untuk Kesehatan Tubuh

untuk Kesehatan Tubuh

Ketika membayangkan buah semangka, niscaya nan terpikirkan ialah rasanya nan segar dan manis. Buahnya nan berbentuk bulat besar sangat nikmat dikonsumsi siang hari. Tanaman semangka termasuk buah-buahan tropis nan berada pada dataran rendah dan beriklim basah. Kandungan semangka sangat bermanfaat bagi tubuh.

Di Indonesia, tanaman semangka banyak terdapat di Indramayu, Cirebon, Madiun, Klaten, Madura, Malang, dan Lombok. Perkembangan tanaman semangka termasuk jenis buah-buahan nan berkembang cepat sekali. Rasa buahnya manis, segar, berair banyak, dan digemari oleh semua lapisan masyarakat.

Tanaman semangka bersifat menjalar, mempunyai alat pemegang seperti pilin. Permukaan tanaman pada batang dan daunnya tertutup bulu-bulu halus dan tajam. Ukuran buahnya besar, bisa mencapai 5 kg, dan daging buah berwarna merah atau kuning.

Mengonsumsi semangka memberikan sensasi tersendiri bagi tubuh. Semangka sangat baik dikonsumsi buat menghilangkan kehilangan cairan tubuh nan mendera tubuh manusia. Kehilangan cairan tubuh biasanya menimbulkan pembengkakan pada perut sehingga tubuh menahan lebih banyak air. Kandungan air dalam semangka bisa mengembalikan kesegaran.



Kandungan Semangka

Kandungan semangka memiliki lycopene nan juga terdapat pada tomat. Semangka mempunyai kandungan lycopene lebih besar dari jenis buah dan sayuran lainnya. Keberadaan lycopene dalam semangka sangat menguntungkan bagi tubuh manusia.

Lycopene merupakan antioksidan nan dapat mencegah dan mengurangi berbagai macam kanker, khususnya kanker prostate. Bahkan, lycopene menjadi antioksidan nan membantu melawan penyakit jantung.

Sebagai makanan diet nan ideal dan tepat, semangka termasuk buah rendah kalori dan bebas lemak sehingga menjadi jenis buah nan sangat disarankan buat diet ideal. Selain itu, semangka dapat menjadi buah alternatif buat tambahan asupan multivitamin sebab mengandung vitamin A, vitamin B6, dan vitamin C.

Vitamin A sangat baik buat kesehatan mata. Mengonsumsi buah nan mengandung vitamin A secara teratur bisa mencegah rabun senja. Vitamin B6 dalam buah bisa membantu tubuh dalam memproduksi unsur senyawa kimia pada otak, seperti serotonin, melatonin, dan dopamin.

Vitamin C membantu tubuh menguatkan sistem kekebalan buat melawan kuman nan menyebabkan infeksi dan virus, membantu kesehatan gigi dan gusi, mencegah kerusakan sel-sel dampak radikal bebas, serta menyembuhkan luka.

Dengan mengonsumsi dua cangkir semangka nan sudah dipotong setiap harinya, Anda sudah mendapatkan asupan vitamin dan mineral nan sangat dibutuhkan oleh tubuh. Dua cangkir semangka nan Anda konsumsi diolah menjadi sumber energi dan potasium.

Sumber potasium bisa membantu tubuh dalam memelihara taraf kadar elektrolit dan kadar ekuilibrium asam-basa serta bisa menurunkan risiko tekanan darah tinggi. Bahkan, tak kalah krusial dari itu, potasium juga bisa membantu fungsi kerja otot dan saraf.



Kandungan Semangka buat Kesehatan Tubuh

Semangka terkonsentrasi dengan vitamin B. Vitamin B bertanggung jawab buat memperbanyak produksi energi tubuh Anda. Ini berarti makan semangka bisa memberikan Anda energi besar.

Buah ini juga memiliki jumlah magnesium nan tinggi, pula nutrisi nan memberikan energi dari kalium. Makan semangka merupakan alternatif nan kondusif buat pengganti minuman energi sebelum latihan. Daripada meminum minuman energi nan banyak kafeinnya.

Memasukkan kandungan semangka ke dalam menu makanan Anda bisa membantu mencegah dan melawan kanker. Hal ini sebab profil nan kaya antioksidan.

Antioksidan semangka nan sangat terkonsentrasi dan membunuh kanker penyebab radikal bebas. Juga membantu mencegah kanker jantung dan usus. Dari semua kegunaan kesehatan semangka, antioksidan ini mungkin ialah salah satu nan paling signifikan.

Oleh karenanya, sudah pula segar dan bermanfaat, pilihlah semangka sebagai teman di siang hari nan terik dan selamat menikmati kesegarannya. Dalam 1 hari, Anda tak perlu mengonsumsi 1 buah besar semangka. Idealnya, makanlah 1/8 sampai 1/2 buah semangka setiap hari. Jika dikonsumsi secara teratur, tubuh Anda akan menjadi lebih sehat dan bugar, dan kulit Anda menjadi semakin cantik.



Kandungan Semangka buat Kecantikan

Tidak hanya dapat dikonsumsi, khasiat semangka juga dapat dirasakan oleh kulit dan rambut dengan mengolesinya. Kandungan air dalam semangka menyegarkan kulit dan antioksidannya baik buat menangkal radikal bebas.

Belum lagi aromanya nan sedap dan menyegarkan dapat menjadi wahana relaksasi. Semangka nan kaya vitamin A, B, dan C ini juga tentu sangat bermanfaat buat kesehatan dan kecantikan kulit.

