Resep Es Krim - Double chocolate and Chip

Resep Es Krim - Double chocolate and Chip

Sepertinya Anda harus mulai mencoba beberapa resep es krim. Hal itu sebab es krim tak hanya menu favorit nan dinikmati oleh anak-anak saja, namun juga orang dewasa. Ada berbagai jenis es krim nan bisa kita temukan, seperti ice cream base, modern ice cream, soft ice cream, gelato, sorbet, sherbet, frozen youhourt, dan lain-lainnya. Selain jenisnya nan beragam, es krim juga memiliki cita rasa nan tidak kalah dengan kudapan lainnya.

Anda pun bisa membuat es krim sendiri di rumah. Jika anda tak terlalu piawai dalam membuat es krim, banyak cara membuart es krim nan bisa Anda ikuti, baik di dalam buku nan spesifik membahas tentang cara membuat es krim maupun internet.

Beberapa jenis es krim ada nan menggunakan buah-buahan sebagai perasa, ada nan hanya menggunakan susu, coklat, dan bahan bahan lain. Orang-orang beranggapan bahwa membuat es krim itu sangatlah susah sebab kebanyakan resep es krim menggunakan bahan-bahan nan sulit didapat. Tidak sporadis orang-orang lebih memilh buat membeli es krim jadi daripada harus bergelut dengan resep nan sulit buat diikuti.

Sebenarnya, resep es krim tidaklah terlalu sulit buat diikuti sebab pada dasarnya tiap-tiap resep terdiri dari bahan dasar nan sama. Kebanyakan resep tersebut menggunakan bahan-bahan berikut sebagai bahan dasar pembuatan es krim, bahan-bahan tersebut ialah produk susu (dairy product), gula (sweeteners), stabilizer, emulsifier, dan pencita rasa. Bahan-bahan tersebut merupakan bahan-bahan dasar dalam setiap resep nan selama ini kita kenal. Kita dapat melihat bahwa pada dasarnya resep tersebut tidaklah menggunakan bahan nan banyak dan sulit bukan?



Resep Es Krim - Fungsi Bahan-Bahan Dasar dalam Pembuatannya

1. Produk Susu (Dairy Produk)

Produk susu merupakan komponen primer dalam setiap resep es krim, produk susu mempunyai peranan dan fungsi nan besar dalam pembuatannya, di antara fungsi dairy produk tersebut antara lain:

  1. Membentuk body es krim
  2. Membentuk rasa
  3. Membentuk tekstur
  4. Memperlambat proses pencairan es
  5. Untuk mempertahankan mudu

Tidak semua produk susu bisa dijadikan bahan dasar pada setiap pembuatan es krim. Hanya sebagian produk susu saja nan biasa digunakan dalam pembuatan es krim. Produk susu nan dapat digunakan diantaranya:

  1. Susu sterilisasi
  2. Susu pasteurisasi
  3. Susu bubuk (full cream, hal cream,wey powder, dan skim)
  4. Krim segar
  5. Mentega

2. Gula

Penggunaan gula pada es krim berfungsi sebagai pemanis dan juga pembentuk tekstur. Dalam resep tersebut, gula nan biasanya digunakan ialah gula pasir dan gula palem. Gula jenis lain sporadis digunakan dalam pembuatan es krim ini.

3. Stabilizer

Stabilizer juga biasa digunakan dalam setiap pembuatan es krim. Stabilizer berfungsi buat menstabilkan pengadukan dan molekul udara pada adonan. Stabilizer juga berfungsi sebagai penambah rasa, memperbaiki tekstur, dan penghambat pengkristalan. terdapat dua macam stabilizer nan biasanya digunakan dalam pembuatan es krim, yaitu:

  1. Telur (sebagai stabilizer alami)
  2. Stabilizer es krim buatan

4. Emulsifier

Emulsifier dalam es krim berfungsi buat memperbaiki pencampuran lemak dan air, mengembangkan adonan, memperbaiki tekstur, dan memperlambat pencairan es krim. Emusifier menjadikan tampilan es krim bagus dan menarik.

5. Pecinta Rasa

Pencita rasa dalam es krim berfungsi sebagai penambah rasa pada adonan dasar es krim. Pecipta rasa dalam pembuatan es krim ini banyak sekali macamnya. Beberapa bahan nan biasanya digunakan dalam pembuatan es krim, yaitu:

  1. Sari buah (jus)
  2. Ice paste
  3. Fruit filling
  4. delifruit

Oleh sebab kita telah mempelajari bahan-bahan dari es krim dasar, maka kita bisa membuatnya sendiri nan sinkron dengan keinginan kita. Berikut beberapa resep nan layak dicoba di dapur anda.



Resep Es Krim - Es Krim Orange and Lemon Sorbet

Resep es krim ini cenderung mudah buat diikuti oleh orang awam sebab resep ini hanya menggunakan bahan-bahan nan mudah didapatkan di dapur-dapur pada umumnya. Resep es krim orange and lemon sorbet, yaitu sebagai berikut.

