Bisnis Jasa Pembuatan Web

Bisnis Jasa Pembuatan Web

Kebutuhan informasi nan sangat cepat menuntut setiap institusi buat bisa bersaing guna mendapat kepercayaan dari publik. Oleh sebab itu, pengelolaan informasi menjadi suatu kewajiban nan tak bisa dilewatkan. Biasanya, ketika masyarakat ingin mendapatkan informasi, web ialah salah satu loka nan sering dikunjungi. Berangkat dari kondisi inilah, jasa pembuatan web mulai semarak.

Selain bisa mengurangi beban kerja suatu instani, pengelolaan web dengan menggunakan jasa orang lain bisa pula membantu menaikan gambaran instansi tersebut.



Cara Membuat Website

Web browser pertama kali dibuat hanya berbasiskan teks pada komputer saat itu. Namun, penggunaan web browser tersebut perlahan-lahan ditinggalkan sejak kedatangan web browser nan bernama Mosaic.

Mosaic merupakan hasil dari sebuah penelitian nan lebih baik, sebab memudahkan pengguna dalam pengoperasiannya juga sudah berbasis grafik. Kemudian, kepopuleran Mosaic digantikan oleh Netscape Navigator kreasi Silicon Graphics. Microsoft juga ikut meramaikan hadirnya web browser bernama Internet Explorer.

Pada 1994, Netscape Navigator merupakan web browser nan banyak digunakan selain Internet Explorer. hingga kini banyak web browser selain Explorer dan Netscape, di antaranya Mozilla Firefox protesis Mozilla Corporation dan Opera protesis Opera Software ASA.

Dengan web browser seperti Netscape, Internet Explorer, Mozilla Firefox atau Opera, kita akan mendapatkan tampilan situs nan penuh warna, dapat melihat cuplikan video dan suara asalkan komputer kita mempunyai fasilitas tambahan berupa VGA card dan sound card .

Website itu sendiri terbagi menjadi dua jenis, yaitu website tidak aktif dan website dinamis. Website tidak aktif ialah website nan informasi didalamnya tak dimaksudkan buat diperbarui.

Website ini biasanya memiliki seorang atau sebuah tim administrator nan menangani penggunaan software editor. Sedangkan website bergerak maju ialah website nan informasi di dalamnya diperbarui secara berkala.

Penggunaan website ini biasanya berhubungan dengan pengguna publik nan membutuhkan hubungan dua arah (antara administrator website dengan pengguna). Misalkan, kita mengisi sebuah form, setelah kita klik submit, halaman website akan terhubung ke halaman baru nan menerangkan informasi nan telah kita input ke form nan kita isi sebelumnya.

Hidup kita jadi mudah dengan adanya website. Ketika kita membutuhkan informasi mengenai sesuatu, nan kita lakukan hanyalah mengetik sebuah alamat website dan selanjutnya berjuta-juta informasi terbentang di hadapan kita.

Berdasarkan fungsinya, website dapat dibagi menjadi empat jenis, yaitu website pribadi, website komersial, website pemerintah, dan website forum non profit.

Membuat sebuah website ialah pekerjaan nan gampang-gampang susah. Setidaknya ada tiga pilihan cara buat membuat sebuah website. Pilihan pertama, belajar satu atau lebih bahasa pemrograman dan membuat sebuah website dari awal.

  1. HTML sangat mudah dipelajari dan jika Anda mampu, Anda akan bisa mengatur desain web dengan cara apa pun nan diinginkan. Dan, nan paling krusial Anda tak perlu membayar orang lain buat memperbarui atau mengubah situs Anda.
  1. XHTML ialah bahasa web baru nan ditetapkan oleh baku W3C. Hampir identik dengan HTML, nan terdiri dari seperangkat anggaran nan lebih ketat dan perubahan kecil atas cara menulis kode.
  1. CSS, nan merupakan singkatan dari "Cascading Style Sheets", memberikan fleksibilitas lebih buat mempercantik HTML.
  1. JavaScript, nan memungkinkan Anda buat membuat halaman web Anda interaktif.
  1. PHP, ASP dengan JavaScript atau VB Script atau Python bisa digunakan buat mengubah cara halaman web muncul bagi orang nan berbeda dan membuat atau mengedit forum. Bahasa pemrograman ini juga bisa membantu menyimpan informasi tentang orang-orang nan mengunjungi situs Anda, seperti username, pengaturan, dan bahkan "shopping cart" buat situs komersial.
  1. Wordpress ialah pilihan lain nan bagus buat membuat sebuah website. Wordpress ialah pelaksanaan perdeo nan bisa diinstal pada web server Anda dan membuat mudah memperbaharui dan mengatur konten.
  1. AJAX ( Asynchronous JavaScript and XML ) ialah suatu teknik nan bisa membuat halaman mendapatkan informasi baru dari server tanpa me-refresh halaman. Keuntungannya bisa mengurangi menunggu waktu pengguna situs. Sedang kekurangannya ialah meningkatkan penggunaan bandwidth . Dengan AJAX, Anda dapat membuat web berbasis pesan singkat!

Pilihan kedua, mempekerjakan seorang nan profesional. Ini ialah pilihan terbaik buat situs nan lebih rumit, terutama situs e-commerce.

Pilihan ketiga, menggunakan generator situs perdeo buat membuat struktur, navigasi, dan stylesheet CSS buat situs Anda, unduh filenya, lalu unggah ke server Anda sendiri.

Apabila Anda sudah menentukan di mana akan membuta website, maka lakukan langkah berikutnya buat membuat sebuah website. Berikut ini ialah salah satu langkah awal membuat sebuah website dengan mudah dan praktis.



