Macam-Macam Makanan Diet Diabetes

Macam-Macam Makanan Diet Diabetes

Salah satu cara agar penderita penyakit diabetes dapat tetap sehat dan bugar ialah dengan memakan makanan nan bergizi. Namun, tak semua makanan bergizi boleh dikonsumsi. Mereka harus pintar memilih makanan diet diabetes agar penyakit nan diderita tak semakin parah.



Penyakit Diabetes

Penyakit diabetes disebabkan oleh tingginya kadar glukosa atau gula nan menumpuk di dalam darah. Mengapa kadar gula darah dapat sangat tinggi? Hal ini disebabkan terganggunya hormon insulin nan seharusnya dapat mengatur proses metabolisme glukosa, sehingga kadarnya tak terlalu tinggi.

Penyakit diabetes nan sangat terkenal ialah diabetes militus. Diabetes militus merupakan salah satu penyakit tertua pada manusia. Yang di Indonesia biasa dikenal sebagai penyakit kencing manis. Mengapa kencing manis? Karena berasal dari bahasa Yunani, yakni Diabetes nan berarti pancuran dan Militus nan berarti manis.

Diabetes militus sangat berhubungan sekali denga pengaturan kadar gula. Pada kondisi normal, kadar gula seseorang akan terkendali kurang lebih 70-110 mg/dL. Itulah hasil nan diproduksi oleh kelenjar pankreas karena kerja insulin.

Adapun penyerapan makanan di dalam pencernaan itu terjadi setelah makan, seperti karbohidrat di usus. Itu akan mengakibatkan meningkatnya kadar gula darah. Peningkatan kadar gula tersebut bepengaruh terhadap kerja hormon insulin nan nantinya gelenjar pankreas akan memproduksinya.

Berkat hormon insulin inilah gula dalam darah sebagian besar akan disebar ke dalam sel tubuh dan nan paling banyak ialah di sel otot sebab akan digunakan sebagai bahan energi. Kemudian nantinya energi nan dihasilkan tersebut akan digunakan buat aktivitas sehari-hari semua manusia. Diabetes militus memiliki 2 tipe, yaitu sebagai berikut.



1. Diabetes Militus tipe 1

Pada diabetes militus tipe ini, penyebab utamanya ialah kekurangan hormon insulin pada saat proses penyerapan makanan ke dalam sel-sel tubuh. Fungsi hormon insulin di sini buat menurunkan kadar gula darah secara alami dengan cara berikut ini.

  1. Mencegah hati buat mengeluarkan terlalu banyak gula
  1. Meningkatkan jumlah gula nan disimpan di dalam hati
  1. Merangsang sel-sel tubuh buat menyerap gula

Di sini telah sangat jelas sekali bahwa hormon insulin ialah faktor nan sangat vital sekali. Jika hormon insulinnya kurang, maka gula nan diproduksi oleh hati akan banyak sebab tak adanya nan mencegah hati buat mengeluarkan gula. Hormon insulin juga dapat juga disebut sebagai stabilizer alami manusia terhadap produksi gula dalam darah.



2. Diabetes Militus Tipe 2

Jika pada diabetes militus tipe 1 penyebab primer ialah tak berfungsinya pankreas nan disebabkan oleh kurangnya hormon insulin. Untuk diabetes militus tipe 2 ini penyebab utamanya ialah kurangnya volume si penerima hormon insulin, yaitu sel-sel darah.

Dalam situasi ini, hormon insulin nan dihasilkan berjalan dengan baik, tapi tak didukung dengan volume buat menerima hormon insulin nan cukup pada sel darah. Berikut beberapa faktor penyebab sel darah tak cukup buat menampung hormon insulin nan dihasilkan oleh pankreas, seperti berikut ini.

