Menggoreng Martabak

Menggoreng Martabak

Siapa nan tak pernah mencicipi martabak telor. Rasanya nan khas, lezat, dan bikin adiksi. Tak cukup hanya makan satu bagian. Martabak telor dapat dibilang jajanan wajib di setiap rumah. Tak sekadar masakan ringan, makanan ini juga dapat dijadikan lauk. Dikonsumsi sebagai makanan ringan bisa, sebagai teman makan nasi juga nikmat. Jika Anda kebetulan mencari informasi cara membuat martabak telor , dalam uraian ini akan dijabarkan secara ringkas.

Mengapa disebut hanya dalam tiga langkah? Sebab memang hanya tiga termin dalam cara membuatnya, yaitu untuk kulitnya, untuk adonannya (isi), dan terakhir tinggal menggorengnya saja. Hanya itu tak lebih.

Jika selama ini Anda membayangkan membuat masakan ini susah atau sulit, buang semua asumsi itu. Tak hanya soal cara membuat, bahan-bahannya pun mudah sekali didapat.

Tak perlu ke supermaket, sila tuju pasar terdekat buat hunting segala bahan nan diperlukan. Sudah tidak sabar ingin membuat martabak telor? Mari kita lakukan bersama selangkah demi selangkah.



Kulit Martabak Telor

Martabak telor dibedakan jadi dua bahan utama, yaitu kulit dan isi. Untuk kulit tak miliki syarat-syarat khusus. Ini beda dengan isi. Niscaya Anda pernah mendapati harga martabak nan bervariasi.

Semakin tebal sebuah martabak, maka harganya semakin mahal. Kian mahalnya harga dipengaruhi oleh isi. Sebut saja jumlah telor. Nah, buat kulit martabak sendiri tak terkait dengan itu. Sebelum memulai membuat kulit martabak Anda harus menyiapkan beberapa bahan sebagai berikut.

  1. Siapkan tepung terigu kurang lebih 200 gram. Pilih nan miliki protein tinggi.
  1. Siapkan air sekitar 170 mililiter.
  1. Siapkan garam satu sendok teh.
  1. Siapkan minyak goreng buat adonan dan untuk menggoreng.

Nah jika semua bahan-bahan di atas telah disiapkan, maka tinggal mulai proses pembuatan kulit martabak. Ikuti langkah-langkah berikut ini.

  1. Campur semua bahan di atas dan aduk merata hingga kalis. Kemudian bulatkan adonan kulit tersebut dan olesi dengan minyak . Diamkan kurang lebih selama sepuluh menit.
  1. Langkah selanjutnya ialah menimbang kulit martabak. Untuk satu adonan kulit martabak kira-kira 30 gram. Setelah ditimbang dan dipisahkan satu demi satu, kembali diamkan kurang lebih selama dua jam dan olesi minyak.
  1. Malas membuat kulit martabak? Anda dapat membeli kulit martabak instan di supermarket. Cara praktis lainnya dengan memanfaatkan kulit lumpia goreng.


Adonan Isi Martabak Telor

Di awal telah disinggung jika isi martabak sangat variatif sinkron dengan harganya. Contoh kecil harga martabak di Jogja di kisaran 15 ribu hingga 25 ribu. Makin mahal umumnya makin tebal isinya.

Tebal tipisnya isi martabak dikarenakan isinya nan menggemuk. Misalkan, saja martabak telor seharga 25 ribu miliki jumlah telor bebek hingga empat butir plus isi daging nan lebih banyak.

Nah, cara membuat martabak telor buat adonan di sini akan disesuaikan dengan resep standar. Jika Anda ingin membuat isi martabak lebih tebal sila tambah saja takarannya. Berikut langkah-langkahnya.

  1. Siapkan telor bebek sebanyak dua buah.
  1. Siapkan daging ayam cintang 250 gram. Anda dapat menggantinya dengan daging sapi.
  1. Cincang halus bawang merah dua siung.
  1. Cincang halus bawang putih empat siung.
  1. Iris halus satu buah cabe merah.
  1. Cintang halus daun bawang satu batang.
  1. Siapkan lada bubuk setengan sendok teh.
  1. Dan, terakhir siapkan garam secukupnya.

Jika semua bahan di atas telah siap kita dapat segera mulai proses membuat adonan martabak. Lakukan beberapa langkah berikut.

