Telur Paprika Panggang

Telur Paprika Panggang

Mitos nan berkembang di masyarakat tentang penyakit diabetes seringkali menyusahkan. Bagaimana tidak, makanan nan ada syahdan dapat memperparah penyakit ini. Jadi, bagi para penderita diabetes, makanan nan enak itu harus dijauhkan.

Sebenarnya, tak demikian. Makanan bagi para penderita diabetes dapat disiasati. Rasa enak, tampilan oke, dan tentu saja tak memperparah penyakit, bahkan lebih baik jika dapat sedikit menurunkan gejala penyakitnya, tentulah menu makanan nan dicari.

Kalau begitu, seperti apa makanan bagi para penderita penyakit diabetes nan enak dan sehat itu? Resep-resep berikut ini dapat menjadi inspirasi Anda dalam membuat menu makan diabetes .



Pancake Sereal Blueberry

Bahan-bahan:

  1. 1 cangkir sereal kaya serat
  2. 1 butir telur ayam kampung
  3. 2 sendok makan minyak sayur
  4. 1 cangkir terigu
  5. 1 sendok makan gula pasir
  6. Sejumput baking powder
  7. ½ sendok makan baking soda
  8. ½ sendok makan garam
  9. ½ cangkir blueberry beku

Cara membuat:

  1. Hancurkan sereal jika diperlukan.
  2. Kocok telur di dalam mangkuk hingga lepas.
  3. Aduk mentega, minyak, dan sereal. Biarkan selama 5 menit sampai sereal lembek.
  4. Satukan semua bahan (kecuali blueberry) lalu aduk hingga rata. Setelah itu, baru masukkan blueberry.
  5. Masukkan adonan nan sudah jadi (sebanyak satu sendok besar) ke dalam wajan panas. Masak adonan hingga mekar dan coklat keemasan.
  6. Masak seluruh adonan hingga habis.
  7. Pancake Sereal Blueberry siap dihidangkan di pagi hari sebagai sarapan.

*Catatan: buat penderita diabetes, porsinya ialah sebanyak 1 buah pancake buat 1 kali sarapan/makan.



Telur Paprika Panggang

Bahan-bahan:

  1. ½ buah cabe paprika hijau ukuran sedang, dipotong dadu
  2. ½ buah cabe paprika merah ukuran sedang, dipotong dadu
  3. 3 cangkir nasi nan sudah masak
  4. 2 butir telur ayam kampung
  5. 1/3 cangkir susu skim
  6. ½ sendok makan jinten
  7. Sejumput garam dan lada
  8. 1 cangkir keju cheddar rendah lemak

Cara membuat:

  1. Panaskan oven hingga 150 derajat Celsius.
  2. Dalam mangkuk besar, campurkan potongan cabe paprika, nasi, telur, susu, jinten, garam, dan keju.
  3. Masukkan adonan ke dalam cetakan muffin dan taburi dengan keju.
  4. Panggang adonan tadi di dalam oven selama 12-15 menit atau sampai matang.
  5. Perlahan-lahan, lepaskan kue dari panggangan.
  6. Makanan siap dihidangkan.

*Catatan: buat penderita diabetes, porsinya ialah sebanyak 1 buah buat 1 kali sarapan/makan.



Muffin Apel Kayu manis

Bahan-bahan:

  1. 1 cangkir sereal
  2. 1 cangkir terigu
  3. 1 sendok makan bubuk kayu manis
  4. 1 sendok makan baking powder
  5. ½ sendok makan baking soda
  6. ½ sendok makan garam
  7. ¾ saus apel tanpa gula
  8. 1 buah apel nan dikupas dan dipotong dadu
  9. ½ cangkir madu
  10. ½ minyak sayur
  11. 1 butir telur ayam kampung
  12. 1 sendok makan ekstrak vanila

Cara membuat:

  1. Panaskan oven hingga 150 derajat Celsius
  2. Lapisi cetakan muffin dengan kertas kue
  3. Dalam mangkuk sedang, masukkan sereal, terigu, bubuk kayu manis, baking powder, baking soda, dan garam. Aduk hingga rata.
  4. Dalam mangkuk besar, masukkan saus apel, madu, minyak, telur, dan vanilla. Aduk rata
  5. Masukkan bahan-bahan nan ada dalam mangkuk sedang ke dalam mangkuk besar. Aduk hingga rata.
  6. Masukkan adonan ke dalam cetakan muffin hingga penuh.
  7. Panggang muffin selama 15-20 menit hingga coklat keemasan.
  8. Sajikan muffin selagi hangat.


Hubungan Diet dengan Menu makan Diabetes

Setelah memaparkan ihwal beberapa resep menu makan diabetes , kini penulis ingin mengingatkan bahwa penyakit diabetes mesti menjadi orang nan diet. Artinya, penderita deabetes mesti memakan makanan nan sehat untuknya, namun tak berlebihan. Karena itu perlu mengatur jam makan dengan teratur. Kalau tak dapat memasak menu makan diabetes nan disebutkan di atas, para penderita diabetes dapat menggunakan cara menu makan diaebetes secara umum.

Jika sarapan pagi hendaklah minum susu skim dengan roti dari tepung, mentega low fat, selai nan sedikit gulanya dan buah. Ini rutin dilakukan setiap pagi. Inilah proses diet melalui sarapan nan mesti dilakukan oleh para penderita diabetes.

