Minuman

Minuman

Kehamilan bagi seorang (calon) ibu ialah masa-masa nan krusial, terutama bagi wanita nan baru pertama kali mengandung. Ada banyak hal nan harus diperhatikan agar ibu dan kandungan bayi dalam kondisi sehat. Mulai dari makanan, nutrisi tambahan, aktivitas keseharian sampai faktor psikis sang ibu. Semua hal itu berpengaruh terhadap kesehatan bayi selama dalam kandungan.



Makanan dan Diet

Asupan makanan dengan kadar nutrisi nan tinggi sudah merupakan harga wafat bagi seorang ibu nan sedang mengandung. Keluhan mual di pagi hari ( morning sickness ), hal nan lazim dialami para ibu hamil pada trimester, atasilah dengan makan porsi kecil dan sering.

Makanlah setiap 4 jam sekali, walaupun sang ibu tak merasa lapar tapi sang bayi memerlukan nutrisi atau makanan nan teratur. Pastikanlah makanan nan Anda makan mengandung asam folat dan zat besi nan sangat dibutuhkan buat pertumbuhan bayi sehat. Bila terasa kurang sebaiknya minumlah vitamin serta susu spesifik bagi ibu hamil secara teratur.

Hindarilah diet nan tak tepat, sebab sebuah penelitian nan dilakukan Pusat Penelitian Primata Nasional, di Beaverton, Oregon menyatakan bahwa "seorang ibu nan makan menu tinggi lemak selama kehamilan cenderung menjadikan bayinya lebih militan atau memiliki kecemasan berlebih".

Sedangkan bagi para ibu nan getol melakukan diet, sebaiknya berhati-hati sebab ibu dengan diet nan jelek bisa menimbulkan kecemasan dan stres kepada bayinya setelah dilahirkan. Gejala kecemasan nan terjadi pada bayi dapat berkurang jika sang ibu berpindah ke pola diet nan baik selama proses kehamilan.

Di samping itu, berhati-hatilah saat makan daging (ayam, ikan atau sapi) dan telur nan dimasak kurang matang atau sebab dikhawatirkan mengandung parasit toksoplasma nan bisa menyebabkan infeksi serius pada janin. Virus toksoplasma ini ditenggarai terdapat dalam daging hewan nan belum matang.

Oleh sebab itu, sebaiknya hindari makanan seperti sushi dan sate nan belum matang pembakarannya. Hindari pula ikan berukuran besar seperti tuna steak dan ikan sea bass, sebab dikhawatirkan mengandung merkuri nan tinggi sehingga bisa menyebabkan kerusakan saraf.

Selain itu, ibu hamil haruslah pandai dalam mencari informasi tentang makanan mana nan akan memberikan asupan nutrisi nan baik buat dirinya dan janin nan ia kandung.

Sebut saja makanan nan bisa mendukung pola kecerdasan otak nan dimiliki oleh si anak kelak. Karena memang terdapat makanan eksklusif nan memang bisa membantu proses pembentukan sel otak sehingga menyebabkan anak nan dikandung lebih pintar.

Makanan tersebut antara lain ialah sayur brokoli. Di dalam sayur brokoli ini terkandung asam folat nan memang mendukung proses pembentukan sel otak. Semakin sering ibu hamil memakan sayur brokoli ini dalam masa kehamilannya maka diharapkan anak nan ia lahirkan akan memiliki taraf kecerdasan otak nan lebih.

Selain sayur brokoli, makanan nan dipercaya bisa mendukung kecerdasan otak bayi ialah dari jenis makanan bahari sebut saja ikan salmon. Ibu hamil memang dianjurkan banyak mengkonsumsi makanan bahari sebab memang makanan bahari banyak mengandung nutrisi dan gizi nan mendukung tumbuh bunga janin di dalam perut si ibu.

Selain memakan makanan nan baik buat perkembangan janin, sudah selayaknyalah ibu hamil juga mengkonsumsi makanan nan bisa membantu kesiapannya dalam mendapatkan bayi.

Misalnya ialah banyak makan buah bengkoang. Karena dalam buah ini terdapat kandungan zat nan membantu buat menyiapkan air susu ibu dengan baik. Sehingga nantinya, ibu hamil nan getol makan bengkoang saat hamil diharapkan ketika sudah melahirkan, ia akan memiliki air susu ibu nan lancar dan cukup buat si bayi.

Selain memperhatikan pola makanan nan diterapkan pada ibu hamil, nan perlu diperhatikan juga ialah beberapa jenis makanan nan sebaiknya dihindari saat seorang wanita hamil. Karena memang ada beberapa jenis makanan nan justru memberikan imbas nan jelek bagi perkembangan bayi di dalam rahim ibu.

Selain itu, semua jenis sayuran dan buah memang baik buat dikonsumsi oleh ibu hamil. Karena sayur dan buah banyak mengandung vitamin dan mineral nan dibutuhkan buat perkembangan bayi.

