Harga

Harga

Mempunyai mobil memang tak sulit bagi kalangan menengah ke atas di Indonesia. Kredit bank nan sangat mudah diperoleh dan pihak penjual nan dapat mengusahakan pengambilan kredit mobil juga telah membuat jumlah mobil baru nan beroperasi di kota-kota besar dan kecil di Indonesia semakin menumpuk. Perkembangan ini dikuti oleh perkembangan mobil modifikasi nan semakin canggih dan variasi modifikasi nan membuat banyak orang iri.



Pandangan Terhadap Modifikasi

Sebuah mobil Alphard terbaru nan sudah canggih dan nyaman ternyata tak membuat pemiliknya merasa puas. Dengan masih memiliki dana berlimpah, pemilik Alphard ini rela saja mengeluarkan jutaan rupiah lagi buat menyempurnakan interior mobil mewahnya.

Berita ini membuat air liur para pembacanya menetes. Alangkah baiknya bila uang itu diperuntukkan bagi anak-anak putus sekolah atau dibelikan peralatan bengkel sekolah kejuruan di daerah nan sudah tergerus zaman.

Tapi modifikasi mobil nan tidak murah itu ialah hak nan dimiliki oleh para pemilik mobil. Kalau tak ada orang seperti mereka, pebisnis variasi mobil dan penjual aneka peralatan modifikasi mobil juga tidak dapat bergerak.

Pandangan masing-masing orang memang berbeda. Selain mobil mewah semacam Alphard, mobil-mobil menengah seperti Double Cabin dari majemuk merekpun terutama produksi Ford, kini semakin sering terlihat dimodifikasi sedemikian rupa sehingga memenuhi keinginan para pemiliknya.



Modifiaksi

Double Cabin Strada produksi Ford tersebut ditutup bagian belakangnya sehingga seperti mobil penumpang. Sepintas bentuknya jadi aneh seperti bentuk ikan. Harga epilog bagian belakang tersebut dapat mencapai Rp 20 juta. Mengapa tak membeli Fortuner saja? Itu pendapat orang lain.

Tapi naik Fortuner dan Double Cabin niscaya berbeda. Modifikasi lainnya ialah dengan mengganti ukuran ban ke R 17 serta memasang tanduk di bagian depan sehingga penampilan Double Cabin menjadi lebih gagah dan sangar. Pas sekali sebagai mobil off road . Harga tanduk dapat mencapai di atas Rp 2 juta. Begitupun dengan bannya nan dapat mencapai jutaan satu bannya apalagi dengan merek terkenal seperti Bridge Stone, bukanlah masalah krusial bagi pemilik mobil.

Pemasangan tanduk ini tak hanya milik Double Cabin Strada, tapi banyak juga Fortuner nan dipasangi tanduk dengan bentuk nan agak berbeda. Pemasangan tanduk ini membuat Fortuner mirip paras anjing Bulldog nan sangar. Tanduk tersebut diniatkan sebagai bamper nan dapat menjadi fasilitas keselamatan. Ban nan tinggi juga dimaksudkan buat mempermudah konvoi mobil di lintasan tertentu.



Harga

Biaya nan dikeluarkan buat memodifikasi sebuah mobil bukanlah halangan bagi nan sudah sangat sayang dengan mobilnya. Tidak sporadis biaya modifikasi hampir setengah harga mobilnya sendiri. Sekali lagi, hobi itu memang tidak ternilai harganya.



Lomba

Lomba-lomba modifikasi mobil juga semakin memacu para pemodifikasi mobil buat terus berkreasi. Acara Pimp My Ride dari MTV menjadi salah satu surat keterangan memodifikasi mobil secara besar-besarnya.

Tidak hanya interior terutama audio, bahan kursi, AC, dan stir, juga bagian eksterior termasuk cat dan permainan gradasi rona serta penggantian lampu dan kualitas lampu depan dan belakangpun dilakukan. Terkadang hadiah nan didapatkan tak seimbang dengan biaya modifikasi. Tapi martabat dan decak kagum orang lain lebih krusial daripada hadiah itu sendiri.



Varian Mobil Modifikasi buat Inspirasi Anda

Mobil modifikasi menjadi varian mobil nan cukup menyedot perhatian mobil mania. Semua orang niscaya ingin memiliki sesuatu nan bisa dibanggakan, salah satunya ialah mobil modifikasi. Mobil dapat menunjukkan bukti diri pemiliknya. Oleh sebab itu, buat menonjolkan identitasnya di antara sekian banyak mobil nan sama, tidak sedikit pemilik mobil melakukan mobil modifikasi buat mendapatkan mobil impian, termasuk Anda bukan?