  1. Kurang geraknya tubuh atau kurangnya berolahraga
  1. Faktor keturunan
  1. Obesitas (kelebihan berat badan) terutama nan bersifat sentral

Penyakit diabetes militus ini sebenarnya tidaklah berbahaya jika kita telah mengetahuinya sejak awal. Jika penyakit ini berada dalam tubuh kita dalam jangka waktu nan sangat lama, maka penderita diabetes militus tersebut berpeluang besar menjadi hipoglikemia atau ketoasidosis.

Oleh sebab itu, lakukanlah inspeksi sejak dini ke dokter. Agar dokter dan pasien bisa menanggulangi penyakit diabetes militus ini secara bertahap. Jangan menunggu gejala diabetes militus tersebut datang atau timbul pada kita.

Dari klarifikasi di atas Anda pun niscaya dapat memperkirakan tentang jenis makanan diet diabetes apa saja nan seharusnya dikonsumsi agar kadar gula di dalam darah tak semakin meningkat. Karena bila glukosa dalam darah terus meninggi, diabetes akan semakin parah dan menimbulkan penyakit komplikasi nan berakibat fatal.



Macam-Macam Makanan Diet Diabetes

Mengontrol kadar gula dalam darah bukan dengan menghindari makanan nan tak boleh dimakan, tetapi dengan fokus mencari tahu makanan diet diabetes nan seharusnya dimakan.

Makanan nan baik bagi kesehatan tubuh ialah makanan nan banyak mengandung serat, mengandung nutrisi seperti kalsium, omega 3, dan vitamin D nan membantu dalam proses pencernaan. Begitu pula dengan penderita diabetes. Makanan-makanan tersebut baik buat dikonsumsi.

Makanan berserat seperti kacang-kacangan mampu membuat kenyang perut sekaligus menyeimbangkan kadar gula darah dan menurunkan kolesterol, kandungan omega 3 dalam ikan salmon mampu memperbaiki resistensi insulin, susu bebas lemak menyumbang vitamin D nan baik bagi pencernaan para penderita diabetes.

Bila sudah paham dengan seluk beluk penyakit diabetesnya, maka seseorang harus kembali ke pola makanan sehat nan dilakukannya secara rutin dan disiplin. Karena dilakukan secara rutin, pola makanan nan seimbang tersebut, lambat laun akan menjadi gaya hayati sehat nan akan dibawanya.

Bahkan ketika seorang penderita diabetes terbebas dari penyakitnya. Intinya disiplin dan paham. Sama seperti mereka nan on diet . Jangan pernah terpikir buat mengubah pola makan nan sehat itu sehari saja. Karena bila pola itu terganggu, maka akan sulit buat kembali ke track nya.

Penderita diabetes memiliki resiko nan sangat tinggi. Memulai hayati sehat dan memperhatikan diet melalui makanan ialah hal nan bisa kita jika kita penderita diabetes. Untuk lebih jelasnya, berikut ini ialah contoh-contoh makanan bagi penderita diabetes.



1. Nasi merah

Bila makanan pokok nan biasa dimakan sehari-hari ialah nasi putih, maka penderita diabetes dianjurkan buat mengkonsumsi makanan diet buat diabetes berupa nasi merah.

Dibandingkan dengan nasi putih biasa, kandungan karbohidrat dari nasi merah ini lebih kompleks, sehingga butuh waktu buat menguraikannya menjadi glukosa. Hal ini tentu cukup membantu sebab glukosa menjadi cukup lambat diserap tubuh.

Selain itu, nasi merah memang memiliki serat pangan nan cukup tinggi, sehingga sangat baik bila dikonsumsi oleh penderita diabetes.



2. Gandum

Hampir sama seperti nasi merah, gandum juga dapat menjadi makanan bagi penderita diabetes sebab kandungan karbohidratnya nan kompleks, serta memiliki kandungan fiber tinggi. Contoh produk gandum nan dapat dikonsumsi ialah sereal atau roti gandum.



