7 Tips Memelihara Hamster Hamil

7 Tips Memelihara Hamster Hamil

Hamster hamil merupakan pertanda akan lahirnya hamster bayi nan lucu dan menggemaskan. Hewan peliharaan ini sangat populer di Indonesia akhir-akhir ini. Anda dapat membeli hamster di toko binatang terdekat di kota Anda. mereka akan dipajang di depan toko sebab merupakan hewan nan laris terjual. Selain itu bagi penjual toko, hamster merupakan barang dagangan nan berpeluang bagus sebab peminatnya nan tak kunjung surut.

Kepopuleran hewan mungil ini dapat diprediksi bermula dari awal tahun 2000, di kala itu banyak film animasi dan kartun nan mengambil hamster sebagai karakter primer dan pembantu. Banyak film tersebut nan meraih kesuksesan dengan pemirsa berjumlah ratusan juta.

Hal itu kemudian berdampak kepada hewan orisinil di global nyatanya, banyak dari penonton film dari kalangan anak-anak dan dewasa kemudian mencari hewan menggemaskan ini di pasar.

Harga hamster nan murah juga dapat menjadi faktor kepopulerannya, Anda dapat membeli hamster mulai dari harga Rp 10.000 buat setiap ekornya. Untuk kandangnya maka Anda tak memerlukan biaya nan mahal sebab dia akan mampu hayati dalam kotak seukuran akuarium, Anda dapat membeli kandangnya mulai dengan harga Rp75.000 atau Anda dapat membuat kandangnya sendiri dari bahan kayu triplek dengan bentuk gampang, misalnya kotak persegi panjang dengan ukuran 50 cm x 30 cm x 30 cm.

Dengan membuat kandang sendiri maka pengeluaran Anda bisa minim, bahkan Anda dapat berkreasi dengan kandang protesis tangan sendiri agar terlihat semakin indah.Makanan dari binatang pengerat ini tidaklah sulit, seperti halnya tikus dia akan menyukai berbagai macam makanan, namun agar Anda mudah dalam menjaga kebersihan kandang maka belilah makanan pellet dari tokonya.

Setelah hamster dewasa maka dia akan mencari pasangan buat menyalurkan insting berkembangbiaknya. Tidak lama kemudian hamster lucu Anda akan bunting. Sebagian dari kita mungking kebingungan dan gusar sebab tak tahu-menahu cara memeliharanya, buat itu kami akan memberikan tips memelihara hamster hamil, namun sebelumnya bagi Anda nan memiliki hamster tetapi tak hamil dalam waktu lama maka kita bahas dahulu tipsnya.



Tips Mempercepat Hamster Hamil

Mungkin bagi Anda nan gagal memiliki hamster hamil dikarenakan salah dalam memeliharanya. Hamster sebagai mana binatang peliharaan lainnya tentunya membutuhkan perawatan ekstra agar bisa beranak-pinak, berikut tipsnya :



1. Pastikan kandang hamster harus berkeadaan higienis dan tak lembab.

Kandang nan sehat akan membuat hewan lucu ini sehat pula, karakteristik hamster nan sehat adalah bergerak aktif dan lincah. Mereka akan berlarian di dalam kandang. Bila Anda pasang mainan kinci angin maka dia akar berputar cepat di sana. Hmm, lucu dan menggemaskan ketika melihat mereka bergerak seperti ini bukan ?



2. Rawat keadaan dasar kandang

Bila Anda menggunakan media pasir sebagai dasar kandang maka secara rutin 2 minngu sekali Anda harus mengganti dengan pasir nan baru. Pastikan pasir tersebut kering dan higienis agar kandang tak membawa penyakit dari luar. Tahukah Anda bahwa hewan berjenis pengerat itu tak mandi dengan air melainkan mandi dengan pasir. Semakin sering dia mandi maka dia akan terlihat higienis dan cantik.

Berikan parutan kayu di dalam kandang agar selalu kering sebab parutan kayu akan menyerap udara lembab di sekitarnya.3. Kenyangkan hamster Anda. bila hamster Anda mengalami kelaparan dia akan kecil dan kurus. Menyedihkan bagi kita jika memiliki hamster nan kering-kerontang seperti ini, bagaimana hamster hamil bila dia mengalami kelaparan ? makanan terbaik dan hewan lucu ini ialah kacang-kacangan, misalnya kacang merah atau kuaci.



3. Tumbuk dulu makanan tersebut agar mereka mudah dalam mengunyahnya.

Dalam memberi makanan janganlah Anda tumpuk di dalam kandang sebab bahaya penyakit dapat muncul dari makanan nan tak termakan atau sisanya. Berikanlah makanan bila makanan di kandang telah habis disantap hamster Anda.



