Saripati Jeruk buat Perawatan Kecantikan

Saripati Jeruk buat Perawatan Kecantikan

Hayati sehat ialah dambaan semua orang. Melalui makanan-makanan bergizi seperti daging, telur, dan sebagainya, orang-orang berusaha buat selalu memenuhi suplai gizi dalam tubuh. Selain itu, makanan-makanan botani seperti sayur dan buah-buahan juga memiliki kegunaan nan sangat besar bagi kesehatan. Salah satu buah nan memiliki kegunaan nan besar bagi kesehatan dan mudah didapatkan di pasar ialah jeruk. Sebab, jeruk mampu tumbuh pada cuaca apa pun. Salah satu langkah mudah buat memanfaatkan buah ini ialah dengan membuat jus jeruk .

Jeruk merupakan buah nan memiliki keunikan-keunikan. Salah satunya adalah dalam satu biji jeruk dapat menghasilkan lebih dari satu tumbuhan. Sehingga, tak usah heran ketika kita memakan sebuah jeruk lalu menanam bijinya dan akan menghasilkan beberapa tanaman jeruk. Jeruk juga berbeda dengan buah-buah lainnya seperti mangga, jambu, atau rambutan.

Buah jeruk tak akan pernah membusuk di pohonnya apabila tak dipetik. Buah jeruk mampu melakukan proses re-greening , yakni proses menghijaukan kembali. Buah jeruk nan telah masak dan tak dipetik dari pohonnya akan mengalami proses ini, dari rona kulit nan sudah berubah menjadi oranye kembali lagi menjadi hijau. Namun, hal ini sama sekali tak memengaruhi kualitas dari isi buah jeruk itu sendiri.

Jeruk juga merupakan buah nan memiliki banyak nutrisi. Vitamin C di dalam buah jeruk mengandung antioksidan nan mampu menjaga kekebalan tubuh, sehingga tubuh akan selalu terjaga dari berbagai macam virus, seperti influenza. Vitamin B6 dalam jeruk berfungsi buat membantu pembentukan hemoglobin dalam tubuh. Jeruk juga mengandung magnesium nan berfungsi buat mengontrol tekanan darah dan menjaga kondisi jantung. Manfaat buah jeruk bagi kesehatan sudah tak perlu diragukan lagi.

Jeruk nan kaya akan vitamin akan lebih nikmat ketika dikonsumsi dalam bentuk jus. Jadi selain buat kesehatan, jeruk juga merupakan minuman nan sangat “ampuh” buat melepas dahaga apabila diolah menjadi jus. Ada asumsi bahwa jus jeruk merupakan minuman nan paling populer di antara minuman dari buah-buahan nan lain di dunia.

Jeruk merupakan buah nan paling mudah buat diolah menjadi minuman atau jus. Apabila tak ada blender buat menghaluskan jeruk, tinggal diperas dan ambil airnya. Jeruk nan baru diperas ternyata juga memiliki kandungan nutrisi nan sangat bermanfaat buat kulit agar terlihat lebih bersinar, sehingga tak heran ketika beberapa produk kecantikan memakai bahan-bahan nan diambil dari saripati jeruk.



Jus Jeruk Sebagai Menu Tambahan dalam Sarapan

Manfaat jeruk nan sangat besar bagi kesehatan membuat banyak orang (terutama Amerika dan Eropa) menambahkan jeruk dalam menu sarapannya. Namun sebab alasan kepraktisan dan selera, sebagian orang mengolah jeruk tersebut menjadi jus. Selain itu, jeruk nan sudah diperas (dibuat jus) juga memiliki aroma kesegaran nan sangat cocok apabila dinikmati di pagi hari. Hal ini dapat menjadi sebuah aromaterapi buat mengembalikan semangat dan memulai aktivitas sehari-hari.

Mengonsumsi jus jeruk di pagi hari, nan murni tanpa gula tentunya, ternyata juga memiliki kegunaan nan besar bagi kesehatan. Setelah tubuh istirahat (tidur) maka glycogen dalam hati akan terkuras habis. Glycogen ialah karbohidrat nan disimpan dalam hati dan sel otot.

Namun, berdasarkan riset bahwa glycogen nan dihasilkan dari gula buah (jeruk) akan disimpan di hati dan berbeda dengan nan disimpan di sel otot. Glycogen ini merupakan sumber energi buat berpikir, kegiatan fisik (olahraga), dan kegiatan-kegiatan lainnya. Glycogen nan habis setelah semalan tidur perlu diisi kembali agar kinerja otak maupun fisik semakin maksimal. Melalui sari buah nan murni, glycogen tersebut mampu terisi kembali.

