Pertolongan Pertama pada Penderita Demam Berdarah

Pertolongan Pertama pada Penderita Demam Berdarah

Kenali karakteristik ciri demam berdarah sejak dini. Tujuannya agar segera mendapat pertolongan sedini mungkin dan resiko nan tinggi pada penyakit ini dapat diminimalkan. Resiko nan dapat dialami ialah kematian. Oleh sebab itu, pertolongan dan pedeteksian sejak dini sangat dianjurkan.

Penyakit demam berdarah biasanya datang secara musiman. Datangnya secara musiman sebab penyebaran penyakit demam berdarah dilakukan oleh nyamuk. Biasanya keberadaan nyamuk hanya ada pada musim tertentu.

Jika ada suatu wilayah atau daerah nan sudah ada nan terkena demam berdarah maka akan sangat besar kemungkinannya buat daerah lain juga terserang demam berdarah. Jika sudah terdengar kabar daerah lain ada nan terjangkit maka hendaknya lakukan pecegahan sedini mungkin. Tentunya kita tak ingin jika sampai ada anggota keluarga kita nan terserang penyakit demam berdarah ini.

Marilah kita kenali ciri-ciri demam berdarah sebagai antisipasi agar upaya penyelamatan sejak dini dapat dilakukan. Ingat, demam berdarah dapat merenggut orang nan kita sayangi.

Sebagai daerah tropis, Indonesia termasuk salah satu negara nan penduduknya rentan terkena penyakit demam berdarah. Karena nyamuk nan menjadi karena primer dari terjangkitnya penyakit ini memang hanya dapat hayati di daerah tropis saja.

Nyamuk nan dinamakan Aedes aegypti ini membawa virus dan menularkannya kepada manusia melalui gigitan pada kulit. Masyarakat perlu waspada, sebab bila tak segera mendapat penanganan dapat menimbulkan resiko nan fatal, bahkan dapat menyebabkan kematian.




Ciri-ciri demam Derdarah

Adapun karakteristik ciri demam berdarah bila sudah menyerang manusia adalah

1. Suhu badan meninggi

Tanpa karena nan jelas tiba-tiba suhu badan dapat naik disertai seperti orang demam. Gejala panas ini terjadi selama dua sampai tujuh hari berturut-turut.

Jika ada anggota keluarga anda nan mengalami gejala seperti ini segera lakukan inspeksi ke rumah sakit atau puskesmas terdekat. Penyakit demam berdarah termasuk ke dalam penyakit nan dapat menyebabkan kematian. Semakin cepat anda melakukan penangan terhadap orang nan diduga terkena demam berdarah maka itu semakin baik.

2. Demam nan tak turun

Demam nan termasuk dalam ciri-ciri demam berdarah tak seperti demam pada umumnya. Jika pada demam biasa ketika diberi obat penurun panas maka demamnya akan segera turun. Hal ini berbeda jika demam nan terjadi termasuk dalam ciri-ciri demam berdarah.

Dalam ciri-ciri demam berdarah jika terjadi demam, maka demam tersebut tak dapat sembuh meski sudah diberi obat penurun panas dan demam. Suhu tubuh masih terus meninggi walau sudah meminum obat.

Jika ada nan menderita demam seperti ini, maka disarankan agar segera dibawa ke dokter atau rumah sakit terdekat. Tujuannya ialah pendeteksian tentang jenis penyakit nan diderita oleh pasien. Dapat jadi gejala tersebut termasuk ciri-ciri demam berdarah.

3. Perut mual

Ciri-ciri demam berdarah nan lainnya ialah adanya mual pada perut. Perut terasa mual dan selalu ingin muntah serta ada sedikit rasa nyeri.

Selain itu nafsu buat makan dan minum hilang. Sudah sangat wajar jika orang sakit maka nafsu makan dan minumnya menghilang. Namun usahakan tetap makan dan minum agar cairan dalam tubuh tak hilang.

4. Pernapasan tak normal

Jika seseorang terkena gejala demam berdarah biasanya nafas menjadi tak normal. Dada terasa sesak saat digunakan buat bernapas. Tentunya gejala sesak napas ini terjadi bukan sebab menderita penyakit asma.

5. Pegal dan Nyeri

Pada otot di seluruh bagian tubuh terasa pegal dan nyeri. Rasa pegal dan nyeri memang menghinggapi tubuh walau tak melakukan akitivas fisik nan lebih. Lain halnya rasa pegal dan nyeri nan datang setelah melakukan aktivitas fisik nan berlebih.

6. Gangguan Penglihatan

Mata terasa tak nyaman buat melihat, terutama ketika memandang ke samping. Dapat jadi ketika anda merasakan gejalan ini berarti anda terkena atau terserang demam berdarah. Namun perlu diketahui bahwa tak hanya cukup dengan satu ciri-ciri demam berdarah lalu dikatakan terkena demam berdarah. Harus juga diperhatikan ciri-ciri demam berdarah lainnya agar tak menimbulkan was-was.

7. Pusing

Kepala mudah pusing dan pening serta terasa berat. Gejala ini juga termasuk dalam ciri-ciri demam berdarah. Segera lakukan pengobatan atau istirahat jika tiba-tiba kepala terasa pusing.