4. Berikan minuman nan cukup

Ingat bahwa ketika memberikan minuman jangan terlalu banyak, Anda dapat menggunakan alat spesifik penyimpang minuman nan tersedia di toko agar kandang tak basah atau banjir sebab loka minum ditendang hamster nakal.



7 Tips Memelihara Hamster Hamil

Bila hamster Anda hamil maka Anda harus ekstra hati-hati dalam merawatnya agar tak terjadi keguguran. Berikut ini tips merawat hamster hamil nan dapat Anda lakukan, di antaranya yaitu :

  1. Hamster nan perutnya bunting maka Anda harus segera mengasingkannya dari hamster lain terutama dari pejantannya. Hal ini dikarenakan hamster lain dimungkinkan akan menyerang hamster bunting, seperti mengigit atau menyeruduk. Banyak dari peritiwa kegagalan melahirkan sebab pejantannya nan nakal dengan menyerang indukan dan anak nan baru lahir. Anda tentu tak menginginkan kejadian jelek ini terjadi pada induk dan bayi mungil nan menggemaskan itu ? So, segera untuk kandang baru buat si betina. Sedikit biaya tidaklah mengapa demi keselamatannya.
  1. Kandang nan baru untuk betina harus memiliki faktor keamanan dan keselamatan. Caranya yaitu mendesain kandang dengan tak memberikan loka bermain tinggi agar hamster hamil tak jatuh dari ketinggian nan menyebabkan keguguran. Selanjutnya hindarkan benda-benda berbahaya misalnya mainan putar, panjat-panjatan dan lainnya. Si indukan biasanya akan lebih aktif bergerak dibanding ketika dia tak hamil, dia akan sering berlari-lari di dalam kandang . benda-benda tajam dan runcing wajib ditiadakan dalam kandang ini supaya perutnya tak luka bila terbentur.
  1. Berikan rumah nan besar di dalam kandang sebagai loka hamster hamil melahirkan anaknya. Agar lebih hangat maka berikan kain-kain tipis di dalam rumah tersebut, dapat juga Anda memakai parutan dan serbuk kayu nan kering sebagai penyetabil suhu kandang.
  1. Makanan nan bergizi tinggi wajib Anda sediakan setiap hari bagi hamster hamil. Sebagaimana makhluk hayati nan hamil niscaya akan membutuhkan nutrisi banyak buat menjaga kesehatan ibu dan janin dalam kandungan. Makanan apa saja itu ? Anda dapat memberikan makanan seperti kacang-kacangan, milet, telur rebus nan diambil putihnya saja, wortel, kecamba, ubi-ubian (singkong dan ketela), jagung muda dan lainnya. Variasikan makanan tersebut agar nafsu makan si induk bertambah banyak, selain itu nutrisi nan akan diserap tubuhnya juga akan semakin banyak. 2 waktu pemberian makanan nan baik yaitu pada pagi hari dan sore hari.
  1. Taruhlah kandang pada loka nan sepi misalnya di kamar, pojok rumah atau gudang. Tujuan penempatan ini adalah agar hamster hamil memiliki suasana tenang dan damai. Bila suara gaduh dan ramai sering didengar indukan maka dia akan stres. Induk nan stres biasanya akan berbuat aneh, misalnya memakan bayinya sendiri ketika baru lahir. Jika kandang hamster Anda berada di ruang depan dan tamu maka segera pengungsian kandang tersebut ke dalam gudang rumah. Dan perlu Anda jaga keamanan gudang dari agresi kecoa, tikus, anjing dan kucing serta hewan berbahaya lainnya.
  1. Sewaktu hamster hamil melahirkan bayinya nan mungil ini pastikan tangan Anda tak sering-sering menyentuhnya apalagi mengendongnya, why ? Karena bayinya akan dimakan oleh induknya. Indukan akan memakan bayinya nan memiliki bau manusia. Semakin sering dipegang maka bau tangan Anda menempel pada kulit bayi. Agar lebih selamat, tahan keinginan Anda buat menimang-nimang bayi mungil tersebut selama 2 minggu lebih.
  1. Jangan pisahkan bayi hamster dengan indukannya selama 3 minggu. Kenapa hal tersebut dilarang, sebab bayi hamster tak dapat maka kecuali menetek pada indukannya. Berikan gizi nan mencukupi pada hamster nan menyusui agar ASI lebih banyak dan deras. Makanan si induk harus selalu tepat waktu jangan sampai telat, bila induk lapar maka akan memakan bayinya.

Oke sobat pencinta hamster, itulah 7 tips memelihara hamster hamil. Dengan tips ini Anda tak akan lagi kebingunan bagaimana seharusnya memperlakukan hamster bunting. Lakukan tips-tips tersebut dengan cermat dan rutin.

advertisements

Tips Sehat

advertisements