3. Sayur-sayuran

Salah satu contoh makanan diet buat diabetes nan harus dikonsumsi ialah sayuran. Sayur mengandung banyak nutrisi nan sangat berguna, karbohidratnya pun nisbi sedikit bila dibandingkan dengan nasi atau gandum, jadi sangat kondusif buat dikonsumsi.

Dari sekian banyak jenis sayuran, brokoli ialah contoh sayur nan sangat dianjurkan buat dimakan. Selain memiliki serat nan bagus, brokoli juga memiliki suatu zat kimia eksklusif nan dapat menjaga kesehatan pembuluh darah manusia. Umumnya, pembuluh darah pada penderita diabetes ini mudah sekali mengalami kerusakan. Cara nan baik buat mengonsumsi sayur ialah dimakan mentah, dikukus, atau direbus dalam waktu singkat.



4. Buah-buahan

Sumber nutrisi nan bagus selain sayuran ialah buah. Buah memiliki vitamin, mineral, karbohidrat nan nisbi rendah, dan serat pangan nan cukup tinggi. Hal ini menyebabkan buah menjadi makanan diet buat diabetes nan wajib buat dikonsumsi.

Cara mengkonsumsi buah dapat bermacam-macam, dapat dimakan langsung, dibuat jus murni, atau dibuat salad buah. Hindari mengkonsumsi buah kalengan atau minum jus buah nan dicampur gula atau sirup manis.

Buah-buahan nan baik dikonsumsi, misalnya buah pepino nan memang sangat berkhasiat buat mengobati diabetes. Buah ini mirip terong kecil dengan tekstur buah mirip melon. Hindari buah nan sangat manis seperti nangka, rambutan, atau durian.

Bukan hanya makanan, tetapi juga minuman harus diperhatikan kebutuhannya. Seperti kita ketahui, penderita diabetes pantangan terhadap makanan nan mengandung karbohidrat seperti gula nan mudah terurai dalam darah. Gula dalam makanan dan minuman nan tak terkontrol bisa menyebabkan produksi hormon insulin menjadi menurun.

Kalau sudah begitu, diabetes nan diderita akan merambat hingga menyebabkan gangguan pada organ tubuh seperti ginjal, saraf, mata dan pembuluh darah. Minum minuman nan rendah gula, seperti yoghurt bisa membuat dahaga Anda hilang, namun Anda tetap dapat menjaga kadar gula darah.

Utamakan mencegah gula darah naik dan tetap disiplin meminum obat dari dokter. Selain itu, pastikan memulai gaya hayati sehat dengan berbagai cara, yaitu sebagai berikut.

  1. Diet karbohidrat, konsumsi susu kedelai nan rendah karbo, kacang kedelai, oatmeal dan tambahan sayuran segar serta buah.
  1. Usahakan berat badan Anda normal sebab berat badan nan berlebih akan sulit buat mengontrol kadar glukosa dalam darah.
  1. Istirahat nan cukup bisa membantu tubuh dalam mengurangi kerja glukosa.
  1. Teh hijau tanpa gula dapat menjadi minuman pilihan. Jangan lupa air putih harus cukup dalam kebutuhan per harinya.
  1. Olahraga dapat membakar kalori dalam tubuh. Usahakan tetap aktif pula berjalan kaki dan melakukan kegiatan agar tubuh tetap sehat.
  1. Mengkonsumsi kayu manis dalam campuran minuman dan brokoli dalam bentuk rebusan lebih baik lagi dalam menurunkan glukosa darah.
  1. Sering berjemur pada pagi hari agar membantu mengaktifkan vitamin D dalam darah dari luar sehingga proses pencernaan dapat berlangsung dengan lancar.

Memang cukup sulit buat mengatur pola makan nan teratur. Akan tetapi, apabila sudah terbiasa dengan makanan diet diabetes, Anda tak akan merasa kesulitan. Semoga uraian tersebut bermanfaat. Jagalah selalu pola makan nan sehat dan teratur.

advertisements

Tips Sehat

advertisements