Terapi dan Pencegahan Kangker Kulit

Terapi dan Pencegahan Kangker Kulit

Kangker kulit ialah salah satu penyakit mematikan nan ingin dihindari oleh orang banyak. Penyakit nan mematikan ini akan membuat penderitanya menderita sakit hingga ia meninggal. Penderita penyakit kangker kulit akan mengalami pertumbuhan sel-sel secara abnormal pada kulitnya. Penyebab kangker sulit sekali diketahui sebab sangat banyak dan memiliki taraf keganasan nan berbeda.

Akan tetapi, penyebab generik dari kangker kulit ialah UV. Ini juga nan memnyebabkan penderita penyakit kangker kulit memiliki jumlah nan sangat banyak, bahkan setiap tahunnya bisa mencapai hampir lebih dari satu juta orang. Banyak orang nan berpendapat bahwa penyakit ini sering diderita oleh ras kulit putih. Akan tetapi, tak tertutup kemungkinan jika orang berkulit gelap bisa kerjangkit Kangker kulit.

Biasanya, kangker kulit terjadi di tubuh manusia pada lapisan sel skuamosa, basal dan melanosit, serta tumbuah pada lapisan kulit nan paling luar. Hal ini mengakibatkan kanker pada kulit akan terlihat benjolan. Hal ini lah nan menyebabkan kangker kulit lebih mudah dideteksi gejalanya ketika stadium awal dibandingkan kanker lainnya.

Penyakit kanker ialah penyakit nan sangat berbahaya, namun kangker kulit ini dibandingkan jenis kanker lainnya memiliki resiko kematian nan paling sedikit bagi penderita. Dikarenakan letaknya nan berada di kulit, sehingga tak mudah buat merambat ke organ vital dalam tubuh, seperti ginjal, batang otak hingga paru-paru.

Walaupun umumnya kangker kulit terjadi akbit adanya gambaran sinar UV berlebih nan secara langsung mengenai kulit, namun kangker kulit juga bisa terjadi dampak pengaruh lingkungan serta faktor genetis. Penyakit kulit sangat mudah terjadi apabila kita mengalami penyakit kulit seperti terjangkit penyakit kulit seperti lepra dan lupus, terkena luka bakar , bisul, trauma panas, albino, serta sedang melakukan terap[I radiasi dan pernah mengalami transplantasi organ. Hal ini menyebabkan kondisi tersebut mengakibatkan kita harus berhati-hati terhadap kangker kulit



Jenis-jenis Kangker Kulit

Kangker kulit bisa merusak kulit nan kita dibiarkan akan menggerogoti seluruh kulit. Untuk itu, kita harus waspada akan gejala nan ditimbulkan. Sebelumnya, mari kita ketahui terlebih dahulu jenis kangker kulit nan paling generik dan sering menjangkit manusia.



1. Basal Cell Carcinoma (BCC)

Merupakan jenis kangker kulit nan paling sering terjadi, sel basal di bawah lapisan kulit terluar. Kangker kulit ini biasanya terjadi di bagian kulit nan paling sering terkena sinar matahari, serta paling mudah ditangani. Berikut ini ialah gejalanya.

  1. Adanya benjolan berwarna putih mengkilat dan disertai terlihatnya pembuluh darah pada telinga , awajh dan leher. Dimana benjolan ketika pecah akan berdarah. Jika penderita memiliki kulit berwarna gelap, benjolan akan berwarna cokelat atau hitam.
  2. Kulit menjadi bersisik, dengan rona cokelat atau menyerupai gaging pada bagian perut atau dada. Ukurannya cukup besar sekitar 10 hingga15 cm.
  3. Tingkat kambuh nan dimiliki kanker ini cukup tinggi. Penderita nan pernah terjangkit, dalam kurun waktu 5 tahun memiliki peluang buat terkena kembali.


2. Squamous Cell Carcinoma (SCC)

Adalah salah satu kangker kulit nan paling generik terjadi dan biasanya ditemukan pada sel squamus. Ciri-cirinya mirip dengan BCC sebab kanker ini biasanya juga terkena pad akulit nan sangat sering terkena langsung sinar UV seperti kulit kepala, kulit tangan, wajah, lengan, dan kaki.

Penderita penyakit ini biasanya terjangkit pada penderita nan berusia 30-50. Pertumbuhan kangker kulit ini sangat cepat, dan bisa tumbuh pada lidah, bibir bagian bawah, serta hidung . Bentuknya seperti cincin, dengan permukaan berbentuk kembang kol. Jika mengalami tanda-tanda seperti ini, maka segera hubungi dokter.