8. Bintik merah pada kulit

Kulit menjadi nampak kemerahan, terutama di bagian muka. Selain itu juga muncul bintik-bintik merah pada tangan. Biasanya bintik merah akan terlihat jika kondisi kulit benar-benar bersih. Ketika kondisi kulit belum higienis sahih dan banyak daki maka akan sulit buat mendeteksinya.

9. Gangguan Pencernaan

Proses BAB (Buang Air Besar) menjadi tak lancar dan bila keluar warnanya juga tak normal (hitam).

10. Suhu badan terus meninggi

Bila suhu badan terus meninggi, kepala terus pusing dan terjadi muntah darah serta hilang kesadaran.



Pertolongan Pertama pada Penderita Demam Berdarah

Bila seseorang kondisi tubuhnya telah menunjukan karakteristik ciri demam berdarah seperti nan diuraikan di atas, maka pertolongan pertama nan perlu diberikan ialah :

1. Minum air putih nan banyak

Berilah air minum sebanyak-banyaknya buat menghindari terjadinya kekurangan cairan di tubuh penderita.

2. Kompres pada kepala

Berilah kompres di bagian kepala dengan kain atau handuk nan dicelup pada air dingin buat menurumkan deman dan pusing serta panas.

3. Memberi jambu biji

Berilah makan makanan nan mengandung trombosit, misalnya jambu biji merah.

4. Usahakan tetap makan

Usahakan agar penderita terus mendapat asupan makanan nan cukup, meski nafsu makannya tak ada.

Setelah melakukan empat hal di atas namun penderita tak menunjukan adanya kemajuan nan berarti dan karakteristik ciri demam berdarah tak hilang, maka segera saja dibawa ke rumah sakit agar dapat mendapat pertolongan dan pengobatan secepatnya dari dokter.




Mencegah Timbulnya Penyakit Demam Berdarah

Mencegah lebih bagus dari pada mengobati. Demikian pula buat penyakit demam berdarah. Agar kita tak mudah terkena penyakit tersebut, maka langkah-langkah nan dapat dilakukan ialah :

1. Menjaga Kebersihan lingkungan

Selalu menjaga kebersihan lingkungan, terutama di musim hujan. Nyamuk penyebar virus demam berdarah sangat suka tinggal di loka nan ada genangan airnya, Untuk itu buang benda-benda nan sekiranya dapat dijadikan loka buat bersarang nyamuk.

Misalnya, botol bekas, gelas dan lain-lain. Tidak lupa selalu menguras bak mandi bila sudah kotor. Selain itu saluran pembuangan air limbah diusahakan terus mengalir dengan lancar hingga tak menimbulkan genangan.

Menguras atau tak membiarkan genangan air terlalu lama juga merupakan langkah nan baik. Dengan menguras bak mandi dan membuang genangan air berarti telah ikut memberantas calon-calon nyamuk yaitu jentik-jentik. Jika dilakukan secara rutin maka jentik-jentik tersebut tak akan memiliki kesempatan buat berkembang menjadi nyamuk.

2. Pengasapan

Lakukan pengasapan bila populasi nyamuk sudah terlalu banyak dan tak dapat dikendalikan. Apalagi bila sudah ada korban nan jatuh. Biasanya proses pengasapan dilakukan secara massal.

Perlakuan pengasapan dilakukan pada masing-masing rumah. Setiap rumah nan ada di daerah tersebut biasanya akan dilakukan pengasapan. Pengasapan bertujuan buat membunuh nyamuk, baik nyamuk demam berdarah maupun nyamuk biasa. Semuanya akan wafat ketika terkena oleh asap.

3. Gunakan selimut atau jaring

Nyamuk penyebar penyakit demam berdarah suka berkeliaran terutama di pagi dan siang hari. Bila ingin tidur pada waktu-waktu tesebut, selalu gunakan selimut, terutama bagi anak-anak.

Bagi nan tak suka menggunakan obat anti nyamuk dapat menggunakan jaring. Pasang jaring atau net terlebih dahulu di dalam kamar anda sebelum tidur. Nyamuk penyebar demam berdarah biasanya menyerang pada pagi dan siang hari bukan pada malam hari.

4. Biasakan hayati sehat

Selalu melakukan Norma pola hayati sehat dan teratur. Perlu juga diwaspadai bahwa tak hanya pada lingkungan kotor nyamuk demam berdarah itu ada. Pada lingkungan nan higienis juga terdapat atau disukai oleh nyamuk demam berdarah. Namun hayati sehat dengan menjaga sanitasi dan regulasi air lebih baik daripada hayati nan tak sehat.

Demikianlah ciri-ciri demam berdarah, semoga dengan mengetahui beberapa ciri-ciri demam berdarah menghindarkan anda dari penyakit demam berdarah. Penyakit demam berdarah jika tak ditangani secar dini mampu menyebabkan kematian. Jadi perlu buat kita waspada sedari dini jika muncul ciri-ciri gejala demam berdarah.

advertisements

Tips Sehat

advertisements