Macam-Macam Kanker Tulang

Macam-Macam Kanker Tulang

Bila ditanya tentang penyakit tulang , mungkin nan melintas pertama kali di pikiran Anda ialah osteoporosis (penyakit nan berhubungan dengan tulang keropos) atau trauma berupa patah tulang sebab benturan. Tahukah Anda bahwa begitu banyak penyakit nan berhubungan dengan tulang. Selain penyakit nan ringan, tulang juga dapat terkena penyakit nan sangat serius. Bahkan dapat terkena kanker? Mengerikan? Tentu saja. Apa sajakah penyakit nan berhubungan dengan tulang? Bagaimanakah pencegahannya?



Kanker Tulang

Kanker tulang ialah salah satu jenis penyakit tulang nan juga sering disebut sebagai tumor tulang. Seperti halnya penyakit kanker nan lain, penyebab kanker tulang ialah sebab adanya gangguan sel-sel dari tulang tersebut.Sel-sel kanker ini tak langsung terbentuk. Ada proses sehingga menjadi sebuah kanker nan sel-selnya terus berkembang hingga menyerang dan menguasai semua struktur pembangun tulang. Niscaya tak ada nan mau terserang kanker dalam bentuk apapun.

Pasti ada gejala sebelum akhirnya satu penyakit itu menjadi begitu gagah beraninya merenggut kemudahan hayati dan kesenangan duniawi sehingga membuat beberapa orang berpikir lebih baik wafat daripada menahan sakitnya beban sakit nan dialaminya. Memang terkadang tak dapat menyalahkan orang-orang nan stres dan bahkan depresi menghadapi sakitnya. Tidak semua orang dapat menahan rasa sakit dan mengikhlaskan semua takdir serta merasa senang bahwa sesungguhnya dalam sakitnya itu ada afeksi Tuhannya kepada dia. Tidak juga banyak nan dapat memahami bahwa sakitnya itu ialah cara Tuhan menghapuskan dosa-dosanya sehingga ketika ia menghadap-Nya, ia dalam keadaan kudus dan langsung dapat merasakan taman surga dalam kuburnya.

Untuk lebih memahami apa saja penyakit nan dapat menyerang tulang dan bagaimana proses terjadinya penyakit satu ini, berikut ini ialah macam-macam kanker tulang. Nama-nama penyakitnya mungkin terlihat cukup repot diingat. Tetapi nan harus diketahui ialah bahwa begitu banyak jenis penyakit nan dapat menyerang tulang. Jadi, sayangilah tulang dengan mengikuti saran-saran nan ada di dalam artikel sederhana ini.



Macam-Macam Kanker Tulang

Osteosarcoma
Penyakit tulang nan satu ini ialah kanker tulang nan paling ganas dan cukup sering ditemukan. Sebenarnya osteosarcoma ini dapat menyerang siapa saja, namun penyakit ini lebih sering ditemukan pada jenis kelamin pria nan berusia sekitar 10-20 tahunan ke atas. Penyakit ini sering menyerang tulang-tulang kaki atau tangan, tapi juga dapat ditemukan pada tulang nan memiliki ukuran agak panjang. Osteosarcoma ini termasuk penyakit nan berhubungan dengan tulang nan sangat militan dan kankernya dapat merembet ke organ paru-paru.

Bila telah mencapai paru-paru, banyak nan mengatakan bahwa hanya tinggal menunggu hitungan detik. Sakitnya penyakit ini dan pengobatannya nan cukup mahal, terkadang juga membuat penderita pasrah dan keluarga nan tidak berdaya juga hanya mampu berdoa dan menahan rasa pilu di hati melihat sang penderita nan begitu menyedihkan. Bahkan tak sporadis doa meminta kematian nan dipercepat terdengar. Bila memang saatnya, jangan diperlambat lagi. Kasihan melihat sang penderita. Bagi penderita nan tabah, ia akan selalu berdoa dan tidak lupa berusaha buat mengikhlaskan semua beban nan dirasakannya kepada Sang Khalik.

Chondrosarcoma
Penyakit nan berkaitan dengan tulang nan satu ini juga tergolong sangat militan dan cukup sering ditemukan pada manusia, terutama bagi mereka nan sudah berusia lebih dari 40 tahun. Penyakit ini juga sering disebut sebagai tumor tulang dan menyerang tulang rawan nan ada di tubuh, khususnya bagian pinggul.

Ewing’s sarcoma
Kanker tulang ini hampir sama dengan osteosarcoma , yaitu menyerang tulang-tulang berukuran panjang. Namun penyakit tulang nan satu ini ialah kanker tulang paling militan dari semua jenis kanker. Umumnya diderita oleh laki-laki nan usianya kuang dari 30 tahun.

Fibriosarcoma
Tumor tulang ini cukup sporadis ditemukan bila dibandingkan tumor tulang nan lain. Biasanya menyerang laki-laki berumur antara 30 tahun sampai 50-an tahun. Penyakit tulang ini biasanya ditemukan pada jaringan lunak nan ada di bagian belakang lutut.

