Khasiat Jambu Air

Khasiat Jambu Air

Membicarakan khasiat jambu air memang tak ada habisnya. Pemanasan suhu udara nan terjadi di sebagian daerah Indonesia semakin bertambah luas. Hal ini terjadi dengan makin banyaknya daerah industri baru. Dengan dibangunnya banyak pabrik menyebabkan suhu udara pada lingkungan sekitar menjadi panas. Pemanasan suhu ini bukan hanya membuat badan menjadi gerah, kepanasan, tapi juga berpotensi mendatangkan berbagai penyakit, apalagi di dukung dengan lingkungan nan kurang bersih.



Jambu Air

Berbagai penyakit seperti gejala flu dan gangguan pernafasan mulai nan biasa sampai taraf lanjut membuat banyak penduduk mulai berpikir keras bagaimana menjadikan lingkungan mereka lebih sehat setelah berbagai pembangunan nan menyebabkan polusi tersebut tak bisa dihindari lagi.

Untuk mengatasi pemanasan suhu ini, banyak upaya nan dilakukan penduduk nan berada di sekitar daerah industri. Salah satunya ialah dengan menanam pohon nan berfungsi sebagai peneduh. Hal ini dinilai efektif, sebab pohon mempunyai kemampuan buat menghasilkan oksigen secara mandiri. Karena itu tidak sporadis di daerah nan berada berdekatan dengan daerah industri, pohon-pohon sudah mulai ditanam.

Berbagai jenis pohon sengaja ditanam buat kelastarian alam. Ini menandakan pencerahan penduduk akan kelestarian alamnya makin makin meningkat. Selain menanam berbagai tanaman peredu seperti akasia dan mahoni nan biasanya tumbuh di sekitar jalan raya, masyarakat juga getol menanam pohon nan berbuah. Dari sekian banyak pohon nan berbuah itu nan sampai saat ini banyak digemari masyarakat ialah pohon jambu air .

Pohon jambu air termasuk pohon nan mudah tumbuh. Apalagi di daerah basah tanaman ini bisa tumbuh dimana saja, di sekitar pekarangan rumah penduduk. Dengan tekstur batang pohonnya nan kokoh, pohon jambu air dapat hayati puluhan tahun. Karena itu banyak penduduk nan menanamnya di depan rumah, sebagai tanaman peneduh nan fungsinya sejajar dengan pohon dengan umur nan panjang lainnya, seperti manga.

Buah jambu air juga sudah familiar dengan masyarakat kita. Rona dan jenisnya nan beragam, ada nan putih, hijau, merah muda dan merah tua. Ini merupakan daya tarik tersendiri selain rasanya nan menyegarkan. Karena itu banyak orang nan menggemarinya. Mulai anak-anak sampai orang dewasa. Itu sebab memang jambu air harganya nisbi lebih murah dibanding dengan buah-buahan lainnya.

bahkan banyak masyarakat nan dapat mendapatkannya secara cuma-cuma, sebab tumbuhan ini tumbuh di dalam halaman rumah atau tetangganya. Pemiliknya biasa membagi-bagikannya saat berbuah. Pada saat buahnya siap di panen banyak nan dengan sengaja memanennya bersama-sama buat menjadikannya salah satu buah pada rujak manis nan selanjutnya dimakan bersama-sama.

Itulah pemandangan nan biasa terlihat pada masyarakat nan memiliki pohon jambu air di pedesaan. Tapi apakah Anda tahu jika ternyata jambu air bukan hanya nikmat jika kita makan dengan rasanya nan manis dan segar, sebab dibalik rasa manis dan segarnya itu, buah ini juga mengendung berbagai khasiat nan dibutuhkan tubuh kita.



Khasiat Jambu Air

Salah satu khasiat jambu air ialah bisa mendinginkan tubuh. Dengan udara sekitar nan makin panas, terutama pada daerah nan berdekatan dengan daerah industri atau perkotaan. Jambu air ini cocok buat selalu di konsumsi. Kandungan air buah dengan rona nan sangat menarik ini memang cukup tinggi.

Dari hasil penelitian nan telah dilakukan oleh beberapa ilmuwan menyebutkan bahwa dalam 100 gram jambu air, terkandung 93 gramnya ialah air. Jadi persentase air pada buah ini ialah lebih dari 90%. Dengan perbandingan tersebut, memang cukup beralasan jika buah ini bisa mendinginkan tubuh.