Beberapa jenis makanan ini ada nan menghambat perkembangan janin atau bahkan membuat perkembangannya tidak sempurna. Ibu hamil sudah sepatutnya buat benar-benar cermat dalam memilih makanan nan akan ia konsumsi. Hal ini dilakukan agar memang apa nan ibu makan memberikan kegunaan nan baik terhadap tumbuh bunga bayi.

Karena memang apa nan dimakan oleh si ibu, memberikan pengaruh nan besar bagi si janin. Ibaratnya ibu akan membangun sebuah bangunan. Ialah nan menentukan semua material penyusun banguanan tersebut.

Demikianlah juga dengan janin, semua makanan nan dimakan oleh si ibu akan menentukan tumbuh bunga dari janin. Jika memang makanan tersebut baik maka akan membuat janin berkembang dengan baik. Dan sebaliknya jika memang makanan nan dikonsumsi oleh si ibu jelek maka tentu akan memberikan imbas nan jelek terhadap si janin.

Jenis makanan nan sebaiknya dihindari oleh ibu hamil ialah semua jenis makanan nan mengandung pewarna buatan, pemanis buatan, penyedap rasa nan hiperbola dan juga mengandung pengawet makanan. Semua jenis makanan ini hanya akan memberikan pengaruh nan jelek terhadap tumbuh bunga janin di dalam rahim ibu.

Terkadang memang sulit bagi si ibu buat menekan keinginannya memakan makanan nan ia sukai walau pun sebenarnya makanan tersebut mengandung zat nan tak baik buat janinnya.

Dalam keadaan seperti inilah seorang ibu haruslah lebih memikirkan tentang perkembangan janin nan ia kandung. Ia harus lebih mengutamakan kesehatannya ketimbang kesenangan sesaat nan diperolehnya saat mengkonsumsi makanan nan ia sukai.



Minuman

Ada empat jenis minuman nan baik bagi ibu hamil, yaitu: air putih, susu, jus buah dan sport drink . Air putih sangat baik buat bagi ibu hamil sebab bisa memperlancar genre darah, sebaiknya diminum sebanyak 2 liter ( 8 gelas) sehari.

Susu merupakan sumber sumber vitamin D dan kalsium terbaik. Selama kehamilan kebutuhan akan kalsium cenderung meningkat. Namun berhati-hatilah dalam mengkosumsi susu, sebab ternyata ada bakteri listeria pada susu nan tak dipasteurisasi. Bakteri Listeria ini bisa menyebabkan infeksi janin, keguguran, kelahiran prematur, dan keracunan dalam darah.

Buah ialah sumber vitamin alami, di samping vitamin dari dokter. Keduanya harus sejalan, jangan mengabaikan salah satu di antaranya. Sedangkan sport drink ialah minuman nan mengandung larutan elektrolit. Sehingga bisa menggantikan ion tubuh di saat berkeringat. Namun perlu diingat, bahwa minuman sport drink bukanlah minuman pengganti air putih, dan bahan pengawetnya tetap berbahaya bagi tubuh.

Hindarilah mengkonsumsi minuman nan mengandung kafein dan alkohol sebab akan berakibat nan sangat jelek pada bayi.



Hindari Mitos Tentang Makanan

Masa ibu hamil memang masa nan rentan dan butuh buat selalu dijaga. Ole sebab itu terdapat banyak mitos nan berkembang tentang makanan apa saja nan boleh dimakan oleh ibu hamil dan makanan nan tidak boleh dikonsumsi.

Namun terkadang, mitos nan berkembang di dalam masyarakat ini banyak sekali nan tidak memiliki dasar ilmu nan jelas. Bahkan justru ada beberapa mitos nan memberikan imbas nan jelek bagi ibu hamil.

Sebut saja mitos menelan telur mentah pada waktu mendekati persalinan. Hal ini dimaksudkan agar si ibu memilki kekuatan nan cukup buat menghadapi persalinan ini terutama tenaga nan cukup buat mengejan.

Sebaliknya dalam ilmu kedokteran, ibu hamil dilarang buat memakan telur mentah dan semua jenis makanan olahan nan berasal dari telur mentah. Hal ini dikarenakan telur entah masih mengandung kuman penyakit. Dalam proses pematangan telur saat dimasak, semua kuman dimatikan. Sedangkan jika telur masih mentah, tak ada usaha buat membunuh kuman tersebut.

Oleh sebab itu, menjadi seorang ibu memang haruslah dibekali dengan ilmu nan cukup. Ibu harus benar-benar memiliki ilmu nan benar. Ilmu ini diperlukan buat menyiapkan dalam proses mendidik dan membesarkan anak. Jika ibu memiliki ilmu nan salah maka nan dilakukan dalam proses pendidikan anak pun akan ikut salah.

Terlebih dalam keadaan ibu masih hamil, ibu memang harus pntar-pintar dalam memilih asupan krusial bagi kandungan bayinya. Hal ini dimaksudkan agar bayi di dalam rahim bisa tumbuh dengan optimal dan maksimal.

advertisements

Tips Sehat

advertisements