Cara Mengatasi

Cara Mengatasi

Beberapa orang mungkin pernah merasakan perut seperti di tusuk-tusuk ataupun nyeri pada bagian sekitar perut atau ulu hati. Hal demikian dapat dikatakan bahwa nyeri lambung tersebut merupakan tanda-tanda dari penyakit maag. Lambung merupakan organ nan sangat krusial tertama dalam mencerna makanan. Namun berbagai gangguan lambung sangat sering dialami oleh sebagian besar orang. Ada beberapa hal nan bisa menyebabkan penyakit maag ini di antaranya ialah sebagai berikut:

  1. Pola makan nan tak teratur
  2. Makan makanan nan terlalu pedas atau asam
  3. Stress

Pola makan nan tak teratur menjadi penyebab paling generik munculnya penyakit ini. Rata-rata orang nan sering lupa waktu makan yaitu pekerja ataupun pelajar. Ketika orang-orang seperti itu sedang asyik dalam pekerjaan atau ada sesuatu hal mendesak nan tak dapat ditinggalkan, “ritual: makan akan terlupakan atau terlambat. Hal seperti itulah nan bisa menimbulkan penyakit nyeri lambung seperti penyakit maag.

Lambung akan tetap bekerja meskipun perut dalam keadaan kosong. Karena perut nan kosong ini, lambung akan menghasilkan asam nan menyebabkan nyeri. Selain pola makan nan tak teratur, makan makanan nan terlalu pedas atau asam juga akan meningkatkan asam lambung sehingga dapat menimbulkan penyakit maag.

Selain faktor makanan tersebut, faktor psikologis juga dapat menjadi hambatan nan menyebabkan munculnya penyakit ini. Stress bisa menyebabkan konvoi lambung menjadi tak bagus sehingga produksi asam lambung bisa berlebih dan akan menyebabkan nyeri.

Penyakit gangguan lambung ini bisa menyerang siapa saja, baik anak-anak maupun orang tua. Namun nyeri nan biasa pada lambung juga dapat menjadi akut atau kronis bila tak segera diatasi. Sebelum membahas mengenai cara mengatasi penyakit ini, ada hal-hal nan perlu diketahui mengenai gangguan lambung.



Gangguan Lambung dan Pemeriksaan

a. Gangguan Fungsi Lambung

Gangguan fungsi lambung ini dapat dikatakan sebagai gejala awal dari penyakit lambung nan tak terlalu parah. Contohnya yaitu gangguan gerakan lambung, produksi asam lambung nan berlebih, infeksi kuman dan lain-lain. Gangguan fungsi lambung ini dapat disebabkan sebab pola makan nan tak teratur sehingga produksi asam lambung menjadi berlebih. Atau dapat juga disebabkan sebab stress dan makan makanan nan salah sehingga gerakan lambung menjadi terganggu dan akhirnya terinfeksi kuman.

Gangguan fungsi lambung ini bisa diatasi dengan mengonsumsi obat nan tertentu. Namun jangan sembarangan mengonsumsi obat nan ada di pasaran sebab bisa berakibat fatal jika salah. Mengonsumsi obat nan dijual di pasaran memang diperbolehkan, namun bila dalam waktu eksklusif nyeri masih juga belum hilang atau muncul kembali dalam waktu singkat, maka perlu dilakukan inspeksi langsung ke dokter pakar buat mengetahui nan sebenarnya, sebab dapat saja Anda salah diagnose sebab nyari lambung juga dapat disebabkan sebab faktor lain.



b. Gangguan Organ Lambung

Gangguan organ lambung merupakan penyakit lambung nan dapat dikatakan cukup parah sebab biasanya ada peradangan pada lambung. Contoh dari gangguan organ lambung ini ialah luka pada lambung, tumor dan kanker. Gejala awal memang terasa nyeri biasa sehingga sebagian orang terkadang mengira itu ialah sakit maag biasa. Namun bila hal ini sudah kronis, biasanya penderita akan mengalami mual-mual dan muntah nan mengeluarkan darah bewarna kehitaman.

Maka apabila Anda menderita nyeri pada lambung nan tidak kunjung sembuh, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter sebab dikhawatirkan Anda mengalami gangguan organ lambung dan bukan sekadar gangguan fungsi lambung. Dokter biasanya melakukan inspeksi dengan memasukkan alat eksklusif dari mulut buat memotret keadaan lambung sehingga bisa diketahui gangguan lambung nan dialami.

