Jenis Kandang Dibedakan dari Jenis

Jenis Kandang Dibedakan dari Jenis

Berbisnis ayam petelur bisa menjadi huma buat menghasilkan uang sampingan. Bila Anda memutusan buat berkecimpung dalam bisnis ini, Anda harus mempelajari bagaimana cara merawat ayam petelur agar tumbuh sehat dan menghasilkan telur nan berkualitas. Dalam artikel ini Anda akan belajar mengenai, cara membuat dan merawat ayam petelur agar ternak ayam Anda bisa menghasilkan telur nan baik dan layak dijual. Dalam hal ini kandang ayam memmengaruhi. Berikut akan dijelaskan mengenai pembuatan kandang ayam petelur.



Kategori Kandang Ayam Petelur Ideal
  1. Ada beberapa kategori kandang ayam petelur nan wajib diperhatikan oleh Anda, agarternak ayam petelur Anda terawat baik.
  1. Suhu dalam kandang ayam petelur harus diatur di antara suhu 32,5 derajat celcius hingga suhu 35 derajat celcius.
  1. Agar kelembaban kandang ideal, Anda harus mengatur kelembaban kandang dalam presentasi 60 sampai 70%.
  1. Anda harus mengatur penerangan nan cukup agar suhu kandang menjadi hangat, dan pasang lampu dari bohlam kuning agar panasnya cukup buat penetasan telur, pasanglah juga termometer dinding.
  1. Atur letak kandang supaya kandang terkena sinar matahari nan cukup.
  1. Usahakan kandang ayam petelur nan dibuat tak melawan arah berlalunya angin nan bertiup secara kencang.
  1. Jangan membuat kandang ayam nan serba tertutup dan buatlah sedemikian rupa agar pergantian udara di dalam dan luar kandang berjalan lancar.

Bangun kandang ayam petelur di atas tanah atau huma nan rata. Gunanya ialah apabila hujan turun sangat deras dan membuat permukaan genre air naik, tak akan meluberi kandang ayam. Akan lebih lagi bila Anda membuat kandang di huma terbuka nan terkena banyak angin (bukan angin kencang).

Demi membuat kandang ayam terbaik, Anda tak perlu merogoh kocok terlalu dalam buat membeli bahan nan mahal. Yang terpenting ialah bahan nan digunakan itu kuat, mampu bertahan lama dan mudah dibersihkan.

Setelah kandang ayam selesai dibuat, Anda harus mengisi kandang dengan perlengkapan nan memadai. Perlengkapan tersebut antara lain seperti lampu atau bohlam lampu kuning, termometer dinding, loka dan air minum.



Sistem Kandang Ayam

Jenis kandang ayam petelur juga bisa dibedakan dari dua sistem nan berbeda yaitu sistem kandang ayam koloni dan sistem kandang ayam individual. Sistem kandang ayam koloni ialah sistem kandang ayam nan sangat besar hingga dapat ditinggali ribuan ayam petelur. Sistem kandang ayam individual dalam bahasa inggris disebut dengan cage sangat cocok buat ayam petelur nan diternakkan dengan tujuan komersial. Sistem kandang ayam individual berbentuk satu kotak kandang buat satu ayam petelur.



Jenis Kandang Dibedakan dari Jenis

Kandang ayam petelur selain dibedakan dari disparitas sistem kandang, juga bisa dibedakan dari jenis lantai nan terdapat di dalam kandang. Jenis-jenis tersebut antara lain sebagai berikut.



1. Kandang Ayam denganLantai Liter

Maksud kandang dengan lantai liter ialah kandang nan bagian lantainya dilapisi dengan kulit padi atau sekam padi . Umumnya jenis kandang ayam dengan lantai liter sering dibuat buat peternakan ayam petelur sistem koloni.



2. Kandang Ayam dengan Rongga di bawah rumah Berlubang

Kandang ayam ini ialah kandang nan bagian lantainya dipasang batu atau kayu kaso dengan jeda dan pada bagian jaraknya dibuat lubang-lubang. Lubang-lubang itu berguna sebagai loka keluarnya kotoran ayam nan langsung jatuh ke bawah dan di bawah kandang sudah dipasangi loka penampungan kotoran.



