Manfaat Buah Jambu Biji

Manfaat Buah Jambu Biji

Jambu biji, buah nan satu ini cukup mudah kita dapatkan di mana saja. Tak sedikit juga orang nan sudah mengenal berbagai kegunaan buah jambu biji bagi kesehatan tubuh. Jambu biji sendiri memiliki banyak jenis, mulai dari jambu Pasar Minggu, jambu Bangkok, ataupun jambu biji merah.

Jambu biji nan berdaging lunak dengan biji-biji kecil ini memang memiliki rasa nan enak. Dapat dimakan langsung, maupun diolah menjadi rujak atau minuman jus. Tak sporadis pula orang menggunakan jambu biji sebagai pengobat penyakit. Manfaat atau khasiat dari buah jambu biji ini tidak lepas dari berbagai kandungan nutrisi nan ada pada buah berbentuk bulat tersebut.

Terdapat banyak jenis dari buah jambu biji itu sendiri. Kemungkinan saat ini, kebanyakan orang lebih mengenal mengenai buah jambu biji merah sebab begitu banyak kegunaan nan bisa diambil dari jenis buah nan satu ini. padahal jenis dari buah jambu biji tidak hanya buah jambu biji ini.

Ada buah jambu biji nan tidak berwarna merah nan disebuat dengan buah jambu biji saja tanpa ada tambahan kata merah di belakangnya. Dan jambu biji ini juga memiliki banyak kegunaan walaupun tidak sebanyak dengan buah jambu biji merah nan ada.



Kandungan Gizi Buah Jambu Biji

Jambu biji sangat terkenal sebagai buah nan paling banyak mengandung vitamin C-nya dibanding dengan jenis buah nan lain. Selain vitamin C, buah jambu biji juga mengandung vitamin nan lain, seperti vitamin A dan B.

Jambu biji mengandung karbohidrat, protein, lemak, mineral (kalium, zat besi), serat pangan (fiber), dan juga mengandung beberapa komponen kimia nan sangat dibutuhkan oleh kesehatan tubuh.



Manfaat Buah Jambu Biji

Seperti nan telah dikatakan bahwa buah jambu biji ialah buah nan mengandung banyak manfaat. Telah dilakukan banyak sekali penelitian buat membuktikan kegunaan dan khasiat dari buah jambu biji. Karena itulah buah jambu biji dianggap sebagai salah satu buah nan paling bisa buat membantu manusia dalam mengatasi persoalan kesehatan nan kerap kali menimpa.

Berikut ialah beberapa kegunaan dari buah jambu biji nan ada dan telah dibuktikan.

1. Jambu biji nan sudah matang sangat kaya akan vitamin C, di mana vitamin ini sangat baik buat daya tahan tubuh Anda agar tak mudah terserang penyakit. Inilah memang nan menjadi kegunaan dari vitamin C nan ada.

Dengan banyak mengkonsumsi makanan nan kaya akan vitamin C maka akan memberikan daya tahan tubuh nan kuat bagi setiap orang. Dengan daya tahan tubuh nan kuat maka akan memberikan kekebalan tersendiri bagi tubuh buat tidak mudah terserang penyakit.

Dan kandungan jambu biji memang terdapay vitamin C dalam kadar nan tinggi. hal inilah nan menyebabkan banyak nan menyarankan buat banyak banyak mengkonsumsi jambu biji ini.

2. Selain vitamin C, vitamin A dan B juga menunjang kesehatan tubuh. Vitamin A sangat baik buat kualitas penglihatan dan vitamin B baik buat perkembangan otak dan metabolisme tubuh.

3. Selain buat menjaga daya tahan tubuh, vitamin C juga berfungsi sebagai antioksidan nan berguna buat memperbaiki sel jaringan tubuh nan rusak dan memperbaruinya sehingga jaringan tubuh dapat selalu sehat dan bekerja dengan baik.

4. Kandungan mineral zat besinya sangat baik buat dikonsumsi oleh penderita kurang darah (kurang darah), sebab mineral nan satu ini membantu dalam pembentukan hemoglobin sel darah merah nan ada dalam tubuh.

5. Manfaat buah jambu biji nan lain terletak pada kandungan mineral kaliumnya. Kalium sangat berguna buat meningkatkan kinerja otot, mengoptimalkan kerja jantung, dan mengatur penyebaran zat gizi kepada seluruh sel-sel jaringan tubuh.

6. Kandungan gizi jambu biji dapat menurunkan kadar kolesterol dursila dalam tubuh sehingga terhindar dari resiko hipertensi atau tekanan darah tinggi. Selain itu juga mencegah terkena penyakit stroke dan gangguan jantung.

7. Serat pangan nan cukup tinggi pada buah jambu biji sangat baik buat melancarkan pencernaan. Zat tannin pada jambu biji nan membuat rasa sepat sangat membantu proses peredaran darah, dan mampu membunuh virus nan merugikan kesehatan tubuh.

