Cara Menciptakan Keluarga Kristen nan Harmonis

Cara Menciptakan Keluarga Kristen nan Harmonis

Kehidupan nan serasi merupakan dambaan setiap keluarga, begitu pula dengan keluarga Kristen. Keluarga Kristen nan serasi akan memberikan kedamaian dan kebahagiaan baik di dalam keluarga itu sendiri maupun bagi orang nan ada di sekeliling keluarga tersebut. Untuk itulah perlu dilakukan langkah-langkah krusial dalam menciptakan keluarga Kristen nan serasi .



Cara Menciptakan Keluarga Kristen nan Harmonis

Keharmonisan dalam keluarga akan tercipta ketika setiap anggota keluarga nan menjadi bagian di dalamnya bisa berperan dengan baik sinkron dengan peranannya masing-masing. Seorang ayah bisa menjadi ayah nan baik dengan menjalankan tugas dan tanggung jawabnya sebagai kepala keluarga dan pencari nafkah. Seorang ibu nan baik bisa menjalankan perannya sebagai ibu nan penuh afeksi dan bijaksana. Begitu pula halnya dengan seorang anak.

Ada kegiatan dalam keluarga Kristen nan serasi nan bisa dijalankan bersama-sama. Berikut ini ialah beberapa kegiatan nan sebaiknya dijalankan bersama seluruh anggota keluarga buat menciptakan keharmonisan dalam keluarga:

  1. Berdoa bersama. Saat berdoa dan bersekutu dengan Tuhan, sebuah keluarga nan serasi hendaknya memiliki jadwal buat berdoa bersama. Dengan berdoa bersama, keharmonisan antar anggota keluarga bisa tercipta. Berdoa bersama ini dapat dilakukan pada saat pagi hari sebelum memulai aktivitas, pada saat sebelum dan sesudah makan maupun saat malam hari sebelum beristirahat. Dengan berdoa bersama, iman sebuah keluarga Kristen nan serasi akan bisa tumbuh merekah sehingga setiap anggota akan memperoleh kekuatan dan dapat saling mendukung satu sama lain.

  2. Membaca Alkitab dan merenungkannya bersama. Kegiatan lain nan juga bisa dilakukan oleh sebuah keluarga Kristen ialah membaca Alkitab bersama. Alkitab berisi firman Tuhan nan terkadang agak sulit dipahami. Dengan membaca Alkitab secara bersama-sama dan membahas serta merenungkannya, setiap anggota keluarga akan dapat memahami makna nan terkandung dari setiap firman Tuhan nan ada di dalam Alkitab.

    Membaca Alkitab bersama juga dapat meningkatkan sosialisasi akan Tuhan terutama bagi anggota keluarga nan masih muda, dalam hal ini ialah anak-anak. Dengan demikian iman anak-anak juga akan tumbuh dengan baik.

  3. Ke Gereja bersama. Mengikuti kebaktian dan misa setiap hari Minggu merupakan salah satu aktifitas keluarga Kristen. Keluarga Kristen nan serasi akan tercipta saat momen setiap minggu ini dapat dilaksanakan secara bersama-sama. Bertemu dengan Tuhan di rumahNya secara bersama-sama akan semakin mendekatkan diri setiap anggota keluarga dengan Tuhan.

Masih banyak lagi kegiatan lain nan dapat dijalankan oleh keluarga Kristen nan serasi secara bersama-sama. Beberapa diantaranya seperti ziarah rohani, rendezvous lingkungan, kegiatan Gereja di hari raya, dan lain sebagainya. Dengan menjalankan kegiatan ini secara bersama, keharmonisan dalam keluarga akan tetap terjaga dan terjalin dengan baik.

advertisements

Tips Sehat

advertisements