Ragam Manfaat Wortel

Ragam Manfaat Wortel

Sebenarnya sejak kapan tanaman wortel identik dengan kelinci? Apakah sejak kemunculan Bugs Bunny, salah satu karakter serial kartun terkenal dari Amerika Perkumpulan yakni Looney Tunes? Atau memang sebab wortel sejatinya ialah makanan favorit dari hewan imut, lucu dan menggemaskan itu?



Bugs Buny, Penyuka Wortel

Pertama tayang pada 1930 hingga selesai proses produksi tahun 1969, Bugs Bunny jadi karakter kartun nan menghiasi serial Looney Tunes. Selain karakter penyuka wortel itu, ada karakter lain nan tidak kalah menariknya seperti Bosko, Buddy, Daffy Duck, Porky Pig, Elmer Fudd, Sylvester, Marvin the Martian, Tweety, Taz, Wile E. Coyote, Road Runner, Foghorn Leghorn, Yosemite Sam, Pepé Le Pew, dan Speedy Gonzales.

Khusus Bugs Bunny, ia digambarkan sebagai seekor kelinci nan cerdik, lincah, tak mudah putus asa, dan jahil. Punya logat bicara campuran New York Brooklyn dan Bronx, serta kalimat khas nan sering ia ucapkan, yaitu ""What's up, Doc?". Bugs Bunny juga digambarkan punya makanan favorit. Makanan itu selalu ia bawa ke mana-mana. Apa itu makanannya? Tentu saja wortel.

Mungkin dari sinilah timbul kesamaan di pemikiran banyak orang jika disebut kata kelinci, niscaya nan terbayang langsung ialah wortel. Atau sebaliknya, bila melihat wortel, maka segera dikaitkan dengan karakter kartun Bugs Bunny nan doyan dengan tanaman berwarna jingga tersebut.

Padahal, makanan kelinci bukan hanya wortel. Masih banyak nan lainnya, seperti pellet (makanan protesis dari pabrik), bekatul, bungkil kelapa, bungkil kacang tanah, ampas tahu atau gaplek, ketela pohon, daun-daunan dan rumput-rumputan. Untuk daun-daunan, lazimnya berupa daun pepaya, daun legetang, daun pisang, daun rambanan, daun ketela pohon, daun kangkung, dan daun lontop (daun umbi jalar).

Banyak bukan makanan nan dapat disantap oleh kelinci? Tetapi sebab pengaruh karakter Bugs Bunny nan menyukai wortel, maka hanya tumbuhan jenis sayuran umbi itu nan lebih dikenal sebagai makanan kelinci. Seakan-akan tak ada lagi makanan nan biasa dimakan dan disukai oleh kelinci.



Ragam Manfaat Wortel

Nah, kembali ke perbincangan mengenai wortel, ternyata ada baiknya juga kehadiran Bugs Bunny nan digambarkan menyukai wortel. Jika dilihat dari aspek kesehatan, wortel termasuk makanan nan kaya dengan manfaat. Bukan hanya mengandung vitamin dan mineral sehingga baik bagi kesehatan, wortel pun dapat jadi bahan penyembuh secara alami ketika tubuh terserang penyakit.

Bernama latin Dacus carota, wortel memang melimpah dengan kandungan manfaat. Spesifik bagi kesehatan, siapa nan tidak terpukau ketika mengetahui kandungan kimia wortel nan komplit.

Tak hanya banyak, tapi wortel juga mengandung unsur-unsur krusial bagi tubuh. Sebut saja gula, karoten, pectin, apspagin, vitamin komplit mulai dari A, B, C, D, E, dan K, serat, lemak, hidrat, arang, kalsium, fosfor, besi, sodium, asam amino, minyak esensial dan beta karoten.

Mengonsumsi wortel berarti mengonsumsi makanan kesehatan alami. Bebas dari kandungan kimiawi seperti makanan kesehatan olahan pabrik nan cenderung merusak tubuh. Menjadikan wortel sebagai makanan sehari-hari itu artinya:

  1. memperkecil kemungkinan terkena penyakit mematikan seperti kanker, hipertensi, menurunkan demam
  2. antioksidan terbaik
  3. mengatasi gangguan amandel tanpa operasi, gangguan pernapasan seperti ISPA
  4. meningkatkan vitalitas atau imunitas tubuh
  5. memperhalus kulit dan masalah kulit lainnya
  6. menyembuhkan luka bakar
  7. menyembuhkan batuk nan bandel
  8. mengatasi masalah kemandulan
  9. mengurangi nyeri haid bagi perempuan
  10. merawat kesehatan atau gangguan mata seperti rabun senja dan penglihatan lemah
  11. menurunkan kolestrol
  12. dan memperlancar susah buang air (sembelit) sebab kandungan serat nan tinggi pada wortel.

Wow! Banyak sekali kegunaan dari wortel. Jadi, bagi Anda nan tak menyukai wortel, jangan mau kalah dengan Bugs Bunny. Karakter kartun terkenal itu menyukai wotel sebab tidak hanya gambaran rasanya nan manis plus tekstur renyah, tapi wortel pun teramat kaya dengan kegunaan bagi tubuh.



