Fungsi Tubuh

Fungsi Tubuh

Dua tahun nan lalu atau pada akhir tahun 2008, Badan Pengawas Obat dan Makanan (POM) pernah mengeluarkan public warning dan menarik tidak kurang dari 20 produk suplemen makanan dan obat tradisional nan diduga mengandung bahan kimia aktif.

Kabar ini sempat membuat heboh dan menjadikan masyarakat risi terhadap berbagai jenis suplemen nan belakangan marak beredar di tengah masyarakat. Banyaknya jenis suplemen makanan nan dijual bebas, memang tak mudah buat memilih. Manfaat dan kegunaannya pun sangat majemuk dengan kandungan nan sangat bervariasi.

Ada suplemen makanan nan spesifik hanya mengandung vitamin C takaran tinggi, ada pula suplemen spesifik buat menjaga kecantikan wanita, hingga suplemen buat meningkatkan stamina pria.



Faktor Bisnis

Perlukah kita mengkonsumsi suplemen makanan? Tidak sedikit pertanyaan semacam ini muncul dari masyarakat nan belum mengetahui manfaat suplemen.

Namanya juga suplemen atau pelengkap, tentunya tidak diperlukan kalau konsumsi makanan dan asupan gizi kita sudah cukup. Apalagi kalau kita sudah menerapkan makanan gizi seimbang dengan pola 4 sehat 5 sempurna, tambahan suplemen sama sekali tidak ada manfaatnya.

Banyaknya jenis suplemen nan beredar saat ini, sebenarnya lebih didorong oleh besar peluang bisnis nan timbul dari perubahan pola hayati modern. Semakin tingginya dinamika hayati dengan majemuk tekanan pekerjaan, menyebabkan orang menjadi kurang berolah raga dan kurang memperhatikan asupan makanannya.

Akibatnya kebutuhan gizi buat tubuh pun kurang. Karena itulah suplemen makanan diperlukan buat memenuhi dan melengkapi kekurangan asupan gizinya. Meskipun demikian, tambahan suplemen tak boleh dikonsumsi sembarangan dan hiperbola sebab bisa memberikan imbas jangka panjang nan kurang baik buat tubuh.

Pemahaman masyarakat terhadap kegunaan maupun pentingnya suplemen harus diberikan secara proporsional. Para produsen suplemen bertanggung jawab terhadap ekuilibrium informasi nan ditampilkan melalui iklan-iklannya.



Fungsi Tubuh

Tubuh, secara alami, sebenarnya sudah memiliki prosedur dan sistem imunisasi sendiri nan cukup canggih. Bahkan tubuh pun bisa mengeluarkan dan menghasilkan berbagai zat nan dibutuhkan suatu jaringan tubuh nan mengalami agresi dari luar.

Pada sisi lain, buat mencukupi kebutuhan gizinya, tubuh juga membutuhkan asupan makanan dari luar. Dalam interaksi ini, buah-buahan dan sayuran merupakan sumber mineral dan protein nan krusial buat tubuh.

Sebenarnya dengan mengkonsumsi makanan, sayuran, maupun buah-buahan nan penuh gizi, kita tak perlu mengkonsumsi suplemen makanan. Asupan gizi nan hiperbola justru tak baik buat tubuh dan bisa menimbulkan defisiensi gizi.

Over gizi tak lebih baik kondisinya dari pada kekurangan gizi. Bahkan kedua kondisi ini bisa menyebabkan daya tahan tubuh menurun dan memudahkan penyakit buat menyerang.

Yang justru lebih krusial diperhatikan ialah ekuilibrium tubuh terhadap kebutuhan gizinya. Untuk itu sebelum mengkonsumsi suatu jenis suplemen makanan tertentu, seandainya memang perlu sekali, terlebih dahulu kita harus mengenal tubuh kita secara baik. Apakah sahih kita membutuhkan tambahan asupan gizi.

Selain itu, kalau kita sudah cukup mengkonsumsi buah-buahan ataupun sayuran nan lebih alami, mengapa kita mencari produk protesis pabrik ?



Vitamin C nan Tidak Hanya Sehat Tapi Cantik

Vitamin C atau suplemen makanan nan mengandung vitamin C , selain buat kesehatan dan menjaga stamina tubuh juga dapat membuat kulit kita tampak lebih kenyal. Meski terkenak sebagai vitamin nan mampu memberi energi tambahan buat tubuh, ternyata vitamin C memiliki nilai tambah.

Vitamin C merupakan salah satu vitamin nan larut dalam air dan dikenal dengan nama lain asam askorbat. Manfaatnya nan lain ialah membantu penyerapan zat besi, sebagai antioksidan, meningkatkan pembuangan feses, dan mencegah gusi berdarah.

Sumber terbaik vitamin C banyak didapat dari buah-buahan berwarna kuning atau nan rasanya asam. Misalnya jeruk, tomat, arbei, strawberry. Vitamin C juga ada dalam sayur-sayuran seperti asparagus dan kol. Sumber hewaninya ialah susu, mentega, kentang, ikan dan hati.

Asupan vitamin C atau asupan suplemen makanan ini tergantung dari gaya hayati nan Anda lakukan sehari-hari. Contohnya, seorang perokok memerlukana asupan vitamin C lebih banyak dari nan bukan perokok. Pasalnya kandungan racun di dalam rokok bisa menurunkan kadar vitamin C di dalam darah sebanyak 25 persen.

Secara umum, asupan nan dianjrkan sebesar 75-2000 mg per hari, sinkron kebutuhan. Namun, wanita nan sedang hamil tak boleh mengasup vitamin C lebih dari 5000 mg per hari. Jika dikonsumsi berlebihan, janin dapat ketergantungan vitamin C.



