Manfaat Lain Wortel

Manfaat Lain Wortel

Sampai sekarang sulit diposisikan, apakah wortel itu termasuk buah atau sayuran? Namun anggap saja pertanyaan itu pertanyaan nan tak penting. Wortel dikenal sebagai makanan sehat. Terutama secara umum, khasiat wortel dikenal sebagai sumber vitamin bagi mata nan bermasalah.



Cerita Tentang Wortel

Jika mendengar kata wortel nan dalam bahasa Inggrisnya disebut carrot, kita niscaya langsung teringat pada buah nan berwarna oranye dan bentuknya memanjang, serta salah satunya meruncing. Wortel termasuk dalam tumbuhan sayur.

Dalam bahasa latin, wortel dikenal dengan nama daucus carota. Dalam ilmu biologi, wortel dimasukkan dalam famili Apiaceae. Lalu di mana kira-kira wortel bisa tumbuh, serta khasiat wortel ya? Jika ingin tahu kelanjutannya, baca lanjutan artikel ini.

Wortel dengan nama latinnya Daucus carota ialah tumbuhan sayur nan ditanam sepanjang tahun. Terutama di daerah pegunungan nan memiliki suhu udara dingin dan lembab, kurang lebih pada ketinggian 1200 meter di atas permukaan laut. Tumbuhan wortel mernbutuhkan sinar matahari dan bisa turnbuh pada semua musim. Wortel mempunyai batang daun basah nan berupa sekumpulan pelepah (tangkai daun) nan muncul dari pangkal buah bagian atas (umbi akar), mirip daun seledri.

Wortel menyukai tanah nan gembur dan subur. Menurut para botanis, wortel bisa dibedakan atas beberapa jenis, di antaranya wortel Daucus carota, Linn, jenis Imperator, yakni wortel nan memiliki umbi akar berukuran panjang dengan ujung meruncing dan rasanya kurang manis. Jenis Chantenang, yakni wortel nan memiliki umbi akar berbentuk bulat panjang dan rasanya manis. Jenis Mantes, yakni wortel hasil kombinasi dari jenis wortel Imperator dan Chantenang. Umbi akar wortel berwarna khas oranye. Beberapa macam penyakit nan bisa diobati:

  1. Haid tak teratur. Caranya, ambil 2 batang wortel dan 2 jari labu air. Cuci bersih, lalu parut. Tambahkan 1 cangkir air dan garam, lalu peras dan saring. Minum dua kali sehari.
  1. Cacing kremi. Caranya, ambil 2 batang wortel, 3 lembar daun pulai, dan 3 lembar daun buah nona, cuci bersih, lalu tumbuk halus. Tambahkan 1 cangkir santan kental dan garam, lalu peras dan saring. Minum 1 kali sehari.
  1. Eksema. Caranya, ambil 3 batang wortel, cuci bersih, lalu parut. Tambahkan 1/2 gelas, lalu peras dan saring. Minum 2 kali sehari.


Manfaat Lain Wortel

Wortel berasal dari negara Afghanistan. Kemudian, berkembang di global Arab sampai ke seluruh global melalui pelaut Italia. Rona merah oranye-nya merupakan rona padat Beta Carotene nan terkandung di dalamnya.

Mineral padat dan vitamin nan menyertai kandungan air dalam wortel, antara lain kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, potasium, sodium, zinc, vitamin C, thiamin, riboflavin, niacin, asam pantothenik, folate, vitamin A, E, km beta carotene, beta cryptoxanthin, lycopene lutein dan zeaxanthin. Adapun laba dari buah-buahan nan identik dengan kelinci ini adalah:

