Bukan Obat Kuat

Bukan Obat Kuat

Saat ini jumlah suplemen makanan nan beredar di masyarakat tidak terhitung jumlahnya. Hal ini tentu saja tidak dapat dilepaskan dari perkembangan teknologi pangan nan juga semakin berkembang.

Dari suplemen nan mengandung vitamin eksklusif hingga suplemen nan mengklaim buat meningkatkan stamina keperkasaan pria. Sayangnya, banyak masyarakat nan belum memahami pengertian suplemen makanan sehingga tergiur dengan penawaran nan ada.

Suplemen makanan termasuk dalam kategori makanan dan merupakan makanan nan diolah atau dibuat dalam bentuk kapsul, tablet, serbuk, maupun cairan. Suplemen makanan umumnya dibuat dari bahan-bahan alami dan mengandung zat gizi dan non-gizi.

Namun ada juga beberapa unsure dalam suplemen nan dibuat secara sintetis, terutama dari jenis vitamin. Suplemen makanan hanya berfungsi sebagai pelengkap konsumsi makan dan bukan sebagai pengganti makanan sehari-hari.



Bukan Pengobatan

Departemen Kesehatan melalui Direktorat Jendral Supervisi Obat dan Makanan (POM) bahkan menegaskan bahwa suplemen makanan nan beredar di masyarakat tak boleh mengandung bahan kimia obat.

Selain itu suplemen makanan tak boleh diklaim bisa menyembuhkan suatu penyakit. Karena itu pengertian suplemen makanan berbeda dengan obat, dan memang tak berkhasiat sebagai obat.

Kalau obat-obatan termasuk dalam golongan pharmaceutical , maka suplemen makanan masuk dalam kelompok makanan atau golongan nutraceutical .

Saat ini tidak kurang dari ribuan suplemen nan beredar di masyarakat, dan 90 persennya merupakan impor dari Amerika Serikat, Eropa dan Australia. Herbal atau tanaman obat, juga termasuk dalam kelompok suplemen dan bukan jenis obat.

Banyaknya jenis suplemen nan beredar tidak sporadis membuat bingung masyarakat. Apalagi penawaran berbagai jenis suplemen makanan itu dilakukan melalui tayangan iklan nan demikian masif menyebabkan masyarakat tergoda buat membeli dan mengkonsumsinya.

Yang lebih parah, tidak sedikit iklan nan tampil atraktif dan mengklaim suplemen produksinya mempunyai khasiat nan luar biasa, sehingga bisa mengaburkan pengertian suplemen nan sesungguhnya.



Bukan Obat Kuat

Selain itu, tak sedikit penyebutan nan tak tepat atau salah kaprah tentang suplemen makanan. Seperti penyebutan obat kuat terhadap suplemen eksklusif nan mengklaim bisa meningkatkan keperkasaan pria. Dalam istilah medis, tak dikenal adanya istilah obat kuat.

Apalagi suplemen bukanlah obat dan tak berisi bahan kimia obat, misalnya nan bisa mengatasi penyakit lemah syahwat. Istilah obat kuat bisa menyesatkan, sedangkan khasiat suplemen itu sesungguhnya hanya sekedar buat menambah stamina.

Sejumlah kasus suplemen nan menyalahi anggaran dan mengandung bahan kimia obat pernah ditarik Badan POM sekitar dua tahun lalu. Di Amerika Serikat, pada tahun 2003 pernah dilaporkan terjadinya kasus keracunan dampak mengkonsumsi suplemen makanan sebanyak 62.000 kasus. Dari jumlah itu, sebanyak 7 orang tewas dan 1.000 orang lainnya berada dalam kondisi cukup parah. Bahkan banyak terjadi, khasiat suplemen seperti nan diiklankan justru menimbulkan imbas nan berlawanan.



Taurin 1000 mg

Yang paling menakjubkan ialah dari semua minuman suplemen itu menyertakan suatu zat nan mudah Anda ingat. Taurin. Dan bisanya, tertulis 1000mg. Taurin, juga dikenal sebagai asam 2-aminoethanesulfonic, ialah senyawa nan diproduksi secara alami dalam tubuh manusia.

Dan ditemukan dalam kadar tinggi di otot rangka dan hati, serta dalam sel darah putih dan sistem saraf pusat. Ini merupakan komponen krusial dalam empedu, dan membantu dalam pencernaan lemak dan penyerapan vitamin nan larut dalam lemak. Asam 2-aminoethanesulfonic juga ditemukan dalam rumput laut, jamur dan bakteri.

Nama ini berasal dari fakta bahwa senyawa tersebut pertama kali ditemukan dalam empedu lembu - semacam banteng. Maka dari itulah, produk ternama taurin menempel pada merk Redbull /kratingdenk. Kata Latin buat banteng ialah taurus. Meskipun sering digambarkan sebagai asam amino, hal ini tak sepenuhnya benar, kimia berbicara, tetapi tak menyerupai zat ini.



