Mandi Garam

Mandi Garam

Apa Anda pernah enggan mandi ? Apalagi harus membasuh tubuh dengan garam? Pernahkah Anda merasakan melumuri tubuh dengan garam sebelumnya, sebagai pengganti aktifitas membersihkan diri?



Bukan Sekadar Membasahi Tubuh

Berapa kali biasanya Anda membasuh tubuh dalam sehari? Membasuh tubuh dapat diibaratkan sebagai rutinitas membersihkan diri. Karenanya, hal nan rutin ini kadangkala terasa menjadi hal nan tak biasa lagi dan membosankan. Ini bisa terjadi pada sebagian orang. Dan alasan waktu nan sempit, merasa dingin, ialah beberapa hal nan sering dijadikan alasan.

Apa nan Anda pikirkan pertama kali ketika mendengar kata mandi ? Ya. Mungkin beberapa di antara Anda akan menjawab segar. Namun, tidak sporadis pula nan mengidentikkan kegiatan ini dengan dingin. Hal inilah nan kadang membuat seseorang malas membasuh tubuh. Padahal, membasuh tubuh dengan air merupakan sebuah aktivitas nan krusial dilakukan dua kali sehari buat kesehatan dan kebersihan tubuh.

Hitungan dua kali dalam sehari hanyalah hitungan minimal. Apabila Anda ingin melakukannya lebih dari dua kali tersebut, juga diperbolehkan. Semua tergantung kepada kebutuhan Anda sendiri. Dan jangan lupa buat menyesuaikan tubuh dengan suhu udara pada saat Anda ingin membasahi diri dengan air tersebut.

Membasuh tubuh merupakan suatu aktivitas membasahi seluruh tubuh dengan air dan sabun. Beberapa di antara Anda mungkin hanya beranggapan bahwa membasuh tubuh hanyalah kegiatan wajib atau rutinitas nan dilakukan setiap hari buat membersihkan tubuh. Ternyata, mandi secara garis besar memiliki khasiat eksklusif bagi kesehatan dan kecantikan, selain juga memberikan kesegaran.

Sebuah penelitian menyatakan bahwa membasuh tubuh bisa mencegah berbagai penyakit kulit, meningkatkan kekebalan tubuh, menghilangkan insomnia, dan mampu menyembuhkan berbagai penyakit nan serius. Beberapa penyakit serius nan dapat sembuh lewat aktifitas tersebut adalah, di antaranya diabetes dan jantung.

Selain berdampak bagi kesehatan, membasuh tubuh bisa memberikan pengaruh positif bagi psikologis Anda. Contohnya, yaitu menghilangkan stres, membangkitkan atau mengembalikan mood , dan mampu meningkatkan energi. Membasuh tubuh juga terdiri atas beberapa jenis, misalnya membasuh tubuh dengan air hangat, mengguyuri tubuh dengan air dingin, bermandikan air bunga, dan merendam tubuh Anda dengan susu. Dan belakangan nan sedang tren ialah mandi garam .



Mandi Garam

Mungkin Anda sudah sangat familiar dengan berendam di dalam cairan susu. Namun, pernahkah Anda mendengar istilah membasuh tubuh dengan garam? Wow, membayangkannya saja niscaya sudah lengket seperti berenang di laut! Namun jangan salah! Garam ternyata bisa dipakai sebagai campuran atau pelengkap saat membasuh tubuh. Garam nan dipakai biasa dicampurkan dengan essential oil atau minyak atsiri.

Essential oil nan ditambahkan dapat mengandung aroma bermacam-macam, misalnya aroma lavender, melati, dan aroma lain nan bisa Anda sesuaikan dengan selera. Untuk mendapatkan garam membasuh tubuh tidaklah sulit. Anda dapat membelinya di toko-toko kosmetik atau toko nan menjual berbagai perlengkapan spa.

Biasanya toko-toko kosmetik menyediakan perlengkapan mandi dan spa tersebut dalam satu paket komplit. Misalnya, di dalam satu box mungil berwarna-warni cerah Anda akan mendapatkan garam mandi, washlap, minyak aroma terapi serta sabun berminyak atsiri. Anda tinggal menyesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan, paket mana nan akan dibeli.