  1. Mencegah agresi jantung. Dalam riset Wolfson Gastrointestinal Laboratory di Edinburgh, Skotlandia, diketahui bahwa kolesterol dalam darah berkurang sebesar 11 % apabila 7 ons wortel sehari dimakan selama 3 minggu. Riset dari Mario Negri Institute of Pharmacological Research di Italia juga menemukan bahwa orang nan memakan lebih banyak wortel akan terhindar dari resiko agresi jantung dibanding orang nan sedikit mengonsumsi wortel.
  1. Mencegah kanker. Konsumsi beta carotene sering dihubungn dengan pencegahan beberapa penyakit kanker. Peneliti asal Inggris menemukan bahwa peningkatan beta-carotene dari 1.7 sampai 2.7 milligram perhari menghambat resiko kanker paru-paru lebih dari 40 %. Rata-rata wotel mengandung tiga milligram beta-carotene. Dalam penelitian lainnya, memakan wortel nan kaya akan serat mengurangi risiko kanker payudara.
  1. Penuaan. Pandangan mata para manula mengalami pengurangan fungsi. Bagi mereka nan rajin memakan wortel 40%, penyakit mata dampak penuaan dapat direduksi.
  1. Meningkatkan dan memaksimalkan penglihatan. Kekurangan vitamin A akan mengakibatkan penyakit mata, yaitu gangguan buat dapat melihat dalam cahaya remang-remang. Vitamin A dalam wortel ialah salah satu solusinya.
  1. Stroke. Satu wortel sehari akan mengurangi resiko stroke sebesar 68 %.Dalam riset lainnya, banyak nan menghubungkan imbas wortel buat memperkuat kerja otak. Pasien nan banyak memakan wortel lebih banyak memiliki daya tahan hayati dari agresi stroke.
  1. Diabetes. Wortel bagus buat pengaturan gula darah sebab adanya carotenoids dalam wortel. Carotenoids mempertahankan insulin dan mengurangi kadar gula darah.

Banyak laba dari khasiat wortel di atas. Ditambah pula laba lainnya dari wortel segar, yakni pengolahan wortel sangat mudah. Wortel dapat diolah menjadi sayur, dapat dijus, dan dapat di makan mentah-mentah.



Khasiat Wortel dalam Resep Tradisional

Khasiat wortel sangat bagus bagi tubuh manusia, terutama anak-anak, sebab mengandung beta karoten. Pilihlah wortel nan intinya kecil dan berwarna muda sebab menandakan bahwa wortel tersebut masih muda dan segar. Berikut khasiat wortel dalam resep tradisional buat berbagai penyakit dan keluhan:

  1. Wortel dapat meningkatkan kesuburan bagi perempuan dan meningkatkan kualitas sperma pria. Caranya gunakan jus campuran satu buah apel, tiga ons wortel dan setengah kilogram taoge nan minum sekali bersama suami-istri. Ramuan ini diminum setiap pagi-sore, hasilnya bisa dilihat dalam satu minggu.
  1. Mengatasi Hipertensi. Kombinasi wortel, tomat, nanas, akan memperbaiki sistem metabolisme tubuh, menurunkan kolesterol darah dan asam urat. Ambil 500 gr wortel dicuci, dipotong-potong, beri sedikit air matang, lalu diblender. Saring, kemudian diminum. Ramuan ini buat diminum 3x sehari.
  1. Mengatasi Rabun Senja. 2 batang wortel dicuci diparut. remas dengan 2 sendok air matang. Peras dan saring. Beri madu supaya lebih enak, kemudian diminum. Lakukan ini 3x sehari.
  1. Mengatasi Mata Minus. Minum air rebusan wortel atau makan wortel mentah. Dapat juga memarut 7 buah wortel, dan beri sedikit air matang. Kemudian peras dengan kain. Minum air perasannya 1x sehari.
  1. Mengatasi Demam pada Anak. Ambil 200 gr wortel dicuci, diparut dan diperas sampai keluar sarinya. Air perasannya direbus dan diminum.
  1. Mengatasi Cacingan. Keringkan 5 wortel, dan tumbuk atau parut sampai menjadi bubuk. Seduh dengan air secukupnya. Minum 2x sehari, 5 gr setiap kali minum.
  1. Mengatasi Luka Bakar. Wortel ditumbuk hingga halus dan dioleskan pada luka bakar.
  1. Mengatasi Batuk. Sebatang wortel dibersihkan, diparut. Beri beberapa sendok air panas dan peras. Beri sedikit gula aren, aduk sampai rata. Minum 2x sehari.
  1. Mengatasi Nyeri Haid. Ambil 250 gr wortel dicuci, dipotong-potong. Beri sedikit air, lalu diblender. Ramuan ini buat diminum 2x sehari.
  1. Mengatasi Sembelit. Ambil 2 wortel dicuci bersih, lalu diparut. Beri 2 sendok makan air matang dan sedikit garam, kemudian peras. Minum airnya 2x sehari.
  1. Menghaluskan Wajah. Ambil 2-3 wortel dikupas, dicuci, lalu diparut, dan diperas airnya. Oleskan ke wajah. Dapat juga setelah diparut, langsung ditempelkan ke paras sebagai masker sampai kering.
  1. Bila dipakai sebagai masker, paras jangan digerakkan seperti bercakap atau makan supaya maskernya tak retak. Atau, masak 1-2 wortel ukuran besar, hancurkan hingga lembut. campur dengan 2 sendok madu. oleskan pada kulit wajah. diamkan selama 10 menit. bilas dengan air.


