Manfaat Minyak Kelapa buat Pengobatan

Manfaat Minyak Kelapa buat Pengobatan

Dewasa ini, kita sering mendengar istilah Virgin Coconut Oil atau minyak kelapa murni. Kata mereka, minyak kelapa murni memiliki banyak kelebihan. Salah satu kegunaan minyak kelapa ialah buat kesehatan. Seperti apakah minyak kelapa tersebut dan apa kegunaan minyak kepala buat kesehatan?



Manfaat Minyak Kelapa Murni

Selama ini, kita mengenal kelapa ialah sebagai salah satu bahan nan dipergunakan buat memasak (dibuat santan). Kelapa memang memiliki rasa nan gurih dan sedap. Itu sebabnya banyak para ibu nan memanfaatkannya sebagai penyedap rasa makanan. Tak ada kelapa tidak ada makanan enak , mungkin begitulah ibaratnya.

Namun, seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, ditemukanlah kegunaan kelapa nan tak hanya dipergunakan buat memasak, namun juga buat hal lainnya nan berhubungan dengan kesehatan. Apa itu?

Ternyata kelapa dapat dimanfaatkan buat dibuat minyak goreng, namanya Virgin Coconut Oil (VCO) atau minyak kelapa murni. Manfaat minyak kelapa murni tersebut sangat banyak, terutama buat kesehatan. Minyak kelapa murni dibuat tanpa menggunakan bahan kimia sama sekali. Itulah nan menyebabkan minyak kelapa murni ini sangat kondusif buat dikonsumsi.

Sebenarnya, minyak kelapa murni ini sudah ada sejak zaman dulu, hanya saja tak sepopuler sekarang. Orang-orang pada zaman dahulu biasa menggoreng kelapa nan sudah diparut hingga mengeluarkan minyak. Rasanya sangat gurih dan jauh berbeda dengan minyak-minyak goreng lainnya nan memiliki kandungan bahan kimia.

Orang-orang zaman dulu biasanya menggunakan minyak kelapa murni tersebut buat mengobati berbagai macam penyakit, seperti demam tinggi, menetralisir tubuh nan keracunan, serta menetralisir tubuh nan alergi obat.

Nyatanya, setelah melalui penelitian lebih lanjut dan uji klinis oleh para ahli, minyak kelapa murni ini memang memiliki kegunaan nan sangat banyak. Beberapa manfaat minyak kelapa murni di antaranya adalah:

  1. Minyak kelapa murni memiliki zat nan bisa membuat sistem kekebalan tubuh meningkat. Zat nan terkandung di dalam minyak kelapa tersebut dapat mencegah risiko terjangkit kanker dan penyakit berbahaya lainnya.
  1. Minyak kelapa murni memiliki kandungan anti oksidan nan tentunya dapat mengurangi penuaan dini.
  1. Minyak kelapa murni juga mengandung vitamin E nan sangat bagus buat kehalusan kulit. Keremajaan kulit dapat tetap terjaga terus dengan mengonsumsi minyak kelapa murni secara teratur.
  1. Minyak kelapa murni dipercaya dapat membuat rambut menjadi lebih tebal dan lebih hitam.


Manfaat Minyak Kelapa buat Pengobatan

Khusus bagi ibu rumah tangga, siapa nan tak mengenal minyak kelapa? Minyak kelapa sebagai salah satu bahan pokok ini sangat diperlukan buat kepentingan memasak berbagai makanan sehari-hari. Minyak kelapa dibuat dari bahan dasar buah kelapa nan diawali dengan pemebuatan santan sebagai cairan hasil ekstraksi dari kelapa parut dengan menggunakan air, kemudian diproses dengan pemanasan hingga muncul minyak.

Secara sekilas minyak kelapa nan biasa kita letakkan di dapur, selain buat kepentingan memasak, ternyata memiliki kegunaan dan khasiat buat pengobatan. Syahdan sejak dari jaman dahulu minyak kelapa sudah dimanfaatkan buat minyak rambut nan bisanya digunakan pada anak kecil dan bayi agar pertumbuhan rambut menjadi subur.

Ternyata minyak kelapa bisa menghitamkan rambut dan menguatkan akar dengan pemakaian cukup seminggu sekali secara teratur. Sahih atau tidaknya, nan niscaya hingga jaman sudah modern, penggunaan minyak kelapa buat rambut masih digunakan hingga saat ini. Tapi selain daripada itu ternyata masih banyak kegunaan minyak kelapa , berikut kegunaan dan cara pengobatan dengan menggunakan minyak kelapa:

1. Obat Pereda Sakit Gigi

Gunakan kapas sebesar lubang pada gigi nan sakit, celupkan pada minyak lalu panaskan kapas tadi di atas barah jangan sampai terbakar, lalu masukkan dalam lubang nan ada di gigi kita, biarkan sampai kapas menjadi dingin. Hal ini bisa meredakan sakit gigi sebab berlubang.

2. Penurun Panas pada Bayi dan Anak

Parut 3 buah bawang merah lalu beri perasan jeruk nipis, lalu campur dengan 1 sendok makan minyak kelapa dan auk hingga merata. Oleskan pada kepala bagian ubun-ubun bayi atau anak nan demam.

3. Masuk Angin dan Pegal-Pegal

Sebagai bahan buat kerikan (kerokan-bahasa Jawa), minyak dioleskan pada bagian badan di punggung buat selanjutnya dikerik. Cara pengobatan ini biasanya buat membantu menyembuhkan masuk angin.