Memutuskan buat membuat mobil modifikasi sebenarnya boleh-boleh saja, asalkan memiliki biaya nan memadai buat sebuah mobil modifikasi. Sebelum membuat mobil modifikasi, ada beberapa hal nan harus diketahui perihal mobil modifikasi itu sendiri.

Setidaknya Anda juga harus memiliki beberapa surat keterangan mobil modifikasi nan bisa dijadikan sebagai inspirasi buat mobil modifikasi impian. Jadi, jangan sampai asal-asalan membuat mobil modifikasi. Terutama bagi Anda nan memang masih awam dengan seluk-beluk mobil modifikasi.

Sebagai surat keterangan awal, ada baiknya Anda mengetahui berbagai variasi mobil modifikasi. Untuk beberapa produsen mobil, mereka mengeluarkan produk mobil dengan konsep mobil modifikasi. Produsen mobil mana saja nan mengeluarkan produk mobil modifikasi? Berikut beberapa produsen mobil nan meluncurkan konsep mobil modifikasi.



1. Mazda Turbo2

Produsen mobil Mazda baru-baru ini memajangkan hasil kreasinya dalam ajang pameran mobil modifikasi SEMA di Las Vegas. Salah satu ikon mobil modifikasi nan diproduksi oleh Mazda ini memiliki tampilan nan eye catchy . Mengambil dasar dari Mazda2, varian mobil modifiaksi ini menitik beratkan perubahan pada jantung pacu, sinkron dengan nama varian nan dikedepankan, Turbo2.

Mobil modifikasi ini dilengkapi dengan perangkat penyedot udara masuk ke mesin nan terpasang pada mesin 4 silinder segaris berkapasitas 1.5 liter. Turbo2 ini terlihat menarik sebab menggunakan grafis nan trendi, perpaduan rona serta desain sangat pas dan enak dipandang, perangkat aksesoris desain eksterior berupa spoiler depan, side skirt dan wing belakang.



2. Yaris B-Spec Racer

Mobil modifikasi nan dikeluarkan oleh Toyota ini dipersiapkan buat balap SCCA National Championship Runoffs di sirkuit Road America. Bahan dasar dari Yaris B-Spec Racer ini ialah Yaris SE 2012. Tampilan luar mobil modifikasi ini sudah dimodifikasi bentuk fender nan modelnya kerap digunakan pada SCCA kelas B-Spec.

Ruang kabin nan otomatis tidak menyisakan ornamen bawaan pabrik. Semuanya sudah diganti dengan perangkat pendukung balapan seperti jok, dasbor nan terbuat dari serat karbon dan pelat aluminium, panel meter indikator, serta roll cage 8 titik dan pemadam barah ringan nan diikat pada roll bar belakang.



3. Scion iQ- RS

Scion nan merupakan anak perusahaan Toyota juga membuat mobil modifikasi Scion iQ- RS. Beberapa ornamen balap inheren pada bodi Scion iQ-RS nan mungil, seperti spoiler depan nan menjulur, kap mesin dengan air scoop kanan-kiri, side skirt , serta spoiler belakang nan cukup besar. Bahkan, fender digembungkan agar harmonis dengan pelek berjari-jari merah dan lebar. Ruang kabin mobil modifikasi dari Scion ini juga diubah, seperti jok dan panel indikator, roll cage , sehingga seperti tampilan perangkat ala mobil balap.



4. Nissan 370Z NISMO RC

Mobil modifikasi dari Nissan ini berbasis mobil jalanan Nissan 370, tetapi lebih ringan. Mobil sport ini didesain buat terjun di balap International FIA GT4 dan World Challenge GTS. Kabin dalam mobil modifikasi Nissan 370Z NISMO RC terdapat roll cage , jok Recaro dengan sabuk 6 titik, setir Sparco dan pemadam kebakaran, exhaust balap, kopling balap, flywheel, dan masih banyak lagi nan lainnya ala NISMO. Mobil modifikasi keluaran Nissan ini memiliki mesin VQ37VHR 3,7 liter nan bisa menghasilkan tenaga 355 hp dan torsi 374.



5. VW California Berghaus

Konsep mobil modifikasi MPV ini hanya memiliki 4 loka duduk dan dilengkapi dengan atap pop-up atau menyeruduk ke atas secara elektrik nan bisa dijadikan sebagai tenda. Kabin bagian belakang mobil modifikasi buat penyuka piknik ini menyediakan kulkas, kompor gas, meja dan kursi lipat.

