Penyakit Asam Urat

Penyakit Asam Urat

Asam urat pada saat ini telah menjelma menjadi salah satu penyakit nan ditakuti dan mematikan. Asam urat dapat menyebakan stroke nan berujung pada kelumpuhan beberapa organ tubuh. Dalam tubuh manusia, kadar asam urat ini telah ada. Ketika kadarnya masih dalam dosis normal, asam urat ini bermanfaat. Sama seperti usus buntu. Manusia mempunyai usus buntu. Ketika tak ada nan salah dengan usus buntu itu, masalah tak akan muncul. Tetapi ketika usus buntu itu telah terinfeksi, pembuangan terhadap usus buntu harus dilakukan. Agar tak terjadi infeksi, usus buntu harus dijaga.begitu juga dengan asam urat. Kalau terlalu terjadi gangguan, maka banyak cara buat mengobati asam urat .



Jangan Asal Obat

Walaupun banyak cara mengobati asam urat, mulai dari obat-obatan tradisional, melakukan konsultasi dan pengecekan ke dokter, serta datang ke beberapa loka "orang pintar", mungkin menjadi sebuah alternatif tersendiri, tetap saja harus hati-hati terutama pengobatan nan tak terukur. Mengapa tak boleh asal obat? Tubuh manusia ini tak hanya terdiri atas kandungan asam urat. Begitu banyak organ tubuh nan lain. Kalau diminta membeli obat tertentu, pikirkanlah kalau obat itu akan melalui jantung, paru-paru, hati, ginjal, dan lain-lain. Obat itu akan diproses dalam hati sebagai saringan racun dan akan melalui ginjal. Kalau terlalu berbahaya bagi oragan tubuh nan lain, jangan lakukan.

Bisa jadi, keluhan asam urat sembuh dan tak kambuh lagi, tetapi malah ada keluhan ginjal atau keluhan dari organ hati. Hal ini niscaya akan membuat kualitas kesehat menjadi terganggu. Gangguan ini nantinya akan diobati pula. Kalau tak diobati maka akan terjadi gangguan kesehatan nan lebih parah. Pikirkanlah pengobatan nan tepat sebelum mengambil langkah pengobatan nan ditawarkan.

Bila perlu, carilah infromasi dari beberapa orang nan pernah mengambil teknik pengobatan itu. Informasi ini akan membuat perasaan lebih tenang dan lebih konfiden buat menjalani terapi nan akan diambil. Walaupun pengobatan dengan dokter, mencari tahu siapa dokter nan bersangkutan dan bagaimana cara sang dokter mengobati pasiennya, mungkin juga akan menambah keyakinan bahwa sang dokter dapat menjadi mediator sembuhnya penyakit nan sedang diderita.

Tapi alangkah baiknya jika kita mencegah datangnya penyakit asam urat. Pencegahan ini tentunya membutuhkan kerja keras dan perjuangan buat mau hayati sehat. Tidak mudah bergaya hayati sehat itu. Makan makanan nan kaya lemak dan tinggi kalori, tak diperkenankan. Kalau makan tak boleh mendekati jam tidur malam. Makan sayur dan buah serta tak boleh makan makanan nan dipanasi lagi beberapa kali. Makanan harus nan segar dan nan baru matang. Kalau sudah lebih dari 4 jam dari waktu memasaknya, makanan itu mungkin saja telah mengandung kuman atau bakteri nan jahat.

Olahraga teratur dan tidur cukup serta menghindari stres, ialah di antara hal nan harus dilakukan agar tak terkena penyakit asam urat. Meningkatkan pengetahuan tentang majemuk jenis makanan dan minuman nan pas buat tubuh. Tidak sungkan menolak makanan nan terlihat enak dan sangat lezat sebab tak dibutuhkan oleh tubuh. Kalaupun mau memakannya, hanya sedikit dan harus rela menyaksikan orang lain menikmati makanan itu dengan lahap. Semua pengorbanan itu memang demi kesehatan nan lebih baik.



Penyakit Asam Urat

Penyakit asam urat biasanya dirasakan saat sudah mulai menginjak usia 35 hingga 40 tahun. Salah satu hal nan membuat asam urat menjadi begitu krusial sebab menyangkut salah satu organ vitak kita, yaitu ginjal. Kalau fungsi ginjal menurun apalagi sebab terkena penyakit nan berkaitan dengan organ satu ini, maka akan banyak hal nan terbengkalai. Minum minuman tinggi kadar gula seperti minuman kaleng, hendaknya dihindari sedapat mungkin. Banyak kejadian bahwa anak-anak, remaja, atau orang dewasa nan sering mengkonsumsi minuman kaleng, terkena gagal ginjal setelah sebelumnya mengalami masalah diabetes. Minuman itu terlihta menyegarkan tetapi sebenarnya tidak. Minuman berkarbonasi itu sangat berbahaya bagi organ hati dan gintal.

