Macam Penyakit Kulit

Macam Penyakit Kulit

Sungguh beruntung seseorang nan tidak pernah dihinggapi oleh berbagai macam penyakit kulit apa pun. Orang Indonesia pada umumnya menderita salah satu atau banyak jenis penyakit kulit. Sebut saja, keringat malam atau bentol-bentol kecil nan banyak di bagian punggung nan sering diderita oleh para bayi, batita, atau balita.

Jerawat pun ialah salah satu contoh gangguan nan terjadi pada kulit. Kalau sudah sangat mengganggu, maka jerawat harus mendapatkan penanganan khusus.



Kulit Sensitif

Bagi nan mempunyai kulit sensitif, pengaruh udara dan air nan kotor akan membuat kulit mereka langsung bermasalah. Rasa gatal nan timbul sebagai reaksi pertama dari tubuh terhadap kotoran nan masuk atau lengket di kulit sudah harus diberikan perhatian nan sangat khusus.

Bila pengobatan dengan salep atau minyak zaitun tak mempan, maka si kulit sensitif harus ditangani oleh seorang dokter kulit atau dermatologist. Bagi nan mempunyai kulit sensitif, pemberian obat dalam rangka coba-coba hanya akan menambah parah keadaan kulitnya. Jadi, sebaiknya serahkan saja pada ahlinya.



Macam Penyakit Kulit

Penyakit kulit ialah masalah nan sangat mengganggu. Konsentrasi buyar gara-gara rasa gatal nan tidak tertahankan. Tidak sporadis setelah diobati, rasa gatal itu kembali lagi hanya dalam waktu 3 hari. Begitu terus dan berulang-ulang. Beberapa penyakit kulit nan sering membuat penderitanya bingung sebab sering kumat, ialah sebagai berikut.



1. Tinea

Penyakit kulit ini terjadi di permukaan kulit nan menyebabkan gatal nan begitu menyiksa. Penyakit kulit ini dikarenakan oleh fungi nan hayati sebagai parasit di kuku, permukaan kulit, dan rambut. Ciri-cirinya, rona kulit berubah biasanya kemerahan, putih, atau hitam. Gatal, tentu saja terutama kalau keadaan kulit basah. Pengobatannya dengan minyak anti fungi atau minum kapsul/pil.



2. Allergic dermatitis

Kulit nan sangat rentan terhadap sumber alergi nan dapat berupa makanan atau terkena debu atau sumber pencetus alergi lainnya. Keadaan kulit ditandai dengan perubahan rona dan sangat gatal.

Pengobatannya dapat dengan pil anti alergi dan salep atau minyak buat mengurangi rasa gatal. Keadaan ini akan berulang bila terkena sumber alergi. Jadi, keadaan kulit harus sangat diperhatikan. Kulit harus selalu kering dan bersih. Hal ini salah satu cara menghindarkan diri dari terkena alergi kulit nan lebih parah.



3. Neurodermatitis

Ciri-ciri penyakit kulit ini ialah adanya sisik nan terdapat di tangan dan telapak kaki. Tidak terlalu gatal, tapi kalau digaruk akan semakin gatal. Hal ini dapat disebabkan oleh masalah kulit nan kronis nan dapat disebabkan oleh stres nan tak tertangani dengan baik. Misalnya, sebab sakit atau sebab mau ujian.

Tidak sporadis kita menemui orang nan kulitnya merah-merah kalau sedang musim ujian. Itulah tanda penyakit kulit nan disebabkan oleh stres. Pengobatan mungkin tak akan efektif kalau sumber stres belum ditemukan dan stres tak mendapatkan penanganan secara saksama. Keadaan ini menjadi membaik ketika stres sudah reda.



4. Kudis

Dalam global kedokteran, penyakit Kudis ini juga dikenal dengan nama Scabies. Kudis disebabkan oleh binatang kecil berbentuk bulat, pipih nan kita kenal dengan nama tungau. Biasanya tungau hayati pada kasur kapuk nan sporadis dijemur dan lembab, pada boneka atau pada bantalan kursi nan sporadis dibersihkan.

Gejala awal munculnya kudis ialah adanya lubang seperti luka pada permukaan kulit, berasa gatal dan kemerahan. Biasanya muncul di tempat-tempat lembab, seperti di tangan, ketiak, pantat, di sela-sela jari tangan, dan di bagian paha atas.

Kudis bisa menular melalui pakaian, handuk, seprai, dan barang-barang nan bersentuhan dengan kulit nan dipakai secara bergantian. Untuk mencegah penularan, biasanya buat mencuci barang-barang tersebut dengan higienis dan di setrika.



5. Kurap

Penyakit ini disebabkan oleh jamur. Biasanya jenis jamur nan menyerang di satu bagian permukaan kulit dapat berbeda dengan jenis jamur nan menyerang di bagian permukaan kulit nan lain tergantung lokasinya pada bagian tubuh mana.

Penyakit kurap ada nan muncul di kaki atau sela-sela jari kaki, biasanya pada cuaca nan panas dan disebabkan oleh jamur nan biasa tumbuh di daerah panas nan dikenal dengan nama Trichophyton atau Epidermophyton . Gejalanya ialah kulit bersisik-sisik halus disertai rasa gatal, kasar, dan nyeri di sela-sela jari kaki.

Penyakit kurap nan muncul di selangkangan lebih banyak menyerang pria. Penyebabnya juga jamur dengan gejala permukaan kulit selangkangan memerah, berbentuk seperti cincin dan terasa nyeri dan gatal.

Penyakit kurap bisa dicegah dengan menjaga kebersihan badan, menghindari kontak secara langsung dengan penderita kurap, dan tak bersentuhan serta menjaga kebersihan tangan dengan cara rajin mencuci tangan dengan sabun.