Mengolah Wortel Menjadi Obat Herbal

Lalu, bagaimana caranya agar wortel efektif menyembuhkan atau menangkal majemuk penyakit? Apakah cukup hanya dengan mengonsumsinya lansung sebagai cemilan seperti Bugs Bunny? Atau dimasak sebagai sayur mayur dan jadi menu makanan sehari-hari?

Jawabannya ialah kedua-duanya, yaitu mengonsumsi wortel sebagai cemilan atau dimasak sebagai sayur mayur, tetap memberikan manfaat. Apalagi jika wortel nan disantap ialah wortel berkualitas, yaitu berwarna agak muda dan terang. Tetapi, kegunaan wortel terutama buat penyembuhan akan jauh lebih efektif jika kita mengetahui cara mengolahnya.

Berikut ini beberapa cara praktis nan menggunakan wortel buat menyembuh penyakit. Dan lupakan pemakaian obat-obatan kimia nan punya imbas negatif bagi tubuh. Karena pemakaian obat-obatan akan membebani kerja hati buat mengurai 'racun' dalam setiap dosis produk kimia tersebut.



1. Mengolah Wortel Untuk Mengatasi Hipertensi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi ialah jenis penyakit degeneratif. Yaitu penyakit nan lazim dialami oleh mereka nan usianya beranjak menua (usia 40 atau 50 tahun ke atas). Nah , wortel dapat jadi penyembuh bagi penyakit khas orang tua ini.

Caranya, pilih wortel nan masih segar sebanyak 500 gram, lalu cuci higienis dan pangkas kecil-kecil. Masukkan ke blender , campur dengan sedikit air matang. Setelah selesai diblender, saring dan minum segera. Rasanya mungkin agak tak enak, tapi usahakan tetap diminum sebanyak 3 kali sehari.



2. Mengolah Wortel Untuk Mengatasi Demam

Demam jika dialami kurang dari tiga hari tak perlu dikhawatirkan. Karena demam seperti itu ialah respon alami tubuh buat menghancurkan toksin nan berlebihan. Jadi, jangan terburu-buru membeli obat pereda deman. Manfaatkan worte di dapur Anda!

Cukup dengan banyak minum air putih dan air perasan dari wortel. Cara membuatnya, sediakan 200 gram wortel nan telah dicuci bersih. Parut lalu peras hingga keluar sarinya. Air perasan itu direbus dan segera diminum selagi hangat.



3. Mengolah Wortel Untuk Mengatasi Luka Bakar

Wortel ternyata juga paten sebagai salep buat luka bakar. Caranya, wortel secukupnya di ditumbuk halus lalu langsung dioleskan pada luka bakar. Lakukan terus hingga luka bakar tak lagi terasa panas.



4. Mengolah Wortel Untuk Menyembuhkan Batuk

Musim pancaroba dan polusi udara, jadi salah satu penyebab timbulnya batuk nan tidak kunjung sembuh. Jangan khawatir, dengan rajin mengonsumsi minuman dari wortel 2 kali sehari, batuk akan menghilang.

Cara membuat minumannya, pilih wortel nan higienis lalu diparut. Parutan itu dicampur dengan beberapa sendok air panas dan peras. Jangan lupa menambahkan sedikit gula aren, kemudian aduk sampai rata. Minuman penyembuh batuk nan bandel pun siap dinikmati.



5. Mengolah Wortel Untuk Mengatasi Nyeri Haid

Nyeri khas bagi kaum perempuan ini seringkali terasa menyiksa. Selain minuman penghilang nyeri haid, tak ada salahnya jika mencoba meminum ramuan dari wortel. Membuatnya termasuk mudah dan cepat.

Cukup menyediakan 250 gram wortel nan telah dicuci higienis kemudian dipotong-potong. Tambahkan sedikit air hangat, lalu blender. Selesai diblender, ramuan dapat langsung dikonsumsi minimal 2 kali dalam sehari.



6. Mengolah Wortel Untuk Mengatasi Sembelit

Sembelititu menyiksa. Untungnya, cara mengatasinya termasuk mudah. Tidak perlu dengan obat-obatan anti sembelit. Hanya dengan meminum air perasan dari wortel, sembelit pun bablas. Membuatnya mudah, sediakan saja dua wortel nan masih muda, cuci dan parut. Parutan kemudian dicampur dengan dua sendok makan air matang dan sedikit garam kemudian diperas. Minum dua kali sehari hingga sembelit benar-benar sembuh.



7. Mengolah Wortel Untuk Menghaluskan Wajah

Nah, ini niscaya nan dinanti-nanti oleh kaum hawa. Bahwa wortel juga punya kegunaan buat kecantikan yaitu menghaluskan kulit. Caranya, ambil 2 atau 3 wortel nan telah dikupas bersih, cuci dan kemudian diparut. Hasil parutan langsung digunakan sebagai masker pada wajah. Tunggu hingga kering, lalu bilas. Paras pun akan jadi halus dan sehat.

advertisements

Tips Sehat

advertisements