Tips Memilih Durian

Tips Memilih Durian

Sebelum membahas kandungan durian , marilah kita mengenal durian lebih dekat. Durian nan bernama latin Durio zibethinus ini ialah buah nan kontroversial. Hal ini terjadi sebab baunya nan menyengat.

Bagi nan menyukainya, niscaya mengatakan bahwa durian itu wangi. Namun, bagi nan tak suka niscaya akan mengatakan buah ini bau, bahkan sangat bau. Bagian nan dimakan dari durian ini ialah kulit bijinya. Namun bijinya juga sering dimasak buat dijadikan kolak.

Kulit bijinya tebal, bertekstur lembut, dan rasanya sangat manis, pastinya sangat lezat buat Anda penggemar durian. Sebaliknya, buat nan membencinya, menciumnya saja sudah enggan, apalagi memakannya.



Kandungan Durian

Walaupun demikian, Durian si raja buah ini tetap diminati para penggemarnya di manapun ia berada. Tentunya Anda menjadi sangat penasaran tentang kandungan Durian nan kontroversial ini.

Oleh sebab itulah, kami akan menguraikannya buat Anda.

  1. Karbohidrat Akan menimbulkan rasa kenyang setelah dimakan. Kandungan karbohidratnya berfungsi sebagai sumber energi dalam tubuh.
  2. Lemak Lemak berfungsi sebagai makanan cadangan dalam tubuh. Ketika tak ada lagi asupan nan masuk ke dalam tubuh, maka lemaklah penyelamatnya.
  3. Protein Peranannya sangat krusial pembentukan sistem kekebalan tubuh dan juga buat pengendalian nan berbentuk hormon.
  4. Vitamin B1 (Tiamin) Manfaatnya buat melancarkan sirkulasi darah dan metabolisme, mencegah kerusakan syaraf, memulihkan gangguan syaraf, dan juga buat mengoptimalkan fungsi otak serta buat aktivitas kognitif.
  5. Vitamin B2 (Riboflavin) Bermanfaat buat kesehatan mata, memperbaiki kulit dan juga sebagai sumber energi.
  6. Vitamin C Berguna buat menjaga sistem kekebalan tubuh, penyembuhan luka, dan juga bisa mencegah kanker.
  7. Kalium Kalium bersama narium berfungsi buat memelihara ekuilibrium asam basa, transmisi syaraf, relaksasi otot, serta cairan dan elektrolit pada tubuh.
  8. Kalsium Bermanfaat buat pertumbuhan dan peremajaan tulang dan gigi. Selain itu juga buat buat kelancaran fungsi syaraf, otot dan otak pada tubuh.
  9. Fosfor Krusial buat tulang dan gigi. Selain itu juga buat penghancuran lemak dan kolesterol, serta ekuilibrium asam basa dan metabolisme lain nan ada dalam tubuh.


Tips Memilih Durian

Bentuknya nan unik membuat kita sulit membedakan mana durian nan bagus. Pemilihan ini sangat penting, sebab harga buah durian cukup mahal dibandingkan dengan buah nan lainnya.

Berikut ini akan diuraikan mengenai tips membeli durian.

  1. Pilih nan warnanya sudah cokelat, sebab nan masih hijau atau kuning biasanya belum matang.
  2. Cium baunya, jika menyengat khas durian artinya durian itu sudah matang.
  3. Jangan pilih nan kulitnya berlubang, sebab itu artinya ada ulat di dalamnya.
  4. Pilihlah durian nan tangkainya sudah kering, itu tandanya durian itu jatuh dari pohonnya sehingga dapat dipastikan rasanya manis dan dagingnya tebal.
  5. Durian nan lezat yaitu nan kering dan matang. Untuk mengetahuinya cukup Anda goncangkan buahnya dan pilih nan bergoncang.


Fakta Unik Durian

Durian, buah eksotis orisinil asal Indonesia dianggap sebagai 'raja dari semua buah' di Asia Tenggara. Hal ini diyakini berasal di Kalimantan dan Sumatera, dan hari ini selain di kembangkan di Malaysia itu juga ditemukan tumbuh di Thailand, Filipina Selatan, New Guinea, India, Sri Lanka, Vietnam dan negara-negara Asia lainnya.

Saat ini, Thailand mengekspor lebih banyak Durian dari negara lain. Durian telah menikmati di Asia Tenggara sejak zaman prasejarah, bagaimanapun, mereka telah dikenal buat bagian Barat global sejak masa 600 tahun nan lalu. Durian ialah bagian dari keluarga Bombacaceae, dan istilah ini 'Durian' ialah generik buat pohon, serta buah. Fakta buah durian nan menarik dan cukup lucu juga.