8. Komponen likopen nan cukup tinggi juga menambah daftar kegunaan buah jambu biji (terutama jambu biji merah). Zat ini sangat berguna buat menurunkan resiko Anda terkena penyakit berbahaya, misalnya kanker lambung, kanker rongga mulut, maupun kanker usus.

9. Jambu biji memiliki sifat anti radang dan anti diare, sebab itu banyak orang nan terkena diare dianjurkan buat mengkonsumsi buah jambu biji atau air rebusan daunnya.

Itulah beberapa kegunaan dari buah jambu biji, buah nan lezat tapi memiliki kandungan gizi nan sangat baik buat tubuh.

Banyak orang percaya bahwa buah jambu biji merah sangat baik buat penderita demam berdarah (DBD). Tapi sebenarnya, fungsi jambu biji merah bukan buat meningkatkan trombosit, melainkan buat meningkatkan daya tahan tubuh (fungsi vitamin C-nya nan tinggi). Karena sampai saat ini, DBD sama sekali tak ada obatnya. Satu-satunya obat hanyalah dengan meningkatkan kekebalan tubuh agar kuat melawan penyakit.

Tapi, ada baiknya buat tak terlalu mengkonsumsi jus buah jambu merah, sebab biasanya penyakit DBD diikuti oleh tifus ringan. Bila mengkonsumsi jus jambu merah, dikhawatirkan akan memperparah tifusnya. Karena itu, beberapa dokter tak terlalu menyarankan meminum jus jambu merah sebagai obat DBD dan lebih menyarankan buat meminum air putih nan banyak.



Mitos di Sekitar Jambu Biji

Jambu biji ialah buah nan banyak mengandung biji. Hal in sudah sangat terlihat jelas dari namanya nan mengandung biji yaitu jambu biji sehingga sangat wajar jika jambu biji ini mengandung banyak biji.

Namun ternyata di sekitar keberadaan buah jambu biji nan mengandung banyak biji terdapat mitos nan ada di masyarakat dan dipercaya sebagai sebuah kebenaran. Mitos ini mengatakan bahwa memakan buah jambu biji beserta isinya akan membuat lebi mudah buat terserang penyakit usus buntu.

Sehingga buat menghindari tak terkena hal ini, banyak orang nan tidak suka buat memakan buah jambu biji beserta dengan isinya. Lebih baik memakan daging luarnya saja dan meninggalkan buat memakan isinya nan berbiji sebab takut kena usus buntu.

Usus buntu sebenarnya ialah bagian dari usus besar nan terdapat di sebelah kanan bawah. Usus buntu ini akan menyebabkan penyakit jika terjadi peradangan dan inilah nan lebih dikenal dengan penyakit usus buntu atau peradangan pada usus buntu.

Penyebab dari usus buntu ialah tak lancarnya sistem pencernaan nan berlangsung di dalam usus besar sehingga menyebabkan peradangan ini. kelancaran proses dalam sistem pencernaan manusia sangat dipengaruhi oleh jenis makanan nan dimakan oleh manusia itu sendiri, terutama nan banyak mengandung serat.

Dengan banyak mengkonsumsi makanan nan mengandung serat maka akan membuat mudah jalannya kerja dari sistem pencernaan itu sendiri. Dan inilah nan akan menghindarkan diri dari terkena penyakit usus buntu.

Sehingga memang bukan makan buah jambu bijilah nan bisa menyebabkan terserang penyakit peradangan pada usus buntu namun sebab pola makan nan dijalani tak banyak mengandung makanan nan banyak berserat.

Memang usus buntu dianggap sebagai sebuah penyakit nan harus diwaspadai sebab bisa menyebabkan rasa sakit nan sangat di perut bagian bawah. Dan kalau sudah mencapai termin nan akut maka harus dilakukan operasi pengangakatan dari usus buntu nan telah mengalami peradangan ini agar tak memberikan pengaruh nan jelek namun justru bisa menolong diri dari si pendertiat.

Inilah nan sejatinya menjadi penyebab dari peradangan usus buntu. Namun hal ini memang tidak banyak dipahami oleh masyarakat luas. Mereka maish saja menganggap bahwa dengan makan banyak buah jambu biji akan menyebabkan terserang penyakit peradangan usus buntu.

Namun terlepas dari banyaknya mitos nan ada di sekitar keberadaan buah jambu biji ini, telah banyak dibuktikan juga bahwa jambu biji mengandung banyak sekali kegunaan bagi kesehatan tubuh manusia. Untuk itu, telah banyak disarankan agar mengkonsumsi buah jambu ini.

Manfaat buah jambu biji nan melimpah hanya akan diperoleh jika buah tersebut dimakan. Untuk itu, makan buah jambu biji sangat disarankan. Yang terpenting ialah melepaskan banyak mitos nan ada di sekitarnya.

advertisements

Tips Sehat

advertisements