3. Melanoma

Adalah jenis kangker kulit nan sangat sporadis menjangkiti manusia, namun paling berbahaya. Di mana kanker ini sering muncul pada bagian bawah epidermis. Akibat dari Melanoma ini ialah penyebarannya nan bisa langsung menyebar ke organ tubuh lainnya, bahkan tulang.

Tanda dari terkena melanoma ialah adanya perubahan ukuran atau rona pada tahi lalat. Melanoma seringkali tumbuh pada tanda lahir atau tahi lalat seseorang, walaupun tak dipungkiri bisa tumbuh pada organ tubuh lainnya. Apabila penderita terdeteksi penyakit ini, maka ia harus sedini mungkin melakukan operasi, walaupun setelah operasi dilakukan kangker kulit ini masih bisa tumbuh kembali.

Selalu waspada apakah Anda terkena penyakit kangker kulit atau tidak, dan jika terdapat ciri-ciri terjangkit maka segera atasi dan hubungi doketer sebelu kilit anda menjadi rusak. Untuk itu rajinlah memperhatikan kulit, dan jalankan inspeksi rutin apabila kulit Anda mengalami beberapa karakteristik seperti berikut:

  1. Terdapat tompel nan terasa gatal. Terdapat luka kecil nan tak kunjung sembuh dan mengeluarkan darah tersu menerus.
  2. Terdapat titik-titik kecoklatan pada kaki, tangan atau di bawah kuku.


Terapi dan Pencegahan Kangker Kulit

Meskipun tak mungkin buat sepenuhnya menghilangkan kemungkinan kangker kulit, risiko berkembang seperti kanker bisa berkurang secara signifikan dengan langkah-langkah berikut:

  1. Kurangilah overexposure radiasi ultraviolet (UV), serta hindari pula gambaran sinar matahari secara langsung pada siang harus nan sangat panas.
  2. Jangan merokok serta gunakan baju pelindung ketika berada di luar ruangan.
  3. Gunakanlah unscreen spektrum nan bisa menghalau radiasi radiasi UVA dan UVB

Letaknya nan berada di luar membuat kangker kulit sangat mudah kenali dan ditangani. Akan tetapi penderita harus tetap berhati-hati, sebab penyebaran kanker ini dapat saja mengenai organ tubuh lainnya.
Berikut ini ialah terapi kangker kulit, nan bisa dilakukan.

  1. Untuk paling ringannya, selama 30 menit dalam sehari, penderita bisa melakukan senam tangan. Untuk itu, luangkanlah waktu melakukannya.
  2. Hindarilah konsumsi buat berbagai minuman dan makanan nan memiliki kandungan zat-zat kimia, termasuk termasuk pada air mineral dan gula pasir.
  3. Jangan menggunakan produk kecantikan nan mengandung zat kimia, terutama pada bedak dan handbody lotion.
  4. Hati-hatilah ketika berjalan di luar rungan pada siang hari. Gunakan pelindung buat menghindari agar kulit dari terkena sinar matahari secara langsung pada siang hari menyengat di atas jam 9 pagi.
  5. Penderita bisa mengonsumsi suplemen dengan banyaknya kandungan zat anti oksidan, seperti jus buah dan sayuran dari buah tomat , anggur, buah wortel, dan taoge kacang hijau. Agar pada jus terdapat injesi oksigen, maka dalam proses pembuatannya, blender selama 20 menit terus menerus tanpa berhenti. Setelah itu, jus langsung diminum hingga habis. Anda bisa meminumnya sebanyak 2 gelas setiap harinya. Selainnya konsumsi berbagai suplemen buat membersihkan kotoran pada dinding dinding usus sangat dianjurkan. Anda bisa membuat kolak waluh (labu parang) tanpa santan. Agar lebih mendapatkan hasil nan maksimal, maka kolak bisa dicampur dengan air jeruk nipis. Agar hasilnya lebih maksimal, maka dalam sehari minumlah sebanyak 2 gelas.

Penyakit kangker kulit walaupun tak seganas kanker lainnya, tetap harus diperhatikan dan jangan diabaikan. Dengan adanya kangker kulit, bisa merusak kulit Anda, serta jika terlalu lama akan menyerang organ dalm tubuh dan mengakibatkan kematian.

advertisements

Tips Sehat

advertisements