Aksesoris mobil modifikasi nan digunakan berupa tenda samping, rak sepeda, velg alloy 18" dua rona Dakar, cat metalik, karpet Berghaus, pelapis anti air untu jok serta logo Berghaus. California Berghaus dilengkapi dengan mesin 2.0 liter BiTDI bertenaga 180 hp dengan transmisi manual 6 speed . Mobil modifikasi ini diperkaya Anti-lock Brakes (ABS), Traction Control (TCS), Engine Braking Control (EBC) dan Electronic Stabilisation Programme (ESP).

Koleksi mobil modifikasi nan diproduksi oleh berbagai produsen mobil di atas memang sangat menarik. Apakah Anda tertarik buat mendapatkan mobil modifikasi nan didesain seperti mobil modifikasi tersebut? Anda bisa menjadikannya sebagai inspirasi buat membuat mobil modifikasi sinkron nan diinginkan. Namun, jika memiliki dana nan memadai buat mendapatkan mobil modifikasi dari Toyota, Nissan, Mazda dan Scion tersebut, tidak ada salahnya jika Anda membelinya.



Teknik Dasar buat Menciptakan Mobil Modifikasi

Jika memiliki dana nan cukup buat membeli jadi mobil modifikasi nan dikeluarkan oleh beberapa produsen mobil, tentu bukan masalah nan berarti. Nah, bagaimana jika Anda ingin memiliki mobil modifikasi, tetapi tak memiliki dana nan mencukupi buat sebuah mobil modifikasi? Anda bisa menciptakan sendiri mobil modifikasi sinkron dengan kondisi keuangan dan imajinasi.

Sebelum memutuskan buat membuat atau merancang mobil modifikasi, sebaiknya cari informasi seputar mobil modifikasi. Jika perlu gunakan jasa mobil modifikasi buat membuat proyek mobil modifikasi nan diinginkan. Melalui jasa mobil modifikasi, Anda bisa mengonsultasikan segala sesuatunya agar tak menyesal di kemudian hari. Anda tak mau bukan uang habis sia-sia tetapi mobil modifikasi nan didapatkan tak sinkron dengan nan diimpikan? Nah, sebaiknya lakukan berbagai persiapan sebelum membuat mobil modifikasi. Apa saja itu?

  1. Sesuaikan budget nan akan dikeluarkan dengan mencari tahu terlebih dahulu berapa harga nan dibutuhkan buat membuat mobil modifikasi. Mulai spare part sampai ongkos jasa mobil modifiaksi nan Anda gunakan.
  1. Selanjutnya untuk daftar spare part nan diperlukan. Sebelum berbelanja, terlebih dahulu catat semua keperluan. Jangan lupa catat barang apa nan sudah dibeli supaya tak membeli dua kali.
  1. Jika Anda juga berniat mengganti cat mobilnya, terlebih dahulu harus dilakukan abrasi cat. Abrasi cat dilakukan dengan metode blasting nan membuat mobil kembali ke rona asal. Selanjutnya hubungi tukang cat berpengalaman dan mulai memilih warna.
  1. Untuk perangkat mesin, rem, suspensi, dan ban, carilah tipe dan jenis nan cocok dengan rancangan Anda, supaya semua perangkat tersebut tahan lama. Krusial buat memperhatikan mesin, sebab mesin merupakan bagian paling krusial dan mahal. Pastikan memilih mesin sinkron dengan apa nan Anda desain sebelumnya.
  1. Setelah semua terpasang, langkah selanjutnya ialah desain interior dan eksteriornya. Desain interior dan eksterior ini nan paling menarik perhatian orang. Jadi, pilihlah rona dan teknik sapuan nan tepat sehingga tampilan mobil modifikasi Anda berkesan unik dan istimewa.
  1. Untuk menambah wawasan akan mobil modifikasi, tidak ada ruginya jika Anda bergabung dengan komunitas mobil modifikasi. Komunitas mobil modifikasi berguna buat saling bertukar pengalaman dalam global mobil modifikasi.

Nah, apakah Anda juga ingin membuat mobil modifikasi? Jika ya, tidak ada salahnya mengikuti petunjuk di atas agar mobil modifikasi bisa Anda peroleh sinkron dengan keuangan dan impian. Selamat mencoba!

advertisements

Tips Sehat

advertisements