4. Menghilangkan Varises pada Kaki

Oleskan minyak pada bagian nan terdapat varises,lalu gosok berulangulang dengan sendok hingga kulit terlihat kemerah-merahan. Lakukanlah setiap pagi dan sore hari sampai varises itu hilang.

5. Obat Hidung Mampet Dampak Pilek

Sebagai pengobatan atradisionil, oleskan minyak pada bagian kanan kiri hidung buat mengurangi keluhan hidung mampet

6. Obat Diare

Sebagai obat luar, rebus selembar daun pepaya dan 1 sendok minyak kelapa, setelah layu tempelkan pada bagian perut dalam keadaan masih hangat.

7. Obat Penyakit Kulit (Panu/Kadas/Kurap)

Gunakan 1 sendok makan minyak nan diampur dengan 5 lembar daun jinten dan 3 butir bawang putih ditumbuk halus kemudian aduk hingga rata lalu oleskan digosokkan pada kulit nan sakit.

8. Bahan buat Pemijatan Tubuh

Pada anak kecil, campuran minyak kelapa dengan sedikit minyak telon atau minyak kayu putih membantu pemijatan secara refleksi buat penyembuhan sakit batuk dan pilek.

9. Mengobati Bengkak pada Kaki

Campurkan minyak kelapa dengan parutan kunyit dan asam jawa lalu oleskan secara merata pada kaki nan bengkak, selain buat mengobati kaki luka nan bernanah.

Hal lain nan perlu diperhatikan dalam mengkonsumsi makanan nan diproses dengan menggunakan minyak kelapa antara lain ialah hindari pemakaian minyak goreng nan berulang-ulang sebab asam lemak nan terkandung dalam minyak kelapa akan teroksidasi menjadi peroksidan. Sebagian peroksidan ini menghasilkan aroma nan membuat kuliner menjadi lezat. Namun produk peroksidan lainnya bersifat radikal bebas nan sangat merugikan kesehatan.



Produk Baru nan Banyak Dicari

Karena kegunaan nan begitu banyak itu, minyak kelapa murni sekarang menjadi salah satu produk nan banyak dicari orang. Meskipun harganya memang nisbi mahal bila dibandingkan dengan minyak goreng pada umumnya, masih saja banyak orang nan memburunya sebab khasiatnya memang sangat banyak. Kelapa memiliki sejuta manfaat minyak kelapa nan luar biasa.

Menurut berbagai referensi, VCO terbuat dari daging kelapa nan masih segar. Proses pembuatannya dilakukan dalam suhu nan rendah. Cara membuatnya, daging buah kelapa diperas santannya, lalu dipanaskan dengan suhu rendah. Selanjutnya dilakukan proses fermentasi, pendinginan, penambahan enzim, dan tekanan mekanis atau sentrifugasi.

Proses pembuatan minyak kelapa murni ini sama sekali tak menggunakan zat kimia organis dan pelarut minyak. Dari proses seperti ini, rasa minyak nan dihasilkan lembut dengan bau khas kelapa nan unik. Jika membeku, rona minyak kelapa ini putih murni. Sedangkan jika cair, VCO tidak berwarna atau bening.

Khasiat buah kelapa memang sudah terkenal sejak lama. Masyarakat Indonesia biasa menggunakan air kelapa buat mengobati demam, penawar racun, dan menetralkan racun sebab obat. Bahkan, penduduk di kepulauan Pasifik mempunyai tubuh nan sehat dan gigi nan kuat sebab mereka terbiasa makan dengan menggunakan kelapa. Sejumlah pakar meyakini, mengonsumsi makanan nan mengandung kelapa memberikan beberapa manfaat. Antara lain kadar kolesterol rendah, kesehatan tubuh terjaga, mencegah penyakit keturunan, dan sebagainya.

Sedangkan minyak kelapa murni (VCO) juga diyakini memiliki sejumlah khasiat buat menjaga kesehatan manusia. Ini sebab kandungan asam lemaknya cukup tinggi. Asam lemak dalam minyak kelapa ini memiliki beberapa sifat antimikroba dan antivirus. Karenanya, VCO mendukung sistem kekebalan tubuh, membantu mencegah infeksi virus, mengurangi risiko kanker, dan penyakit degeneratif lainnya.

Salah satu karakteristik khas minyak kelapa murni ialah tingginya kadar asam lemak. Berikut ini kami informasikan kepada Anda tentang keunggulan asam lemak nan dihasilkan VCO. Beberapa keunikan dari sifat asam lemak kelapa sebagai berikut:

Memiliki Sifat Anti-mikroba dan Anti Virus

  1. Mendukung system kekebalan tubuh.
  2. Membantu mencegah infeksi virus; bakteri;dan jamur, termasuk ragi.
  3. Mengurangi resiko kanker dan kondisi disgeneratif lainnya.
  4. Kandungan gizi tak hilang dalam berbagai proses pemanasan nan bertujuan buat membunuh bakteri.

Memiliki Sifat Menyehatkan Secara Umum

  1. Tidak memproduksi radikal bebas.
  2. Memperbaiki laju metabolisme.
  3. Memberikan gizi krusial nan diperlukan buat kesehatan tubuh.
  4. Antioksidan dan vitamin E nan terkandung didalamnya membantu mencegah kanker.
  5. Melindungi dari gangguan penyakit lever.
  6. Melawan pengaruh kelebihan dalam mengkonsumsi obat.

Memiliki Sifat-Sifat Fisik nan Menguntungkan

  1. Stabil secara kimia.
  2. Umur simpan panjang dan tak cepat tengik.
  3. Tahan terhadap panas (minyak paling sehat buat memasak sebab tak menghasilkan asam lemak trans).

advertisements

Tips Sehat

advertisements