Karena itu para pekerja berat nan umumnya mengalami gangguan kesehatan nan disebabkan kehilangan cairan tubuh sangat cocok mengonsumsinya secara rutin. Dengan kandungan airnya nan melimpah pula, maka buah ini juga dianggap baik buat menjaga kesehatan pencernaan nan memang membutuhkan cairan.

Untuk memelihara kesehatan ginjal juga dianjurkan buat banyak mengonsumsi buah dengan kandungan air nan banyak ini. Ini sebab asam urine dan urea nan mengotori ginjal bisa dibersihkan dengan cairan tadi. Sebagaimana kita ketahui batu ginjal dapat terjadi sebab ginjal dalam keadaan kurang cairan nan pada akhirnya menyebabkan tak lancar dalam mengeluarkan kotoran, selanjutnya terbentuklah batu ginjal.

Khasiat jambu air lainnya ialah buah ini dapat sebagai sumber vitamin A alami. Vitamin A mempunyai fungsi sebagai sumber peningkat imunitas dalam tubuh. Dengan mengonsumsi vitamin A secara cukup, kekebalan tubuh akan baik. Selain itu vitamin A juga bisa berfungsi sebagai penambah cara kerja sel darah putih dan penjaga kesehatan mata.

Selain mengandung vitamin A, khasiat jambu air juga sebagai sumber vitamin C. Kita banyak mengetahui bahwa vitamin C ini mempunyai fungsi nan sangat bagus bagi tubuh kita. Vitamin C bisa menghasilkan antioksidan bagi tubuh. Antioksidan inilah nan nan mampu memperbaiki sel tubuh kita nan rusak sebab bertambahnya usia.

Dengan bertambahnya usia banyak sel tubuh nan rusak atau mati, dengan mengonsumsi vitamin C nan mengandung antioksidan, sel tubuh itu dapat tergantikan atau teremajakan. Dengan begitu, dengan rutin mengonsumsi jambu air kita bisa memelihara sel tubuh kita, nan biasanya ditandai dengan kulit kita terlihat tak kering atau lebih segar.

Ini sebab vitamin C nan dikandung dalam peredaran darah akan semakin lancar. Vitamin C ini juga bisa merangsang tumbuhnya kolagen kulit nan bermanfaat bagi keremajaan kulit sekaligus mampu menjaganya. Selain mempunyai kandungan serat nan lumayan tinngi, nan perlu kita ketahui juga bahwa di dalam jambu air ternyata terdapat berbagai kandungan mineral nan sangat banyak.

Ada fosfor, seng, kalium, kalsium, magnesium, tembaga, mangan, besi, protein, asam sitrat sampai asam sulfuric nan terkandung dalam buah jambu air. Adapun kandungan gizi nan terdapat dalam 100 gram jambu air ialah sebagai berikut:

Water 93 g, Energy 25 kcal, Energy 105 kj, Protein 0.6 g, Total lipid (fat) 0.3 g, Ash 0.4 g, Carbohydrate, by difference 5.7 g, Vitamin C, total ascorbic acid 22.3 mg, Thiamin 0.02 mg, Riboflavin 0.03 mg, Niacin 0.8 mg, Calcium, Ca 29 mg, Iron, Fe 0.07 mg, Magnesium, Mg 5 mg, Phosphorus, P 8 mg, Potassium, K 123 mg, Zinc, Zn 0.06 mg, Copper, Cu 0.016 mg, Manganese, Mn 0.029 mg, Vitamin A, IU 339 IU, Vitamin A, RAE 17 mcg_RAE.

Selain itu masih terdapat kandungan zat-zat lainnya, meskipun tak diketahui secara jelas besarnya kandungan nan berada di dalamny. Zat-zat itu adalah: Fiber, Sugars, Sodium, Na, Selenium, Se , Pantothenic acid, Vitamin B-6 , Folate, Vitamin B-12, Retinol, Vitamin E, Fatty acids, total saturated, Fatty acids, total monounsaturated, Fatty acids, dan Cholesterol.

Dengan adanya berbagai khasiat jambu air ini maka wajar jika dalam beberapa waktu belakangan ini jambu air menjadi salah satu buah nan makin digemari di lingkungan masyarakat kita. Karena selain harganya nan nisbi terjangkau manfaatnya juga sangat banyak. Semoga bermanfaat.

advertisements

Tips Sehat

advertisements