Kebanyakan orang hanya mengalami gangguan fungsi lambung sebab lambungnya normal. Namun tidak sporadis juga ternyata orang tersebut baru mengetahui adanya gangguan organ lambung seperti luka atau bahkan tumor. Inspeksi melalui radiologi atau foto bagian lambung ini merupakan alternatif terakhir buat mendeteksi secara niscaya penyakit nan diderita.

Sebelumnya dokter akan menanyai mengenai gejala-gejala nan dialami termasuk berapa lama mengalami nyeri seperti ini. Dokter juga perlu mengetahui riwayat penyakit nan pernah Anda derita sehingga harus melakukan operasi pada bagian perut dan sebagainya.

Pemeriksaan fisik perlu dilakukan misalnya saja dengan melihat kondisi pasien nan pucat atau tak dan ada tidaknya benjolan pada perut. Karena bila terdapat benjolan pada perut, biasanya pasien menderita tumor atau kanker. Setelah itu biasanya dilakukan pemerikasaan eksklusif seperti inspeksi darah, tinja dan sebagainya.

Setelah mengetahui penyakit nan diderita pasien, dokter akan memberikan obat eksklusif buat mengatasinya dan bila penyakitnya sudah parah seperti adanya tumor, dokter harus melakukan operasi.



Cara Mengatasi

Ada berbagai cara nan dapat dilakukan buat mengatasi penyakit pada lambung, termasuk cara mencegahnya. Berikut ialah beberapa cara buat mencegah dan mengatasi nyeri pada lambung:



1. Menjaga Pola Makan

Buatlah jadwal eksklusif mengenai jam berapa saja Anda harus makan dan cobalah buat menaati jadwal makan nan sudah dibuat. Bagi penderita maag, biasanya perlu tambahan makanan sekitar jam 10 pagi dan sekitar jam 4 sore. Bagi Anda nan bekerja di kantoran atau pelajar nan sangat sibuk dengan berbagai pekerjaan dan tugas-tugas, cobalah buat menyiapkan makanan ringan namun mengenyangkan.

Contohnya saja dengan menyiapkan makanan berupa roti atau biscuit sehingga apabila perut sudah terasa lapar, Anda bisa memakan makanan nan telah disiapkan tadi. Hal ini akan membantu utnuk mencegah perut kosong dan produksi asam lambung nan berlebih.



2. Hindari Makan Makanan nan Terlalu Pedas atau Asam

Makanan pedas dan asam akan memicu timbulnya asam lambung nan berlebih sehingga hal ini bisa membahayakan penderita maag. Sesekali boleh buat mengonsumsi makanan pedas atau asam, namun jangan terlalu berlebihan. Terlebih lagi di Indonesia sendiri, ada pepatah nan mengatakan bahwa “nggak pedes nggak makan” dan memang makanan Indonesia terkenal cukup pedas.

Cobalah sebisa mungkin buat menghindari dan menahannya sebab semua demi kesehatan lambung Anda sendiri.



3. Minum Susu

Susu merupakan sesuatu nan bisa menetralkan. Jika Anda merasa sakit pada lambung sebab produksi asam lambung nan berlebih, cobalah buat meminum susu dengan jumlah eksklusif sebab susu bisa menetralkan asam lambung nan dihasilkan.



4. Jangan Mengonsumsi Obat Sembarangan

Cukup banyak obat maag nan dijual di pasaran. Cobalah buat tak mengonsumsi sembarang obat sebab akibatnya dapat sangat berbahaya. Namun, bukan berarti Anda tak boleh mengonsumsinya. Apabila sakit masih terus berlanjut berarti ada nan salah dan perlu dikonsultasikan ke dokter sebab dikhawatirkan ada gangguan pada organ lambung Anda.



Obat Alami

Selain cara-cara di atas, ada obat-obatan alami nan bisa digunakan buat mengatasi masalah gangguan lambung. Beberapa obat alami nan bisa digunakan yaitu daun alpukat, akar kembang matahari, daun daruju dan kunyit.

Cara mengonsumsi obat-obatan ini sangat mudah yaitu hanya dengan merebusnya dengan campuran bahan-bahan seperti gula nan dicampur dengan daun alpukat tadi. Atau beberapa ketumbar, kapulagar dan adas sebagai bahan campuran buat merebus akar kembang matahari dan sebagainya. Kemudian air rebusan tadi bisa langsung diminum. Tentunya obat-obatan alami ini jauh lebih kondusif dikonsumsi dibandingkan dengan obat-obatan berbahan kimia nan banyak dijual di pasaran saat ni.

Waspadai nyeri lambung. Lambung nan nyeri tentu sangat tak membuat Anda nyaman. Pekerjaan menjadi terganggu, dan kesehatan tubuh menjadi terganggu.

advertisements

Tips Sehat

advertisements