Chordoma
Jenis penyakit nan menyerang tulang nan satu ini ialah nan paling sporadis ditemukan. Penderitanya dapat laki-laki maupun perempuan, namun laki-laki memiliki resiko nan lebih besar. Chordoma biasanya menyerang mereka nan berusia lebih dari 30 tahun. Bagian tulang nan diserang kanker ini ialah tulang belakang.



Gejala Kanker Tulang

Penderita penyakit nan menyerang tulang ini biasanya mengeluh akan adanya rasa nyeri atau ngilu pada bagian tulang tertentu. Awalnya rasa nyeri itu hanya muncul saat malam hari atau saat sedang melakukan suatu kegiatan. Namun lama-kelamaan rasa nyeri itu akan terus timbul sepanjang waktu. Selain itu, terjadi benjolan, namun biasanya orang tak mengetahui bahwa itu ialah tumor tulang. Itu ialah gejala paling generik nan terjadi bila seseorang menderita salah satu penyakit nan berkaitan dengan tulang tersebut. Bila tulang terserang kanker, tulang akan menjadi sangat ringkih dan dapat mengalami patah tulang dengan mudah bila mengalami trauma (misalnya jatuh atau terjadi benturan).

Bila penyakit tumor ini menyebar dan ikut menyerang jaringan tubuh nan lain, penderitanya akan mengalami gejala-gejala lain. Misalnya demam, mengeluarkan keringat saat malam hari, dan terjadi penurunan berat badan.

Mengenal Penyakit Tulang

Sebagai bagian dari tubuh manusia, tulang pun tidak lepas dari agresi berbagai penyakit. Beberapa jenis penyakit nan terjadi pada tulangdapat diredakan rasa sakitnya dengan perawatan sendiri di rumah, namun beberapa lainnya harus ditangani oleh dokter.

Sakit Punggung

Tulang punggung ialah tiang primer susunan kerangka. Tulang ini menjadi target tenaga mekanis nan besar seperti ketika mengangkat beban, membawa beban, atau melompat. Sakit punggung ialah salah satu penyakit tulang nan paling lazim.

Sakit punggung ini bisa terjadi sebab susunan tulang dan otot. Obesitas atau kegemukan membuat sikap tubuh tak lurus sehingga terasa menyiksa dan melemahkan susunan tulang punggung. Kehamilan juga dapat menyebabkan sakit punggung. Menstruasi dan penyakit ginjal, penyakit infeksi, keletihan, radang sendi menahun serta ada piringan sendi nan tergelincir, semua dapat menyebabkan sakit di daerah punggung.

Jika rasa penyakit nan menyerang tulang punggung ini terasa sangat menyakitkan, berbaringlah dengan santai di loka tidur nan kokoh. Bisa juga dengan mengompres bagian nan sakit dengan air panas atau dipijit. Jika sakit punggung terasa berkepanjangan dan sangat menyiksa, segera hubungi dokter buat mendapatkan perawatan nan tepat.

Kaki Bengkok

Kaki nan bengkok terjadi sebab adanya gangguan pertumbuhan tulang pada pusat lutut atau sebab tulang itu rapuh. Dapat juga terjadi sebab penyakit beri-beri, polio, bahkan lumpuh otak. Berat badan dan Norma duduk di lantai dengan melipat kaki juga bisa membuat kaki menjadi bengkok. Kaki bengkok nan terjadi pada usia dewasa mungkin disebabkan oleh radang sumsum tulang, patah tulang, tulang sendi nan memburuk, atau penyakit sifilis tulang. Penyakit tulang seperti ini tak bisa diobati sendiri di rumah namun harus segera ditangani oleh tenaga medis.

Pembengkakan Ibu Jari (Bunions)

Bunions ialah pembengkakan pada jaringan sendi ibu jari kaki nan menjadi lunak dan sangat sakit. Penyakit ini biasanya menyerang kedua ibu jari kaki pada saat nan bersamaan. Pembengkakan ibu jari kaki ini terjadi sebagai dampak penggunaan sepatu nan tak cocok, berujung lancip, atau kesempitan. Sepatu nan sempit itu memaksa dan menekan jari-jari kaki. Tulang sendi jadi menonjol dan lebih mudah mendapat tekanan.

Lengkungan Tulang Punggung (Kyphosis, Lordosis, Scoliosis)

  1. Kyphosis ialah tulang punggung nan melengkung dengan bongkol menonjol ke belakang. Kyphosis ini sering disebabkan oleh TBC pada tulang punggung.
  2. Lordosis ialah tulang punggung nan melengkung di bagian bawah.
  3. Scoliosis ialah tulang punggung nan melengkung ke samping.

Lengkungan tulang punggung ini bisa terjadi sebab posisi tulang punggung nan salah terus saja dibiarkan dalam waktu nan lama atau sebab kurang berolah raga.

Calcaneal Spur (Sakit pada Tumit)

Sakit pada tumit ini terjadi dampak ketegangan nan hiperbola sebab memikul beban berat. Akibatnya, timbul tonjolan tulang seperti taji di bawah tulang tumit.

Merendam kaki nan sakit di dalam air panas dan mengurutnya satu dua kali sehari bisa membantu melancarkan peredaran darah di kaki dan mengurangi rasa sakit. Jika sakit di tumit ini terasa terus mengganggu, sebaiknya segera berobat ke dokter.

advertisements

Tips Sehat

advertisements