6. Kutil

Dalam global kedokteran, kutil dikenal dengan nama Papilloma nan berasal dari penebalan lapisan terluar kulit nan berlebihan. Kutil biasanya tak mengganggu, tak berasa gatal dan sakit, namun akan mengganggu pemandangan orang nan melihatnya jika tumbuh semakin banyak.

Virus nan menyebabkan munculnya kutil ialah Human Papilloma Virus (HPV). Pengobatan kutil dapat dilakukan dengan ramuan tradisional atau operasi kecil di dokter, klinik atau rumah sakit agar tak semakin banyak dan menyebar.



7. Panu

Panu ialah penyakit kulit nan disebabkan oleh jamur. Gejalanya ialah munculnya bercak-bercak berwarna putih pada permukaan kulit nan terasa gatal pada saat berkeringat. Biasanya panu menyerang remaja, namun ada pula orang tua nan terserang panu.

Untuk terhindar dari penyakit panu ialah dengan menjaga kebersihan badan, tak langsung membasahi tubuh atau muka setelah berpanas-panasan dan mengobati panu dengan segera dengan obat antijamur nan banyak dijual bebas di apotek atau toko obat.



8. Eksim

Dermatitis ialah nama lain dari penyakit eksim di mana kulit mengalami peradangan dan iritasi. Biasanya penyakit eksim menyerang tangan dan kaki dan dengan bertambahnya usia akan menghilang dengan sendirinya. Namun, ada pula nan menderita eksim sepanjang hidupnya sebab pengobatan nan dilakukan tak tepat.

Eksim terjadi sebab sistem imun dalam tubuh nan hiperbola dan banyak ditemukan pada keluarga nan memiliki riwayat penyakit alergi dan asma. Pengobatan nan bisa dilakukan bagi penderita eksim ialah buat menghilangkan rasa gatal dan mencegah terjadinya infeksi. Namun, buat penyembuhan secara total tak bisa dilakukan sebab penyakit ini menurun dan disebabkan oleh sistem kekebalan tubuh nan hiperbola tadi.



9. Bisul

Bisul merupakan infeksi kulit nan berupa benjolan dengan rona tampak memerah. Bisul akan membesar, berisi nanah, dan terasa panas. Macam-macam penyakit seperti bisul bisa tumbuh di semua bagian tubuh. Namun biasanya, bisul tumbuh pada bagian tubuh nan lembab, misalnya leher, lipatan lengan, lipatan paha, atau kulit kepala.

Penyakit bisul dikarenakan adanya infeksi bakteri Stafilokokus atau dapat juga oleh bakteri lainnya atau jamur. Penyakit bisul termasuk macam penyakit kulit sebab meyerang kulit melalui folikel rambut, kelenjar minyak, kelenjar keringat nan selanjutnya menimbulkan infeksi lokal. Risiko terkena penyakit bisul akan meningkatkan jika kebersihan tubuh nan buruk, luka nan terinfeksi, pelemahan diabetes, kosmetika nan menyumbat pori, dan pemakaian bahan kimia.



10. Campak

Penyakit kulit campak termasuk macam penyakit kulit. Campak merupakan penyakit akut menular nan disebabkan virus dan biasanya menyerang anak-anak. Penyakit ini memiliki gejala seperti demam, bersin, pilek, sakit kepala, badan terasa lesu, tak napsu makan, dan radang mata. Setelah beberapa hari dari gejala tersebut, muncul ruam merah nan gatal pada kulit dan semakin membesar nan tersebar ke beberapa bagian tubuh.



11. Cacar Air

Cacar air termasuk macam penyakit kulit. Cacar air termasuk penyakit kulit menular nan disebabkan oleh infeksi virus varicella-zoster . Penyebaran penyakit ini melalui mediator udara. Masa inkubasi penyakit cacar air dalam tempo 2 sampai 3 minggu.

Gejala generik penyakit cacar air antara lain demam, pilek, cepat lelah, lesu, dan lemah. Sementara itu, buat kasus nan lebih berat pada penyakit cacar air bisa disertai dengan nyeri sendi, sakit kepala, dan pusing. Selang beberapa hari kemudian, mucul kemerahan pada kulit nan berukuran kecil.

Nah, itulah macam penyakit kulit nan dapat menjangkiti kulit manusia. Hal nan paling primer buat mencegahnya ialah dengan selalu menjaga kebersihan tubuh dan lingkungan sekitar.

Menjaga kebersihan diri sendiri bisa dilakukan dengan membersihkan tubuh dengan sabun dan dengan menggunakan air bersih. Pola makan nan teratur juga bisa mencegah terjadinya penyakit kulit tersebut.

Selain itu, kebersihan lingkungan juga memengaruhi penyebaran penyakit kulit ini. Apabila lingkungan bersih, maka kuman dan virus tak akan berkembang, sehingga bisa terhindar dari penyakit kulit.

Apabila lingkungan kotor, maka kuman dan virus akan berkembang biak dan mengakibatkan manusia mudah terjangkit penyakit kulit. Kuman-kuman akan mudah berkembang biak di tempat-tempat nan kotor dan bau.

Untuk itu, kebersihan diri dan lingkungan sangat penting. Hal tersebut harus menjadi kebiasaan, sehingga kebersihan bisa tercipta setiap hari. Dalam lingkungan keluarga, menjaga kebersihan diri dan lingkungan di rumah harus dikerjakan bersama-sama. Dengan begitu macam penyakit kulit tak akan mendekati Anda dan keluarga.

advertisements

Tips Sehat

advertisements