Merawat Payudara nan Terkena Mastitis

Merawat Payudara nan Terkena Mastitis

Tahukah kamu kalau payudara perempuan itu berbeda bentuk dan ukurannya, bahkan sebelah kiri dan kanan tak sama. Tidak ada ukuran atau bentuk nan paripurna buat setiap payudara. Payudara nan normal dapat saja berukuran kecil atau besar, kencang atau lembek, berwarna terang atau gelap. Meskipun demikian, tahapan cara merawat payudara sebagian besar sama.

Yang terpenting dari semua itu bukanlah bentuk dan ukuran tetapi cara merawat payudara nan baik agar terhindar dari penyakit nan mematikan, terutama bagi kaum wanita. Penyakit kanker payudara memang identik dengan wanita, meskipun dapat saja menimpa kaum lelaki.

Banyak pertanyaan nan muncul di benak wanita tentang payudara mereka. Penuturan di bawah ini mungkin dapat sedikit memberikan kesadaran tentang cara merawat payudara nan baik bagi kaum hawa.



Pertanyaan Seputar Merawat Payudara

Bagaimana payudara tumbuh dan berkembang? Bagian dalam payudara terdiri dari jaringan lemak dan kelenjar penghasil air susu nan disebut kelenjar mammary. Bagian berwarna hitam di sekitar putting payudara disebut dengan areola. Ketika tubuh berkembang dan tumbuh besar, muncul benjolan-bejolan mungil di sekitar areola dan putting, itu ialah normal. Benjolan ini disebut dengan kuncup payudara.

Ketika kuncup ini bertambah besar dan lebih bulat, ketika itulah payudara tumbuh. Saat payudara tumbuh areola pun menjadi lebih besar dan gelap. Namun begitu, rona areola dan puting dapat bervariasi mulai dari berwarna pink hingga kehitaman, bergantung dari rona kulit pemiliknya. Salah satu cara merawat payudara ialah dengan mengetahui cara tumbuhnya payudara seperti ini.

Kapan saya dapat punya payudara? Setiap wanita akan mulai memiliki payudara ketika memasuki usia pubertas. Ketika tubuh mengalami perubahan dari bentuk anak-anak menjadi dewasa, itulah nan disebut dengan masa pubertas. Nah, selama masa puber ini hormon di dalam tubuh juga berubah, menyebabkan payudara tumbuh dan mulai mengalami periode menstruasi. Setelah mengalami masa menstruasi ini krusial sekali buat merawat payudara dengan baik terutama remaja nan masih awam tentang caranya.

Kebanyakan remaja perempuan mulai mendapatkan payudara ketika berusia 10 tahun tapi ada beberapa nan mendapat payudara besar sejak umur lebih kecil dari 10 tahun. Kapan payudara mengandung air susu? Bagian dari merawat payudara ialah mengetahui kapan payudara mengandung air susu.

Di dalam payudara wanita ada kantung-kantung kecil nan disebut alveoli. Setelah wanita melahirkan, hormon berbisik pada alveoli buat memproduksi air susu. Ketika bayi mengisap putting susu, maka imbasan itu akan menarik air susu dari alveoli melalui saluran seperti selang nan berujung lubang nan dinamakan putting susu. Ketika ibu berhenti menyusui maka alveoli pun berhenti memproduksi air susu. Merawat payudara juga sangat krusial dalam kegiatan menyusui ini.

Payudaraku tak sama bentuknya, normal atau tidak? Payudara nan tak sama ukurannya biasanya terjadi di masa proses pertumbuhan, ketika berhenti tumbuh biasanya ukuran akan menjadi seimbang. Ukuran atau bentuk jangan menjadi beban sebab nan krusial ialah cara merawat payudara agar kesehatannya tetap terjaga.

Ada rambut di sekitar putting, normal? Ya, memiliki rambut halus di sekitar putting payudara ialah normal. Kalau rambut halus itu menganggu lebih baik digunting dan jangan dicukur menggunakan mesin pencukur sebab akan menyebabkan infeksi. Cara merawat payudara nan sederhana seperti ini seringkali dilewatkan oleh kaum hawa.