Apa nan terlihat seperti Durian?
  1. Istilah 'Durian' telah diturunkan dari kata Melayu 'duri' nan berarti si duri. Hal ini sebab buah fitur, andal tebal, kulit berduri nan dikenakan kemiripan dengan kulit nangka a.
  2. Durian pohon ditandai dengan 10-20 sentimeter nan sangat harum, daun hijau oblong. Pohon nya tumbuh hingga ketinggian 50 meter, memiliki umur panjang dan bisa hayati selama berabad-abad, jika tak terganggu oleh penyakit atau rusak oleh erosi tanah, keringanan, dll kualitas paling tinggi buah Durian dicapai dari pohon durian tertua .
  3. Pohon Durian berbuah setelah 4-5 tahun, dan musim berbuah ialah dari Mei hingga Oktober. Dari ratusan kultivar diketahui, zibethinus Durio ialah spesies nan paling banyak dibudidayakan buat penjualan komersial.
  4. Durian propagasi bisa dilakukan baik dengan biji atau teknik pencangkokan. Pohon dicangkokkan mulai berbuah dalam waktu 4-5 tahun, bagaimanapun, bibit memakan waktu lebih dari 15 tahun buat berbuah. Benih bila digunakan buat perbanyakan harus ditanam segar, sebab mereka kering dan kehilangan kelangsungan hayati mereka sebagai waktu berjalan.
  5. Durian buah bisa menimbang suatu loka sekitar 7 pound, dan dapat berkembang menjadi ukuran 12 inci panjang dan 6 inci diameter. Buah beruang kemiripan ke sepak bola runcing dan tampak berbahaya buat menyentuh. Epilog luar kecoklatan-hijau dalam warna.
  6. Batoknya, andal dan runcing dari Durian terbagi menjadi 5 segmen pada pemasakan, sehingga ada semacam petak aril keputihan, merah muda atau kekuningan krim sekitar biji besar. Aril ini ialah bagian nan bisa dimakan dari buah.


Kapan Waktu Terbaik buat Memilih dan Makan Durian
  1. Pemanenan buah melibatkan menunggu buah jatuh dari pohon dan kemudian membiarkannya matang selama 2-4 hari berikutnya sebelum dikonsumsi. Ini ialah waktu ketika buah akan menjadi nan paling nonjok dan lezat. Namunmendiamkan buah setelah melampaui 5 hari menyebabkan buah kehilangan kualitas tingginya. Thailand Selatan merupakan dispensasi buat ini, di mana buah dipanen sebelum jatuh dari pohon.
  2. Tepatnya kapan harus Anda makan Durian akan tergantung pada preferensi pribadi Anda. Jika Anda lebih suka tekstur buah sedikit renyah, makan saja ketika itu dipanen muda. Tapi jika Anda menyukai keadaan lembut dan sangat aromatik buah, tunggu sampai matang sampai robekan kulit terbuka.
  3. Bagi orang-orang nan tak dapat membayangkan makan bahkan versi beku, ada beberapa Durian-rasa permen, es krim, keripik, selai, biskuit, dll tersedia di toko-toko. Membelinya dan mencobanya. Ini semakin besar kemungkinan Anda akan terbiasa dengan rasa buah. Kemudian cobalah dalam berbentuk es duren, nan akan memperkenalkan rasa buah nan lebih halus.


Gizi Durian
  1. Buat pembenci bau Durian, pikirkan saja sisi sehatnya. buah ini mengandung nilai gizi tinggi, nan menjadi alasan kenapa Anda harus mengkonsumsinya lupakan bau singitnya, toh Anda tak makan bau.
  2. Buah ialah sumber nan baik dari karbohidrat, serat protein, makanan dan energi. Hal ini juga kaya akan nutrisi seperti vitamin B, C, dan E, serta dengan asam amino. Selain itu, buah Durian tak memiliki kolesterol.
  3. Buah durian kaya akan fitonutrien, antioksidan dan juga terlihat buat meningkatkan kadar serotonin, sehingga mengangkat suasana hati nan baik seseorang.
  4. Obat demam, ada nan meyakini demikian, dan Anda dapat ambil percaya begitu saja.
  5. Beberapa kegunaan dari kandungan Durian lainnya ialah zat besi nan membantu menyingkirkan infeksi jamur seperti sariawan. Hal ini juga membantu meningkatkan libido, dll

advertisements

Tips Sehat

advertisements