Bahan-bahan:

  1. 120 gram gula pasir
  2. 3 gram stabilizer es krim buatan
  3. 400gr air
  4. 250gr jus jeruk
  5. 1 buah lemon (hanya diambil airnya saja)

Cara membuat:

  1. Mengaduk gula dan stabilizer sampai merata
  2. Setelah merata, Anda bisa memasukkan air sedikit-demi sedikit
  3. Kemudian, masaklah adonan tersebut sampai mendidih dan dinginkan
  4. Setelah itu, Anda bisa menambahkan jus jeruk dan air lemon
  5. Masukkan adonan dalam mesin es krim hingga mengental
  6. Anda bisa mendinginkannya di dalam freezer


Resep Es Krim - Double chocolate and Chip

Bahan-bahan:

  1. 130gr gula palem
  2. 4 butir kuning telur
  3. 300gr susu segar
  4. 200gr krim segar
  5. 200gr coklat bubuk
  6. 75gr coklat blok
  7. 10gr pasta es krim rasa coklat
  8. 100 gr cokelat chip

Cara Membuat:

  1. Kocok gula palem dengan kuning telur hingga mengental lalu sisih kan, ada baiknya jika anda mengocok adonan tersebut menggunakan baloon wisk.
  2. Setelah itu, panaskan susu dengan krim segar dengan suhu sedang.
  3. Masukkan coklat bubuk dan coklat blok lalu aduk hingga larut dan hampir mendidih.
  4. Kemudian tuangkan adonan susu tersebut ke dalam adonan telur dan aduk hingga merata, masak kembali adonan tersebut dengan cara di tim dan kemudian dinginkan.
  5. Setelah adonan dingin, masukkan pasta es krim rasa coklat ke dalam adonan, aduk rata dan masukkan ke dalam freezer selama 4 jam.
  6. Adonan nan telah dibekukan di freezer selama 4 jam lalu dimasukkan ke dalam mesin es krim hingga mengental, kemudian taburi dengan coklat chip.

Resep resep es krim tersebut memang tak sulit buat diikuti, namun tak semua orang memiliki mesin es krim bukan? Tapi, Anda tak perlu risi sebab ada beberapa resep es krim nan tak memerlukan mesin es krim agar dapat menghasilkan es krim nan enak.



Resep Es Krim - Es Krim Sederhana

Selain resep-resep di atas, terdapat resep lainnya, yaitu es krim sederhana. Resep ini sangat mudah buat Anda ikuti, biaya nan diperlukan buat membuat es krim ini pun sangat terjangkau. Untuk resep ini, Anda hanya memerlukan bahan-bahan berikut:

  1. 1 kotak Tepung DP
  2. Susu kental manis satu kalen
  3. Perasa atau pasta
  4. Air
  5. Garam

Cara Membuat:

  1. Campurkan semua bahan-bahan tersebut
  2. Takarlah jumlah air nan akan Anda pergunakan. Anda bisa menggunakan kaleng susu nan telah Anda buka. Jumlah air nan akan Anda masukkan dalam adonan es krim ini sebanyak 2 kaleng susu
  3. Tambahkan buah-buahan atau pasta perasa lain sebagai perasa
  4. Bahan bahan nan Anda campurkan tadi kemudian aduk-aduk sampai mengembang
  5. Tambahkan sedikit garam
  6. Setelah adonan mengembang, Anda bisa langsung memasukkannya ke dalam freezer
  7. Setelah dingin, es krim sederhana Anda siap buat disantap

Terdapat beregam resep es krim nan bisa Anda praktekkan di rumah. Anda juga bisa membuat es krim sendiri dengan bahan-bahan nan ada di rumah Anda. Banyak sekali es krim nan menggunakan bahan-bahan nan mudah digunakan. Anda bisa menambahkan pasta pada adonan es krim dasar. Selain menambahkan pasta, Anda juga bisa menambahkan jus, bubuk teh hijau, daging buah, yoghourt, dan sirup pada adonan dasar es krim nan Anda buat. Anda juga bisa menambahkan toping-toping nan Anda sukai pada es krim nan Anda untuk sendiri seperti, brownies, biskuit, permen, dll.

Resep tersebut dapat Anda dapatkan dari buku-buku nan memang spesifik menuliskan resep-resep es krim. Selain itu, Anda dapat mendapatkan resep tersebut dengan membrowsingnya di internet. Ber-eksperimen dengan menggunakan resep Anda sendiri juga sangatlah menyenangkan. Apalagi ketika Anda sudah mengetahui bahan dasar pembuatan es krim.

Meskipun berbagai resep es krim terdengar sulit dengan menggunakan bahan-bahan nan sporadis kita temukan di dapur kita masing-masing, namun Anda tak perlu takut buat mencoba. Hal itu sebab dengan mencoba dan gagal itulah, Anda bisa mempelajari kesalahan-kesalahan nan Anda perbuat.

advertisements

Tips Sehat

advertisements