Mengenal matematika Tehnik Vedit Math

Mengenal matematika Tehnik Vedit Math

Orang bilang, matematika ialah sumber dari ilmu pengetahuan. Makanya, banyak orangtua nan menginginkan anaknya memiliki nilai matematika bagus. Seiring dengan perkembangan zaman, banyak juga metode nan muncul. Mulai dari metode matematika praktis seperti sempoa, sampai nan berhitung matematika dengan otak kanan. Semuanya ada. Cara cepat hitung matematika seakan malah jadi komoditis bisnis nan menggiurkan.



Mata Pelajaran Penting

Matematika menjadi pelajaran krusial nan diajarkan disetiap pendidikan. Mulai TK Sampai bangku kuliahan. Karena taraf rumitnya, sering kali pelajar SMP atau SMA merasa takut jika ada pelajaran ini. Bagi mereka, matematika ialah momok nan menakutkan.

Saking pentingnya, orangtua rela merogoh kocek dalam-dalam buat menyekolahkan anaknya secara privat. Padahal, hasil nan didapat belum tentu sepadan. Apalagi, kini menjamur forum pendidikan privat buat matematika. Harganya juga bervariasi, mulai nan per jam sampai jutaan. Bayangkan buat satu rendezvous saja biaya dapat lebih dari 200 ribu rupiah.

Menghitung mulai dengan jari hingga menghitung dengan teknik nan dianggap luar biasa. Inilah global matematika nan telah menjadi sumber inspirasi mencari uang. Kreativitas dan matematika ialah dua hal nan mendukung memperoleh uang nan lebih banyak.



Sejarah Matematika

Bicara soal cara cepat hitung dalam matematika, tak dapat dilepaskan dari pengetahuan soal sejarah matematika itu sendiri. Dari sejarahnya, entah sebenarnya asal mulaa pertama matematika muncul. Seperti dalam situs Wikipedia saja misalnya, terdapat catatan mengenai matematika dengan beberapa asal-usul, yaitu:

1. India
2. Yunani
3. Cina
4. Mesir
5. Mesopotamia

Namun, pada asalnya, matematika ialah konsep bilangan, besaran, dan bangunan. Konsep sapta semakin berkembang seiring dnegan perkembangan zaman setahap demi setahap. Hingga banyak pembaharuan nan saling melengkapi dalam konsep matematika. Matematika secara bahasa berasa dari bahasa Yunani antik yaitu mathema, ia memiliki arti pengkajian, pembelajaran, dan ilmu nan ruang lingkupnya menyempit. Demikian juga pada masa lampau.

Mesopotamia
Dinamakan matematika Mesopotamia sebab pernah daerah itu buat pusat pengkajian dan pembelajaran matematika. Dahulu, di zaman helenistik, Matematika Babilonia bercampur dengan Matematika Yunani dan juga Mesir buat membangkitkan kembali matematika Yunani.

Lalu, di bawah di bawah kepemimpinan Islam, Mesopotamia menjadi pusat krusial buat mengkaji matematika. Matematika ini ditulis dengan system seksagesimal atau basis 60. Dari sinilah muncul penggunaan 60 detik buat satu menit. 60 menit buat satu jam. Dan 360 derajat buat satu lingkaran. Hal lainnya adalah, penggunaan detik dan menit pada busur lingkaran nan melambangkan pecahan derajat

Mesir
Bangsa Mesir memiliki matematika nan ditulis dalam bahasa mesir. Sejak zaman helenistik, Yunani menjadikan bahasa mesir sebagai bahasa pelajar bansga mesir. Sejak saat itu matematika mesir melebur dnegan matematika bangsa Yunani.

Secara sepihak, mungkin dapat ditelisk bahwa matematika mesir berasal dari Yunani juga. Atau minimal memiliki kecenderungan nan banyak. Saat masa kekhalifahan Islam, bangsa mesir menjadikan matematika sebagai bagian dari ilmu Islam. Dan semakin berkembang pesat mengikuti zaman nan kian dalam mengalami perubahan.

Yunani
Yunani, sepertinya tak ada nan tak kenal. Banyak sekali ilmu pengetahuan muncul darisana. Yang dimaksud MAtematika Yunanni ialah sebuah rumus matematika nan ditulis denga bahasa Yunani. Penulisan itu terjadi dari tahun 600 sebelum masehi sampai 300 masehi.

Para pakar matematika Yunani menetap di sekitar Mediterania bagian timur. Pencetus Matematika Yunani ialah Thales dari Mielrus dan Pythagoras namun, meski begitu keduanya terilhami oleh matematika Mesir dan Babilonia. MAtematika Yunani lebih berbobot daripada matematika nan dikembangkan oleh kebudayaan lainnya.