3. Kandang ayam dengan lantai campuran

Kandang ayam ini merupakan kombinasi dari kandang ayam dengan lantai liter dan kandang ayam dengan rongga di bawah rumah berlubang. Presentasi pemakaian lantai ialah 40% lantai liter dan 60% lantai rongga di bawah rumah berlubang (dimana dalam presentasinya terbagi 30% lantai rongga di bawah rumah berlubang di sebelah kanan dan 30% di sebelah kiri).



4. Jenis Kandang Ayam Petelur Terbuka Dengan Tipe FAE

Melihat judul artikel di atas, Anda niscaya bertanya-tanya apa itu contoh kandang ayam petelur terbuka tipe FAE? FAE ialah kepanjangan dari futuristik, aerodinamis dan ekonomis. Jadi kandang ayam petelur dibuat sedemikian rupa agar memiliki konstruksi nan pas serta memiliki nilai ekonomi nan mampu mendukung pertumbuhan ayam petelur.

Agar ternak ayam Anda tumbuh dengan baik maka ada beberapa syarat nan harus dipenuhi. Syarat-syarat tersebut antara lain pemilihan bibit induk nan unggul, kandang nan memenuhi syarat, nutrisi tercukupi, manajemen pemeliharaan nan terjadwal baik serta kebersihan kandang dan kesehatan ayam nan diperiksa secara rutin.

Selain itu sebenarnya ayam ras buat jenis apapun mulai dari ayam ras pedaging hingga petelur sangat cocok buat tinggal di daerah dataran tinggi, sedangkan bila berada di dataran rendah maka perlu diatur suhu dan genre udaranya agar ayam ras dapat bertahan. Inilah syarat-syarat nan harus dipenuhi dalam kandang ayam petelur tipe FAE.
Posisi Kandang (Memanjang dari Timur ke Barat)

Ayam ras petelur perlu tinggal di kandang nan lancar pergantuan udaranya agar udara kotor di dalam kandang dapat berganti dengan udara nan lebih segar. Ayam ras juga tak dapat dijemur berlama-lama di bawah sinar matahari hingga berjam-jam, sebab kulit ayam akan mengalami kerusakan bila terlalu lama di bawah panas matahari.
Pengaturan Lebar Maksimal Kandang

Lebar maksimal diatur sebesar 7 meter bila mengikuti panjang kayu nan dapat dipakai. Panjang satu kayu nan dapat dipakai pada umumnya sebesar 4 meter, namun bila mengalami mutilasi di beberapa bagian buat penyesuan sudut dan lain-lain nan dapat dipakai dapat 3,5 sampai 3,6 meter saja, oleh sebab itu lebar maksimum nan dapat dibuat harus menggunakan dua batang dengan total lebar 7.

Bila Anda ingin membuat kandang dengan ukuran nan lebih lebar misalnya di atas 10 meter maka Anda harus membuat tinggu tiang kira-kira sepanjang 6,5 meter agar pertukaran dalam kandang tetap berjalan
Panjang Kandang Ayam

Bila Anda membuat kandang sinkron dengan tipe FAE, maka panjang kandang tak terbatas ukurannya. Masalah nan muncul ada di penyesuaian kedataran tanah dan distribusi air minum, walau semakin panjang ukurannya maka akan semakin hemat biaya pemeliharaan nan dikeluarkan. Namun bila Anda menggunakan nipple, maka masalah pembagian air minum tidak akan tergantung dari kedataran tanah.
Pembuatan Atap

Kandang ayam nan dibuat sinkron dengan tipe FAE dibuat bertingkat, kira-kira tinggi tiang tengah dibuat setengah ari ukuran lebar kandang. Hal tersebut bertujuan buat menyerap udara panas secara cepat ke atas dan udara di bawah kandang segera berganti dengan udara segar. Suhu udara panas dari luar kandang dapat dikurangi (futuristik).

Bahan dasar nan digunakan buat atap dapat memakai asbes atau galvalum nan sifatnya bisa memantulkan panas matahari, agar suhu di dalam kandang tetap terjaga dan tak terjadi overheat. Jika Anda membuat lebh dari satu kandang, maka Anda harus memberi jeda nan cukup antar kandang agar sirkulasi udaranya lancar serta menghindari penularan penyakit pada ayam.

advertisements

Tips Sehat

advertisements