Karena majemuk kandungan dan manfaatnya itulah banyak produsen kosmetik perawatan kulit mengolah semangka menjadi berbagai jenis kosmetik. Beberapa di antaranya ialah masker, pelembab bibir, dan sebagainya. Jika Anda ingin merasakan kegunaan semangka secara alami, caranya tak sulit. Ini dia beberapa cara menikmati kesegaran dan kegunaan buah semangka di permukaan kulit Anda.



1. Masker Semangka

Inilah cara paling mudah mengolah semangka sebagai kosmetik perawatan alami. Siapkan daging buah semangka secukupnya lalu haluskan. Bubuhkan ke paras nan sudah dibersihkan lalu diamkan selama kurang lebih 15 menit. Bilas dengan air hangat dan sudahi dengan air dingin.



2. Pasta Semangka

Siapkan daging buah semangka secukupnya, yoghurt tawar, dan juga susu bubuk. Olah semangka menggunakan blender sampai benar-benar lembut lalu campur dengan yoghurt dan susu bubuk.

Pastikan jumlahnya seimbang satu sama lain, hingga terbentuk sebuah campuran pasta nan siap dioleskan ke wajah. Selanjutnya, bersihkan muka Anda dan keringkan lalu oleskan pasta semangka secara merata. Biarkan menyerap selama 15 menit kemudian basuh dengan air bersih.



3. Masker Kulit dalam Semangka

Tidak hanya dagingnya, kulit dalam semangka (lapisan putih di bawah dagingnya) juga bermanfaat. Kandungan antioksidan di dalamnya lebih banyak daripada di dalam daging. Cara membuat masker ini, jemur kulit semangka sampai benar-benar kering lalu hancurkan sampai menjadi bubuk.

Sediakan 1 batang lidah buaya (ukuran sedang) dan 1 buah mentimun, lumatkan keduanya menggunakan blender. Masukkan 2 sendok makan bubuk kulit semangka ke dalam jus tersebut lalu aduk rata sampai menjadi masker. Oleskan ke kulit paras nan higienis dan diamkan kurang lebih 15 - 20 menit. Bilas dengan air bersih.



4. Masker Semangka Madu

Daging semangka dan madu ialah perpaduan nan sehat bagi kulit. Siapkan sepotong daging semangka, buang bijinya, lalu lumatkan daging semangka tersebut. Tambahkan 1 sendok makan madu murni dan 1 sendok makan air jeruk nipis ke dalamnya. Aduk sampai rata kemudian oleskan ke paras nan sudah dibersihkan. Biarkan menyerap selama 15 menit lalu bersihkan dengan air dingin.



5. Kulit Semangka buat Rambut Rontok

Selain menyehatkan dan mempercantik kulit, kulit bagian dalam semangka (yang berwarna putih) juga baik buat kesehatan rambut nan rontok. Cara penggunaannya pun mudah, tak perlu menjadikannya masker atau pasta. Cukup gosokkan kulit semangka tersebut ke kulit kepala setiap kali akan tidur malam hari, kemudian tutup kulit kepala dengan shower cap .

Biarkan semalaman lalu bersihkan dengan sampo pagi harinya. Selain menyembuhkan kerontokan, kulit semangka juga akan membuat rambut terlihat lebih sehat dan berkilau.



Manfaat Lain Buah Semangka

Sebagai fakta, asupan tinggi vitamin C dan beta-karoten telah terbukti dalam sejumlah studi ilmiah buat mengurangi risiko penyakit jantung, mengurangi kejang saluran napas nan terjadi pada asma, mengurangi risiko kanker usus besar, dan mengurangi beberapa gejala osteoarthritis dan rheumatoid arthritis . Secangkir semangka menyediakan 21% dari nilai harian buat vitamin C, dan, melalui karotenoid, 17% buat kebutuhan vitamin A.



1. Semangka dan Green Tea Mencegah Kanker Prostat

Memilih buat secara teratur makan makanan nan kaya lycopene buah-buahan, seperti semangka, dan minum teh hijau sangat mungkin mengurangi risiko pria terkena kanker prostat, menunjukkan penelitian nan dipublikasikan Asia Pacific Journal of Clinical Nutrition .

Dalam studi kasus-kontrol nan melibatkan 130 pasien kanker prostat dan 274 orang nan kontrol di rumah sakit, pria minum teh paling hijau ditemukan memiliki penurunan risiko 86% dari kanker prostat dibandingkan, buat mereka nan minum lebih sedikit.



2. Produksi Energi Semangka

Semangka kaya akan vitamin B nan diperlukan buat produksi energi. Semangka juga memenuhi syarat sebagai sumber nan sangat baik dari vitamin B6 dan sumber vitamin B1, magnesium, dan kalium.

Bagian ini merupakan peringkat tingginya semangka sebab kekayaan nutrisi dapat dibandingkan dengan buah lainnya. Kelebihan lain, sebab makanan ini memiliki kandungan air nan lebih tinggi dan kandungan kalori lebih rendah dari buah-buahan lainnya.



3. Konservasi Terhadap Degenerasi Makula

Dalam penelitian ini, nan melibatkan lebih dari 110.000 wanita dan pria, peneliti mengevaluasi imbas konsumsi studi peserta buah-buahan, sayuran, vitamin antioksidan A, C, dan E, dan karotenoid pada pengembangan ARMD awal atau neovascular ARMD, lebih parah bentuk penyakit nan terkait dengan kehilangan penglihatan.

advertisements

Tips Sehat

advertisements