Ginjal mengatur dan mengelola kestabilan tubuh kita. Ginjal pun membuat residu kandungan asam, termasuk asam urat nan ada di tubuh kita dalam bentuk air seni. Jadi jika proses ini tak berjalan lancar, maka ada kemungkinan gejala asam urat mulai datang. Minum air putih secukupnya ialah cara mencegahnya. Tetapi kalau pasokan minuman lebih banyak diambil alih oleh minuman kaleng dan botol, maka nan terjadi ialah kekalahan organ ginjal. Fungsinya menghilang dan setelah itu tubuh akan melemah.

Tidak menyentuh minuman berkarbonasi dan apalagi minuman keras ialah satu pilihan nan sangat tepat. Tidak terpengaruh dengan segala bentuk iklan nan ditawarkan oleh produsen memang bukan satu hal nan mudah. Apalagi kalau lingkungan sangat bahagia mengkonsumsi minuman sejenis, mau tak mau terkadang otak menjadi pusing kalau tak ikut minum bersama nan lain. Agar tak tergoda, jangan pernah ada minuman kaleng di dalam kulkas. Masa lebaran Idul Fitri ialah masa-masa nan sangat sulit buat menghindari minuman jenis ini. Hampir di seluruh rumah menawarkan minuman kaleng dalam berbagai rasa.



Mencegah Asam Urat

Berikut beberapa hal nan harus diperhatikan dalam mencegah penyakit asam urat. Yang pertama diperhatikan ialah gaya hayati nan hiperbola mungkin harus dikontrol dengan baik. Sesibuk apa pun kita, cobalah buat mencari waktu buat beristirahat. Kondisi nan sibuk pun cenderung membuat kita berperilaku tak sehat, seperti mengkonsumsi makanan siap saji dan kurang minum air putih. Rasa haus mungkin tak terasa terutama kalau berada di ruang ber-AC dan dalam keadaan hujan.

Untuk mengetahui konsumsi minum air putih dalam sehari, biasakan mempunyai wadah tersendiri seperti botol atau gelas. Kalau mempunyai wadah spesifik ini dapat memperkirakan telah berapa gelas atau telah berapa botol minum air putih. Kalau masih kurang, artinya harus menambah pasokan air putih ke dalam tubuh. Jangan-jangan tak minum sebab telah minum jenis minuman lain. Perhatikan, minum minuman apa. Kopi atau teh. Yang harus memperhatikan kesehatan itu ialah diri sendiri.

Hindari merokok dan mengkonsumsi kopi, es dan alkohol. Hal tersebut secara perlahan bisa merusak fungsi ginjal. Minum kopi nan hiperbola juga dapat mengganggu kerja jantung terutama nan mempunyai penyakit jantung. Hindari mengkonsumsi makanan daging nan berlebihan, terutama nan mengandung lemak dan membuat tubuh kita menjadi panas, seperti konsumsi daging kambing nan berlebihan. Selain itu, makanan nan mengadung kolesterol juga harus dikurangi, seperti makan makanan nan digoreng.

Hindari mandi tengah malam. Pada awalnya memang hanya dapat menyebabkan penyakit rematik. Tapi jika tak dijaga, lama-lama akan menyebabkan asam urat. Kalau memang terpaksa mandi malam, usahakan suhu air sama dengan suhu tubuh aagar tubuh tak kaget. Lalu jangan sampai hal ini menjadi satu kebiasaan. Berolahraga minimal dua kali dalam satu minggu. Berbagai kegiatan olahraga nan sederhana dapat diikuti, seperti joging. Olahraga membuat daya tahan tubuh kita kuat, serta membantu fungsi ginjal dalam memperlancar genre darah dan air seni. Oksigen nan lebih banyak masuk ke dalam tubuh akan membuat tubuh semakin segar dan penyakit pun tak mudah masuk.



Mengobati Asam Urat

Sedangkan bagi nan sudah mengalami penyakit asam urat, ada beberapa cara buat mengobati asam urat, di antaranya sebagai berikut. Pertama, memperbanyak konsumsi air putih. Air putih jauh lebih baik daripada minuman lainnya dan bisa membantu fungsi ginjal. Air putih akan membuat pembuangan semakin lancar. Bila kadar asam urat telah banyak laurt dalam air seni, maka gangguan asam urat akan berkurang.

Kedua, rajin berolahraga dan mengimbanginya dengan meminum vitamin nan cukup, akan membuat tubuh kita mampu terkelola dengan baik, termasuk fungsi ginjal. Cobalah mengganti pola makan kita menjadi lebih banyak mengkonsumsi sayur-sayuran. Selain itu, diselingi dengan makanan nan mengandung protein dan karbohidrat tinggi, seperti roti, susu, dan lainnya.

Rajin mengkonsumsi buah-buahan seperti apel, sirsak, alpukat, dan lainnya. Hal tersebut merupakan bagian dari ramuan sederhana dan tradisional buat penyakit asam urat. Penyakit akan selalu datang dan pergi. Tapi alangkah baiknya jika kita mencegah penyakit itu masuk ke dalam tubuh kita.

advertisements

Tips Sehat

advertisements