Beberapa Fakta Mengenai Susu

Beberapa Fakta Mengenai Susu



Kandungan nan Terdapat dalam Susu

Susu memang memiliki kandungan nan sudah tak perlu diragukan kegunaannya. Kelengkapan kandungan susu membuatnya sangat krusial dikonsumsi. Selain kandungan kalsium nan sangat dikenal, susu mengandung beberapa zat nan juga berkhasiat bagi tubuh, di antaranya vitamin D, vitamin A, vitamin B2, vitamin B12, asam amino, zinc, asam pantotenat, lemak, fosfor, dan beberapa jenis protein krusial nan diperlukan tubuh.

Namun, itu pun bergantung jenis susunya seperti apa. Untuk susu murni, ada tiga jenis susu nan biasa dikonsumsi, yakni susu sapi, susu kambing, dan susu kedelai.

Susu sapi merupakan susu murni nan paling sering dikonsumsi oleh masyarakat. Selain rasanya nan enak, susu sapi juga emmiliki kandungan nutrisi nan lengkap, yakni kalsium, kalium, vitamin D, lemak, protein, mineral, dan zat pelengkap lain nan berguna bagi tubuh manusia.

Susu sapi ini dapat dikonsumsi oleh semua kalangan usia dengan kegunaan nan berguna bagi pembentukan tulang, gigi, dan memperbaiki fungsi tiroid. Selain itu, kandungan yodium dalam susu sapi juga bermanfaat buat menurunkan risiko asam urat.

Lain dengan susu sapi, susu kambing memiliki kandungan zat besi nan lebih banyak. Selain itu, susu kambing juga mengandung kalsium, fosfor, dan magnesium nan bermanfaat mencegah kurang darah dan pelunakan tulang.

Mengonsumsi susu kambing juga dapat menstabilkan sistem metabolisme di dalam tubuh, meningkatkan kekebalan tubuh, serta mengurangi risiko peradangan pada usus. Bagi Anda nan ingin menurunkan berat badan dengan cara alami, Anda dapat mengonsumsi susu kambing sebab kandungan lemaknya nan sedikit.

Yang terakhir susu nan biasa dikonsumsi ialah susu kedelai. Susu botani nan berasal dari perasan sari kedelai ini sangat baik apabila dikonsumsi oleh wanita. Kandungan gizi nan terdapat di dalamnya ialah protein nabati, serat, omega 3 dan 6, dan mineral lain. Mengonsumsi susu kedelai bisa mengurangi risiko osteoporosis, gejala menopouse, serta bisa mencegah kanker prostat.



Beberapa Fakta Mengenai Susu

Beberapa dari Anda mungkin akan merasa sakit perut setelah minum susu. Hal ini disebabkan oleh kurangnya produksi laktase di dalam tubuh sehingga proses pemecahan laktosa nan terkandung di dalam susu tak bisa dilakukan dengan baik.

Pemecahan laktosa pada penderita intoleransi laktosa tersebut akan membuat laktosa nan tak dicerna masuk ke dalam usus besar, lalu dicerna oleh bakteri nan pada akhirnya menyebabkan perut menjadi sakit, kembung, bahkan diare.

Jika Anda termasuk orang nan memiliki kesamaan intoleransi laktosa, Anda dapat mengonsumsi olahan susu seperti yoghurt, keju, es krim, dan lain-lain sehingga kandungan laktosa nan harus dipecahkan pun jumlahnya tak terlalu banyak.

Anda juga disarankan buat tak mengonsumsi susu kental manis sebab produk tersebut lebih banyak mengandung gula dibandingkan kandungan gizi lainnya nan dibutuhkan oleh tubuh.

Selain dapat mendapatkan khasiatnya dengan cara minum susu, kegunaan susu juga dapat didapatkan dengan cara lain, yakni dijadikan masker atau lulur nan berguna bagi kecantikan dan kesehatan kulit.

Dengan mencampur susu ke dalam air mandi, maka kulit akan terasa lebih lembut dan bersih. Susu juga dapat digunakan oleh orang nan memiliki kulit kering atau berminyak.

Bagi Anda nan memiliki jenis kulit kering, maka susu nan baik digunakan ialah susu segar atau susu full cream, sedangkan Anda nan memiliki jenis kulit berminyak dapat menggunakan susu skim buat dijadikan masker paras atau lulur saat mandi.



