Jenis Makanan: Sayur-sayuran

Jenis Makanan: Sayur-sayuran

Makanan nan kita konsumsi sehari-hari memang sangat banyak jenisnya. Dari mulai makanan manis, asin, gurih, pedas, dan sebagainya. Mulai dari makanan khas daerah Aceh, hingga makanan khas daerah timur Indonesia. Kebanyakan dari kita memang selalu ingin mencicipi jenis makanan baru setiap waktu. Makanan nan beraneka ragam tersebut sangat menentukan kesehatan tubuh kita. Semakin sehat makanan nan kita konsumsi, semakin sehat pula tubuh kita. Sebaliknya, jika sembarangan mengkonsumsi makanan, tubuh kita akan bereaksi alias mudah diserang penyakit dampak salah mengkonsumsi makanan. Berikut ini merupakan jenis-jenis makanan nan dibagi berdasarkan pengaruhnya terhadap tubuh kita.



Jenis Makanan: Buah-buahan

Buah-buahan terkenal dengan kandungan alaminya nan sangat bermanfaat bagi tubuh kita. Buah-buahan mengandung banyak vitamin dan mineral, antara lain vitamin A atau betakaroten, vitamin C, vitamin E, magnesium, zinc, fosfor, dan asam folat. Kandungan-kandungan nan terdapat dalam buah-buahan tersebut tentunya memiliki khasiat nan dahsyat bagi tubuh kita. Seperti kita ketahui, asam folat nan terkandung dalam buah-buahan sangat bermanfaat bagi kesehatan jantung, sebab asam folat bisa mengurangi kadar homosistein nan bisa memicu penyakit jantung koroner.



Manfaat Buah-Buahan

• Buah-buahan bebas kolesterol 100%. Kolesterol nan hiperbola dalam tubuh tentunya sangat berbahaya. Kolesterol bisa menyebabkan penyakit jantung, tekanan darah tinggi dan penyakit lain nan ditimbulkan sebab kesalahan mengkonsumsi makanan atau pola hayati nan kurang baik.

• Buah-buahan mengandung antioksidan nan tinggi sehingga sangat baik buat mentralisasi radikal bebas nan berpengaruh terhadap penuaan dini dan penyakit lainnya. Radikal bebas tersebut dipicu oleh bertambahnya polusi, konsumsi alkohol nan berlebihan, terlalu banyak merokok, dan terpapar sinar matahari nan berlebihan.

• Buah-buahan merupakan makanan alami nan sangat bagus bagi kesehatan , termasuk kesehatan kulit. Hal tersebut disebabkan buah-buahan mengandung vitamin nan tak hilang sebab diolah atau dimasak terlebih dahulu. Dengan kata lain, kandungan alami buah-buahan nan sangat bagus tak rusak atau hilang sebab proses pengolahan.

• Buah-buahan merupakan jenis makanan nan mengandung banyak serat. Hal tersebut sangat berkhasiat buat melancarkan proses pencernaan dan juga mencegah kanker kolon nan sering menyerang orang nan kekurangan serat makanan. Penyakit lain, seperti ambein juga bisa diatasi jika banyak mengkonsumsi buah-buahan.

• Buah-buahan juga bermanfaat buat merangsang kemampuan otak. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya peran buah-buahan dalam mengolah informasi di otak dan mencegah pikun atau mudah lupa.

• Buah-buahan lebih murah harganya dibanding jenis makanan lain nan lebih menyedot dana dalam pengolahannya.



Jenis Makanan: Sayur-sayuran

Sayur-sayuran merupakan jenis tumbuhan nan bisa dijadikan bahan makanan dan sangat enak buat dimakan dalam keadaan fresh (segar) atau pun sudah dalam bentuk olahan. Sayangnya, tak semua sayuran disukai banyak orang, apalagi anak-anak. Mereka sangat memilih makanan nan hanya mereka sukai tanpa memikirkan manfaatnya. Sebagai orang tua, sudah selayaknya menyediakan sayuran bagi anak sebab khasiatnya sangat besar. Berikut ini merupakan jenis sayuran dan khasiatnya nan telah terbukti dalam kehidupan sehari-hari.



Manfaat Sayur-Sayuran

• Wortel, sangat bermanfaat bagi tubuh sebab kandungan vitaminnya nan bisa menurunkan kadar kolesterol dalam darah dan membantu mempertahankan tubuh dari risiko penyakit kanker paru-paru, kanker tenggorokan, kanker kerongkongan, dan prostat. Selain itu, wortel juga bisa membantu masalah kesulitan buang air besar dan membantu mencegah selulit.

• Brokoli, jenis sayuran ini sudah dikenal dengan khasiatnya nan sangat besar dalam mengurangi risiko gangguan jantung dan stroke. Selain itu, kurang darah juga bisa diatasi dengan mengkonsumsi brokoli secara rutin dan teratur. Brokoli juga bagus buat mencegah kelainan dan penyakit nan mengganggu pada pencernaan, usus besar, prostat, dan payudara.

