Teh Hijau Sebagai Obat Kecantikan

Teh Hijau Sebagai Obat Kecantikan

Teh hijau menjadi minuman favorit menemani aktivitas di pagi hari, aromanya nan menyegarkan mampu membuat acara kumpul bersama mitra dan keluarga menjadi lebih hangat. Kebiasaan minum teh sudah ada sejak berabad-abad lamanya, di negara Cina Norma minum teh sudah ada sejak 4000 tahun nan lalu.

Teh hijau selain sebagai bahan minuman juga sering digunakan sebagai ramuan herbal dan tradisional, di beberapa negara di Asia seperti Jepang, Thailand, Vietnam dan Korea teh hijau biasa digunakan buat melancarkan pencernaan, menurunkan kandungan gula dalam tubuh serta bisa dijadikan obat buat menyembuhkan luka bakar.



Teh hijau Sebagai Minuman Diet

Berdasarkan penelitian, teh hijau mampu menurunkan berat badan bagi mereka nan getol meminumnya. Hal ini dikarenakan beberapa hal, yaitu:

  1. Mampu mengurangi penyerapan minyak dan membantu sirkulasi glukosa. Teh hijau mengandung katekin nan bisa mencegah glukosa menjadi lemak. Dan menahan gula darah nan berlebihan, serta insulin nan membuat lemak tertimbun bisa dicegah. Karena adanya reaksi terhadap gula darah, mengakibatkan nafsu makan.

  2. Mampu meningkatkan metabolisme dalam tubuh. Jika Anda sering merasa lelah, cobalah teh hijau, penelitian membuktikan bahwa teh hijau ternyata mampu meningkatkan ketahanan dalam tubuh, sebab teh hijau mengandung katekin polifenol dan antioksidan sehingga kalori nan terdapat di teh hijau mampu membakarnya.

  3. Sebagai penyimpanan kalori. Jika meminum teh hijau secara teratur di pagi dan sore hari bisa menurunkan berat badan dengan optimal, sebab dua cangkir teh hijau mampu membantu proses pembakaran kalori sebanyak 70 gram per-harinya.


Teh Hijau Sebagai Obat Kecantikan

Saat ini hampir semua merk produk kecantikan dan perawatan tubuh mengeluarkan produknya dengan ekstra teh hijau, hal ini beralasan sebab kandungan vitamin E dalam teh hijau bukan hanya dapat menurunkan berat badan, kandungannya bagus pula buat perawatan dan kesehatan kulit



1. Teh Hijau Untuk Kecantikan - Nutrisi Untuk Rambut Kering

Jika rambut Anda kering, rusak dan bercabang dapat melakukan perawatan dengan cara sebagai berikut: Setelah rambut dikeramas, dibersihkan. Buatlah teh hijau sebanyak dua gelas, seduh di air mendidih. Sesudah selesai, diamkan sampai dingin.

Dalam keadaan setengah basah, basuhlah rambut dengan teh hijau nan sudah dingin. Jangan dibilas lagi dengan air, biarkan sampai kering secara alami. Cara ini dapat dilakukan secara rutin dua minggu sekali.



2. Teh Hijau Untuk Kecantikan - Mengatasi Rambut Rontok

Jika rambut rontok, teh hijau juga terbukti dapat mengatasi rambut rontok, sungguh tak nyaman jika rambut setiap disisir helai demi helainya berjatuhan, lama kelamaan rambut dapat menjadi tipis, botak. Masalah ini dapat diatasi dengan cara alami yaitu dengan teh hijau, sebab mengandung epigallocatechin gallate (EGCG).

Berikut ialah cara buat mengatasinya: Untuk mengatasi rambut rontok hanya menggunakan satu gelas teh hijau, sesudah hangat oleskan ke kulit kepala dengan menggunakan kapas, tekan perlahan agar kandungan tehnya meresap. Dapat dilakukan sebanyak dua hari sekali.



3. Teh Hijau Untuk Kecantikan - Untuk Kulit Berminyak

Mampu melembapkan kulit nan berminyak. Bagi nan memiliki kulit berminyak niscaya mengesalkan, selain lebih cepat debu menempel ke wajah, kulit berminyak terkesan lengket dan susah buat melakukan rias. Teh hijau dengan kandungan asam tannic mampu mengatasi masalah kelebihan minyak di kulit.

Caranya ialah sebagai berikut: Siapkan teh hijau sebanyak dua gelas, lalu diamkan sampai dingin, lalu siapkan tepung beras sebanyak 4 sampai 5 sendok makan, lalu masukkan air teh hijau nan sudah disiapkan, aduk sampai mengental. Oleskan seperti memakai masker. Diamkan sampai kering. Untuk membersihkannya bilas dengan air hangat kemudian air dingin, agar kulit paras tak berminyak dan dapat lebih kencang.



4. Teh Hijau Untuk Kecantikan - Perawatan Kulit Wajah

Selain mengatasi masalah kecantikan dan kesehatan kulit di atas, teh hijau juga dapat dipakai sebagai perawatan kulit paras sehari-hari, yaitu dengan membasuh air teh hijau nan sudah didinginkan di dalam kulkas, dan ini dapat dilakukan setiap pagi hari. Hasilnya paras akan lebih cerah.



Teh Hijau Sebagai Obat Berbagai Macam Penyakit

Teh hijau bukan hanya bermanfaat buat menurunkan berat badan dan khasiat buat kecantikan saja, tapi mampu menjaga kesehatan tubuh dan menyembuhkan berbagai macam penyakit. Lihat saja di pasaran, berbagai macam minuman dengan ekstra teh hijau digunakan oleh merk-merek tertentu.