Namun nan perlu diperhatikan ialah pemilihan jeruk nan akan dibuat jus tersebut. Jeruk nan akan dibuat jus haruslah jeruk nan manis dan tak terlalu asam. Sebab, jeruk nan terlalu asam tak baik buat lambung, terlebih di pagi hari saat lambung masih kosong dan belum terisi makanan. Apabila memang jeruk tersebut masih dinilai terlalu asam maka harus didampingi dengan menu sarapan nan berkarbohidrat ringan seperti kentang mapun roti.



Saripati Jeruk buat Perawatan Kecantikan

Seperti nan telah disinggung sebelumnya, selain buat kesehatan jeruk juga memiliki kegunaan buat kecantikan, yakni membuat kulit lebih bersinar dan sebagai cara buat melangsingkan tubuh. Bahkan, khasiat jeruk buat menurunkan berat badan sudah pernah diteliti Arizona State University pada tahun 2005. Hasil penelitian tersebut menyatakan bahwa vitamin C di dalam buah jeruk mampu menurunkan timbunan lemak dalam tubuh nan menyebabkan kegemukan.

Selain itu, dengan minum segelas jus jeruk setelah sarapan mampu menghindari makan nan berlebihan. Makan nan hiperbola merupakan hambatan primer seseorang ketika akan berdiet (melangsingkan tubuh). Di dalam jeruk mengandung polyphenol nan mampu menjaga kadar air, sehingga menimbulkan imbas kenyang lebih lama.

Jeruk nan merupakan sumber protein botani mengandung serat nan sangat banyak dan bermanfaat sekali bagi pencernaan. Ketika pencernaan lancar maka tubuh akan terasa ringan dan langsing serta mudah membuang zat-zat nan membusuk bersama kotoran.

Dengan mengonsumsi jeruk maka akan didapat dua kegunaan sekaligus, yakni kesehatan dan kecantikan. Buah jeruk merupakan solusi buat menjaga panampilan tetap menarik tanpa harus menggunakan obat. Sebab seperti nan kita ketahui, obat-obat kimia kecantikan terkadang memiliki imbas nan sangat berbahaya bagi kesehatan.



Jus Sebagai Konsumsi Sehari-hari bagi Anak

Banyak orang tua nan terkadang stres ketika harus memberikan nutrisi-nutrisi botani kepada anak-anaknya nan masih kecil. Anak-anak biasanya sangat sulit kalau diberi makan sayur. Mereka lebih memilih tak makan daripada harus mengunyah sayuran . Apabila diminta makan buah-buahan, terkadang mereka menolak dan lebih memilih es krim nan menurut mereka lebih enak.

Dalam hal ini, para ibu dituntut lebih kreatif dalam membujuk anak-anak agar mau mengonsumsi makanan sehat. Salah satu hal nan dapat dilakukan ialah dengan mengolah buah-buahan menjadi semacam minuman maupun makanan nan lain, misalnya mengolah jeruk menjadi jus. Jus tersebut dapat dijadikan sebagai bekal minuman anak ketika sekolah. Kegiatan anak-anak di sekolah niscaya akan sangat menguras energi dan mengundang dahaga. Buah jeruk nan telah diolah menjadi jus tersebut akan menarik keinginan anak buat meminumnya. Dengan begitu, kebutuhan nutrisi botani pada anak dapat terpenuhi.

Anak-anak dengan segala aktivitasnya, seperti bermain dan belajar membutuhkan sumber energi nan sangat besar. Selain itu, anak-anak juga masih sangat rawan terserang virus maupun penyakit. Sehingga, kekebalan tubuh harus selalu dijaga. Buah jeruk nan memiliki kegunaan sangat besar bagi sistem kekebalan tubuh maupun sebagai sumber vitamin C sangat cocok bagi anak-anak.

Selain itu, buahnya nan segar dan manis biasanya sangat digemari oleh anak-anak. Apabila makanan atau jajanan kurang sehat nan biasa dikonsumsi anak dapat diganti dengan minuman berupa jus nan terbuat dari jeruk atau buah lain nan kaya akan nutrisi, maka para orang tua tak perlu lagi risi mengenai suplai nutrisi botani pada anak.

advertisements

Tips Sehat

advertisements