Matematika Cina
Matematika Cina memiliki keunikan tersendiri. Pantas saja jika matematika Cina dikatakan sebagai matematika paling mandiri. Manuskrip tertua dari Cina ialah chou pei suan China dengan angka 1200 SM- 100 SM. Tulisan tertua nan masih ada mengenai geometri di Cina berasal dari peraturan kanonik filsafat Mohisme tahun 330 SM, dibuat oleh para pengikut Mohi.

Matematika India
Matematika di India ada sejak zaman besi. Diperkirakan sekitar abad 9 sebelum masehi. Matematika di India terdiri dari tulisan Geometri, nan menggunakan sapta Iraisonal, prima, anggaran tiga, dan akaar kubik. Menghitung akar kuadrat. Dari dua sampai seratus ribuan.



Mengenal matematika Tehnik Vedit Math

Matematika Werda ialah pengembangan dari ilmu matematika. Dia lebih kearah kemudahan buat menghitung, jadi sama dengan Sempoa dan tehnik hitung matematika cepat lainnya. Metodenya dapat dengan jari. Dan juga dapat dengan tulisan. Matematika Weda atau Vedith Math ialah pengembangan dengan dasar 16 prinsip pokok.

Inilah enam belas pirnsip pokok dalam metode matematika vedit math:

1. Melebihkan satu angka sebelumnya
2. Semua dari angka 9 terakhir angka 10
3. Secara tegak lurus dan saling-silang
4. Ubah urutan dan terapkan
5. Jika kebalikannya sama, maka kosong
6. Jika satu berada dalam rasio, maka lainnya kosong
7. Penambahan dan pengurangan
8. Perlengkapan atau pengosongan
9. Kalkulias diferensial
10. Dengan membuat cacat
11. Spesifik dan umum
12. Sisanya dari satu angka akhir
13. Angka akhir dua dua kali dari angka akhir
14. Satu kurang dari sebelumnya
15. Hasil pengalian dan penjumlahan
16. Semua pengali

Contoh math vedith
Contohnya ialah angka : 100 – 357 = 643
prakteknya begini
Ambil nilai 357 dari angka 9. Dan angka terakhir dari 10

Mengenal Jarimatika
Ini juga pengembangan dari metode matematika buat anak. Metode ini menggunakan jari-jeamri sebagai media buat hitung cepat matematika. Diperuntukan buat anak-anak dari TK sampai SMP. Sangat menyenangkan sebab menggunakan tangan.

Tidak terasa kerumitannya sebab menggunakan permainan tangan saja. Seperti halnya math Vedit, Jarimatika pun ada rumusanya. Ia dapat digunakan buat hitung cepat matematika dari ratusan sampai ribuan. Penemunya ialah orang Indonesia asli. Seorang ibu muda sekaligus pendidik.

Matematika Sempoa
Sempoa, hampir semua orang di Indonesia tahu apa itu. metode matematika Smepoa sudah sangat popular di Negara Indonesia. Sebab, beberapa tahjun lalu smepat meledak. Dan menjadikannya begitu popular baik din kota maupun desa terpencil. Sekilas, Sempoa mirip dengan jarimatika.

Karena sama-sama menggunakan tangan sebagai medianya. Namun, ada kalanya sempoa menggunakan alat dari bijian nan dirangkai sedemikian rupa. Sempoa dikenal juga dnegan kalkulator tangan. Menurut Wikipedia, Sempoa artinya ialah alat antik nan dibuat buat berhitung. Terdir dari serangkaian biji-bijian nan disusun secara berderet. Sempoa digunakan buat operasi Aritmatika seepeti pengurangan, penjumlahan dan semisalnya.

Apapun itu metodenya, nan namanya ilmu pengetahuan tetaplah penting. Oleh sebab itu, hendaknya jangan melihat dari luarnya saja. Apalagi sampai berpikir tentang kesulitan ketika mempelajarinya. Sebab, tak ada hal nan instan didunia ini. Semuanya butuh proses. Semakin tekun, maka akan semakin mudah mendapatkan ilmu itu.

Yang namanya ilmu pengetahuan memang butuh ketekunan. Tapi, akhirnya akan berbuah manis. Menajdi sebuah pengembangan peradaban nan bermutu serta berkualitas, menjadi bangsa percontohan sebab keberhasilan dalam ilmu pengetahuan mereka. Seperti bangsa Yunanni, Babilonia dan semisalnya, mereka dikenal sampai sekarang sebab ilmu pengetahuan nan mereka temuka. Apalagi, seperti tokoh terkenal nan menenmukan hal krusial bagi kehidupan.



advertisements

Tips Sehat

advertisements