Kekuatan teh hijau memang berasal dari kandungan nan ada di dalamnya. Hal ini terbukti bagaimana khasiat teh hijau mampu menyembuhkan sebanyak kurang lebih 27 penyakit, beberapa di antaranya:



1. Teh Hijau Untuk Menyembuhkan Radang Amandel dan Tenggorokkan

Radang amandel dan tenggorokan biasanya sering menyerang anak-anak. Dari penelitian, mengonsumsi teh hijau mampu meningkatkan imunitas dan meningkatkan fungsi kekebalan pada tubuh sebab kandungan dalam teh hijau mampu memerangi infeksi bakteri dan virus nan menyebabkan amandel menjadi bengkak.

Untuk menyembuhkan amandel dan radang tenggorokan Anda dapat mengonsumsi teh hijau dengan cara: satu sendok teh hijau tubruk dicampurkan dengan satu cangkir air nan sudah mendidih kemudian diamkan sampai dingin kemudian diseduh. Minum 2 sampai 4 kali selama seminggu.



2. Teh Hijau Untuk Menghilangkan Pegal-pegal di Kaki dan Mata Lelah

Bagi Anda nan banyak beraktivitas di luar, niscaya membuat badan merasa lelah, kaki menjadi pegal-pegal, juga masalah bagi Anda nan sering berada di depan layar komputer, akan mengakibatkan mata cepat merasa letih. Anda tidak perlu risi sebab kandungan nan terdapat di dalam teh hijau mampu menghilangkan rasa pegal di kaki dan melembapkan mata.

Caranya adalah: memilih teh hijau dalam bentuk shachet, masukkan dua biji ke dalam gelas. Sesudah tercampur masukkan ke dalam ember atau baskom. Tambahkan air hangat dan aduk rata. Rendam kaki kurang lebih lima belas sampai dua puluh menit. Sedangkan buat menghilangkan rasa lelah di mata, tempelkan kapas nan sudah direndam dalam air teh nan sudah didinginkan. Untuk merendam kaki dapat dilakukan setiap sore hari sedangkan buat menyegarkan mata lakukan malam hari.



3. Teh Hijau Untuk Menyembuhkan dan Mendinginkan Luka Bakar

Luka bakar dampak barah ataupun percikan minyak niscaya akan terasa perih, sesudahnya pun akan mengakibatkan kulit menjadi kasar dan berbekas. Untuk mengatasi masalah tersebut, Anda dapat menggunakan teh hijau , sebab kandungan di dalamnya mampu menetralisir panas.

Caranya: siapkan teh hijau dalam mangkuk, seduh dengan air panas lalu diamkan sampai dingin. Masukkan waslap atau sapu tangan ke dalamnya. Tempelkan ke bagian kulit nan terkena luka bakar, lakukan berkali-kali. Rasa dingin dan sejuk akan meresap ke dalam kulit nan terbakar.



Cara Membuat dan Menyeduh Teh hijau dengan Baik

Cara membuat teh memang sangat mudah, pun dengan menyeduh teh hijau ini. Tinggal masukkan teh kemudian seduh dengan air panas, dapat ditambah dengan gula, kocok lalu dapat langsung dinikmati. Namun ada beberapa cara minum teh nan tak ada salahnya diikuti, yaitu sebagai berikut:

  1. Untuk menyeduh teh hijau, gunakan air panas, diamkan agak lama. Teh didiamkan mampu meningkatkan kandungan nan terdapat di dalam teh yaitu: konsentrasi catechin

  2. Ada dua jenis macam teh nan dapat ditemukan di pasaran, yaitu: teh berupa rebusan berbentuk daun-daun teh dan teh hijau dalam bentuk kantung. Teh dalam bentuk rebusan daun ternyata lebih baik dikonsumsi sebab kandungan konsentrasi catechin dan theanine lebih tinggi dibandingkan nan terdapat di teh kantung.

  3. Jangan minum teh dalam keadaan perut kosong sebab asam lambung dalam tubuh akan meningkat, terutama bagi penderita maag.

  4. Sesudah makan jangan langsung meminum teh, sebab kandungan nan terdapat dalam makanan nan Anda makan bisa diserap oleh teh. Sedangkan hal ini mungkin cukup berguna bagi Anda nan sedang menjalankan program diet.

  5. Bagi ibu nan sedang hamil dan menyusui, jangan terlalu banyak minum teh, sebab kandungan kafein dan zat stimulan dapat menyebabkan rangsangan atau kontraksi pada rahim. Sedangkan pada ibu nan menyusui kandungan teh dapat menghambat produksi kelenjar ASI.

  6. Minum teh dengan menggunakan gula memang sudah menjadi Norma bagi kebanyakan orang. Rasa manis dalam campuran teh memiliki sensasi nan sangat niknat, namun sebenarnya gula bisa menyebabkan zat-zat nan dikandung di dalam teh hijau menjadi berkurang. Jadi tak ada salahnya juga jika Anda sekali-sekali meminum teh tanpa gula.

Teh Hijau masih tetap memberikan aroma harum dan menyegarkan setiap menegukknya. Agar kualitas teh hijau dapat tetap terjaga, simpanlah di loka nan kering, tak lembap maupun tak terkena matahari secara langsung. Karena pola penyimpanan bisa memengaruhi kualitas dan rasa pada racikan teh. Teh hijau nan kurang tepat penyimpanannya akan menyebabkan kualitas teh menurun.

advertisements

Tips Sehat

advertisements