Khasiat Mandi Garam

Membasuh tubuh dengan air garam ternyata memiliki banyak khasiat bagi tubuh. Mandi garam mampu mengilangkan kepenatan serta bisa mengeluarkan racun nan ada dalam tubuh. Pembuangan racun tersebut dilakukan lewat pori-pori serta keringat. Tidak seperti saat berendam dengan susu, membasuhi tubuh dengan garam boleh dikatakan sebagai aktivitas menyegarkan tubuh paling murah dan tentu sangat mudah.

Anda tak perlu harus datang ke salon dan spa. Atau mendatangkan pakar kecantikan dan pakar massage spesifik ke rumah Anda. Namun kegiatan bermandikan garam ini bisa dilakukan sendiri di rumah, tanpa donasi siapapun. Bahkan dari sisi privasi, Anda akan benar-benar merasa nyaman dan aman.

Akan tetapi, mencoba berendam dengan larutan garam tidaklah memberikan imbas positif bagi semua orang. Orang nan menderita penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi dilarang melakukan berendam dengan garam sebab sifat dan kandungan zat dalam garam bisa meningkatkan tekanan darah.

Jadi, sebaiknya sebelum Anda memutuskan ingin mandi garam, ceklah lebih dahulu kesehatan Anda di dokter. Atau sedikitnya di Puskesmas. Sehingga kenyamanan atau rasa segar nan ingin Anda dambakan, tak berubah menjadi memperparah penyakit nan ternyata sudah Anda derita.



Cara Mandi Garam

Berikut ini merupakan cara nan dapat Anda lakukan buat melakukan berendam dengan garam. Ikuti termin langkah-langkahnya sebagai berikut:

  1. Ambillah 2-3 sendok makan garam Kristal. Kemudian ditaburkan dalam air dan campurkan dengan essential oil.
  2. Aduklah air tersebut hingga campuran garam larut secara merata.
  3. Air nan digunakan sebaiknya ialah air nan hangat-hangat kuku.
  4. Kemudian berendamlah dalam waktu sekitar 20 menit.
  5. Setelah selesai berendam, bilaslah tubuh Anda dengan air hangat kembali nan baru. Dengan maksud buat membersihkan residu air garam.


9 Tips Kondusif Mandi Garam

Setelah Anda mengetahui bagaimana cara-cara terbaik buat melakukan mandi garam, maka kini Anda perlu menyimak tips kondusif pada saat melakukan kegiatan tersebut.

Simak beberapa tipsnya sebagai berikut:

  1. Ceklah kondisi kesehatan Anda sebelum akan berendam air garam.
  2. Apabila dianggap kondusif oleh pakar medis, maka Anda berada pada zona kondusif buat berendam.
  3. Carilah kristal garam nan benar-benar sinkron dengan kondisi tubuh Anda. Misalnya dengan menanyakan berapa PH-nya kepada si penjual.
  4. Ajaklah satu atau dua orang teman buat melakukan kegiatan tersebut bersama-sama.
  5. Apabila dilakukan di rumah sendiri, undanglah beberapa teman buat melakukannya bersama pula.
  6. Periksa air nan digunakan, agar benar-benar harus hangat-hangat kuku. Supaya tak berdampak terhadap perubahan unsur kandungan garam pada saat larut.
  7. Selesai mandi, sebaiknya basuh kembali tubuh dengan air hangat hingga benar-benar bersih. Dan tak ada residu garam nan masih melekat.
  8. Apabila ada bagian tubuh Anda nan sedikit luka atau tergores, sebaiknya jangan diteruskan buat mandi garam. Karena akan membuat luka Anda semakin perih dan berbekas.
  9. Seusai berendam air garam, dan membersihkan diri. Anda dianjurkan buat meminum minuman hangat. Agar bisa mengembalikan tubuh Anda kepada suhu normal tubuh.

Selanjutnya nan harus Anda perhatikan, dan dihindari adalah: jangan mengajak kanak-kanak dalam kegiatan ini. Karena kulit anak masih sangat sensitif menerima gambaran larutan nan memiliki satu kandungan eksklusif seperti garam. Anak cukup dimandikan dengan air tawar biasa.

Selain itu juga, hindari mata dari percikan air garam. Karena akan membuat pedih dan menimbulkan iritasi pada mata Anda. Karena sifat garam nan cukup tajam bagi kornea mata Anda nan cukup sensitif.

Nah semoga bermanfaat! Dan selamat mencoba.

advertisements

Tips Sehat

advertisements