1. Link Internal

Pastikan Anda memiliki teks “anchor” relevan nan memiliki link keyword. Gunakan RSS feed nan relevan dengan keyword di web Anda. Gunakan keyword nan relevan hingga setiap ruang lingkup web. Tag, isi teks, dan keyword harus seiring.

Misalnya, web Anda tentang busana wanita, maka gunakan teks “anchor” busana wanita pada tiap halaman web Anda. Hal ini akan membuat di dalam website Anda mudah dicari Google, sehingga kemungkinan besar menempati halaman pertama.



2. Link Eksternal

Caranya ialah dengan membuat link dari web lain menuju web Anda. Hal ini sedikit memakan waktu, namun manjur buat meningkatkan trafik web. Link eksternal sering disebut back link . Kunjungi web atau blog lain, beri komentar dan tinggalkan link setelah Anda membacanya.

Link Anda berguna apabila ada nan berminat mengunjungi web Anda. Anda juga bisa meninggalkan “ signature ” di forum, membuat sebuah website lain dan salin link atau membuat profil di website bertrafik tinggi.



3. Isi Web Anda dengan Semua Keyword

Cantumkan semua keyword krusial di halaman lain web Anda. Hal ini seperti membuat rangkuman di halaman lain mengenai web Anda. Langkah ini efektif buat memberi tahu Google bahwa web Anda memiliki banyak keyword utama.



4. Distribusi Artikel

Pastikan judul, isi teks atau artikel, dan sumber lainnya mengandung keyword nan Anda inginkan buat diranking oleh Google. Misalnya, jika ingin halaman Anda diranking tinggi buat keyword busana wanita, maka gunakan kata nan sama di judul, teks “ anchor ”, dan sumber-sumber lain nan Anda pakai.



5. Update Web Anda Secara Rutin

Anda dianjurkan buat rutin memperbaharui isi web atau blog dengan artikel nan relevan dengan ruang lingkup blog. Hal ini membuat mesin pencari selalu kembali ke web Anda buat meng-index. Oleh sebab itu, ada baiknya bila Anda merencanakan isi web atau blog agar tak kehabisan materi atau ide.

Jika Anda telah melakukan langkah-langkah tersebut, kemungkinan dalam dua hari web Anda bisa bertengger ke halaman pertama Google. Dapat juga lebih cepat bila persaingan kata atau keywordnya tak ketat.

Namun, setelah menempati halaman pertama, web Anda bisa turun posisi sinkron dengan evaluasi Google bot. Untuk mengatasinya tambahkan selalu konten dan link secara teratur.



Bisnis Jasa Pembuatan Web

Jasa pembuat web biasanya memiliki kriteria khusus. Ada nan menyediakan jasa pembuatannya saja, kemudaian pengelolaan diserahkan kepada klien, ada pula nan menyediakan jasa pembuatan sekaligus pengelolaannya.

Di Bandung misalnya, ada jasa pembuat web BATIC nan sudah lebih dari tujuh tahun berkiprah. Awalnya mereka ialah institusi nan membuka pelatihan kepada masyarakat nan berminat dan tertarik buat belajar jurnalistik. Namun, sebab perkembangan teknologi, mereka pun mengepakan sayap usahanya ke dalam jasa pembuatan web .

Begitu pula dengan “Dinamika Komunika”, sebuah konsultan komunikasi nan ada di Bandung ini mulai melirik usaha jasa pembuat web. Awalnya mereka hanya bergerak di bidang jurnalistik membantu instansi-instansi nan ingin memiliki media sendiri ( inhouse magazine ).

Agar peminat jasa ini tak salah pilih, maka kita perlu tahu siapa pengelola jasa pembuat web tersebut. Bagaimana latar belakang mereka, apa nan kelebihan nan mereka tawarkan, sudah berapa lama mereka bergerak dalam bisnis itu, dan nan lebih krusial siapa saja nan sudah menjadi klien mereka.

Jasa pembuat web merupakan salah satu bentuk dari bisnis komuniksi. Selain itu, ada beberapa bisnis komunikasi, seperti periklanan, public relation , konsultan SDM, konsultan CSR ( Coorporate Social Responsibility ), public speaking , atau bisnis motivasi. Sekarang, bisnis ini biasanya dikelola dalam satu wadah nan besar.

Kegiatan bisnis komunikasi mulai marak menjelang akhir abad 20, baik itu di Eropa maupun di Amerika. Seiring dengan kerangka berpikir bahwa informasi ialah harta nan sangat penting, usaha mereka pun semakin lama semakin berkembang.

Ada beberapa agen bisnis komuniksi nan sekarang jangkauannya hampir di seluruh dunia, misalnya Publicis Groupe, BDDP & Fils, Butterfly, JCDecaux, Moonda, Lotus Bleu, CLM, Young & Rubicam France (TBWA) Euro RSCG , atau JWT .

Mereka memiliki ratusan kantor cabang nan tersebar di beberapa negara termasuk di Indonesia. Klien mereka pun bukan instansi sembarangan, ada nan memiliki klien perusahaan multinasional, organisasi internasional, juga kampus-kampus internasional.

Nah, jika Anda memiliki dana nan cukup banyak buat membuat web, jasa pembuatan web dapat memberikan donasi seperti nan Anda inginkan. Bagainmana dengan hasilnya? Sebagian besar dari iklan nan tampil di televisi Indonesia pernah menjadi klien perusahaan-perusahaan komunikasi tersebut.

advertisements

Tips Sehat

advertisements