  1. Tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum.
  1. Masukkan, kemudian daging ayam atau sapi, cabe, lada, dan garam lalu aduk rata.
  1. Jika daging sudah matang angkat dan tiriskan. Diamkan sejenak.

Adonan di atas nantinya akan dicampur dengan telor bebek saat martabak akan digoreng. Jangan mencampurnya sekarang. Campur bahan ini ketika akan mulai proses menggoreng .

Jika Anda segera mencampurnya dan ternyata menggoreng martabak lusa, maka adonan ini akan sayang. Meski dapat disimpan di lemari es, namun bila telah tercampur, maka rasanya akan lain. Tercium bau amis (telor).



Menggoreng Martabak

Nah, ketika telah memutuskan akan menggoreng martabak sila campur dua telor bebek dengan adonan daging isi martabak tadi. Langkah selengkapnya sebagai berikut.

  1. Kocok dua telor bebek dengan isi adonan. Pastikan Anda mencampurnya dengan merata.
  1. Ambil satu buah kulit martabak nan telah dibuat dan tipiskan. Anda dapat menggunakan nampan masak atau meja. Pastikan terlebih dahulu meja tersebut bersih. Tipiskan kulit martabak ini setipis-tipisnya. Jika sudah dirasa cukup lalu tuangkan isi adonan secukupnya.
  1. Apabila sudah dituangkan kemudian lipat kulit martabak tersebut. Bentuk persegi dan pastikan tepi kulit tertutup rapat. Jika proses melipat selesai, maka tinggal menggorengnya saja dalam minyak panas.

Anda niscaya pernah mendapati wajan penjual martabak berbeda dengan wajan nan dimiliki di dapur. Wajan mereka pipih dan tipis, namun lebar. Wajan ini memang dedesain spesifik buat menggoreng martabak.

Anda tidak perlu mencari peralatan masak tersebut. Pakai wajan biasa atau teflon pun dapat dengan catatan buat ukuran martabak nan berbeda. Jika menggoreng martabak di wajan normal, maka jangan untuk kulit martabak terlalu besar atau lebar, juga dengan isinya.



Saus Martabak

Tidak semua penjual martabak menyajikan masakan ini ditemani saus. Umumnya hanya acar mentimun dan cabe rawit hijau. Jika Anda ingin membuat saus, langkahnya sama mudahnya dengan cara membuat martabak telor. Siapkan dahulu bahan-bahan berikut ini.

  1. Siapkan dua sendok makan kecap asin.
  1. Siapkan satu sendok teh air asam jawa.
  1. Siapkan gula dan garam secukupnya.
  1. Siapkan satu sendok makan saus tomat.
  1. Siapkan satu sendok makan sambal instan (botol).
  1. Siapkan irisan mentimun secukupnya.
  1. Dan, nan terakhir siapkan dua sendok makan air.

Jika semua bahan-bahan di atas telah disiapkan tinggal mencampurnya saja menjadi satu. Pastikan Anda aduk dengan merata dan tepatkan di sebuah wadah. Untuk irisan mentimun jangan dijadikan satu dengan saus.

Mentimun ini sebagai penyegar karena posisinya sebagai acar. Jika semua sudah siap tinggal menyajikannya bersama martabak telor nan telah digoreng tadi.



Tips Cara Memilih Telor Bebek

Bagian ini di luar dari uraian bagaimana membuat martabak telor. Salah satu bahan terpenting dalam membuat martabak ialah telor bebek. Jika Anda tidak lihai dalam memilih telor bebek, maka dalam proses memasaknya nanti juga tak akan maksimal. Berikut disajikan tiga tips bagaimana memilih telor bebek secara sederhana.

  1. Pilihlah telor bebek nan miliki rona khas biru kehijauan. Selain itu, perhatikan pula kecerahan warnanya. Jangan pilih nan kusam namun, pilihlah nan bersih.
  1. Telor bebek mempunyai karakteristik sama dengan telor itik, miliki kulit nan tebal. Jadi, pilihlah telor dengan ketebalan nan sempurna. Coba Anda bandingkan kulit telor bebek dan ayam, sangat beda bukan?
  1. Cara nan terakhir guncanglah telor terpilih. Jika mengeluarkan suara, maka kemungkinan besar kuning telor telah busuk. Jangan pilih telor tersebut.

Demikian cara membuat martabak telor nan bisa Anda praktekan di rumah bersama keluarga Anda. Cukup mudah bukan? Semoga resep tersebut bermanfaat. Selamat mencoba.

advertisements

Tips Sehat

advertisements