• Tomat, jenis sayuran bulat ini membantu menurunkan risiko gangguan jantung, menghilangkan rasa lelah dan menambah nafsu makan. Spesifik buat kesehatan kulit, tomat sangat berkhasiat buat menghilangkan jerawat dan menghaluskan kulit. Selain itu, tomat juga sangat berguna bagi kesehatan hati, ginjal, dan melancarkan buang air besar.

• Kacang kedelai, jenis kacang-kacangan ini sangat berguna bagi pencegahan kanker payudara dan menghambat pertumbuhan kanker. Selain itu, kedelai juga sangat berguna buat menurunkan kadar kolesterol.

• Ubi, sangat berguna bagi kesehatan jantung dan antioksidan. Selain itu, ubi juga sangat berkhasiat buat mengatasi gangguan kurang darah dan mengendalikan tekanan darah.



Jenis Makanan: Daging-dagingan

Manfaat Daging-Dagingan

Daging-dagingan tentu tak kalah besar khasiatnya dengan buah-buahan dan sayur-sayuran.

• Daging sapi, jenis daging ini merupakan sumber mineral, seperti kalium, zat besi, tembaga, dan magnesium. Keempatnya sangat mudah diserap dibandingkan nutrisi nan terdapat di dalam lemak nabati. Selain itu, daging sapi juga sarat dengan vitamin, yaitu vitamin B12, thiamin, pantotenat, dan riboflavin. Pada setiap dosis 100 gram daging sapi, terdapat 19 gram protein, 15 gram lemak, dan 220 kkal energi nan semuanya sangat baik dikonsumsi wanita nan sedang hamil. Memang tak semua orang bisa mengonsumsinya sembarangan.

Untuk sebagian orang nan memiliki riwayat penyakit jantung dan bermasalah dengan kolesterol, sebaiknya ada batasan konsumsi daging sapi. Daging sapi sangat bermanfaat buat mengembalikan sel nan rusak dan membantu membentuk hormon dan enzim.

• Daging kambing, jenis daging nan paling sering ditemui ketika hari raya Idul Adha ini memang memiliki bau nan khas, baik ketika masih mentah, maupun ketika sudah dimasak. Namun rasanya nan memang kenyal sangat disukai orang, terutama jika diolah menjadi satai dan gulai. Daging kambing sangat baik dikonsumsi orang nan mengalami anemia. Manfaatnya nan besar buat membantu proses pembentukan sel darah merah menjadi pilihan sebagian orang buat memulihkan tenaga. Daging kambing juga bermanfaat buat meningkatkan kekebalan tubuh.

Sayangnya, sebagian orang nan memiliki masalah dengan kolesterol dan darah tinggi, harus berhati-hati agar tak mengakibatkan penyakitnya bertambah parah setelah mengkonsumsi daging kambing. Daging kambing kaya dengan nutrisi. Pada dosis 100 gram, daging kambing mengandung 16,6 gram protein, 9,2 lemak, dan 149 kkal energi. Selain itu, dalam daging kambing juga terkandung vitamin dan lemak. Manfaat daging lambing nan terkenal ialah buat menambah stamina dan meningkatkan gairah seksual.

• Daging ayam, jenis daging ini mungkin dianggap paling kondusif dibanding dengan daging sapi dan daging kambing. Daging ayam merupakan daging nan sangat generik dikonsumsi orang banyak. Jenis unggas nan satu ini sangat populer dan lezat diolah menjadi santapan dalam bentuk ayam bakar, ayam goreng, dan dalam bentuk sayur, misalnya opor ayam.

Kandungan gizi dalam daging ayam cukup banyak dan bisa memenuhi kebutuhan gizi tubuh kita. Pada dosis 100 gram daging ayam, terkandung 74% air dan 22% protein. Selain itu, juga terkandung vitamin A, C dan E nan bermanfaat bagi tubuh jika diolah dengan benar.

Jenis makanan nan sering kita konsumsi memang sangat beragam, termasuk manfaatnya. Jika kita bijaksana dalam memilih dan mengkonsumsinya, khasiatnya akan terasa bagi tubuh kita.

Jenis makanan nan kita konsumsi hendaknya mempunyai proporsi nan seimbang antara karbohidrat, protein, dan lemaknya. Komposisi nan disarankan ialah 55-65% karbohidrat, 10-15% protein, 25-35% lemak. Golongan karbohidrat nan biasa kita konsumsi antara lain nasi, roti, kentang, mie, bihun. Sedangkan golongan protein, dikotomi macam, yaitu hewani dan nabati. Protein hewani contohnya daging, telur, susu, sedangkan nan botani contohnya tahu, tempe, kacang-kacangan. Lemak dari makanan ada nan dalam bentuk lemak jenuh maupun tidak jenuh.

advertisements

Tips Sehat

advertisements