Jenis-Jenis Susu

Mungkin kita sering melihat jenis-jenis susu nan ada di supermarket. Jenis susu olahan tersebut dapat dibagi ke dalam klasifikasi berdasarkan kandungan nan terdapat di dalamnya.

  1. Susu Full cream , yakni susu nan mengandung lemak sebanyak 4 %, juga vitamin A dan vitamin D.
  2. Susu Low Fat , yakni susu rendah lemak nan kandungan lemaknya hanya setengah dari susu fullcream.
  3. Susu Skim , yaitu susu nan kandungan lemaknya sangat sedikit, yakni kurang dari 1%.
  4. Susu Evaporasi , yakni susu nan sebagian uapnya telah diuapkan sehingga menjadi kental. Bentuknya serupa dengan susu kenal manis, namun rasanya tawar.
  5. Susu pasteur, yaitu susu nan sudah melalui proses pasteurisasi atau dipanaskan pada suhu 65 sampai 80 derajat Celcius selama kurang lebih 15 detik. Proses pasteurisasi tersebut dilakukan buat membunuh bakteri patogen di dalam susu nan b ila dibiarkan akan menyebabkan penyakit.
  6. Susu Flavoured ialah susu full cream atau low fat nan ditambahkan rasa, seperti susu coklat, stroberi, mocca, dan lain lain. Susu jenis ini memiliki kandungan gula nan lebih banyak jika dibandingkan dengan susu jenis lainnya.
  7. Susu Calcium Enriched , yakni susu nan kandungan kalsiumnya ditambah dan kandungan lemaknya dikurangi.
  8. Susu UHT (Ultra-High Temperature-Treated), yakni susu nan telah dipanaskan dengan suhu 140 derajat celcius selama 2 detik dan langsung dimasukkan ke dalam loka berupa karton rapat udara sehingga dapat disimpan dalam waktu nan lama. Susu ini sering kita sebut dengan susu kemasan kotak.
  9. Susu CLA (Conjugated Linoleic Acid), yaitu susu nan biasanya digunakan buat melangsingkan tubuh, membantu proses pembentukan otot, dan mempercepat pembakaran lemak.


Manfaat Susu Secara Umum

Kandungan nutrisi nan terbilang sangat lengkap membuat susu memiliki banyak kegunaan bagi kesehatan tubuh manusia, di antaranya sebagai berikut.

  1. Mencegah pengeroposan tulang atau osteoporosis.
  2. Membantu pembentukan otot dan menjaga otot dari kerentanan cedera atau kecelakaan.
  3. Membantu pertumbuhan anak menjadi tinggi.Membantu menurunkan tekanan darah.
  4. Melindungi dan mencegah timbulnya kerusakan gigi, misalnya plak dan gigi berlubang, serta menjaga kesehatan mulut sebab susu bisa mengurangi taraf keasaman mulut.
  5. Menetralisasi berbagai racun atau toksin nan masuk ke dalam tubuh, misalnya timah maupun logam nan secara tak sengaja masuk bersama makanan nan dikonsumsi.
  6. Mencegah kanker usus atau kolon nan merupakan penyakit ketiga penyebab kematian di dunia.
  7. Pada wanita pramenopause, meminum tiga gelas susu setiap hari mampu mengurangi risiko terjangkit kanker payudara.
  8. Mencegah penyakit diabetes.Dapat mempercantik paras serta menghaluskan kulit. Susu bisa membuat paras dan kulit lebih bersinar.
  9. Mencegah dan mengobati tidak bisa tidur atau penyakit susah tidur sebab kandungan susu bisa merangsang hormon melatonin sehingga mata akan cepat mengantuk.
  10. Meningkatkan kualitas tidur serta mencegah tubuh dari kelelahan ketika bangun di pagi hari. Dengan demikian, segala aktivitas Anda pun akan lancar.

Sayangnya, meminum susu bagi sebagian orang merupakan sebuah “penyiksaan”. Jika selama ini susu lebih identik dengan minuman anak-anak, ternyata hal itu salah. Tidak hanya anak-anak nan krusial minum susu, orang dewasa pun perlu minum susu. Bahkan, usia lanjut. Hal itu mengingat banyaknya kegunaan susu bagi kesehatan.

Ayo, mulailah Norma minum susu sejak hari ini!

advertisements

Tips Sehat

advertisements