar glikemiknya cukup rendah.



Aprikot

Buah aprikot baik dikonsumsi oleh penderita diabetes. Kandungan kaliumnya nan tinggi bermanfaat buat menurunkan kadar gula. Disarankan buat mengonsumsi aprikot dalam bentuk kering. Karena diketahui aprikot kering jauh lebih berkhasiat dari pada aprikot segar.



Ceri

Suka mengonsumsi buah ceri? Buah berukuran mini dan berwarna merah cerah ini sering digunakan sebagai hiasan pada makanan. Buah nan memiliki rasa manis dan tajam ini diketahui memiliki indeks glikemik nan rendah. Sehingga baik bagi penderita diabetes. Kandungan seratnya juga kaya dan bermanfaat menurunkan kadar gula darah.



Berry

Buah-buahan dari jenis ini sangat berperan dalam membantu menurunkan indeks glikemik pada penderita diabetes. Buaha-buahan nan termasuk kelompok ini contohnya raspberry , stroberi, blueberry dan sejenisnya.



Anggur

Buah anggur bermanfaat menyehatkan pankreas. Sehingga pankreas kembali aktif memproduksi insulin nan berperan krusial membantu tubuh memanfaatkan glukosa dalam darah. Jadi, konsumsi anggur segar sangat bermanfaat bagi penderita diabetes.



Jeruk

Jeruk dikenal sebagai jenis buah nan kaya akan vitamin C dan serat. Buah ini sangat baik dikonsumsi secara rutin oleh penderita diabetes. Konsumsi jeruk bermanfaat buat menurunkan kadar glikemik dalam darah. Selain itu, kandungan seratnya membantu dalam memodulasi gula darah sehingga bermanfaat buat memperlambat penyerapan gula dalam genre darah.



Plum

Plum termasuk jenis buah-buahan kaya serat. Selain itu buah ini juga dikenal rendah kalori dan memiliki indeks glikemik nan rendah. Sehingga, buah ini sangat ideal bagi penderita diabetes.



Alpukat

Buah alpukat memiliki kandungan lemak dan potasium tinggi nan bermanfaat bagi penderita diabetes.



Pace/Mengkudu

Pace atau mengkudu sejak zaman dahulu memang sudah terkenal sebagai buah multi khasiat, termasuk buat mengobati diabetes. Nah, jika Anda penderita diabetes atau memiliki potensi menderita diabetes, ada baiknya buat mulai akrab dengan buah ini. Minimal menyukai jus mengkudu. Karena jus mengkudu berpotensi besar menyembuhkan dan mengurangi resiko diabetes dalam tubuh Anda.

Mengenal buah diabetes ialah langkah awal bagi Anda buat terhindar dari bahaya penyakit diabetes ini. Jika Anda memiliki potensi besar terserang diabetes, yuk mulai belajar menghindari buah-buahan nan berbahaya atau berpotensi meningkatkan kadar gula darah. Selain itu, mulailah akrab dan rutin mengkonsumsi buah-buahan nan berkhasiat buat menyembuhkan dan menghindarkan diri dari diabetes. Semoga bermanfaat.

advertisements

Tips Sehat

advertisements