Untuk makanan ringan, para penderita diabetes memakan makanan seperti roti, kentang, dan mengonsumsi buah-buahan atau jus alami serta sayur-sayuran. Untuk jenis makanan utama, makanlah makanan nan terbuat dari tepung ataupun nasi. Namun lebih banyak nan dimakan sayur-sayurannya. Paling tidak, dua porsi sayuran dan termasuk di dalamnya kacang polong. Bagi penderita diabetes bagus juga banyak memakan kacang-kacangan.

Jika ingin memakan ikan, boleh memakannya tapi dengan ukuran seporsi kecil daging iris atau ikan tanpa lemak. Penderita diabetes mesti menghindari makan-makanan nan berjenis gorengan, termasuk di dalam ikan goreng. Untuk cemilan, bagi penderita diabetes, makanlah roti panggang, bubur, keripik dengan rendah lemak dan biskuit tawar.



Diet Seimbang dengan Pentunjuk Dokter

Untuk memiliki diet nan bagus, para pemilik diabetes hendaklah konsultasi kepada dokter gizi. Pasalnya, setelah adanya pengecekan pada gizi Anda, nanti dokter akan menyarankan jenis makanan apa nan layak dan baik buat Anda. Apalagi, jika Anda ingin memiliki tubuh nan sehat, meski sedang menderita diabetes. Di artikel ini, penulis bisa menampilkan secara generik saran-saran nan biasa disebutkan oleh para dokter gizi.

  1. Dua perlima bagian makanan nan dimakan sebaiknya mencakup makanan nan mengandung zat tepung. Akan lebih bagus lagi, jika memiliki variates berserat tinggi.

  2. Dua perlima bagian makanan nan dimakan mencakup sayuran dan buah-buahan. Dapat kedua-duanya dan dapat dipilih salah satunya.
  3. Seperlima sisanya diusahakan mencakup makanan nan mengandung protein, seperti daging, ikan, telur, kacang-kacangan ataupun keju.

Dengan mengonsumsi kandungan gizi makanan seperti ini, diet akan sukses dan kadar gula darah dapat dipertahankan dalam kondisi normal.



Makanan Karbohidrat nan Tepat

Ada dua jenis makanan karbohidrat nan tepat dijadikan menu makan diabetas.

1. Mengandung Gula

Jika selama ini Anda termasuk orang nan suka memakan makanan nan mengandung gula seperti permen dan cokelat, bolu manis, minuman soda dan lain-lain, maka mulai saat ini jangan dikonsumsi lagi. Karena kadar gulanya akan masuk ke dalam genre darah dengan cepat, sehingga bisa menyebabkan kenaikan gula darah secara tiba.

Jika Anda ingin memakan makanan nan mengandung gula, Anda bisa menggunakan pemanis protesis seperti sakarin, aspartame, dan acelsufme ke dalam makanan dan minuman sebagai pengganti gula.

Anda boleh saja memakai sedikit gula dalam adonan bolu, tapi jangan dalam makanan utama. Akan lebih baik bila Anda menghitung kalori nan dikonsumsi.

2. Mengadung Tepung

Untuk memiliki karbohidrat nan tepat di dalam makanan, maka penderita diabetes mesti memakan makanan nan mengandung tepung. Misalnya, roti, kentang, pasta, nasi, sereal dan buah. Kandungan gula makanan tersebut sangat rendah dan merupakan sumber energi nan baik. sebab itu, biasanya dokter gizi akan menyarankan pasien nan ingin diet buat mengonsumsi salah satu dari makanan nan disebutkan sebagai menu makanan harian.

Hindari Jenis Makanan nan Berlemak

Bagi penderita diabetes sangat dianjurkan buat menjauhi jenis makanan berlemak. Selain tidak bagus, juga tidak dapat membuat tubuh menjadi diet. Jika tak diet, maka kadar gula darah juga bakal naik. Karena itu hindarilah jenis makanan nan berlemak.

Makanan nan berlemak ada dua. Ada nan jenis makan berlemak jenuh, seperti daging, susu full cream, mentega dan lemak babi. Makanan tersebut sangat berpotensi menimbulkan masalah pada sirkulasi darah. Karena itu, usahakan Anda tak mengonsumsinya atau paling tak dikurangi dari Norma selama ini.

Ada juga makanan nan mengandung lemak tidak jenuh. lemak tidak jenuh sendiri terbagi kepada dua. Ada Ada lemak tidak jenuh ganda, seperti minyak kembang matahari, minyak sayuran murni, dan margarin bung matahari. Sedang lemak tidak jenuh tunggal ditemukan pada minyak zaitun dan minyak lobak.

Jika Anda ingin memiliki tubuh nan sehat dan diet nan baik, maka konsumsilah menu makan diabetes . Baik bagi Anda nan menderita diabetes maupun nan belum. Hanya Anda nan bisa membuat tubuh Anda menjadi sehat. Jika Anda tidak dapat mengontrolnya dengan baik, maka gula darah Anda bakal naik. Namun, bila Anda dapat mengontrolnya, maka kondisi fisik Anda akan sehat, sekalipun Anda saat ini sudah tergolong penderita diabetes.

advertisements

Tips Sehat

advertisements