Putting payudara tak menonjol keluar, normal? Sekitar 10-20% perempuan memiliki jenis putting nan masuk kedalam seperti ini dan itu normal. Lakukan cara merawat payudara dengan selalu membersihkan daerah sekitar puting daripada memikirkan cara membuat puting payudara menonjol keluar. Tetapi jika puting payudara nan tadinya menonjol keluar tiba-tiba masuk kedalam maka jangan ragu buat segera memeriksakannya ke dokter.

Stretch mark itu apa, normalkah? Stretch mark itu ialah garis-garis berwarna merah nan muncul di atas kulit selama masa pertumbuhan atau masa kehamilan. Stretch mark di payudara termasuk normal sama seperti stretch mark di bagian paha atau pinggul. Dengan berlalunya waktu garis-garis merah itu akan hilang dan membaur dengan rona kulit.

Apakah tanda kemerahan di payudara ialah infeksi? Merawat payudara salah satunya ialah dengan memerhatikan tanda kemerahan nan ada di sekitar payudara seperti itu. Biasanya sedikit bengkak dan dapat menimbulkan demam. Tanda kemerahan ini dapat muncul dampak pergesekan kulit dengan baju atau sebab udara panas. Jika setelah beberapa hari tak menunjukkan tanda kesembuhan maka disarankan buat meminta opini dokter.



Merawat Payudara nan Terkena Mastitis

Apa bedanya payudara nan terinfeksi dengan payudara nan sudah terkena Mastitis? Payudara nan terinfeksi biasanya dampak bakteri. Merawat payudara terinfeksi seperti ini biasanya lebih mudah dibandingkan payudara nan terkena Mastitis. Jika Anda demam, merasa tak enak badan dan putting terasa sakit seperti terbelah maka ada kemungkinan Anda terkena infeksi payudara.

Mastitis ialah istilah generik nan digunakan ketika terjadi kerusakan di jaringan payudara nan disebabkan sebab infeksi. Tidak banyak orang nan dapat membedakan antara infeksi payudara dengan Mastitis sebab dari luar tampak sama padahal sebenarnya berbeda. Orang dapat terkena Mastitis tanpa infeksi terlebih dulu. Anda tak perlu antibiotic buat merawat payudara nan Mastitis tapi infeksi payudara memerlukan perawatan antibiotic di hampir 50% kasus nan terjadi.



10 Tips Merawat Payudara nan Terkena Mastitis
  1. Buka bra dan kenakan baju nan nyaman.

  2. Minum banyak air putih.

  3. Bila memiliki bayi, susui bayi secara teratur sebab merawat payudara nan terkena Mastitis ialah dengan menyusui bayi anda sesering mungkin dan teratur.

  4. Anda harus menyusui bayi setidaknya 2 jam sekali setiap siang dan malam. Bila satu payudara sudah terasa sakit maka ganti dengan payudara nan satunya lagi. Anda harus mengosongkan persediaan air susu di dalam payudara sesering mungkin.

  5. Jika dengan menyusui tak terasa cukup kosong maka lakukan pemompaan air susu dengan menggunakan alat pompa manual atau elektrik.

  6. Banyak istirahat. Lakukan bedrest bila perlu dan jangan terlalu banyak bergerak. Merawat payudara nan sudah terkena Mastitis seperti ini memang perlu perhatian ekstra.

  7. Minumlah tambahan vitamin C 1000mg 2-4 kali sehari.

  8. Mandi dengan air hangat. Kalau dapat sambil berendam sebab air dapat ditambahkan garam mandi dan lavender buat membuat tubuh merasa lebih nyaman.

  9. Lakukan pengompresan terhadap payudara dengan lap hangat dan dingin. Lakukan secara bergantian selama 10 menit setiap kalinya. Pemijatan nan lembut juga dilakukan buat merawat payudara nan terkena Mastitis. Setelah payudara terasa lebih rileks susui bayi Anda perlahan.

  10. Pijat payudara Anda sebelum menyusui bayi dan lakukan pemijatan secara perhalan selama proses menyusui. Lakukan pemijatan dengan cara memutar dan oleskan ramuan lavender di payudara asal tak di daerah areola agar tak terisap oleh bayi Anda.

Payudara selain memberikan aspek kecantikan dan estetika pada wanita juga memerlukan perhatian lebih dalam perawatannya. Merawat payudara termasuk hal nan gampang tapi sulit sebab prosesnya nan harus dilakukan dengan teliti.

advertisements

Tips Sehat

advertisements