Fungsi

Fungsi dipahami terbaik taurin ialah dalam pembentukan senyawa dalam empedu nan memungkinkan lemak dan minyak buat diserap. Senyawa ini bertindak seperti deterjen dalam bahwa mereka emulsi lemak, sehingga mereka bisa dipecah dan diproses. Beberapa nutrisi krusial nan larut dalam lemak, jadi ini juga membantu zat ini buat dimetabolisme.

Taurin juga krusial buat perkembangan sistem saraf pusat dan retina. Untuk alasan ini, itu diberikan sebagai suplemen buat bayi prematur, sebab mereka belum dapat memproduksi zat ini sendiri. Beberapa hewan, seperti kucing domestik, tak mampu memproduksinya dalam jumlah nan cukup dan sebab itu harus memilikinya dalam diet mereka.

Tampaknya bahwa asam 2-aminoethanesulfonic bisa bertindak sebagai antioksidan, membantu mencegah kerusakan sel dan jaringan nan disebabkan oleh oksidasi. Sebagai contoh, proses biokimia dalam tubuh memproduksi asam hipoklorit (HOCl) sebagai produk-oleh. Bahan kimia ini merupakan oksidan kuat nan memiliki potensi buat melukai sel. Taurin menggabungkan dengan itu buat menghasilkan senyawa apalagi beracun, taurin chloramine, menunjukkan bahwa salah satu peran ini mungkin buat menghapus bahan kimia beracun ini.



Kemungkinan Manfaat Suplemen

Selain fungsinya dikenal dalam tubuh, banyak kegunaan tambahan telah diklaim, meskipun, pada 2013, beberapa belum dibuktikan. Ini bisa mengurangi tekanan darah tinggi pada orang dewasa dan sedang diuji sebagai pengobatan nan potensial buat depresi bipolar.

Studi pada tikus menunjukkan bahwa mengonsumsi suplemen ini saat diet lemak tinggi membuat mereka dari kenaikan berat badan. Dalam penelitian lain, tikus diabetes kehilangan berat badan dan menunjukkan kadar gula darah nan lebih rendah.

Ada bukti nan menunjukkan bahwa senyawa ini bisa membantu meringankan gejala nan berhubungan dengan gagal jantung kongestif (CHF), suatu kondisi nan mengurangi kemampuan jantung buat memompa darah ke seluruh tubuh.

Studi juga menunjukkan bahwa taurin itu meningkatkan fungsi hati pada orang nan menderita beberapa bentuk virus hepatitis. Banyak orang mungkin akrab dengan zat ini sebagai suplemen kesehatan, dan digunakan dalam berbagai produk. Binaragawan menganggapnya sebagai suplemen ditambah dengan creatine, nan bisa membantu dalam mengurangi kelelahan otot dan nyeri.

Para peneliti di universitas terkenal Inggris mengklaim bahwa taurin bisa melawan imbas dari minum berat pada hati sebab mencegah lemak dari bangunan di organ. Ada beberapa kekhawatiran, bagaimanapun, bahwa ini temuan nan dipublikasikan bisa bertindak sebagai disinsentif bagi peminum berat buat mengurangi asupan alkohol mereka.

Tampaknya ada keyakinan populer bahwa minuman energi taurin kaya mungkin paripurna "pagi setelah" pengobatan setelah malam minum berat.



Minuman Energi

Banyak minuman energi mengandung taurin sebagai bahan. Mereka memproduksi beriklan banyak manfaat, sementara nan lain telah menyatakan keprihatinan tentang kemungkinan imbas negatif, terutama jika diambil dalam kombinasi dengan alkohol.

Manfaat seharusnya minuman ini meliputi peningkatan energi, kinerja mental nan lebih baik dan memori jangka pendek ditingkatkan. Imbas negatif nan mungkin termasuk kehilangan cairan tubuh dan abnormal irama jantung. Karena minuman ini biasanya juga mengandung kafein, sulit buat menentukan dari tes apakah imbas positif atau negatif nan mereka hasilkan ialah sebab taurin, kafein atau kombinasi keduanya.



Kemungkinan Imbas Samping

Karena senyawa ini ditemukan baik dalam makanan dan dalam tubuh manusia dalam jumlah nisbi besar, itu dianggap tak memiliki imbas samping. Bukti menunjukkan bahwa takaran hingga 0.1oz (3g) per hari nan kondusif buat orang dewasa nan sehat. Tidak jelas, namun, apa takaran nan kondusif akan buat anak-anak, wanita hamil atau orang nan menderita kondisi medis tertentu.

advertisements

Tips Sehat

advertisements