Aneka Resep dari Wortel

Kita juga dapat merasakan khasiat wortel dalam aneka masakan. Cara membuatnya pun masih terbilang mudah. Anda dapat merasakan khasiat wortel di rumah dengan mudah, hanya dengan mengikuti resep berikut ini:



Mie Wortel

Bahan:

  1. 250 gram mi keriting kering, seduh
  2. 2 siung bawang putih
  3. 1/2 buah bawang bombay
  4. 100 gram wortel, pangkas kotak
  5. 100 gram buncis, potong-potong
  6. 100 gram daging asap, pangkas panjang
  7. 3 butir telur
  8. 200 ml susu
  9. garam dan merica secukupnya
  10. 2 sendok makan minyak buat menumis

Lapisan Atas

  1. 2 sendok makan margarin
  2. 3 sendok makan tepung terigu
  3. 350 ml susu
  4. garam, merica

Cara Membuat:

  1. Tumis bawang putih dan bawang bombay sampai harum. Masukkan wortel dan buncis. Aduk sampai layu.
  1. Tambahkan mi, daging asap, telur, susu, garam, dan merica. Aduk rata. Masukkan ke dalam pinggan tahan panas. Sisihkan sebentar.
  1. Panaskan mentega. Masukkan terigu. Aduk sampai menggumpal. Tuangkan susu. Aduk sampai menjadi adonan nan licin. Bubuhi garam dan merica. Aduk sampai meletup-letup. Siram ke atas bahan mi lalu oven sampai matang.

***



Cake Wortel

Bahan:

  1. 100 g gula pasir
  2. 75 g gula palem
  3. 175 ml minyak sayur
  4. 3 butir telur ayam, kocok
  5. 140 g wortel nan diserut halus
  6. 100 g kismis
  7. 2 sdt kulit jeruk manis parut

Ayak jadi satu:

  1. 175 g tepung terigu
  2. 2 sdt baking powder
  3. 1 sdt soda kue
  4. 1 sdt kayu manis bubuk
  5. 1/2 sdt pala bubuk

Frosting, Aduk Rata:

  1. 175 g gula bubuk
  2. 2 sdm air jeruk manis

Cara Membuat:

  1. Panaskan oven pada suhu 180 derajat Celsius.
  2. Alasi loyang segi empat 18 cm dengan selembar kertas. Semir dengan margarin, taburi sedikit tepung terigu.
  3. Aduk gula, minyak dan telur hingga gula larut.
  4. Masukkan wortel dan kismis, aduk pelan hingga rata.
  5. Tambahkan campuran terigu, aduk ringan hingga tercampur rata. Adonan menjadi agak encer.
  6. Tuang adonan ke dalam loyang, ratakan.
  7. Panggang dalam oven selama 45 menit hingga matang. Angkat dan dinginkan.
  8. Keluarkan dari loyang. Semprotkan Frosting ke permukaan cake dan biarkan hingga mengeras.
  9. Potong-potong dan sajikan.

***



Sosis Wortel

Bahan:

  1. 1/2 kg kentang
  2. 2 buah wortel, parut kasar
  3. 2 buah telur rebus, diiris-iris kecil
  4. 25 gram mentega
  5. 50 cc susu cair
  6. 2 putih telur, kocok lepas
  7. 150 gram tepung roti
  8. 50 gram keju parut
  9. 75 gram terigu
  10. 5 buah bawang merah, iris halus lalu goreng hingga kering
  11. Garam, merica, penyedap rasa, bubuk pala, dan minyak goreng secukupnya
  12. Saus sambal dan acar ketimun secukupnya

Cara Membuat:

  1. Kupas kentang, potong-potong menjadi beberapa bagian, kemudian goreng hingga kuning. Haluskan kentang nan telah digoreng.
  2. Campur jadi satu kentang, susu, mentega, keju, wortel nan telah diparut, telur rebus, bawang merah goreng, garam, merica, penyedap rasa dan bubuk pala.
  3. Pulungi adonan ini bulat-bulat panjang seperti sosis. Lumuri dengan terigu, putih telur dan gulungkan pada tepung roti. Panaskan minyak, goreng sosis wortel ini hingga kuning dan matang, angkat dan tiriskan.
  4. Hidangkan hangat-hangat sosis wortel dengan saus sambal dan acar ketimuan.

***

advertisements

advertisements