Suplemen Makanan sebagai Nutrisi buat Tulang

Wanita memiliki risiko terkena osteoporosis lebih tinggi ketimbang pria. Namun osteoporosis dapat dicegah dengan nutrisi dari suplemen makanan nan baik dan latihan olahraga.

Kuncinya ialah cukup asupan nutrisi nan mendukung kesehatan tulang. Dalam hal ini nan berperan ialah kalsium, magnesium dan vitamin D. Ketiga nutrisi tersebut nan dapat mempertahanakn kondisi tulang kita tetap sehat dan baik.

Untuk mendapatkan nutrisi untuk tulang kuat tak perlu mengonsumsi suplemen nan terbuat dalam bentuk kapsul atau obat. Anda dapat mendapatkan kebutuhan buat kesehatan tulang ini dari beberapa suplemen makanan berikut ini.



Kalsium

Rekomendasi harian bervariasi mulai dari 400 hingga 1.200 mg per hari. Sumber kalsium terbaik ada dalam produk susu, sayuran hijau, oatmeal dan padi-padian, tahu, kol, bawang putih, kacang hijau, rumput laut. Kalsium diserap seacar perlahan dan tubuh kita tak dapat menyerap lebih dari 500 mg dalam satu waktu.



Magnesium

Rekomendasi harian buat magnesium ialah 500 hingga 800 mg per hari. Kalsium dan magnesium akan saling membantu dalam penyerapannya bila terdapat dalam jumlah nan cukup dan seimbang. Sumber nan baik dari magnesium ialah sayuran berdaun hijau, brokoli, ikan pecak, mentimun, kacang hijau, seledri, dan berbagai benih, termasuk labu, wijen kembang matahari, dan biji rami.



Vitamin D

Rekomendasi harian 400 hingga 1000 UI setiap harinya. Vitamin D dapat didapat dari gambaran sinar matahari langsung selama setengah jam, dan juga dari makanan serta suplemen makanan lainnya. Salmon ialah sumber vitamin D nan baik. Sumber lain termasuk udang, susu nan diperkaya vitamin D, minyak ikan dan telur.



Asupan Vitamin K buat Tubuh

Vitamin Ksangat berperan dalam proses pembekuan darah dan juga berperan krusial dalam proses pembentukan tulang bersama kalsium dan vitamin D. Kekurangan vitamin K bisa menyebabkan gangguan pembekuan darah sehingga menyebabkan perdarahan nan sulit membeku.

Bayi nan baru lahir sangat mudah mengalami perdarahan sebab sistem pencernaan bayi nan baru lahir masih steril dan tak mengandung bakteri nan bisa mensintesis vitamin K sementara air susu ibu mengandung hanya sejumlah kecil vitamin K. Untuk itu bayi diberi sejumlah vitamin K saat lahir buat mencegah kekurangan vitamin K.

Vitamin K punya fungsi buat membantu proses dari pertumbuhan tulang, terutama buat bayi, anak dan remaja. Selain itu vitamin ini juga dapat mempercepat proses pembekuan darah bila terjadi luka di tubuh dan mengeluarkan darah.

Sehingga bila kita terkena luka dan darah nan mengucur tak cepat membeku, maka sering dijadikan pertanda bila kita kekurangan vitamin K. Dan bila pendarahan tersebut sering terjadi dapat menimbulkan dampak nan lain, yaitu kekurangan darah atau anemia.

Kegunaan vitamin K nan lain ialah buat mengobati penyakit kanker. Beberapa hasil penelitian kesehatan menunjukan, bila vitamin K dikonsumsi melebihi takaran nan diperlukan oleh tubuh akan mengakibatkan imbas nan lain yaitu proses penyembuhan penyakit kanker jenis eksklusif dapat menjadi lebih cepat.

Makanan nan mengandung banyak vitamin K ialah sayuran nan berwana hijau seperti bayam, kangkung, daun singkong dan lain-lain. Selain itu telur nan diambil kuningnya saja juga bagus buat dikonsumsi agar tubuh lebih mudah menghasilkan vitamin K.

Sumber vitamin K nan lain ialah kedelai. Untuk mendapatkan kedelai, bila tak terlalu suka memakannya secara langsung dapat menggunakan cara nan lain. Tentu semua masyarakat di Indonesia sangat akrab dengan makanan tahu dan tempe. Dua jenis makanan ini bahan utamanya ialah kedelai.

Tahu dan tempe dapat dimasak dengan berbagai macam menu sehingga tak mudah bosan. Dari dua jenis makanan inilah kita dapat mendapat sumber vitamin K nan cukup banyak.

Selain sayur dan kedelai, kacang-kacangan juga dapat dijadikan alternatif lain buat mendapatkan suplemen vitamin K. Hampir semua jenis kacang kandungan vitamin K nya cukup banyak.

Contohnya ialah kacang tanah. Meski sering dikatakan dapat membuat jerawat menjadi lebih sering muncul di wajah. Namun kacang ini juga tak dapat dipandang sebelah mata jika kita ingin memperoleh vitamin K bagi tubuh.

Agar dapat mengurangi imbas nan tak bagus di wajah, dapat diakali dengan cara lain. Yaitu jangan mengkonsumsi kacang secara langsung apalagi dengan cara digoreng. Salah satunya ialah kacang tersebut dapat dibuat selai dan dicampur dengan roti. Setelah itu baru disantap.

advertisements

Tips Sehat

advertisements