Fakta Menarik Tentang Produk Susu Kambing

Fakta Menarik Tentang Produk Susu Kambing

Produk susu kambing belakangan ini mulai mendapat perhatian dari masyarakat luas, terutama sebab khasiatnya nan lebih unggul. Susu kambing tak seperti kambingnya sendiri nan baru berangus, sehingga tidak ada masalah ketika akan dikonsumsi.

Kandungan apa saja nan membuat susu kambing dan produk turunannya demikian memikat masyarakat? Salah satu kandungan susu kambing nan primer ialah Niacin nan dalam tubuh manusia berkaitan dengan fungsi peredaran darah dan menjaga kelembapan kulit.



Produk Susu Kambing: Susu Kesukaan Nabi Muhammad Saw.

Susu kambing dalam sebuah riwayat dinyatakan sebagai minuman kegemaran Rasulullah Muhammad saw. Dalam sebuah hadits nan diriwayatkan oleh Abu Ubaidah bin Atoq, Rasulullah saw bersabda bahwa kambing merupakan binatang nan penuh berkah nan sering ditinggalkan orang.

Hadits ini kemudian ditafsirkan bahwa susu kambing nan berasal dari binatang nan penuh berkah itu, tentu memiliki khasiat tertentu. Sekalipun Rasulullah saw tak menyebutkan secara langsung, tapi sebagai manusia nan diberkahi dan dijamin Allah Swt dari berbuat kekeliruan, tidak akan sembarang mengatakan jika kambing binatang nan penuh berkah, kalau di dalamnya tak mengandung zat-zat nan sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia.

Dari beberapa penelitian –dibanding dengan susu sapi– susu kambing lebih mudah dicerna tubuh sebab molekul lemaknya lebih kecil. Sejauh ini kambing memang identik dengan pemicu darah tinggi, sehingga susunya pun dianggap sebagai pencetus darah tinggi pula. Padahal secara ilmiah, susu kambing justru mampu menstabilkan tekanan darah sehingga tak membebani tugas jantung.



Fakta Menarik Tentang Produk Susu Kambing

Dr. Javier Diaz Castro dan tim secara serius pernah meneliti kandungan dan kegunaan susu kambing. Dalam hasil penelitiannya itu, Direktur Bagian Fisiologi Universitas Granada tersebut menyebutkan bahwa susu kambing lebih baik buat tubuh dibanding susu sapi.

Susu kambing mengandung Kalsium 13% lebih tinggi dibanding susu sapi, Vitamin B6 lebih tinggi 25% dibanding susu sapi, mengandung antioksidan Selenium lebih 27% dibanding dengan nan terdapat dalam susu sapi dan mengandung Vitamin A dan Potasium serta Niacin nan lebih baik dibanding susu sapi. Dengan demikian, Dr. Castro dan timnya merasa konfiden bahwa susu kambing mampu mengatasi masalah ringkih tulang dan mengatasi kekurangan zat besi pada seseorang.

Lebih spesifik Dr. Javier Diaz Castro dan timnya juga meneliti kandungan niacin pada susu kambing. Niacin atau lebih dikenal sebagai Vitamin B3 diperlukan oleh tubuh dalam fungsinya dengan masalah peredaran darah dan menjaga kelembapan kulit.

Dalam tubuh, Niacin juga menjadi sumber energi nan lebih baik dibanding dengan nan sukses dari gula. Niacin dalam kadar eksklusif juga bertanggung jawab dalam urusan metabolisme karbohidrat, lemak, dan protein dalam tubuh. Karena mengandung Niacin lebih tinggi dibanding susu sapi inilah kemudian Dr. Castro menyimpulkan, susu kambing lebih baik untuk tubuh jika dikonsumsi secara teratur.

Dengan kandungan zat-zat aktif nan diperlukan tubuh itulah, dalam penelitian lain, susu kambing diyakini dapat mencegah penyakit-penyakit seperti hepatitis A, migrain, darah tinggi, sakit pinggang, pengapuran tulang, sakit kuning, batuk kering bahkan insomnia.

Selain dalam bentuk minuman dan sabun mandi, kini telah pula tersedia kapsul susu kambing nan memungkinkan lebih gampang dikonsumsi oleh anak-anak. Sehingga kegunaan nan tinggi dari susu kambing tersebut, dapat pula dirasakan oleh anak-anak terutama nan tak bahagia minum susu.

Secara umum, inilah beberapa kelebihan mengonsumsi produk susu kambing :

  1. Susu kambing tak menimbulkan reaksi alergi seperti susu sapi. Ini sebab susu kambing tak mengandung protein kompleks penyebab timbulnya alergi.

  2. Susu kambing tak menekan imunitas tubuh manusia.

  3. Susu kambing bersifat basa, sehingga bisa membasakan saluran pencernaan. Oleh sebab itu, susu kambing kondusif dikonsumsi bagi mereka nan memiliki penyakit maag akut.

  4. Susu kambing membantu menyeimbangkan keasaman dalam genre darah.

  5. Susu kambing mengandung berbagai asam lemak seperti asam kaprat dan kaprilat nan bersifat antimikroba, sehingga baik buat membasmi bakteri dursila dalam tubuh.

  6. Susu kambing tak menyebabkan lendir serta tak merangsang sistem kekebalan tubuh sehingga tak menimbulkan reaksi alergi.

  7. Susu kambing kaya akan mineral selenium nan bermanfaat sebagai peningkat sistem kekebalan tubuh dan bersifat antioksidan.



Produk Susu Kambing: Susu Bubuk

Salah satu produk susu nan paling sederhana ialah susu bubuk. Memang sebaiknya susu kambing diminum segar, tetapi jika tak memungkinkan, meminum susu kambing bubuk pun baik bagi kesehatan. Saat ini, banyak dijual majemuk produk olahan susu kambing bubuk nan dikemas bersih dan menarik.

Selayaknya membuat susu bubuk dari susu sapi, pembuatan susu kambing bubuk pun memiliki beberapa metode. Metode-metode tersebut pada dasarnya sama, yakni mengurangi kandungan air pada susu sehingga susu lebih tahan lama. Anda pun dapat membuat susu bubuk sendiri di rumah.

Caranya ialah dengan metode paling sederhana, yaitu metode pengentalan. Meski sederhana, proses ini membutuhkan waktu nan cukup lama (tergantung volume susu nan akan dibubukkan). Pada prinsipnya, mengentalkan susu kambing segar berarti memanaskannya sampai mengental sambil terus diaduk hingga membentuk kristal. Kristal tersebut lantas dihancurkan dengan blender hingga benar-benar bubuk. Selama proses pemanasan, Anda dapat menambahkan bahan lain buat menambah rasa, seperti gula pasir, jahe, cokelat, dan sebagainya. Susu bubuk dapat bertahan sampai 4 bulan lamanya.



Produk Susu Kambing: Kosmetik

Belakangan ini marak kosmetik nan berbahan dasar susu kambing, baik krim wajah, sabun kecantikan, sampai lulur. Susu kambing banyak diolah menjadi kosmetik sebab manfaatnya nan efektif dalam melembutkan kulit. Kandungan dalam susu kambing bekerja melindungi dan meregenerasi sel kulit. Vitamin A, B1, B2, C, dan D serta mineral (sodium, kalsium, dan magnesium) membantu kulit lebih lembab. Kandungan minyak susu kambing juga bisa menjaga kulit agar tak mudah terkena penuaan dini.

Penelitian terbaru bahkan menunjukkan bahwa susu kambing mengandung koenzim Q10 dan mengandung lebih dari 70 jenis asam lemak tidak jenuh. Zat-zat tersebut membantu susu kambing agar bisa terserap dengan baik ke lapisan terdalam kulit manusia. Karena itu, kandungan susu kambing bisa terabsorpsi secara maksimal oleh kulit.

Salah satu kosmetik berbahan dasar susu kambing nan dapat Anda untuk sendiri ialah sabun. Untuk membuat sabun susu kambing, Anda dapat mendinginkannya. Campurkan susu kambing dengan larutan alkali dengan minyak zaitun atau minyak kelapa murni. Tambahkan juga pewangi jika diinginkan. Setelah itu, Anda dapat menuangkan adonan sabun susu ke dalam cetakan dan didinginkan hingga membeku.



Produk Susu Kambing: Dodol dan Kerupuk

Susu kambing juga sedap jika diolah menjadi camilan. Di antaranya nan populer ialah dijadikan dodol dan kerupuk susu kambing. Jika mendapatkan camilan susu kambing tersebut sulit, Anda dapat membuatnya sendiri.

Dodol susu sapi sudah dikenal sejak tahun 1970-an, sehinggga membuat dodol susu kambing dapat mencontoh dari pembuatan dodol susu sapi. Untuk membuatnya, siapkan susu cair, gula, tepung beras ketan, dan tepung terigu. Cara membuatnya:

  1. Didihkan susu kambing lalu masukkan gula. Aduk dan didihkan selama 2,5 jam sampai mengental.
  2. Masukkan tepung ketan dan tepung terigu sedikit demi sedikit, lalu aduk sampai rata.
  3. Jika telah matang, angkat dan diamkan selama 30 menit. Potong-potong lalu bungkus dengan kertas. Agar tak lengket, olesi kertas dengan mentega.

Membuat kerupuk susu kambing pun tak sulit. Kerupuk susu biasa dibuat di daerah peternakan sapi di Bandung, Malang, dan daerah lainnya. Untuk membuat kerupuk susu kambing, siapkan susu kambing pecah, kuning telur, tepung tapioka,gula, ketumbar, garam, dan bawang putih. Cara membuatnya:

  1. Didihkan susu kambing pecah sampai menggumpal. Tiriskan.
  2. Campur susu kambing tersebut dengan kuning telur, tepung tapioka, dan bumbu-bumbu lainnya. Uleni hingga kalis.
  3. Bungkus campuran tersebut dengan daun pisang seperti membungkus lemper.
  4. Kukus adonan nan dibungkus sampai matang (selama 1 jam).
  5. Iris tipis, jemur sampai kering lalu goreng.

Itulah informasi seputar produk susu kambing, manfaat, dan cara membuatnya. Semoga bermanfaat!

advertisements

Tips Sehat

advertisements